Bukti Rekaman Pembicaraan yang Saya Ajukan, Tidak Diberikan Selama Berbulan-bulan oleh Manulife

Saya merupakan pengguna layanan Bank Danamon sejak tahun 2017 bulan Maret, dan pernah investasi asuransi untuk kedua anak saya pada tanggal 27 Maret 2017. Beberapa hari setelah saya membuka rekening sekaligus masuk asuransi, saya ditelepon oleh pihak asuransi Manulife Jakarta, yang menawarkan polis lainnya yang berjangka 5 tahun. Saya mendengarkan dengan seksama dan berakhir menyetujuinya, dengan pemikiran yang 8 tahun saja saya bisa, kenapa yang 5 tahun gak bisa?

Setelah beberapa hari, polis tersebut datang dan saya tidak lagi membacanya, dikarenakan pihak bank juga meminta saya ikut serta produk tersebut. Karena saya terlalu percaya pada mereka pada saat itu, saya tidak lagi membaca polis tersebut.

Namun 5 tahun kemudian, pada bulan yang dijanjikan untuk pengembalian uang asuransi, saya mengecek polis dan di sana tertera saya harus membiayai asuransi sampai TAHUN 2039!!! YA! 22 TAHUN!

Saya menelepon kantor pusat Jakarta dan bertanya rincian produk tersebut dan yang mengejutkannya lagi, dijelaskan bahwa:

  1. Saya harus bayar sampai 22 tahun. Padahal jelas-jelas saya dengar hanya 5 tahun.
  2. Itu bukan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, melainkan asuransi kecelakaan.
  3. Meninggal karena sakit tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi.
  4. Jika ada pembatalan asuransi, maka uang 100% diambil oleh pihak asuransi.
  5. KALAU SAYA TIDAK MENGALAMI KECELAKAAN, MESKI SUDAH BAYAR 22 TAHUN MAKA UANGNYA TIDAK KEMBALI

Pada poin keempat dan kelima ini membuat saya benar-benar marah. Berarti kalian mau ambil uang saya dong? Lalu kalian ingin saya berdoa agar saya kena musibah? Begitu? Jika saya berasal dari keluarga berada, mungkin Rp11 juta bukanlah hal yang besar.

Saya pergi ke kantor pusat Manulife dan meminta rekaman suara yang berisi percakapan saya dengan si pengajak. Namun yang diberikan hanya kertas berisi ringkasan pembicaraan dengan time skip jauh banget!!! Awalnya menit 1, eh tiba-tiba kalimat berikutnya sudah menit ke-7 aja.

Saya mengajukan lagi untuk kedua kalinya dan sekarang sudah 3 bulan tidak ditanggapi. Saya tahu saya salah dengan tidak membaca polis. Namun hal itu dikarenakan saya sangat percaya kalau kalian tidak akan menipu saya dan dari pihak Danamon mengatakan kalau itu adalah investasi yang menguntungkan.

Mohon pendapatnya kawan-kawan sekalian, apakah ini adalah 100% kesalahan saya? Apakah kalian merasa asuransi seperti itu layak ditawarkan kepada konsumen?

Lim Ik Pao
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi Manulife:
[Total:43    Rata-Rata: 1.5/5]
Penjelasan Asuransi Manulife terhadap Keluhan Ibu Lim Ik Pao

Penjelasan Asuransi Manulife terhadap Keluhan Ibu Lim Ik Pao Sehubungan dengan keluhan Ibu Lim yang dimuat di Media Konsumen pada...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Bukti Rekaman Pembicaraan yang Saya Ajukan, Tidak Diberikan Selama Berbulan-bulan oleh Manulife

  • 4 April 2022 - (12:55 WIB)
    Permalink

    jika memang tidak ada respon, digugat saja secara hukum agar rekaman pembicaraan tersebut (jika masih ada) untuk dibuka. karena cuma rekaman itu satu-satunya bukti dipihak nasabah.

    10
  • 4 April 2022 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Lain x jgn dikelabui. Mana ada asuransi disebut investasi. Itu kenakalan sales asuransi. hati2 kalau ke bank dan ditelpon bank

    8
    1
    • 4 April 2022 - (17:13 WIB)
      Permalink

      Ada kok, sebutannya unit link.
      Unit link itu terdiri dari 2 komponen: proteksi dan investasi, yang dimana keduanya ini seharusnya berdampingan satu sama yang lain, bukannya malah dibandingkan. Kalau mau hasil investasi besar ya berinvestasilah di saham, bukan disini.
      Yang diutamakan dari asuransi itu kan proteksinya, nilai tunai yang dihasilkan dari investasi itu sebagai cadangan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap si pemegang polis tersebut, dimana akumulasi uang ini digunakan untuk membayar polis tersebut agar tetap aktif selama uangnya masih mencukupi.

      3
      6
      • 4 April 2022 - (18:05 WIB)
        Permalink

        Anda ada update gak berita sengketa unit link. Kalau ambil unitlink sama aja setor uang. Dalam tahun ke sekian bakal anjlok dan nilai polis bakal nol. Tidak ada transparansi pengelolaan dana dari fund manager

        8
        2
  • 4 April 2022 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Dari namanya aja udah bancassurance (asuransi yang kerjasama dgn bank).
    Sebagus apapun asuransinya, contoh Manulife x BNI, produk yang dijual itu gak boleh sama persis dengan yang dijual sama agent asli di perusahaan tsb.

    Yang namanya beli polis asuransi itu, mau di perusahaan asuransi manapun pasti lebih pentingin proteksi dibanding investasi. Banyak orang salah kaprah, dimana seharusnya proteksi itu disandingkan dengan investasi, bukan malah dibandingkan.

    Masalah uang bisa ditarik, memang secara konsep di asuransi unit link itu bisa. Tapi, tidak direkomendasikan karena nilai tunai yang terakumulasi tersebut fungsinya untuk jaga-jaga. Seandainya sang pemegang polis tidak bisa membayar dikarenakan terkena musibah (kecelakaan) maupun sakit kritis, maka biaya premi tersebut diambil dari jumlah nilai tunai yang sudah terakumulasi ini. Kalaupun ingin ditarik sebisa mungkin jangan melebihi 10% dari total nilai tunai yang sudah terakumulasi.

    • 4 April 2022 - (18:07 WIB)
      Permalink

      Itu TS masalahnya ditipu ya!! Dia diprospek adalah investasi dalam tahun sekian bakal balik dananya.

      1
      3
  • 4 April 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Sales asuransi yg datang langsung saja berani menipu dan mengubah data polis kok, apalagi yg by phone.
    Yg namanya asuransi di Indonesia ini sudah bobrok citranya. Isinya sebagian besar, atau mungkin semua sales penipu dan maling.

    10
    1
    • 4 April 2022 - (17:10 WIB)
      Permalink

      Semua tindakan perubahan isi polis oleh seorang agen tanpa seizin pemegang polis itu yang illegal.

      Masalah sales penipu dan maling, itu kembali lagi tergantung training yang diberikan selama menjadi agent. Seperti halnya Prudential yang belakangan ini sedang bermasalah terkait produk unit link nya.

  • 4 April 2022 - (15:42 WIB)
    Permalink

    ini sih namanya penipuan.

    asuransi di Indonesia kayaknya sering banget aksi tipu² gini. bikin image semua asuransi itu jelek dan tidak bisa dipercaya.

    3
    1
  • 4 April 2022 - (18:12 WIB)
    Permalink

    masing2 ada unsur kesalahannya. buat agen asuransi via call, salahnya mungkin penyampaian tidak sesuai dengan realitanya terbukti dgn teks percakapan terdapat hal yg mengganjal, dari menit pertama hingga 9 tidak dijabarkan dgn rinci agen ngomong apa2 saja. bisa jd agennya penipuan (infonya 5 tahun tp ternyata s/d 2039) ngenes banget ini. turut prihatin.
    buat penulisnya, letak kesalahannya adalah tidak menyediakan waktu utk sekedar membaca poin2 penting. dianggap sudah sesuai dgn apa yg diutarakan agen. dari masa periode saja tidak dibaca, aplg poin2 lain yg terkadang membutuhkan kamus KBBRI dikarenakan bahasa yg terlalu baku. Andaikan meluangkan waktu sekitar 1 jam saja, pasti penulis akan langsung membatalkan polis sehingga tidak berlarut2 hingga 5 tahunan

  • 5 April 2022 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Sama2 salah sih.. agen asuransi penipu, dan nasabah yg tdk mau baca polis😅
    Saya juga pengguna asuransi, apapun keuntungan yg dijabarkan sales ato agen asuransi akan saya telaah lg di polis. Penting! Masalah duit ini, duit yg kita kasih ke org lain. Krn apa? Agen yg menawarkan by phone itu walo di rekam, jelas bisa di ubah2. Kecuali kita jg merekam, lain cerita. Sudah 2 asuransi yg di tawarkan ke saya tdk sesuai dgn yg di jelaskan oleh sales. Krn saya baca polisnya, saya bisa ajukan pembatalan walo sdh terlanjur debet bbrp ratus ribu.
    Jalan satu2nya ibu bisa berhenti saja, walo sudah habis jutaan. Semoga masalah nya cepat selesai.

  • 6 April 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    satu2 nya itu bukti percakapan pak, karena udah 5 tahun. dan sebenarnya sy merasa asuransi itu bagus untuk kedepannya tapi kalo di liat secara sisi lain mreka menawarkan asuransi sama aja mendoakan kita kena musibah. makanya saya males kalo di tawari asuransi

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Manulife?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Bukti Rekaman Pembicaraan yang Saya Ajukan, Tidak Diberikan Selama Ber…

oleh angelia dibaca dalam: 1 menit
14