Refund Limit Kartu Kredit dari Tokopedia Lambat

Pada tanggal 3 April 2022 pukul 22.10 WIB saya melakukan transaksi di Tokopedia menggunakan CC. Tapi dengan alasan saya ingin mengganti alamat pengiriman karena ada perubahan rencana (alamat yang baru jauh dari alamat yang sebelumnya) lalu pesanan tersebut terbatalkan dan mendapat notifikasi limit kredit akan dikembalikan maksimal 14 hari kerja. Dan ini sangat menghambat sekali karena saya butuh limit kredit cepat kembali untuk melakukan transaksi ulang.

Hari ini tanggal 7 April 2022 limit kredit belum juga kembali, dan dalam pesan notifikasi dana baru diproses pada tanggal 5 April 2022 pukul 00.10

Benar benar sangat mengecewakan Tokopedia, pengalaman saya sebelumnya pernah terjadi seperti ini di marketplace kompetitor-nya tetapi bisa menyelesaikan refund dalam waktu 1 hari sudah masuk ke limit kredit.

Sekarang saya hanya berharap cemas karna limit kredit belum kembali dan waktu semakin mepet dengan acara yang akan berlangsung

Yang saya keluhkan adalah marketplace kompetitor-nya bisa menyelesaikan refund dengan sangat cepat tapi mengapa Tokopedia sangat lambat dalam proses refund seperti ini. Ini jadi masalah yang sangat mengesalkan sekali karena saya ingin melakukan transaksi ulang namun terhalang oleh Tokopedia sendiri dalam proses refund-nya!

Alberto Nicolas Santosa
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:4    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Refund Limit Kartu Kredit dari Tokopedia Lambat

  • 7 April 2022 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Mungkin lain kali jangan pakai kartu kredit. kalau saya transaksi di tokopedia selalu pakai virtual account, kalau refund hitungan detik sudah masuk saldo refund.

    • 7 April 2022 - (20:29 WIB)
      Permalink

      Betul, layanan menggunakan CC tidak secepat dengan VA. Tapi apa daya saya sudah budgeting menggunakan CC jadi mau tidak mau harus menunggu limit kembali.

    • 8 April 2022 - (05:37 WIB)
      Permalink

      Kalopun mau pake CC dipastikan dulu segala sesuatunya dan ditanyakan dulu ke seller mengenai ketersediaan produk, jumlah yg dipesan, warna yg diinginkan & yg pasti alamat pengiriman sudah benar & sesuai. Apalagi ini total harga produknya lumayan besar. Dan memang kebijakan semua bank adalah untuk proses refund itu maksimal 14 hari kerja. Kalo mau komplain/menanyakan status refund ya harusnya langsung call ke pihak bank penerbit CC nya. Skrg yg harus dilakukan ya hanya menunggu.

    • 7 April 2022 - (21:02 WIB)
      Permalink

      sudah saya pahami maks 14 hari kerja tidak menutup kemungkinan lebih cepat, hanya saja harapan saya pelayanan tokopedia sama cepat nya dgn kompetitor sebelah dalam mengurus masalah seperti ini. Kompetitor nya 1×24 jam sudah kembali limit berdasar pengalaman sy sebelumnya

  • 7 April 2022 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Hampir semua marketplace seperti itu aturannya, kecuali Shopee yang langsung masuk Shopeepay. Mungkin karena dia punya ewallet sendiri, jadi biar banyak yang pakai juga, jadi “ditalangi” dulu sama Shopee. Diluar negeri malah sebulan dua bulan kalau refund CC.
    Proses refund CC melibatkan beberapa pihak,marketplace✓visa/mastercard✓bank penerbit CC. Sekali lagi kalau ada yang langsung itu ditalangi dulu.

    6
    1
    • 8 April 2022 - (07:29 WIB)
      Permalink

      Terima kasih infonya mas, jadi ternyata shopee itu menalangi dulu ya.
      Ini lebih baik sih, karna jika pembeli ingin re-order tidak perlu menunggu lama lagi

  • 8 April 2022 - (03:31 WIB)
    Permalink

    Begitulah sudah ketagihan utang. Meski ada kartu debit. Ttp aja nggak mau pake. Hemm kendati nunggu.. kebiasaan

  • 8 April 2022 - (04:44 WIB)
    Permalink

    klo boleh tau CC nya dari principal apa dan Penyedia jasa apa ??

    saya hampir tiap hari belanja d tokopedia limit balik secepat kilat setelah diketahui dibatalkan
    d notif lgs dr cc yg d pakai

  • 8 April 2022 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Itu aturan maksimal yaitu 14 hari.biasanya sebelum 14 hari sudah dikembalikan saldonya.prosesnya ada di bank penerbit dan tergantung kebijakan masing masing bank. Jadi sabar ya.lain kali pastikan dulu ,kalau udah mantap baru bayar. Dari semua marketplace,tokopedia masih yg terbaik.

  • 8 April 2022 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Aturan sudah ada dan tidak ada yang dilanggar oleh Tokopedia. Anda transaksi hari ini, tercatat di bank penerbit belum tentu langsung dihari transaksi. Bisa nunggu 2-3 hari baru tercatat di sistem bank Begitu pun refund, bank juga butuh waktu dari terima laporan tokopedia bahwa anda minta refund. Shopee pun seperti itu. Uang anda lebih cepat sampai karena ditalangin dulu. Shopee punya ewallet sendiri. Jadi bukan shopee cepat. Sepertinya limit kartu kredit anda kecil. Lebih baik minta naik limit.

    • 8 April 2022 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Terima kasih infonya mas, ternyata shopee sistem nya spt itu ya. 👍🏻

      • 8 April 2022 - (10:21 WIB)
        Permalink

        Anda ini sepertinya orang yg suka terburu” Dan tidak teliti… Buktinya dalam komentar anda saja 2 x anda menyebut shopee yg ga ada hubungannya

        • 8 April 2022 - (10:23 WIB)
          Permalink

          Mungkin mas yang tidak teliti, saya menyebut shopee karna perbandingan dari komentar pengunjung lain yang membandingkan dgn shopee

        • 8 April 2022 - (10:30 WIB)
          Permalink

          saya pun pernah pengalaman di shopee spt ini, limit langsung kembali saya pun baru tau sistem nya dari komentar pengunjung diatas bahwa itu shopee yang menalangi dulu.
          Jadi tidak ada salahnya saya pun membandingan tokopedia dan shopee dalam kasus spt ini.

    • 8 April 2022 - (10:17 WIB)
      Permalink

      Itu bukan hanya aturan tokopedia, tp aturan dr bank penerbit… Krn saya sendiri pernah mengalaminya

      • 8 April 2022 - (10:24 WIB)
        Permalink

        Sudah saya tanyakan ke pihak bank yg bersangkutan, dan pihak bank menyebut cepat atau lambatnya dari pihak tokopedia

  • 8 April 2022 - (08:46 WIB)
    Permalink

    jadi 14 hari aja belum? udah nulis di sini?

    mending naikin limit aja bung, kok kayak kesusahan sekali sepertinya wkwkwkkw

  • 8 April 2022 - (11:06 WIB)
    Permalink

    14 hari itu memang persyaratan dari pihak visa atau mastercard itu. Merchant sama bank penerbit bisa apa?

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Refund Limit Kartu Kredit dari Tokopedia Lambat

oleh Alberto Nicolas dibaca dalam: 1 menit
23