Kurir Pick Up SiCepat “Tidak Jujur”

Halo, saya owner sebuah toko teh di Surabaya, baru beroperasi 1 tahun lebih. Untuk mendukung usaha saya, saya mengaktifkan beberapa jasa kirim pada toko saya di e-commerce. Untuk ke sekian kalinya, saya melakukan request pick up kurir SiCepat, dan sering sekali mengalami kendala berikut. Kurir pick up tidak datang untuk mengambil barang dan di keterangan lacak pesanan tertulis: “Paket gagal pick up: Not at home atau reschedule by seller, atau seller akan drop paket ke gerai terdekat“.

Padahal di rumah selalu ada orang, dan kurir jasa kirim yang lain juga fine-fine saja pada datang bergantian ambil paket. Hanya kurir SiCepat saja yang gak datang ambil paket, dan itu sudah sering sekali terjadi. Saya sudah berkali-kali mengajukan keluhan pada customer service pick up SiCepat Surabaya Barat, dan CS SiCepat melalui email. Namun sampai sekarang masih saja kayak gitu, gak ada perubahan.

Saya gak masalah jika pak kurir gak ambil, mungkin lagi overload atau ada kendala. Namun tolong keterangan di lacak resinya jangan kayak gitu, memojokkan seller, seakan seller gak niat kirim barang. Padahal seller sudah berusaha secepat mungkin melakukan pengemasan.

Jasa kirim lain juga pernah gak ambil barang, tapi di statusnya tertulis “Kendala operasional/banjir, dll” atau statusnya tetap menunggu kurir pick up. Lebih jujur alasan kenapa barang pada hari itu tidak di-pick up.

Jika memang tidak bisa pick up, tolonglah jangan seenaknya saja tulis keterangan. Atau paling tidak kalau tidak mau ambil, langsung kasih keterangan biar saya drop jika hari itu gak bisa di-pick up. Namun jangan mepet-mepet jam buka drop point juga. Karena sekarang jam drop point sudah gak selama sebelumnya, tutupnya lebih awal. Alhasil saya baru bisa drop keesokan harinya.

Itu kan bikin pembeli yang selalu minta cepat dikirim jadi kecewa, dan akhirnya menyalahkan seller karena gak lekas dikirim. Padahal seller sudah semaksimal mungkin mengemas barang. Tolong jujurlah menulis keterangan, tunjukan attitude yang baik. Seharusnya seller dan jasa kirim jadi mitra yang baik dalam kerja sama. Tidak saling merugikan. Saya juga kirim barang dalam jumlah banyak tiap harinya, jadi agak merepotkan jika harus drop di gerai yang jaraknya lumayan jauh.

Saya tidak tahu apakah cuma saya yang mengalami hal ini, atau memang oknum kurir di area ini saja yang memang keterlaluan. Nama kurirnya saya coret untuk menghargai privasi beliau, tapi tolong kurirnya diajari attitude yang baik, kami kan pengguna jasa Anda. Sekali lagi ini sudah berkali-kali kejadian seperti ini. Mulai hari ini saya non aktifkan jasa kirim SiCepat di e-commerce saya, karena terlalu sering saya dikecewakan.

Terima kasih, semoga bisa menjadi evaluasi untuk SiCepat.

Arditha Raflesia Romansi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat Ekspres:
[Total:464    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Arditha Raflesia Romansi

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Arditha Raflesia Romansi dengan judul “Kurir Pick Up SiCepat “Tidak Jujur”“, kami menyampaikan permohonan...
Baca Selengkapnya

73 komentar untuk “Kurir Pick Up SiCepat “Tidak Jujur”

    • 11 Mei 2022 - (11:54 WIB)
      Permalink

      Mungkin yg bikin kurir kesal itu Sistem Shopii, krn ketika print sdh langsung ter request, hal ini membuat rute pickup yg kurang efficient, mondar mandir terus secara acak, jd para seller jg perlu memilih waktu request pickup sebelum di print, supaya paket bisa di pickup sekaligus. Tp diluar itu memang motif gagal pickup jg tidak boleh merugikan seller, dimana seller diposisikan pihak yg salah krn tidak ada di rumah ketika kurir pickup datang.

      13
      2
    • 12 Mei 2022 - (23:52 WIB)
      Permalink

      Tanggal 11 barang sudah digudang cabang kota tempat saya tinggal, otomatis dekat dengan alamat keluarga saya, hari ini belum diantar kerumah keluarga saya,semoga semakin cepat namanya aja si cepat bukan si lambat…. Kalo masalah internal di si cepat bukan urusan saya, konsumen hanya menerima barang pesanannya.udah gitu aja…

      • 13 Mei 2022 - (21:45 WIB)
        Permalink

        Hari ini tgl 13,paket saya juga belum di kirim, hasil lacak paket dibawa si gesit an keong(nama samaran) menuju alamat keluarga saya yg rutenya gak lewat hutan belantara atau gurun pasir atau samudera luas yg berjarak ribuan kilometer, dari pagi sampai malam ini pukul 21.38 saya setia sabar menunggu,karena baru kali ini saya pesan barang mulai pesan sampai hari ini kalo gk salah udah genap 10 hari,
        Doa saya semoga kurir diberi kelancaran mengantar barang pesanan, dan istirahat bersama keluarga anak dan istri dirumah, besok saya berharap saya menerima barang saya dengan baik, amin…

        • 13 Mei 2022 - (22:11 WIB)
          Permalink

          Besok saya ke kantornya, kebetulan gak jauh gak ada 1 kilometer, satu kelurahan, semoga mudah prosesnya, ikhlas ongkirnya yg wow 1 hari gaji kerja gak cukup bawa barang sendiri kalo di ijinkan, pastinya agak ribet bawanya terus gak punya mobil, dan korban waktu kerja, ridho setengah hari kerja gaji kepotong…. Gpp berbagi harus ikhlas….

          • 13 Mei 2022 - (22:13 WIB)
            Permalink

            Hadapi dengan senyuman kata sebuah lagu yg tepat saat ini……

    • 14 Mei 2022 - (03:41 WIB)
      Permalink

      Mau gimana yg penting ongkir murah….kalo mau cepat drop aja lansung ke si cepat… Gue ga berharap dari kurir yg jemput barang gue… Gue yg antar sendiri ke gerai si cepat … Slama ini lancar lancar aja…. Kalo mau lancar ea gtu… Saling kerja sama…..bukan gue belain sapa sapa… Gue penjual jga.. Tapi kirim ke gerai si cepat jga… Hahahha jos jos aja… Kalian mau di kirim cepat barangnya…. Butuh kerja sama…. Bukan handalin kurir yg ambil… Mau paketnya banyak apa dikit ga ngaruh… Ilang 1 tumbuh 1000 ….

      • 14 Mei 2022 - (07:02 WIB)
        Permalink

        Buat saya menjadi perhitungan sih kak, kalau seller gabung dalam program bebas ongkir XL ada biaya lebih untuk tiap pesanan untuk subsidi ongkir dr seller.
        Saya sebagai penjual memperhitungkan tiap detail dalam usaha, efisiensi waktu jg penting. Jadi sudah ada tugas & kewajiban masing².

        Dan sebagai seller, saya secara pribadi jg tidak sok ngide untuk mengaktifkan suatu jasa kirim.

        Karena tiap Sales Manager jasa kirim yg menawarkan kerja sama kepada saya, sebagai Mitra untuk memudahkan transaksi pesanan.
        Saya jg mengaktifkan bbrp jasa kirim lain.
        Saya g paham sistem pembayarannya gmn, tapi kalau kurir lain mah bilang,
        “Kalau pick up barang, lumayan buat beliau nabung.
        Yang lain bisa menjaga apa yg mereka tawarkan.
        Itu saja sih kak, mgkn mereka jg g akan terpengaruh dg jumlah paket saya tidak seberapa, hanya ratusan paket tiap bulannya.Karena skala usaha saya yg masih kecil.
        Saya cuma sharing ajah sih, karena hak saya sebagai konsumen untuk mengemukakan pendapat pihak jasa yg sblmnya menawarkan kerja sama kepada saya sebagai Mitra.

        Bagus sih kalau kakak bisa drop barang sendiri.
        Saya jg hanya ingin berbagi untuk kurir yg menghargai rezeki tiap rupiahnya.
        Karena mgkn buat yg lain, tiap rezeki yg mereka hasilkan dr tiap ambil paket, berharga banyak.
        Yang saya tekankan disini etos kerja & attitude.
        Bukan masalah mengandalkan atau tidak.

    • 18 Mei 2022 - (10:31 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami seperti itu padahal saya selalu siapkan barang dahulu baru request pickup jadi ada jeda sekitar 2 jam an, emang kualitas kurir secepat seperti itu kliatannya….

  • 10 Mei 2022 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Kl cuma sedikit mbok ya di drop ke sicepat, kan sama2 enak. Itu mungkin jarak ke sicepat jauh, atau bisa juga banyak paket yg harus di pickup jd belum sempat dll.

    7
    64
    • 10 Mei 2022 - (21:02 WIB)
      Permalink

      Kurir ikuti kesepakatan aja, dan jujur dalam input data keterangan. Memang pernah juga saat ngater barang kesaya. Saya didepan rumah melihat pengantar, tapi pengantar tidak melihat saya, Itu barang dilempar begitu aja. Dan di tulis +4 jam kemudian barang sudah sampai si pembeli. Klo saya ngadu ke market place, pasti besoknya disamperin sama si kurir dan pakai sejuta alasan. Gerai pada tutup??? contoh lah sama pelayanan kurir yang lebih canggih, jangan menganggap SOP nya sudah benar. Semoga siCepat, cepat cepat pintar dan berbudi.

      19
      3
      • 10 Mei 2022 - (22:11 WIB)
        Permalink

        Sbnrnya yg di minta seller cm kl memang gk bs pick up jgn ksih alasan yg mojokin seller blg kl seller yg blm sediain paket. Jd seakan2 kurir udh dtg.

        Bkn mslh dikit ato bnyk nya brg tp memang dr sicepat yg menyediakan fasilitas pick up brg biar memudahkan pihak seller dan menjadi plus poin untuk dipakai seller.

        Kl memang area seller tidak tercover pihak sicepat diinfo aja biar seller ya jg gk pake sicepat

        Coba aja infoin ke MP nya mslh ini

        37
          • 12 Mei 2022 - (14:21 WIB)
            Permalink

            itu bisa pake foto apa aja pak di lokasi yg beda bbrp km pun, soalnya sy juga sering kena masalah ini, malah lebih parah soalnya marketplace si ijo, 1 jam paket belum terinput ekspedisi, status power merchant pro hilang, padahal kurirnya yg ga ambil”, tp di status pengiriman seolah” kita yang gagal kirim

      • 13 Mei 2022 - (09:38 WIB)
        Permalink

        Emang parah bgt sicepat blakangan, saya juga barang ada 15buah dr tgal 11request pickup smpe skrg ga dipickup2 pdhal ud telp cs berkali2. Jd malas aktifin kurir sicepat, lagi bermasalh keknya, mana blkangan bragnya pada banyak yg lost. Untuk skrg saya ga akan aktifin sicepat dl menghindari ga dipickup dan brg loss. Perbaikin sistemmu baru ntr saya aktifkan lagi

      • 11 Mei 2022 - (11:27 WIB)
        Permalink

        pegalaman saya sama menggunakan antar aja. request pickup jam 10-13. tp ga datang2 jg tlp jg ga buat pickup. tiba2 status di pesanan bilang klo kantor/toko saya tutup. org dr td ada ga kemana2 dan lagian yg dipickup di rumah. ngapain pake dibulang tutup. sama aja berarti semua kurir seperti ini.

        11
      • 11 Mei 2022 - (21:56 WIB)
        Permalink

        sedikit lah yg jujur, klo udah malas kurir pick up nya, pasti kurir buat status yg bikin dia aman di kantor, klo pake ilmu jitu kurir lobi biar bisa buat status sesukanya, dgn iming iming begini begono.

      • 12 Mei 2022 - (02:23 WIB)
        Permalink

        Malu kamu mas udah gede gak bisa baca.
        Baca bae-bae mas di ts udah jelas kok, atau kalo mas nya rabun jangan ikutan komen, keliatan bo*** nya hehe

    • 13 Mei 2022 - (21:51 WIB)
      Permalink

      Ambil sendiri barang di kantornya gitu? Kita bayar bos gak pake ongkir gratis, paket motor trail anak ukurannya besar bos bawanya resiko gak punya mobil, kita juga kerja cari nafkah bos dan kita juga ngasih kerjaan kurir, sudah sama2 enak

  • 10 Mei 2022 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Yang jadi masalah status pengirimannya pak, ini dapat mempengaruhi reputasi toko !! Monggo pak di baca lagi biar gak gagal paham.

    21
    • 11 Mei 2022 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Hampir semua jasa pengiriman tidak bisa di andalkan . Kalau bisa di drop ya sebaik nya di drop saja langsung . Nama nya pembeli mana mau tau , mereka pesan ya di layani dengan baik . Korbankan waktu sedikit paling tidak untuk mengirim pesanan . Kalau memang pemilik toko tidak punya waktu luang untuk nge drop paket ya pakai karyawan toko yang di tugaskan khusus untuk bisa menaruh paket ke drop point . Jaman sekarang kalau terlalu bossy ngak bisa di layani , nama nya juga seller butuh jasa pengiriman , kadang seller sendiri harus mengorbankan waktu ke tempat drop point . Mengharapkan sesuatu tidak bisa 100 persen berjalan dengan baik . Lebih bijak dari diri sendiri ada kemauan

      9
      9
      • 11 Mei 2022 - (11:24 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf pakde itu bukan solusi, penulis menulis artikel ini agar jasa pengiriman dapat evaluasi atas program yang mereka berikan terhadap konsumen.
        Klo mereka belum sanggup menjalankan program itu lebih baik di tiadakan.

        17
        • 11 Mei 2022 - (12:04 WIB)
          Permalink

          Ya memang solusi untuk permasalahan jasa kurir di Indonesia ini belum pernah ada yang bener dalam arti kata memberikan pelayanan yang tidak memuaskan pelanggan . Apapun itu jasa pelayanan di Indonesia semua belum maksimal . Baik itu jasa pelayanan cust service dari sebuah E commerce , jasa pelayanan di Indonesia rata rata masih banyak yang mengecewakan . Saya pun sebagai seller di salah satu e commerce mengalami hal yang sama dalam menggunakan layanan jasa pengiriman . Biarpun kadang kita sudah nge push ke jasa kurir dalam layanan mereka masih belum bisa maksimal walaupun barang sudah di pick up oleh mereka tetap di dalam proses pengiriman boleh di bilang pasti akan masalah juga . Kadang saya sendiri pun kalau menunggu kurir pick up tidak sabar dan selalu saya lakukan sendiri untuk drop paket ke tempat drop point mereka . Kualitas pelayanan jasa kurir di Indonesia tingkat kepuasan nya masih sangat rendah sekali . Karena memang sudah seperti itu budaya cara kerja orang Indonesia . Kerja semau nya , kinerja pengawas di lapangan pun juga status sebagai karyawan tidak bisa 100 persen menyelesaikan masalah pelanggan , yang punya perusahaan jasa pengiriman pun belum tentu mengawasi 100 persen cara kinerja orang di lapangan . Jadi bersabar lah kita tinggal di negeri yang masih jauh tingkat pelayanan umum . Maka nya dengan ada nya kemajuan teknologi semoga suatu saat nanti jasa kurir bisa di gantikan dengan robot . Anda kecewa dengan pelayanan jasa kurir sayapun mengalami hal yang sama . Pengalaman saya sebagai pembeli di e commerce maupun sebagai penjual sudah sering makan pil pahit pelayanan jasa kurir di Indonesia . Yang saya sudah hindari jasa kurir J&T , Anter aja . Saya kadang masih suka memilih yang masih bisa sedikit di andalkan . JNe masih ok , Shopee express masih boleh , si cepat pun masih jadi bahan pertimbangan

          1
          9
          • 13 Mei 2022 - (07:47 WIB)
            Permalink

            itulah alasannya knp sy harus punya kontak kurirnya
            untuk sicepat sendiri sampai punya 3kontak, krn trnyt lokasi pengantaran/pickup digilir, baru tau dr kurir stlh pickup habis lebaran

            prnh barang stuck di Gudang sampai 3hr lbh (ekspedisi lain), sy jg lgsg kontak ke kurir biar lgsg diurus

        • 11 Mei 2022 - (15:59 WIB)
          Permalink

          mohon maaf sebelumnya terutama buat TS.
          Sebelumnya saya selaku yg bertanggung jawab atas nama tim sicepat minta maaf dan saya juga sudah dapat laporan dari kurir saya mengenai hal tersebut dan kurir juga bercerita klo nmr HPnya sudah diblokir sama siseller terus alamat yang tertera juga bukan alamat yang sebenarnya dimana tadi perwakilan dari TIM kami kunjungan ke tempat saudara buat permintaan maaf ternyata masuk gang kecil lagi yang dimana sepeda motor tidak bisa lewat, kita berusaha menjelaskan atas kesalahpahaman ini tetapi dari seller tidak mau menemui dan mengusir tim saya, kita juga berhak menanyakan kenapa nmr kurir diblokir toh kurir juga butuh itu buat konfirmasi klo misal saudara / alamat saudara tidak jelas.
          kenapa distatuskan not at home/alamat tutup? disistem kami ada bukti kunjungan juga bilamana kurir menstatuskan SPK (Surat Perintah Kerja) pasti tertera bukti klo kurir sudah dilokasi seller dan memang rumah dengan alamat yg disistem kami itu tutup tapi gak taunya masih masuk kedalam gang lagi.
          kenapa gak pakai kurir lain buat ambil? sebelumnya si kurir juga gak ada masalah sama seller kenapa harus pakai kurir lain buat ambil dan kenapa nmr HP kurir diblokir kita juga mau dengar penjelasan itu. klo kita paksakan ambil pake kurir lain kita takut schedule kurir lain juga terganggu dan mengakibatkan paket lain tidak terpickup sesuai waktu.

          7
          8
    • 11 Mei 2022 - (12:54 WIB)
      Permalink

      Itu ada bukti kunjungannya bro terus kalok memang uda di kunjungin terus gk ada gk boleh gitu di statusin seller juga gk situ aja banyak

      1
      3
  • 10 Mei 2022 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Emang kurir sekarang pada songong, bersyukur Udeh di gaji bisa kerja. Nanti di pecat ngedumel lagi.

    5
    4
    • 11 Mei 2022 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Lha iya. Kalo masih bisa merasa belum berkembang besar siCepatnya, mending dibuat lokal saja, misalnya jasa layanan antar paket/ barang khusus wilayah xxxxx. Ga usah gede gede wilayahnya, lha wong kurirnya saja cuma sedikit .

  • 11 Mei 2022 - (01:48 WIB)
    Permalink

    Teken aja ke atasnya.. kalau memang sudah datang k lokasi dan ga ada org minta photo kalau memang udah di depan rumah ybs. Klo perlu bilang k managernya biar tiap kurir ada rekam jejaknya. Ayo perbaiki SiCepat mumpung masih ada yg percaya.

    10
    • 11 Mei 2022 - (08:41 WIB)
      Permalink

      Mungkin kalau rekam jejak, itu bisa membuat data basenya membengkak, sulit di akomodir. Diaplikasi si cepat buatkan klik khusus untuk bisa memberitahu pengirim / penerima barang, barang sudah mau dikirim ( berapa jam lagi akan tiba), sehingga orang rumah bisa menunggu. Jadi para penjual juga bisa install aplikasi. dan bisa push notification. Kurir setiap mau mengirim 2 barang terakhir harus menginput. Saya pikir, developer sanggup membuat programnya koq, tinggal mampu bayar enggak nya doang.

  • 11 Mei 2022 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Wah kalo ini sih salahnya seller, kenapa coba ngasi opsi sicepat halu, ,
    Halu ka singkatan halusinasi, makanya dari sicepatnya pun kerjanya pake halusinasi 🤣🤣🤣
    Halu udh di pick up, halu gagal pick up, dan halu halu lainnya 🤣🤣🤣
    Hehe just kidding, ,
    Semoga segera di respon sama pihak sicepat, ,
    Jangan ampe dah sicepat jadi terkenal karna paket halu layanannya halusinasi 🤣🤣🤣
    Awas loh sicepat kalo balasnya lama nanti dikenal sebagai jasa pengiriman halusinasi 🤣🤣

    12
    1
  • 11 Mei 2022 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Nahkan Sicepat Lagi., Ntar dianter ke Gerai, dibilang, sudah tutup. wkwkwk mana neh Buzzernya Sicepat.

  • 11 Mei 2022 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Sy jg pernah pesan di MP, ada statusnya ky gitu. Awalnya sempat kesal sama si penjual seperti meremahkan pesanan sy yg nominalnya ga sbrpa. Tp karena ga urgent, ya sdhlah.

    • 11 Mei 2022 - (09:00 WIB)
      Permalink

      saya sering belanja di shopee trus dpt jasa pengiriman sicepat. tiap kali pengiriman selalu ad keterangan gagal delivery krn lokasi tutup, dan itu keterangan dibuat jam 10an/11an. pdhl saya kirim nya ke alamat kantor, dan semua org tau bank segede BCA gk mungkin tutup pas jam layanan

      6
      1
      • 11 Mei 2022 - (17:06 WIB)
        Permalink

        Situ aja tak ajak ngomong baik-baik langsung ngegas dan pasang muka gak meng enakkan, alangkah baiknya diomongin baik2 dlu jgn langsung menghakimi seolah-olah anda tidak pernah salah, bukti kunjungan ya udah jelas, dan situ juga memblokir nomer kurir yang berdangkutan, terus gmn mau mengkonfirmasinya, lewat jalur demit?

        10
        • 15 Mei 2022 - (16:59 WIB)
          Permalink

          Saya pun begitu.. Tanggal 25 April saya pesan barang online dan menggunakan jasa sicepat. Pada tanggal 1 Mei tertulis pesanan saya sedang dikirim, tapi hingga malam tidak kunjung datang. Akhirnya saya pikir barang akan dikirim tanggal 4 atau 5 mei setelah lebaran. Kemudian pada tanggal 2 mei (hari h lebaran) saya iseng lacak paket tsb, dan saya kaget disitu tertulis barang telah diterima oleh ybs pukul 1.30 malam hahaha… Akhirnya paket saya ambil sendiri ke counter tanggal 5 mei. Terimakasih sicepat untuk hiburannya hehehe

  • 11 Mei 2022 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Solusi yg sama2 membangun. Dnger2 klo bbs ongkir bkn dr market place tp dr ekspedisi? Bkn g pernah ksal saat paket status dkmblkan k grai dan di reschedul ulang smp 2 hari. Nmun mo mngumpat2 kynya sy kok g bs ambil rsiko kpnasan dan khjanan dmi bebrp rupiah. Kdng kurir yg sdh lngganan sy ksh skdar mnuman buat mnghlangkan dhaga. Sling membutuhkan. MP jg bs ikut push jk ada mslh. Dan ekspedidi lbh memanusiakan manusia dan mmbri iklim kerja yg menyenangkan.

  • 11 Mei 2022 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Berbagi pengalaman saya pernah menjadi kurir Pick Up(PU) salah satu jasa pengiriman, request PU akan muncul di task list kurir sesuai jam request dan ada “estimasi waktu” 2-3 jam tergantung jenis layanan yang dipakai, karena zona yg dicover luas kadang bronjong gak muat jadi bolak balik drop paket ke staging, dan jika waktu kurang maka tasklist PU harus kita remark agar tidak merusak performa kita, biasa remark 1 hari kedepan agar misal pas dateng ternyata barang kosong gak remark ulang lagi(biasa dari sh****e karena dia request otomatis)… untuk alasan remark rescedule sudah ada beberapa option langsung dari aplikasi… dan pilihan paling optional ya rescedule paket belum dikemas… sebenernya sih harus saling konfirmasi, biasa setelah remark rescedule saya telp. Ke customer dan pasti saya ambil hari itu juga bila memang bisa dan tidak ada overload…

  • 11 Mei 2022 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Nonaktifkan saja jasa pengirimannya bu. Kalau di shopee, menurut saya seller punya daya tawar yang kuat mengenai jasa pengiriman mana yang bisa digunakan. Karena COD dan gratis ongkirnya bisa digunakan dengan lebih dari 3 jasa pengiriman. Kalau di marketplace lain, memang seller belum bisa semaunya menonaktifkan jasa pengiriman. Karena COD dan gratis ongkirnya hanya berlaku dengan jasa pengiriman tertentu saja. Sudah saatnya jasa pengiriman memikirkan bagaimana memberikan pelayanan yang baik juga untuk seller. Bukan hanya pembeli.

  • 11 Mei 2022 - (09:16 WIB)
    Permalink

    Kalau buyer minta barang cepat sampai mendingan antar ke drop point saja aman

  • 11 Mei 2022 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Baru kejadian tadi pake si A***r a*a.

    Uda pesan dari kemarin, siang nya di kasih info barang belum siap. Bikin kesal, kita jualan on time dan siap malah seenaknya malas jemput.

    Barang nya kecil cuma 1 buah gunting ga ada alasan overload itu. Akhirnya telpon cust service dan baru di pick up. Halah…sistem jempud ke rumah sama aja. Bukannya seller males tp kurir pembelian itu customer yang milih. Kita seller mengaktifkan semua. Karena ada beberapa buyer punya favoritnya.

    • 11 Mei 2022 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Dulu saya berpikir juga begitu pak. Tapi sebetulnya tidak terlalu berpengaruh ke penjualan jika kita hanya mengaktifkan beberapa saja. Saya pernah lihat di toped, jasa pengiriman yang aktif hanya satu saja. Dari reguler, next day, hemat, cargo nya, hanya satu jasa pengiriman saja. Hanya same day dan instan yang berbeda jasa pengiriman. Penjualannya pun tidak sedikit. Yang repot kalau COD dan Gratis ongkir nya hanya bekerjasama dengan 1 atau 2 pihak jasa pengiriman, yang kebetulan pelayanan untuk seller jelek semua. COD dan Gratis ongkir yang menjadi favorit buyer menurut saya.

      • 11 Mei 2022 - (22:01 WIB)
        Permalink

        pihak sicepat kan bisa lihat di mana itu buat status nya, dari lokasi saat mau buat status dimana kurir berada, coba lah buka dimana lokasi nya sicepat express.

  • 11 Mei 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Halo, saya jg seller yg memakai jasa sicepat lokasi di Surabaya Pusat. Awal-awal jualan juga kaget status pesanan yg mengatakan “paket belum siap dipickup”, padahal nyatanya paket udah tertata rapi berikut resinya. Statusnya memang bikin tersinggung karena di mata pembeli, seolah-olah seller yg males ngurus orderan. Setelah itu saya tanya ke kurir yg biasa pick up, mereka ada jadwal pick upnya yaitu sampai jam 5 sore aja, jadi seller harus request pick up sebelum jam 5 sore meskipun gerai sicepat (*waktu itu) tutup jam 9 malam.
    Untuk saat ini ekspedisi sicepat harusnya memperhatikan jam layanannya, karena bagi seller seperti saya yg biasanya kehabisan stok dan jg kerja di lain tempat, agak susah jika harus request pick up sebelum jam 5 sore. Saya jg lebih suka drop ke gerai karena pesanan yg masuk di hari itu bisa drop hari itu jg.

    3
    1
  • 11 Mei 2022 - (11:23 WIB)
    Permalink

    byk Surat pembaca buat kurir / jasa pengantaran. Gimana ya ini, bagai buah simalakama. di satu sisi penjual/pembeli mengharapkan service memuaskan. di sisi lainnya, kurir mendapat upah rendah tp job yg sangat byk / membludak namun service harus memuaskan setiap saat. harus ada yg dirubah disini. entah itu penjual/pembeli harus maklum dgn service apa adanya, bisa juga kurir diperbanyak demi service memuaskan.

  • 11 Mei 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    mohon maaf sebelumnya terutama buat TS.
    Sebelumnya saya selaku yg bertanggung jawab atas nama tim sicepat minta maaf dan saya juga sudah dapat laporan dari kurir saya mengenai hal tersebut dan kurir juga bercerita klo nmr HPnya sudah diblokir sama siseller terus alamat yang tertera juga bukan alamat yang sebenarnya dimana tadi perwakilan dari TIM kami kunjungan ke tempat saudara buat permintaan maaf ternyata masuk gang kecil lagi yang dimana sepeda motor tidak bisa lewat, kita berusaha menjelaskan atas kesalahpahaman ini tetapi dari seller tidak mau menemui dan mengusir tim saya, kita juga berhak menanyakan kenapa nmr kurir diblokir toh kurir juga butuh itu buat konfirmasi klo misal saudara / alamat saudara tidak jelas.
    kenapa distatuskan not at home/alamat tutup? disistem kami ada bukti kunjungan juga bilamana kurir menstatuskan SPK (Surat Perintah Kerja) pasti tertera bukti klo kurir sudah dilokasi seller dan memang rumah dengan alamat yg disistem kami itu tutup tapi gak taunya masih masuk kedalam gang lagi.
    kenapa gak pakai kurir lain buat ambil? sebelumnya si kurir juga gak ada masalah sama seller kenapa harus pakai kurir lain buat ambil dan kenapa nmr HP kurir diblokir kita juga mau dengar penjelasan itu. klo kita paksakan ambil pake kurir lain kita takut schedule kurir lain juga terganggu dan mengakibatkan paket lain tidak terpickup sesuai waktu.

    2
    7
  • 11 Mei 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Selamat sore semuanya, terima kasih banyak atas segala komentar dan feedback atas tulisan saya di atas. Di dalam tulisan saya sudah tertulis jelas, jika saya menulis ini karena kejadian ini sudah terjadi berulang kali.
    Mohon maaf kepada pihak² yg bersangkutan yg mengklaim tim yg bersangkutan atau pihak penanggung jawab.Bapak² yg terhormat,
    Dari pemilihan kata anda yg anda kemukakan ” apakah sudah layak disebut penanggung jawab”tolong gunakan tutur kata yg baik, saya menghargai anda jika anda menghargai saya. dengan kata² anda menyebut saya “siseller”.Terlihat seperti anda tidak menghormati saya sebagai konsumen anda pengguna jasa perusahaan anda.
    Apakah saya belum pernah mengungkapkan hal ini sebelumnya? tentu sudah sering, boleh anda crosscheck langsung kepada Mbk.Anj*r cs pick si cepat Surabaya Barat.Apakah sebelum² saya blm pernah mengadukan ketidak profesionalan & ketidak sopanan kurir anda yg saya blur namanya.Saya disini masih coret nama beliau, untuk menghargai privasi beliau.Apakah perlu bukti chat, atau bukti email pelaporan saya kepada cs si cepat by email.
    Apakah ada tanggapan baik,atau progress attitude?Baru sekali ini saya speak up lewat Mediakonsumen dan mendapat respon yg luar biasa. Baik respon dr akun² lain yg mungkin relate dg permasalahan saya. Atau dari anda² yg mengklaim dr pihak si cepat yg merespon dg tidak beretika. Alamat toko saya tidak sesuai? apakah perlu dibuktikan dg KTP, NPWP dll…Saya sudah menjadi seller lebih dr 1 tahun, baru kali ini mendapat respon yg kurang menyenangkan dr pihak anda.
    Saya ingin pihak anda mengevaluasi diri, kenyataannya bukan permintaan maaf yg baik malah serangan balik seperti ini. Apakah anda ada itikad baik atau tidak?Mohon bukti kunjungan di email saja ke saya dr email resmi si cepat.
    “Sekarang saya g heran kenapa attitude kurir seperti itu, attitude anda saja yg mengklaim penanggung jawab sungguh sangat tidak beretika”.
    Permintaan maaf? bukankah tadi hanya pemaksaan untuk takedown tulisan ini.
    Tolong jangan menambah drama receh pada tulisan ini.
    Mohon maaf sebagai perusahaan jasa yg besar, seharusnya anda lebih bijak jika menerima kritikan.Bukan malah menyerang pihak yg ingin menyampaikan kritik.
    Belajarlah mempunyai attitude & etos kerja yg baik. Apapun profesinya dahulukan attitude, skill bisa diasah, attitude anda sulit diubah.
    Mohon dijadikan evaluasi kembali.
    Terima kasih.

    12
    1
  • 11 Mei 2022 - (22:08 WIB)
    Permalink

    layani lah customer yg baik pak sicepat, bkn cari alasan yang buat seller malas pakai jasa sicepat, kebiasaan tu, hilang satu seller masih ada seller lain, jgn cari aman pak sicepat, foto POD warna putih, tembok mana tu yg di foto, kertas aps kantor…??? 🙄🙄

  • 11 Mei 2022 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Memang kalau pickup kurir apa aja harap² cemas,karena kurir pickup berdasarkan rute,bila permintaan pickup dan rute alamat udah di lewati pasti paket tidak di ambil dan akan di ambil hari besuknya.
    Kami sering tanyakan ke kurir soal tidak pickup,jawabannya seperti itu.
    Apalagi semua di market sekarang menggunakan resi otomatis,sehingga persen si kurir cuma sedikit dari setiap nominal ongkir.
    Beda ma resi manual yg persennya lumayan setiap nominal ongkir.
    Dulu blm pakai resi otomatis kurir selalu gercep ambil paket,semenjak semua market pakai resi otomatis kurir jadi ogah²an.
    Makanya kami selalu drop ke kantor expedisi apapun,lebih lossdool.

  • 12 Mei 2022 - (05:21 WIB)
    Permalink

    Waduh, klu jarak gerai sicepat jauh ya jgn d aktifkan. Kurir sudah d bagi bbrp wilaya.

    • 12 Mei 2022 - (08:07 WIB)
      Permalink

      udah kapok ama si cepat, kurirnya cuma sedikit jadi barang numpuk di gudang, dan terpaksa saya ambil s3ndiri, barang udah sampai tapi numpuk di gudang 2 mingguan lamanya.

      • 12 Mei 2022 - (10:06 WIB)
        Permalink

        Buat buyer khusus wilaya Malang,Jember,Bondowoso,banyuwangi parsuruan ni menurut sy yg kurang bagus.

      • 12 Mei 2022 - (19:18 WIB)
        Permalink

        Ya Nasib Mu Sama Persis Dengan Nasib Ku Saya Saya Juga Kapok Pake Sicepat 2 Diantaranya 2 Paket Saya Berisi Jam Tangan Outdoor & Micro Sd Sandisk Itu pun Paket Saya Dengan Terpaksa Harus Saya Ambil Sendiri Karena Kurir Sicepat Nya Tak Kunjung Kirim Paket Ke Rumah Saya & Karena Dianggap Kelamaan Nunggu Paket Pesanan Saya Yang Tak Kunjung Dikirim Akhirnya Saya Nekat Datang Ke Gudang Nya Sicepat Terus Barang Ke 3 Yang Saya Pesan Selanjutnya Masih Micro Sd Tapi Merek Nya Bcare Itu Pun Harus Nunggu Sangat Lama & Barang Pesanan Ke 3 Saya Pake Kurir Sicepat Ternyata Beneran Dikirim Ke Rumah Saya Tapi Datang Nya Malah Sore Hari Sekitar Jam 4-5 Sore Pas Saya Masih Tertidur Alias Datang Nya Terlambat & Sekarang Saya Malah Pake Sicepat Lagi Itu pun Dipilih Secara Sepihak Oleh Shopee Untuk Ke 4 Kalinya Yaitu Pesan Handphone Belinya Di Shopee & Sekarang Menuju Perjalanan Kesini Semoga Barang Pesanan Saya Bisa Sampai Dengan Selamat Tanpa Dibongkar Secara Paksa Oleh Pihak Sicepat Tanpa Izin Dari Saya Amin

  • 12 Mei 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Intinya adalah perbaiki layanan!!! Jangan karena ulah oknum kurir, nama siCepat malah semakin buruk. Kalau saya pribadi sebagai Buyer, Alhamdulillah tidak ada masalah yg berarti dg semua jasa kirim. Karena setiap kali saya melakukan pembelian di Market place Sho..e, saya pilih semua jasa kirim, J&T, siCepat, JNE, anteraja, idexpress, kecuali Shopee express, kenapa… Karena ujung-ujungnya yg anter juga JNE. Pengalaman pribadi saya dg siCepat, saya pernah punya 2 masalah pengiriman paket, yg pertama paket hancur berantakan, karena isinya adalah gelas kaca, untungnya kurirnya baik, sebelum saya terima, kurir udah bilang kalau paket saya sepertinya hancur. Kemudian saya buka paket didepan kurir sambil divideo si kurir, dan benar sebagian barang saya remuk, kemudian paket dibawa kembali oleh kurir dan saya diminta mengajukan pengembalian dana, dan sudah dikonfirmasi juga dari siCepat. Dan Alhamdulillah dana saya kembali. Masalah yg ke-2 adalah, paket saya hilang sebagian, karena semestinya saya terima paket 2 dus dalam satu paket, tapi yg datang hanya 1 dus. Awalnya saya komplain ke kurir, tapi saya disuruh komplain ke seller. Lalu saya komplain ke seller dan saya ceritakan permasalahannya (tapi disini saya sudah yakin yg salah adalah siCepat), kemudian saya komplain juga ke pihak siCepat, saya ceritakan permasalahannya, singkat cerita Barang saya diganti (tapi saya yakin ini ulah oknum nakal, karena alasan dari siCepat barang tercecer, kan aneh alasannya, lha wong dua dus itu dilakban sedemikian rupa, yg meskipun dusnya penyok-penyok, nggak akan mungkin bisa lepas!), dan sampai sekarang saya masih pakai jasa siCepat, kenapa??? Ya karena kesalahan ada dioknum, dan saya yakin semua jasa kirim ada oknum-oknum yg tak bertanggung jawab. Demikian pengalaman saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

  • 12 Mei 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Saya pesan barang di shoo*e barang dari tanggal 6 -10 blm di kirim, seller di chat tidak di balas pesan saya, pikiran saya stock not ready akhirnya saya cancle tanggal 11 pukul 07.00 PM.

    Stlh lihat berita ini, saya cmn saya saja, gk tahunya seller jg kena

    • 12 Mei 2022 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Seller libur lebaran. jika tgl 6 resi GK d ambil seller kenak penalti. Ijo , merah batas waktu 10/5. Cuman shopee az yg tgl 6/5 Krn promo 5/5. Banyak buyer yg memanfaatkan gratis ongkir. Seller cuman bisa ambil resi az namun blum bisa proses paking.

  • 12 Mei 2022 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Kalau saya jujur aja udah nonaktiv layanan si cepat di Tokped, krn begitu jg alasanny barang not ready dari pada saya ribut ya udah nonaktiv aja, jadi fokus pake 1 kurir aja yg layanan gratis ongkirnya yaitu anteraja, kurir pickupnya lebih banyak. Jnt juga ga pernah ada kurir pickup akhirnya saya nonaktiv lg di market BL krn BL suka pake jnt yg BukaSend nya.😀
    Saran aja daripada kita kesel mending nonaktiv aja layanannya.

    1
    1
  • 13 Mei 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Mungkin seharusnya kurir konfirm dulu ke customer sebelum kasih status di apps kurir nya, saya sebagai ex kurir memang sering keteteran krn jadwal pickup yg padat dgn waktu yg terbatas, jd sebisa mungkin komunikasi dgn customer untuk menghindari komplain karena kurir jg yg kena sangsi gara2 bikin fake pop, karena apa yg mereka statuskan di apps mereka itu yg muncul di apps customer dan si pembeli

  • 16 Mei 2022 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Banyak outlet sicepat yg tutup. Gak tau kenapa. Terpaksa dinonaktifkan dulu soalnya tambah jauh outlet yg masi buka. Katanya ada merger tp gak jelas merger apaan. Kalau makin dikit outletnya siapa yg mau anterin jauh2. Mending pake sebelah

    • 17 Mei 2022 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Memang disayangkan shopee udah ga bisa milih jasa ekspedisi sendiri… Kalau bisa saya juga menghindari menggunakan jasa si Cepat, karena namanya doang yang cepat, layanan lambat luar biasa… Semoga nanti bisa milih jasa ekspedisi sendiri lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 73 komentar sampai saat ini..

Kurir Pick Up SiCepat “Tidak Jujur”

oleh arditha dibaca dalam: 2 menit
73