22 Hari Sudah, 21 Kg Paket JNE JTR Tidak Ada Kabar

Saya mengirimkan paket melalui JNE agen Mojosongo Solo, seberat 21 Kg pada tanggal 10 Januari 2022. Nomor resi: 121550000831921, pengirim atas nama AS (nama online shop saya), kepada pelanggan saya atas nama Silvi, dengan isi pakaian dan total belanja Rp6.780.000.

Biasanya paket sekitar 10 hari sudah sampai. Namun sampai tanggal 01 Februari 2022, paket belum datang juga. Saya cek resi terakhir statusnya pada tanggal 16 Januari 2022, tertulis sedang transit dari Medan menuju Banda Aceh. Namun sampai saat ini tanggal 01 Februari 2022, statusnya masih sama.

Saya menghubungi pihak JNE Pusat Jakarta, dijelaskan bahwa paket sedang dikirim dari Medan dan saya dianjurkan untuk menunggu 6 hari setelah saya komplain. Saya sudah menghubungi pihak JNE Medan. Mereka bilang paket sudah dikirim ke Banda Aceh, mungkin lupa input dan saya diberi bukti surat jalan dari pihak JNE Medan.

Lalu saya menghubungi pihak JNE Banda Aceh dengan mengirim nomor resi dan surat jalan yang diberi pihak JNE Medan tadi. Namun pihak JNE Aceh sangat sulit dihubungi. Sekali bisa dihubungi dan saya kasih surat jalan yang diberi oleh pihak JNE Medan, tanpa basa-basi nomor saya diblokir oleh pihak JNE Aceh.

Sempat juga kemarin dianjurkan untuk mengajukan klaim dengan pergantian 10x ongkir. Bagaimana bisa? Sedangkan total nilai paket saya hampir 7 juta rupiah,  tetapi pergantian hanya 10x ongkir. Kenapa tidak pakai asuransi? Karena kami juga tidak pernah ditanya mau kirim pakai asuransi atau tidak. 31 kali saya kirim JNE JTR ke Aceh, selama ini aman dan selalu sampai. Beda dengan kali ini. Barang sebesar itu apa mungkin terselip?

Tolonglah JNE, saya minta kejelasan di mana paket saya? Sampai kapan saya harus menunggu? Bagaimana pertanggungjawaban pihak JNE? Sebab uang tersebut sangat besar untuk kami pedagang kecil yang mengumpulkan seribu dua ribu rupiah, sampai malam pun kami jadikan siang agar tetap berjalan kehidupan kami.

Bagaimana perusahaan sebesar JNE begitu tidak profesional dengan barang titipan konsumennya?

Nofa Rif’atul Fitriyah
Solo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:123    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdri. Nofa Rif’atul Fitriyah

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 1 Februari 2022 berjudul “22 Hari Sudah, 21...
Baca Selengkapnya

51 komentar untuk “22 Hari Sudah, 21 Kg Paket JNE JTR Tidak Ada Kabar

        • 1 Februari 2022 - (15:25 WIB)
          Permalink

          Hla iya ,, aku aja gak punya twitter kok cek dm , dm dmna itu JNE nya 😏

          • 1 Februari 2022 - (15:33 WIB)
            Permalink

            saya cek di twitter dibalas di DM @MediaKonsumenID, terus bagaimana car lihatnya🤣

      • 2 Februari 2022 - (15:08 WIB)
        Permalink

        Saya pernah kena oknum lapangan nakal. Tahun 2021 pertama kali kirim pakai JNE keluar provinsi (Jakarta – Ambon), 6 Unit hp keluar dari Jakarta masih aman. Krn memang alamat tujuan agak pelosok biasa paket ambil k counter JNE yg ada d kabupaten. Di counter kab. Tujuan paket sudah terbongkar, HP hilang 3 Unit. Di komplain seperti biasa oper kesana kesini dgn seribu alasan sehingga harus membawa pihak kepolisian barulah pihak JNE mau bertanggung jawab. Mengganti full harga barang yg hilang. Memang harus berani ngotot selama itu memang kesalahan pihak ekspedisi. Kalau perlu bawa ke ranah hukum saja. Simpan semua bukti percakapan, kalau call selalu di record. Dulu saya sampai segituny jadi bukti kuat dan bisa menuntut counter JNE ny. Agar JNE lebih selektif lagi memilih mitra dan menyaring pekerja.

          • 2 Februari 2022 - (15:23 WIB)
            Permalink

            Dulu krn bukti lengkap dan kuat serta kepolisian d daerah kecil krn tidak terlalu ramai urusan biasa sgt membantu, dan msh org lokal juga jd sepertiny hanya sekedar terimakasih saja. Krn pihak penerima tidak meminta uang tambahan untuk urus kasus pada saya. Tidak sampai seminggu waktu itu selesai. Tapi memang kalau saya oknum lapangan yg nakal jd saya tdk tahu org ny krn JNE sana yg menyelidiki sndri siapa oknum nya. Tuntutan sy hanya mengembalikan uang saya senilai harga barang.

    • 2 Februari 2022 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Trimakasih telah berbagi pengalaman kak virli , saya masih menunggu dlu iktikad baik dari JNE nya bagaimana ,

    • 1 Februari 2022 - (11:03 WIB)
      Permalink

      Segera ditindak lanjuti untuk pengiriman jne. Sudah banyak artikel-artikel yang memuat konten kehilangan paket via ekspedisi jne. Banyak juga pedagang yang telah dirugikan. Lebih baik jne segera memproses dan bertanggungjawab untuk kasus ini

      • 2 Februari 2022 - (09:35 WIB)
        Permalink

        Di jne Medan minta nomor telp driver nya.. Kan bisa.. Ditanya sdh sampai mana.. Kalau gk bisa, minta cs nya hub si driver..

        • 2 Februari 2022 - (09:38 WIB)
          Permalink

          utk no petugas/supir tdk dbnrkan utk kami berikan pak/bu

          Jawaban JNE medan sprti ini kak ,, saya sdh coba minta nomor drivernya.

          1
          1
          • 2 Februari 2022 - (15:07 WIB)
            Permalink

            Kalau gitu, suruh cs nya telp driver nya. Sdh dimana posisinya

          • 2 April 2022 - (20:55 WIB)
            Permalink

            Hari ini juga merupakan pengalaman buruk bagi saya, Krn sejak tgl 29 Maret 2022 sampai 2 April 2022 status JNE tetap on process, ditanyakan ke CS JNE jawaban tetap sama disuruh nunggu, sampai kapan? dimana posisi paket jg gak jelas.. gak beres pelayanan JNE, kapok..

        • 2 Februari 2022 - (15:13 WIB)
          Permalink

          Sudah kak , saya d mohon menunggu terus saya sampai kapan saya menunggu pihak JNE g kasih kepastian , padahal itu pesanan org semua , kalo lama datang bisa cancle semua brg juga

  • 1 Februari 2022 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Dulu saya juga begitu , komplen sana di lempar kesana , komplen kesini lempar kesana ,

    • 2 Februari 2022 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Kasus ini mah 1 banding 100 mungkin, intinya jangan memberikan opini yg sangat tidak baik dulu, lebih bijak, konsumen berusaha menghubungi JNe trus, daripada koar koar yg mungkin bisa saja berujung fitnah, dan hti hati takutnya melanggar UU ITE, nanti bisa panjang urusannya

      1
      18
      • 2 Februari 2022 - (07:22 WIB)
        Permalink

        Setiap hari semenjak saya kehilangan paket saya slalu menghubungi JNE yang bersangkutan dg paket saya kak , sampai saat ini pun blm ada kejelasan dari pihak JNE dimana paket sebesar itu ,

  • 1 Februari 2022 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Lgs saja hak jawab di sini atau telp ke pengirim lgs. Jangan seolah2 menanggapi tapi zonk

  • 1 Februari 2022 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Saya si penerima , mohon untuk jne segera tindak lanjut paket saya .. Jne yang selalu saya prioritaskan untuk pengiriman tapi kali ini saya benar2 kecewa , terlebih jne manapun selalu memberikan jawaban yang tidak membuat saya dan supplier saya tenang .. Bukan sedikit bagi saya nilai uang yg hampir 7jt itu lenyap tanpa kabar .. Kami di buat seperti pingpong di lempar kesana kemari tapi hasil tidak ada , malah di blokir ,. Tolong untuk jne saya mohon usut kasus kami dengan tuntas dimana keberadaan paket saya yang sebenr2 nya karna jne adalah perusahan besar bukan jadi berikan kami rasa nyaman untuk pelayanan perusahan jne

    18
    • 1 Februari 2022 - (23:24 WIB)
      Permalink

      Coba datangi houseware Banda Aceh nya kak, marah2 disana kak minta kejelasannya. Saya pernah ambil paket di houseware Pekanbaru, pelayanan nya tidak baik dan tidak ramah. Enak pakai JnT, sicepat, IDxpress, Anteraja lg.

    • 1 Februari 2022 - (22:20 WIB)
      Permalink

      Capeknya pas komplain di suruh kesana kemari tdk ada kejelasan kak 😭,,

  • 1 Februari 2022 - (23:26 WIB)
    Permalink

    Persis yg saya alamin tahun 2019 lalu, dan akhirnya harus ikhlas karena udh lelah komplain di lempar kesana kesini tanpa kepastian 🥲

    • 2 Februari 2022 - (05:47 WIB)
      Permalink

      Betul skali kak ,,
      Customer sendiri yg sibuk komplen sana sini , tp pihak JNE sperti itu² saja jawabannya .

  • 2 Februari 2022 - (01:45 WIB)
    Permalink

    Itu JNE customer service nya itu pihak outsourcing ya? Asal copy/paste aja jawabannya dari dulu via DM. Konsumennya ndak punya twitter itu. Ya telepon keduabelah pihak baik si pengirim dan penerima.
    Penyakit lama JNE nih kalau ada problem. Kalau ownernya JNE tau, bisa dipecatin lhoo

    • 2 Februari 2022 - (05:48 WIB)
      Permalink

      Semoga masalah ini bisa sampai ke owner JNE kak ,, 🥺 biar tau bagaimana kinerja bawahannya..

  • 2 Februari 2022 - (01:52 WIB)
    Permalink

    Cari expedisi alternatif. Jgn mengandalkan JNE/JTR klu cuman skala 21kg masih bnyak expedisi amanah yg murah. Klu JNE/JTR sudah males GK mau pake expedisi ini. Moga cepat selesai

    • 2 Februari 2022 - (05:49 WIB)
      Permalink

      Trimakasih doanya kak ,,
      Kalo begini caranya konsumen jg kapok kak pakai JNE , ada problem yg harus dipusingkan konsumennya sendiri ,

  • 2 Februari 2022 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Semoga paketnya segera ditemukan dan terkirim, kalau diganti hanya 10 x ongkir, wah pengirimnya tekor banyak dong….

  • 2 Februari 2022 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Giliran kecewa koar koar..
    Waktu kiriman anda sampai dengan selamat dan cepat gak ada apresisasi…
    Manusia…

    4
    20
    • 2 Februari 2022 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Koar² supaya ter UP terus dan tidak terulang lagi dengan kasus yg sama ya …

      3
      2
    • 2 Februari 2022 - (12:11 WIB)
      Permalink

      Masnya pegawai jne ya, sudah kewajiban ekspedisi buat mengirim paket dengan selamat dan cepat, kalo masalah apresiasi kan udah ada bayarannya. Wajar aja kalau konsumen marah2 karena mereka udah bayar mahal, paket malah hilang. Terlebih lagi respond dari pihak jne nya saja bikin jengkel

    • 2 Februari 2022 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Ya iya lah koar2, kita kirim paket juga gak cuma2, apa lagi kasus yang ini nilai paketnya hampir 7 juta tp pihak dr expedisi seakan2 lempar tangan

    • 2 Februari 2022 - (15:15 WIB)
      Permalink

      Giliran salah kabur melempar tanggung jawab dan menyalahkan org lainm manusia yg tidak paham arti tanggung jawab… apresiasi anda ya bayaran yg dibayarkan . Kecuali mau kirim paket gratis. Masih ada ya manusia tidak tahu bedanya tanggung jawab. Mana hak mana kewajiban. Semoga hari2 anda dikelilingi orang pintar yg bisa mengedukasi anda agar lebih bijak lagi dalam memahami hak dan kewajiban.

    • 2 Februari 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Sampai dengan selamat itu karena bayar, bukan gratisan apalagi menjilat! Tolong kalau ga niat kerja keluar saja, jangan jadi kurir expedisi kalau kerja ngarepin pujian.

    • 3 Februari 2022 - (11:54 WIB)
      Permalink

      Komentar ****** kelas kakap,segitu aja IQ Anda,pahami dulu permasalahan,baru komentar.anda ga pernah belanja online,sehingga ga tahu ada ongkir dari konsumen(ongkir itulah appresiasi dr konsumen kpd pihak jasa),jgn²”ongkir” aja anda ga paham, ongkir itu apa? Ngeri juga Indonesia punya manusia Kya anda.kapan majunya?!?!?!.

  • 2 Februari 2022 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Hehehe sy pernah terjadi th 2020 kemaren, barang 17kg (karet gasket) nilai 6jutaan hilang dan cuma di ganti 600rb an (20x ongkir JTR) dan proses nya sampe 40hr lebih dr investigasi dll.

    Barang gede, bisa hilang juga, katanya resi tertukar, tp ya sudah lah di iklaskan. Karna saya kalah karna tdk di asuransikan. Hahahahahah

  • 2 Februari 2022 - (23:33 WIB)
    Permalink

    gw pernah kirim paket, paket yg gw kirim gak sampai2, eh sekalinya sampai malah rusak, kecewa. kejadiannya sudah lama, gw gak punya bukti.

    • 2 Februari 2022 - (23:38 WIB)
      Permalink

      Memang kak ,, kita sudah mempercayai expedisi dan bayar sesuai ongkir tp seakan² amanahnya d sia²kan

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

22 Hari Sudah, 21 Kg Paket JNE JTR Tidak Ada Kabar

oleh vabian dibaca dalam: 1 menit
51