Pengembalian Barang Dibatalkan Sepihak oleh Shopee

Melalui Media Konsumen ini, saya ingin menyampaikan keluhan saya, terkait pengembalian barang dan dana di Shopee. Pada tanggal 26 Maret 2022 saya order di Shopee dengan nomor: 220326VFJ49F25. Setelah barang saya terima, saya unboxing dan record video, ternyata untuk barang tidak berfungsi normal.

Kemudian saya lakukan chat dengan seller dan seller menginginkan video unboxing dikirim melalui WhatsApp. Namun saya menolak dan saya sarankan melalui Shopee, bukan di luar Shopee.

Kemudian pada tanggal 3 April 2022 saya ajukan pengembalian barang. Tanggal 5 April 2022, barang saya kirim kembali via J&T.

Tanggal 15 April 2022 (hari besar), saya mendapatkan WhatsApp, yang mengatasnamakan gudang Shopee (bukan nomor WhatsApp Shopee yang terverifikasi) dan menanyakan terkait pengembalian barang yang saya lakukan. Inti percakapannya, barang yang saya kembalikan ada yang kurang. Namun saya cek di forum diskusi pengembalian barang Shopee, tidak ada notifikasi apa pun, sehingga saya abaikan, karena saya menunggu diskusi via Shopee.

Tanggal 16 April 2022 (hari Sabtu dan bukan hari kerja efektif), saya mendapatkan WhatsApp bahwa pengembalian saya dibatalkan, karena tidak ada respons. Di notifikasi Shopee juga menginfokan demikian, sedangkan riwayat diskusi pengembalian barang masih kosong. Namun keputusan Shopee sudah berlaku, tanpa adanya diskusi di fitur diskusi pengembalian Shopee.

Kemudian saya tanyakan melalui live chat Shopee dan dibuatkan laporan dengan kode pelaporan: 1515274547671781423. Namun pada saat pelaporan masih berjalan, status pesanan sudah selesai. Padahal sebelumnya sudah saya tanyakan terkait jika terjadi demikian.

Yang saya tanyakan di sini:

  1. Kenapa diskusi pengembalian dilakukan pada hari besar (hari libur panjang, Jumat, Sabtu, Minggu) bukan di hari kerja efektif ? (terkesan disengaja pada saat kita sedang family time dan slow respond).
  2. Kenapa diskusi dilakukan via aplikasi dil uar Shopee (WhatsApp)? Padahal tersedia fitur diskusi terkait pengembalian barang.
  3. Jika memang menggunakan aplikasi lain (WhatsApp) itu dibenarkan, mengapa tidak menggunakan WhatsApp resmi Shopee dan mengapa ada fitur diskusi terkait pengembalian barang? Bagaimana kita percaya nomor tersebut dari gudang Shopee, jika tidak menggunakan nomor resmi Shopee.
  4. Bagaimana ada keputusan dibatalkan tanpa adanya riwayat diskusi di fitur diskusi? (dibatalkan sepihak tanpa ada riwayat diskusi).
  5. Kenapa pelaporan saya sedang berjalan namun status pesanan sudah menjadi selesai? Menurut info dari CS live chat, pelaporan dilakukan setelah keputusan Shopee (jika belum ada keputusan dari Shopee, kenapa saya harus melapor?)

Saya tidak pernah menanyakan terkait resi di luar Shopee, yang saya tanyakan seperti pertanyaan di atas, tapi jawaban via Email dijelaskan tentang resi di luar Shopee.

Mohon sekiranya bisa menjelaskan pertanyaan di atas satu per satu biar lebih jelas dan dapat dipahami, Semoga ke depannya Shopee akan lebih baik dan lebih bijak lagi. Terima kasih.

Dedy Cahyo Nugroho
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:11    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Pengembalian Barang Dibatalkan Sepihak oleh Shopee

  • 21 April 2022 - (11:48 WIB)
    Permalink

    kirim nya lengkap sesuai yang diterima makanya gan, biasanya prosedur pengembalian gitu walaupun secuil engga ada (contoh plastik pembungkus) dipermasalahkan.

    semoga permasalahan nya segera selesai

  • 22 April 2022 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas respon cepat shopee terhadap keluhan saya di media konsumen diatas berjudul “Pengembalian Barang Dibatalkan Sepihak oleh Shopee” pada tgl 20-4-2022, pada hari itu juga pihak shopee menghubungi saya melalui panggilan telpon seluler sebagai konfirmasi dan tindak lanjut terkait keluhan saya di media konsumen ini dan memberikan kompensasi dalam bentuk voucher senilai Rp 50.000, sebagai permohonan ma’af atas kendala yang saya alami, dengan ini saya menyatakan keluhan saya sudah selesai, terima kasih atas atensi dan tanggung jawab shopee, semoga kedepan shopee lebih baik dan lebih bijak terkait proses resolusi pengembalian barang, terima kasih juga kepada media konsumen yang telah memuat keluhan saya.

    1
    2

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Barang Dibatalkan Sepihak oleh Shopee

oleh vanya dibaca dalam: 2 menit
2