Kecewa dengan Pengiriman Sameday di Blibli

Yth. Blibli
Yth. Pembaca Media Konsumen,

Perkenalkan nama saya Arief Rachman. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih untuk Media Konsumen yang telah memfasilitasi rasa kekecewaan saya terhadap pelayanan Blibli yang menurut saya sangat menyepelekan konsumen.

Pada tanggal 31 Maret 2022  pukul 08.03 WIB, saya memesan keyboard + mouse dan obat di Blibli. Nomor pesanan: 12096290120, dengan menggunakan pengiriman sameday dan berharap pesanan saya akan sampai di sore hari, karena untuk menyelesaikan pekerjaan saya. Kebetulan keyboard lama saya rusak.

Sekitar pukul 4 sore saya cek pesanan saya masih berada di hub Cawang. Pada saat itu juga saya menghubungi CS Blibli, untuk memastikan status pengirimannya. Saya disuruh menunggu sampai pukul 21.00 WIB (batas maksimal Sameday menurut CS tersebut) dan bila sampai  waktu tersebut pesanan belum diterima, saya disuruh konfirmasi kembali ke CS Blibli.

Pada pukul 19.16 WIB saya cek detail pelacakan statusnya sudah berubah menjadi “Kurir akan melakukan pengiriman untuk percobaan 1” dan pada pukul 20.43 WIB statusnya berubah menjadi “Kurir sedang dalam perjalanan untuk percobaan 1”. Pada pukul 21.05 WIB kurir BES-SD WhatsApp untuk minta share Loc.

Saya pikir kurir sudah dekat dengan rumah saya, tapi ternyata kurir baru persiapan jalan dari hub Cawang. Sangat luar biasa konsumen disuruh menunggu sampai tengah malam. Lalu saya minta kepada kurir untuk tidak usah mengirim barang tersebut, karena saya ingin cancel dan kurir mengiyakan.

Saat itu juga saya konfirmasi ke CS Blibli untuk pembatalan pesanan. Namun pembatalan tersebut dipersulit, dengan alasan yang berhak membatalkan hanya pihak logistik (BES) dan mereka belum dapat respons dari  pihak Logistik.

Poin kekecewaan saya:

  1. Saya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan saya yang seharusnya selesai di hari itu. Kenapa saya tidak beli di offline store? Karena saya lagi kurang sehat.
  2. Proses pembatalan yang dipersulit karena masalah di internal Blibli.
  3. Masalah ini sering sekali terjadi. Jadi komitmen mereka untuk mengupayakan pelayanan terbaik itu hanya omong kosong.

Saran saya jangan beli barang di Blibli bila barang tersebut ingin segera dipergunakan, dan jangan diam bila Anda mendapatkan pelayanan yang buruk.

Cukup sekian dan terima kasih.

Arief Rachman
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli:
[Total:19    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Blibli atas Surat Bapak Arief Rachman

Pertama-tama kami haturkan terima kasih kepada Bapak Arief Rachman sudah memercayakan pemenuhan kebutuhannya melalui Blibli. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Kecewa dengan Pengiriman Sameday di Blibli

    • 6 April 2022 - (23:57 WIB)
      Permalink

      Lah katanya sering sekali terjadi masalah seperti itu kenapa masih mau pesan.. 😅
      Kurang bijak sih..

      • 7 April 2022 - (03:24 WIB)
        Permalink

        “Masalah ini sering sekali terjadi. Jadi komitmen mereka untuk mengupayakan pelayanan terbaik itu hanya omong kosong”
        Jadi setiap ada masalah saya selalu dihubungi oleh premium care blibli dan mereka berjanji akan mengupayakan pelayanan terbaik agar masalah tersebut tidak terulang kembali.
        Memnag sudah saat nya saya mesti move on, kira2 ada referensi harus move on kemana om smackraw?

  • 5 April 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Saran saya jangan beli barang di Blibli bila barang tersebut ingin segera dipergunakan

    saran yang tepat, jika butuh urgent order di marketplace yang ada kurir instant nya dan tentu saja harus cari seller yg tepat juga

      • 5 April 2022 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Beda pak, klo sameday kurir mengantarkan beberapa barang ke beberapa pelanggan dengan estimasi waktu 6 – 8 jam, klo instant kurir mengantarkan barang ke 1 pelanggan saja dengan estimasi waktu 1 – 2 jam setelah barang di pickup.

        • 5 April 2022 - (17:51 WIB)
          Permalink

          Terima kasih sarannya !! di blibli itu aturannya bila menggunakan sameday/instant itu order sebelum pukul 14.00 akan di kirim di hari yang sama sampai pukul 9 atau 10 malam (Tergantung CS nya) dan bila order di atas pukul 14.00 berpotensi akan dikirim keesokan harinya.
          Saya order di jam 08.03 wib.

        • 6 April 2022 - (09:03 WIB)
          Permalink

          Saran aja ini pak, klo mau cepet misalkan tau toko yg bagus, bisa pakai goshop dr gojek ato jastip dr grab pak.. nanti kn di talangi utk beli lalu antar seketika pak.. selesai.. tanpa nunggu lama.. cm saran aja sih..

    • 5 April 2022 - (20:06 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas saran nya pak Arief Rachman akan saya hapus aplikasi Blibli di hp saya….tetap semangat pak…

  • 5 April 2022 - (17:24 WIB)
    Permalink

    mungkin sebaiknya pakai yang instant pak kalo ada… saya gak perna pakai bibli tapi kalo di tokped saya pakai sameday dan jarak dari penjual ke saya agak jauh ada kemungkinan saya terima malam skali atau besok si pak.. mengerti sameday mustinya sampai hari ini tapi gak bisa ditebak juga…

    • 5 April 2022 - (23:28 WIB)
      Permalink

      Kalo butuh cepat pake instant saja karna sameday bisa sampe meskipun udah malam kan masih hari yang sama

      • 5 April 2022 - (23:54 WIB)
        Permalink

        Terima kasih sarannya pak, tapi tetap ada batas waktu maksimalnya yang menurut Cs nya sampai pukul 21.00, klo pukul 21.10 kurirnya baru mau jalan dari Hub nya mau sampai jam berapa pesanannya saya terima?

  • 5 April 2022 - (23:42 WIB)
    Permalink

    Kalo pengalaman saya belanja di blibli apalagi yang di pegang blibli langsung relatif tidak mengecewakan. Mungkin kebetulan kali agan kena pas begitu. Semoga permasalahannya cepet selesai

  • 6 April 2022 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Menurut saya masih wajar, dikarenakan ini juga lagi peak season. Ada moment puasa, apalagi lebaran, pasti semua jasa pengiriman overload. Itu udah tradisi dari tahun sebelumnya. Kemarin saya pesan pakai sameday di Blibli, baru diterima lewat dari jam 10 malam. Pas saya tanya kurirnya, beliau dari pagi belum istirahat untuk antar paket.
    Sebaiknya untuk hal seperti ini sebagai konsumen juga harus mengerti posisi kurir. Sejauh ini sih saya belum kecewa belanja di Blibli. Malah kualitas cs nya lebih baik dari marketplace lain yang bekerja bagaikan bot, diam langsung keluar chat. 😄

    2
    1
    • 6 April 2022 - (00:54 WIB)
      Permalink

      Kalau saya tidak butuh barangnya segera saya angap wajar, dan itu sering terjadi kok, tapi ini sudah saya ingatkan dari pukul 16.00 dan CS nya menyuruh konfirmasi kembali bila pesanannya belum di terima pada pukul 21.00 tanpa memberikan alasan yang menurut kaka wajar, saya hanya mengikuti aturan yang berlaku dan kalau blibli belum siap menghadapi volume pesanan yang tinggi sebaiknya opsi sameday di tiadakan dulu.

      2
      2

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pengiriman Sameday di Blibli

oleh arief dibaca dalam: 1 menit
15