Promo QRIS BCA Hanya Gimmick atau Penipuan?

Hal ini bermula pada tanggal 8 April 2022, ketika saya berbelanja di salah satu mall di kota Bekasi. Saya berbelanja di toko Charles n Keith dengan harga barang Rp849.000 (harga normal). Saya adalah tipe orang yang aktif untuk menanyakan promo ataupun program yang sedang berlangsung, ketika saya ingin berbelanja.

Pada saat itu seorang pramuniaga memberi tahu saya bahwa terdapat promo QRIS BCA, dimana untuk pembelanjaan minimal Rp800.000 akan mendapatkan cashback Rp50.000. Karena saya adalah pengguna BCA, maka saya melakukan pembayaran tersebut melalui QRIS myBCA dengan harapan akan mendapatkan cashback Rp50.000 seperti yang dijanjikan.

Satu menit, hingga satu jam, saya menunggu, tapi cashback tak kunjung diberikan. Akhirnya saya menanyakan kepada admin Instagram @goodlifebca perihal promo tersebut.

Lalu pihak BCA pun meminta saya menanyakan kepada pihak Charles n Keith. Perlu diketahui juga saya belanja di hari pertama promo dan pada pukul 3 sore. Bagaimana mungkin pihak marketing BCA memberikan promo dari tanggal 8 April – 8 Mei dengan kuota yang langsung habis di hari pertama? Apakah mereka tidak memperkirakan hal tersebut?

Saran saya terhadap pihak BCA adalah, jika dari sistem masih tidak memadai untuk menjalankan promo seperti ini, sebaiknya jangan dilakukan dalam skala yang besar. Karena sebagai konsumen saya merasa dirugikan.

Padma Sindura
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Promo Bank BCA:
[Total:25    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan BCA atas Surat Ibu Padma

Menanggapi keluhan Ibu Padma Sindura Adhyarini di Surat Pembaca Media Konsumen tanggal 13 April 2022 dengan judul “Promo QRIS BCA...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Promo QRIS BCA Hanya Gimmick atau Penipuan?

  • 13 April 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Lah syarat ketentuan quota 1000 pertama..dmn2 promo quota jgn harap dpt…yg serbu jutaan orang apalagi e ecomerce 0.1 detik aja quota promo lgs abis

  • 13 April 2022 - (18:48 WIB)
    Permalink

    ya elah gini doang, cuma 50 ribu, cape otak dan pikiran ngurusin yang begini begini, mending tidur aja

    10
    3
  • 13 April 2022 - (18:54 WIB)
    Permalink

    Emang salahnya berharap di bro batman? Promo kan dibuat biar konsumen berharap dapet potongan/cashback trus transaksi di merchant tsb. Ya kalo gak boleh berharap ya jangan bikin promo lah. Enak bgt bikin promo berharap biar banyak yg transaksi tapi konsumen gak boleh berharap dapet cashback. BCA bikin promo karena mau naikin traffic transaksinya kan? Ya user juga pengen dapet promo, as simple as that. Lagian, si thread makernya juga cuma minta bukti kalo kuota beneran abis, masa tim IT/product sekelas BCA gak bisa ngasih bukti kalo kuotanya abis?

    4
    2
      • 14 April 2022 - (10:29 WIB)
        Permalink

        Lah kenapa dah? emang salahnya di mana ngerjar promo? orang bukan tindakan kriminal juga

        2
        1
          • 14 April 2022 - (16:42 WIB)
            Permalink

            Aneh bgt sih kalo malu, ini bukan sesuatu yg salah dan gak ada undang-undang/peraturan yg dilanggar juga. Mungkin bisa ditingkat lagi tingkat keperecayaan diriny biar gak malu2in.

      • 14 April 2022 - (23:30 WIB)
        Permalink

        saya juga suka promo loh:
        – akumulasi cashback saya di Bibit (reksadana) 1,7 juta setahun
        – sampai saat ini cashback saya di Shopback 700 ribuan
        – tiap kali belanja di farmers pake cimb niaga dpt cashback 20 ribu
        – go club (gopay) dpt voucher 50 ribu per bulan
        – cashback koin di koinworks 2 jutaan

        wenak tho banyak cashback…..

    • 14 April 2022 - (06:26 WIB)
      Permalink

      Saya juga heran dengan tukang komentar di atas masih saja menyalahkan admin.. padahal wajar dong orang berharap walaupun 50 ribu….
      Ini perlu dipertanyakan ni kebenaran komentar BCA paling bagus pelayanannya…

      5
      1
    • 14 April 2022 - (18:13 WIB)
      Permalink

      Pertama, Kuota promo itu ada di Web Report mereka, dan masalah itu tidak mungkin di publikasikan ke pihak luar. Sama ajah seperti urusan dapur rumah tangga lu apakah di umbar-umabr ke orang lain? Gak kan.

      Ke dua, manusia yang protes ini tidak baca syarat dan ketentuan, di situ ada jelas untuk seribu orang pertama. Di Indonesia ini, yang menggunakan BCA bukan Lo doang, jutaan orang dan dari jutaan orang itu ada 1000 orang yang sudah menggunakan, mau itu di hari pertama kek atau di jam awal promo dimulai. Next, gunakanlah logika dan akalnya yah, biar cerdas.

      • 14 April 2022 - (18:58 WIB)
        Permalink

        1. Gak apple to apple dan relevan bisnis dibandingin sama urusan pribadi (rumah tangga) karena berbeda tujuan. BCA sendiri yg buka dapurnya ada 1.000 orang, ya kalo diopen publik bisa aja orang yg gak dapet berasumsi itu dummy karena gak ada bukti, buktinya apa kalo emang abis? ya kalo dituduh gitu ya tinggal tunjukin aja data jumlah transakinya, fair dong user udah ngasih bukti kalo dia gak dapet promonya, ya sekarang gantian BCA kasih unjuk kalo promonya memang abis.

        2. Betul yg make BCA memang jutaan orang, tapi ini analisisnya cetek bgt. apakah yg transaki di charles n keith dengan minimum transaki 800.000 rupiah dan harga normal di hari pertama ada 1.000 orang? btw total store charles n keith di Indonesia ada sekitar 53. Saya rasa gak akan sampe 1.000 orang. Kalo memang benar ada 1.000 orang yg transaksi di hari itu artinya team marketingnya gak mikir pas bikin promo. Promo dibikin pasti ada basic datanya, gak mungkin tiba2 marketing muncul angka 1.000 orang dengan periode 1 bulan (8 april-8 mei), anak sd baru kelar UN kemarin juga bisa bikin promo ngasal begini, gak perlu ngerekut lulusan sarjana atau experienced. Kalo memang trafficnya sangat padat gak mungkin tuh periodenya 1 bulan. Knp mereka bikin promonya sampe 1 bulan bukan 1 hari? karena berdasarkan history transaksi, analisis kompetitor, dan promo sebelumnya pasti mensupport jangan waktu periode tersebut.

        2
        1
  • 14 April 2022 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk Netizen yang sudah turut berkomentar

    Update per tanggal 13 April
    Pihak BCA melalui akun instagram @goodlifebca telah menghubungi saya, bahwa untuk masalah ini terdapat kesalahan pada kasir merchant terkait sehingga saya tidak mendapat potongan pada transaksi saya.
    Hal ini bisa menjadi pembelajaran untuk pihak BCA maupun merchant untuk mengedukasi tim di lapangan agar kejadian ini tidak terulang.

    5
    1
    • 14 April 2022 - (07:30 WIB)
      Permalink

      Jadi dpt cashbacknya pak ? Mohon maaf saya juga ada beberapa QRIS ,BCA juga ada ditempat usaha. Semua QRIS kalau ada promo memang berupa cashback dan pihak merchant hanya menyampaikan info saja ke pembeli. Untuk detail selanjutnya penyedia QRIS yang berwenang, maksud saya ini terkesan BCA melimpahkan kesalahan ke merchant. Padahal normalnya kalau ada promo ya tinggal scan saja, ga ada masukin kode khusus di mesin kasir. Penasaran aja sih 🤭

      • 14 April 2022 - (07:35 WIB)
        Permalink

        Halo Pak Smin, dari pihak BCA menginfokan bahwa merchant akan memberikan kompensasi berupa voucher Rp50.000 (dengan mekanisme yang akan dijelaskan oleh pihak merchant) tapi per 14 April pukul 7.00 WIB saya belum dapat voucher maupun info lebih lanjut lagi

        2
        1
      • 14 April 2022 - (07:43 WIB)
        Permalink

        Mungkin karena QRIS yang dipakai adalah QRIS Dynamic pak, jadi mungkin seharusnya ada kode yang dimasukkan (ini hanya hipotesa saya)

        2
        1
  • 14 April 2022 - (12:39 WIB)
    Permalink

    sudah jelas itu potongan, bukan cashback. jd hrsnya tokonya lah yg hrs potong 50rb di awal

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Bank BCA?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Promo QRIS BCA Hanya Gimmick atau Penipuan?

oleh Padma dibaca dalam: 1 menit
19