Samsung Service Center Tidak Tahu Etika dan Merusak Barang Konsumen

Pada tanggal 12 April 2022, saya membawa HP Samsung Seri Galaxy Note 10+ saya ke Customer Service Samsung Ternate. Dikarenakan tiba-tiba ponsel mati total, tidak bisa diisi ulang daya melalui charger original Samsung dan hanya menampilkan logo pengisian daya tanpa perubahan apa-apa.

Saya yang pada saat kejadian sedang melaksanakan tugas di Kepulauan Morotai, Maluku Utara, sempat kebingungan karena di lokasi saya tidak ada Samsung Service Center, sedangkan perangkat seluler saya berisikan data-data penting pekerjaan. Kemudian saya mencari lokasi terdekat yaitu Samsung Service Center Ternate yang saya tempuh dengan naik pesawat kurang lebih 30 menit.

Setelah saya tiba di SC Samsung Ternate, salah seorang staf CS yang katanya juga berlaku sebagai teknisi bernama Rudy langsung mencongkel HP saya menggunakan kukunya di hadapan saya. Padahal saya sudah beritahu bahwa HP saya belum pernah diservis di tempat lain sebelumnya. Namun beliau tak memedulikan itu. Setelah dibuk,a saya disuruh menunggu 1 jam kemudian untuk hasilnya.

Sekitar 45 menit saya kembali dan staf tersebut mengatakan harus diganti baterai senilai Rp650.000 (enam ratus lima puluh ribu rupiah) dan itu pun baterai yang ada milik teknisi, bukan milik Samsung.

Saya yang berburu dengan waktu serta memikirkan data penting pekerjaan di dalam perangkat, menyetujui hal tersebut. Kemudian staf tersebut memberikan perangkat saya ke orang lain, yang saya tidak tahu siapa, untuk mengganti baterai ponsel saya.

Setelah saya menunggu beberapa menit perangkat telah selesai diganti baterai. Saya berpikir jika cepat selesai maka saya bisa kembali ke Pulau Morotai esok harinya dengan pesawat pagi.

Namun saya terkejut, karena tiba-tiba layar ponsel saya memunculkan satu titik hijau terang yang tidak bisa hilang. Saya meminta mereka mempertanggungjawabkan hal tersebut. Namun mereka mengatakan itu adalah risiko saya. Saya tidak terima dengan hal tersebut hingga saya marah dan berkata jika mereka tidak mengganti ponsel saya maka saya akan laporkan ke pihak Samsung.

Akhirnya mereka setuju, lalu mengambil kembali ponsel saya dan saya diminta menunggu sekitar 5 hari. Tepat hari ini saya kembali datang ke SC Samsung Ternate untuk mempertanyakan. Namun belum ada hasil. Sementara mereka hanya memberikan saya sebuah tanda terima yang nominalnya bertuliskan tangan dan itu pun hanya untuk penggantian baterai.

Tanda Terima yang Tidak jelas

Saya sudah berdiam diri di Ternate selama 5 hari dan bermalam di hotel sambil menunggu perangkat saya. Hal yang saya kecewakan kenapa sampai selevel Samsung bisa berbuat seperti ini? Berapa banyak kerugian saya akibat hal ini? Berapa Banyak waktu, tenaga dan uang yang terbuang karena hal ini?

Saya kecewa dengan Samsung secara umum, terutama SC Ternate khususnya. Saya membeli barang yang tidak murah dan membawanya ke SC resmi Samsung, tapi barang saya seolah-tidak ada harganya. Malah dicongkel-congkel dengan kuku untuk membuka casing-nya dengan paksa, yang kemudian saya tidak tahu perangkat saya diapakan, sampai akhirnya berimbas ke layar yang rusak.

Disaat salah satu teknisi kembali membongkar HP saya dsn melepaskan barerai yang telah di ganti
Saat salah satu teknisi kembali membongkar HP saya dan melepaskan baterai yang telah diganti

Ke depannya saya berpikir panjang jika akan membeli produk Samsung, begitu keluarga serta mitra dan kolega saya akan saya peringatkan jika ingin membeli produk Samsung yang ternyata pelayanan aftersales-nya tidak sesuai dengan Brand Samsung yang sudah terkenal.

Muhammad Izazad
Daruba, Maluku Utara


Update (26 April 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi dan klarifikasi atas tindak lanjut oleh pihak Samsung Service Center sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

112 komentar untuk “Samsung Service Center Tidak Tahu Etika dan Merusak Barang Konsumen

  • 18 April 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Tempat Service/Repair handphone di dekat tempat tinggal saya. Hanya Street Service loh, tanpa membawa Brand, tapi prosedur pertama ya chek software, kalau ada masalah di flashing. Itupun tekhnisinya ijin dulu.
    Hahahaha…
    Tolong bilangin ke teknisi pemilik kuku ajaib, jangan lupa jarinya di asuransikan.

  • 18 April 2022 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Terlepas oknum SC bagus atau ga ? Buat saya pelayanan after salesnya mmg buruk, waktu itu HP saya posisi tdk menyala kata tkg service SC ny mesinnya kebakar, alhasil harga service mahal kyk beli baru, akhirnya cb diagnosa ke tkg service pinggir jalan, ternyata cm masalah baterei yg harus d ganti

    Kecewa sih, terlepas apapun itu SC apakah sengaja melakukan penipuan & pembodohan public ?

    Sayang banget klo brand sebesar ini akan hancur dlm bbrp waktu ke depan krn ulah oknum SC nya sendiri

    Sekarang saya sdh beralih ke OPPO & HUAHWEI
    Bukan iklan ya, tapi suka krn layanan after salesnya OK punya

  • 18 April 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Saya sudah lelah dengan samsung…
    Yang cacat produk nya.. Yang susah kita..

    Sudah antri berjam-jam, nunggu servisan lama, ga lama error lagi, antri berjam-jam lagi..

    Akhirnya beli hape baru deh.. Bye bye Samsung.

  • 19 April 2022 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Hahaha mungkin teknisinya waktu pelatihan sering bolos ama kelayapan….jadi buka hp harusnya pake alat…..jadi standard prosedurnya pake KUKU……..masih kuno dan primitif sekali service centrenya…..ntar kalo ke samsung tanya ah….bukanya pake alat apa pake KUKU?

  • 19 April 2022 - (11:47 WIB)
    Permalink

    [UPDATE]
    Hari ini Tanggal 19 April, belum ada penyelesaian dari pihak Samsung. Ternyata setelah mereka utak-atik HP saya jadi tambah parah. Sekarang bahkan layar sentuhnya tidak bisa pakai SPen, padahal sudah di ganti Layar Baru.

    Pada Tanggal 18 pihak Samsung pusat sempat menelepon saya untuk menyelesaikan masalah, tapi ternyata hari ini saya menunggu di Samsung SC Ternatr dari pagi, namun nihil dan tidak sesuai.

    Saya akan menunggu sampai sore, jika hal ini tidak di konfirmasi hari ini, maka saya akan buat “thread” baru yang berisikan hasil percakapan dan janji2 Pihak Samsung ke saya yang tdk sesuai.

  • 19 April 2022 - (12:27 WIB)
    Permalink

    SEKELAS BRAND DUNIA SAMSUNG SANGAT MENGENASKAN SERVICE CENTERNYA…!!! JANGAN KE CS RESM5 KE AMATIR AJA…!!!! WKKKKKKKK. ???

    • 20 April 2022 - (04:31 WIB)
      Permalink

      Saya juga ada pengalaman terkait SC dikota saya jadi 1th lalu tepat nya saat 2 minggu puasa hp samsung seri A5 2017 saya tercebur kedalam air memang biasanya hp samsung A5 itu tahan air tapi tidak tau kenapa tiba tiba layarnya jadi tidak bisa disentuh tapi posisi hp masih menyala dan dapat dicharger dengan baik, kemudia saya memtuskan membawa hp tersebut ke SC samsung mereka lalu melihat kondisi hp dan mengatakan dapat diperbaiki (disclamer sedikit hp saya memang retak pada bagian belakang namun saya fikir itu tidak masalah yg penting layar hp dapat berfungsi dengan sempurna) setelah hampir 2 hari saya datang lagi untuk mengambil hp karna tidak diperbaiki terkendala biaya yang mahal hampir 2jt lebih saat itu karna dari pihak SC samsung memaksa untuk mengganti retakan pada belakang hp saya padahal saya ga mau akhir nya saya ambil dan sekarang hp itu jadi rusak total tidak bisa dicharger dan retaknya pun makin parah, ini jadi pelajaran buat saya untuk tidak usah lagi ke SC samsung kalo malah makin parah rasanya mau ketawa tapi sebel juga semoga pihak samsung baca ini ya maaf kalo terlalu panjang 🙂

  • 19 April 2022 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Selamat sore
    Mau tanya ni saudara
    Apakah kalo mau pelunasan motor di fif,tapi coolfee nya masi ada….apakah kita bayar juga?

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung Service Center ?

Ada 112 komentar sampai saat ini..

Samsung Service Center Tidak Tahu Etika dan Merusak Barang Konsumen

oleh Raffliecious dibaca dalam: 2 menit
112