Pesanan Saya di Shopee Belum Dikirim oleh Seller Rvbilqis Sejak Tanggal Order 28 Feb 22

Dear Redaksi MediaKonsumen

Izin untuk berbagi pengalaman belanja PO di MP Shopee. Saya ada order meja 2 buah dengan tanggal order 28 Feb dan 3 Mar dengan estimasi PO 7 hari. Selama komunikasi dari awal di Shopee chat dan wa selalu lancar, sampai pada waktu estimasi barang belum dikirim, masih lumayan lancar. Dan seller sempat kirim foto meja yang belum selesai finishing karena alasan cuaca dan minta tambah waktu.

Tapi setalah tenggat waktu yang saya berikan, barang belum kunjung dikirim dan bahkan wa nya sudah off serta shopee chat tidak pernah dibalas.

Saya hanya menerima secarik kertas invoice dari 2 pesanan saya beberapa hari setelah CO, dengan alamat tercantum di invoice-nya. Tapi saya sudah telusuri juga alamat tsb dan sepertinya palsu, bahkan saya sempat googling dan dapat alamat lain, sudah saya telusuri juga tapi hasilnya tapi nihil.

Upaya lain saya coba minta mediasi Shopee, hanya saja Shopee mengatakan bahwa transaksi sudah selesai (berdasarkan pengiriman invoice). Di sini saya mungkin lalai karena tidak memperpanjang masa pengiriman menurut admin Shopee. Dan juga sampai saat ini tidak ada lagi tindaklanjut pelaporan saya atas kasus mediasi ini.

Saya berharap Shopee sebagai penyedia layanan tempat jual/beli dapat menindaklanjuti kasus ini. Dan khususnya buat seller yang memang dari awal sudah punya niat menipu, tolong hubungi saya dan minta pertanggungjawabannya. Karena saya sudah infokan kasus ini ke pihak yang berwajib walaupun saya masih menunggu untuk buat BAP

Terima kasih.

Regards,

Hendry
SHEFASHOP1008
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:86    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Pesanan Saya di Shopee Belum Dikirim oleh Seller Rvbilqis Sejak Tanggal Order 28 Feb 22

  • 3 April 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Itu statusnya sudah selesai, seharusnya kalau belum terima barangnya jangan mau selesai tapi tekan tombol komplain/kembali dana. Jika status sudah selesai uangnya sudah diambil penjual. kalau status sudah selesai diluar tanggung jawab shopee, lapor polisi saja.

    23
    1
    • 3 April 2022 - (21:45 WIB)
      Permalink

      Kak itu masalahnya pengirimnya kirim invoice doang. Otomatis seller ya input resi pengiriman invoice ke sistem shoppe. Pas invoice di terima itu otomatis dianggap selesai karena shoppe tracking dari resi pengiriman.

      Saya beli AC di Tokopedia begini juga. Untungnya tokonya trusted seller dan ada toko fisik. Dia kirim invoice doang di hari pertama. Sedangkan AC dikirim pake mobil toko karena satu kota. Kalo tokonya ga jujur ya zonk karena ada resi pengiriman.

      • 3 April 2022 - (22:07 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah dikirim invoice doang lgsg saya masuk komplain supaya statusnya tidak selesai jadi uang tertahan. Kl barang sudah sampai saya batalkan komplainnya.

        • 3 April 2022 - (22:17 WIB)
          Permalink

          Emang shopee mah ga bs apa2.

          Pernah beli premium member suatu apps.

          Janji garansi 1 tahun full. Ga tau nya sebulan zonk. Dan sebagai pembeli di block sm seller

          Tanggapan shopee cm suruh mediasi.

          Lah di kontak aja ga bisa mau mediasi apa.

          Dan ga bisa apa apa karena uang uda oke.
          Ya nipu nama nya juga.

          Uda tau loop hoole nya dimana. Sejak saat itu kapok beli shopee mending tokped atau yang lain deh. CS nya shopee ga bs membantu bener2 hopeless and useless

          12
          • 4 April 2022 - (00:43 WIB)
            Permalink

            Nah bener nih saya baru ngalamain lagi Shopee parah pelayanannya

    • 3 April 2022 - (21:50 WIB)
      Permalink

      Kan semua MP ada otomatis pesanan selesai 2 x 24 jam, mgkn kedepannya semua MP hrs membuat regulasi tambahan thdp toko yg jual produk PO, bahkan bnyk jg seller yg tdk membuat status jualan PO tp ketika di chat barang nya PO. Makasih gan atas komennya 🙏

      • 3 April 2022 - (22:09 WIB)
        Permalink

        Sebelum otomatis selesai bisa komplain/minta kembali dana. Saya juga seperti itu kalau dikirim imvoice doang jadi dana tidak diteruskan ke seller, ditahan shopee. Kl barangnya tidak dikirim uangnya kembali

    • 5 April 2022 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Kak bisa cek tokonya langsung, dari saya survei ke toko shoopenya ada beberapa kostumer yg di isikan resi asal, tapi akhirnya dikirim sama penjuala-nya ( ini kesaksian penjual di kolom rating binta 1, saya gak tau penjual nya jujur apa enggak) Tapi kalau kakak udh di blokir chat, kakak bisa komentar langsung di Postingan dia langsung, biar dilihat publik, sekalian jadi kesaksiannya banyak.

  • 3 April 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Saya sering beli metode beginian, lewat Tokped sih. Jadi yang dikirim kurir cuma kwitansi, barangnya ntar dikirim penjual sendiri. Dan biasanya datangnya dihari yang sama kwitansi dan barang, kalau PO ya nunggu barang jadi baru dikirim invoicenya. Aman saja, kita lihat rating dan review toko ya sebelum pesan.
    Ini memang penjualnya yang niat nipu, semoga ada tindakan ya dari pihak terkait.

    12
    • 3 April 2022 - (20:24 WIB)
      Permalink

      Ini pengalaman saya dan sampai saat ini pun tdk solusinya..sekitar 15 jt..saya kena phising…
      Namun ini bukan sebuah pembearan..sblm pelaku trx saya sdh konfirmasi..dan shopee ttp proses..dan TDK ada histori.. dan sdh lapor ke polisi jg gak mempan…malah shopee minta polisi yg lapor..kesannya TDK percaya dg surat sah dr polisi..yg saya mau katakan..adl…sungguh TDK ada niat baik dan rendahnya moralitas ..dan mau cuci tangan dan lempar tanggung jawab…

      2
      4
      • 3 April 2022 - (21:55 WIB)
        Permalink

        Dalam kasus ini memang Shopee terlihat lepas tangan walaupun ada niat sbg mediasi, dan sy berkali kali minta data alamat dan no tlp lain si seller utk proses pelaporan sy ke polisi, karena kalau tdk ada data si seller, terpaksa saya membuat laporan atas Shopee selaku penyedia platform. Btw thx komen nya ka 🙏

        • 4 April 2022 - (05:05 WIB)
          Permalink

          Setauku kalo di Shopee tidak bisa minta data pribadi user. Soalnya itu privasi gak boleh di sebarkan. Sop nya cs ga boleh memberikan data pribadi

        • 4 April 2022 - (06:58 WIB)
          Permalink

          Iya..tetap konsumen di posisi yg salah..dan nti pun akhirnya polisi di suruh telp..saya bingung apa kepentingan polisi telp..kr shopee yg jd penyedia ..ya hrs dia yg bertanggung jawab..
          Klo kasus saya data ada ..namun shopee jauh sy ingatkan jgn proses..eh nekat …ini lah klo shopee kerja pakai otot bukan pake otak yg cerdas…
          Saya doakan agar kita di mampukan utk ikhlas ..Tuhan punya rencana yg baik utk kita ..

  • 3 April 2022 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Salahnya ente jga buru2 dikonfirmasi Terima barang kmrn beli showcase+ flizer dgn metode kredit jujur agak takut iya soalnya yg dikimr hanya faktur barang dikirm dr toko, tapi alhmdlh barang dikirm dr toko langsung bsknya faktur pengiriman dgn jnt datang….

    5
    5
    • 3 April 2022 - (21:57 WIB)
      Permalink

      Ada otomatis pesanan selesai 2×24 jam gan, dan kasus ente kan barang jadi bukan PO, karna barang yg melebihi berat pengiriman, dan hrs di krm via kurir toko/seller.. But thx anyway atas komennya gan

  • 3 April 2022 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Mending lapor ke polisi aja gan, karena itu ikutnya penipuan dan juga harusnya jngan ACC, dan pantau terus sampai barang diterima…

    yuk di order, kuota dan pulsanya, 100% Amanah dan aman untuk pilihan produk lain nya Di :
    _ follow ig : pricell_1
    _ shopee id : pricell_1

    1
    5
    • 3 April 2022 - (20:02 WIB)
      Permalink

      Aneh barang belum diterima kok statusnya selesai kalau anda yang pecet selesai ya udah ikhlasin aja…
      dan kalau bukan anda yang pencet selesai terus status selesai nya itu siapa yang bikin …

      1
      2
        • 4 April 2022 - (07:06 WIB)
          Permalink

          Yg aneh …sebelum pelaku beraksi saya sdh telp ke shopee..dan di histori di aplikasi tdk ada ..dan dgn entengnya ..platform di tutup ..
          Shopee hebat dlm melakukan pekerjaan..mksd hebat dlm lepas tangan.
          Kecil kemungkinannya utk dana bisa kembali .yg saya tuntut data penjual….dan shopee berkelit dan hingga sekarang tdk di beri…
          Alasannya hrs polisi…dan saya sdh buat laporan..dan jg tdk di kasih…ya polisi tdk mau lah hub shopee ..aneh deh pokoknya

          1
          4
      • 3 April 2022 - (21:59 WIB)
        Permalink

        Selesai otomatis 2×24 jam pak.. Sy ga sebodoh itu klik Terima pesanan selagi pesanan PO blm dtg.. Dan bahkan saya juga berikan review bintang 1 baru 2 hari lalu

        • 3 April 2022 - (23:36 WIB)
          Permalink

          Seharusnya langsung komplain di aplikasi shopeenya sama di twitter shopee care biasanya ditanggepin cepet kok kita yg harus bawel emang kalo tentang masalah komplain kalo merasa produk blm kita terima

          • 4 April 2022 - (07:11 WIB)
            Permalink

            Mba yulia..mkch ya .
            Semua langkah sdh saya jalani plus bawel…dan tdk ada solusi…
            Saya sdh berusaha max…kembali lg pada kesadaran dan moralitas shopee…apa yg di tabur dia tuai…

  • 3 April 2022 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Kalau saya lihat dari tokonya sih ini seller bukan penipu/berniat menipu! Emang sih ada beberapa pelanggan yang dikecewakan dg kwalitas barang dan pengiriman yg selalu molor! Seller udah berjualan di Shopee selama 2th, dan ada 3 akun yg terverifikasi, dan menjual hampir 100 produk. Kalau emang niat nipu dari awal, nggak mungkin bisa bertahan diShopee hingga 2th lamanya. kalau penipu biasanya baru beberapa hari udah diblokir. Kalau sampai 15jt, berarti pesanan anda banyak. Mungkin seller masih mengerjakannya dan bertepatan dg banyaknya pesanan yg masuk. Mungkin aja seller malas balas chat, karena chat anda sudah dirasa sangat mengganggu (ya wajar sih… Kalau barang belum dikirim sampe 1 bulan pasti khawatir/risau) Khusnudzon saja… Semoga barang anda segera dikirim. Keyakinan saya ini bukan penipuan, hanya saja seller tidak bisa menepati janji dari estimasi yg ditentukan!

    6
    2
  • 4 April 2022 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Saya pernah alami mirip dgn ini dan di shopee juga. Cuma bedanya, krn terlalu lama saya ajukan pembatalan. Krn sudah di perpanjang, tapi seller tdk bisa di hubungi lagi. Jadi saya batalkan, ga di Acc sama seller. Baru saya lapor ke pihak shopee. Bisa di batalkan, mungkin krn saat pihak shopee hubungi tidak ada respon atau ada indikasi niat nipu. Sy ga tau, Alhamdulillah nya batal dan uang saya kembali. Sayangnya masalah anda sdh transaksi selesai dan dana pasti sdh di teruskan ke seller. Klo sdh begitu cm ada 2 opsi, menunggu itukad baik seller atau lapor polisi. Krn shopee pasti sdh tdk bertanggung jawab lagi.

    • 4 April 2022 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Polisi saat ini menunggu data seller dr pembeli, tp sy bilang kalau si Shopee nya tdk mau gimana pak? Polisi bilang buat aja laporan atas penyedia platform nya, nanti dr situ akan ditelusuri sampai Shopee mau memberikan data2 seller, dan apabila setelah diselidiki si seller ini ada indikasi menipu, bs masuk ke tahap penyidikan.. Tp sblmnya polisi akan menjadi mediasi apakah mau terus lanjut jalur hukum atau kekeluargaan dgn catatan semua kerugian pelapor terpenuhi oleh si terlapor.. Krg lbh sih gitu

  • 4 April 2022 - (04:16 WIB)
    Permalink

    Wah yaudah wasalam, minta tolong CS Shopee? Mana mau dia.. CS Marketplace paling gak guna ya Shopee. Mending ke tokped beberapa kali bermasalah baik jadi seller maupun buyer selalu puas dengan kinerja CSnya, transparan.

    2
    1
  • 4 April 2022 - (04:22 WIB)
    Permalink

    Klo kejadian begini sih udah wasalam,,,cuma berdoa aja semoga di ganti dg rizki yg lebih banyak lagi,,,cz ini murni kelalaian pembeli krn sblm transaksi otomatis selesai itu biasanya ada notifikasinya dan mungkin anda membiarkan notif tsb,,,krn di pikir kan barang PO,,,tp shopee nya jg nggak sepenuhnya benar krn ini udah masuk ke ranah kriminal harusnya ada tindakan lebih dr shopee untuk menindak penjual yg nggak beres bgni,,

    1
    1
    • 8 April 2022 - (22:59 WIB)
      Permalink

      kalo beli barang diatas 500rb mending ke toko ijo lebih aman ketimbang oren.
      (Berdasarkan pengalaman pribadi )

  • 4 April 2022 - (11:15 WIB)
    Permalink

    dulu sy pernah beli kulkas juga di toko ijo. pake kurir toko, kulkas udah sampe dulu. besokannya baru dikirim secarik invoice. itu kalo toko jujur. kalo toko niat nipu, dia kirim dulu invoice nya berharap waktu selesai otomatis. apalagi ini pembelian PO. Buyer kira kan memang agak lama. jd dibiarin aja hingga selesai otomatis. dana udah masuk ke seller. amsiong kalo gini

    • 4 April 2022 - (22:11 WIB)
      Permalink

      Kalau utk kasus pembelian seperti anda, saya sering sih dan memang seller menganjurkan seperti itu, ongkir di MP hanya utk krm invoice tertagih berat 1kg, dan barang bs sampai di hari yg sama dgn kurir toko atau deliveree atau sejenisnya, invoice menyusul dgn ekspedisi.. Selama ini sy jg tdk ada masalah, thx komen nya pak

  • 5 April 2022 - (06:17 WIB)
    Permalink

    Seller 3.9 kok dipercaya dah lampu kuning itu, lebih selektif lagi sebelum beli apalagi PO

    • 5 April 2022 - (10:49 WIB)
      Permalink

      betul. dibawah 4.5 aja udah lampu kuning. 3.9 apalagi itu, 3.5 ke bawah udah merah. sebaiknya transaksi dgn toko2 dgn rating itu harus extra waspada. barang blm dtg, kita hrs klik barang belum diterima, jd uang blm bs diteruskan ke seller

  • 5 April 2022 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Udah jelas kesalahan di pihak anda..sekarang di market online banyak seller jual barang memakai estimasi waktu dimana saat estimasi waktu habis…yang datang invoice atau notanya saja..barang belakangan maka sebagai konsumen cerdas harusnya kita selalu memantau barang pesanan kita..kalo estimasi waktunya sudah sampai tapi barang pesanan belum dikirim MAKA LANGSUNG LAKUKAN KOMPLAIN kalo tidak maka sistem akan otomatis selesai dan uang akan di teruskan ke seller..hati – hati jangan sampai ada kasus lagi seperti di atas.

  • 7 April 2022 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Cocok lagu di shopee:
    Shopee COD shopee COD baku hamtam ditempat…
    Belanja di shopee belanja di shopee langsung bikin sakit hati…

 Apa Komentar Anda?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Pesanan Saya di Shopee Belum Dikirim oleh Seller Rvbilqis Sejak Tangga…

oleh SHEFASHOP dibaca dalam: 1 menit
40