Kurir Pick Up SiCepat “Tidak Jujur”

Halo, saya owner sebuah toko teh di Surabaya, baru beroperasi 1 tahun lebih. Untuk mendukung usaha saya, saya mengaktifkan beberapa jasa kirim pada toko saya di e-commerce. Untuk ke sekian kalinya, saya melakukan request pick up kurir SiCepat, dan sering sekali mengalami kendala berikut. Kurir pick up tidak datang untuk mengambil barang dan di keterangan lacak pesanan tertulis: “Paket gagal pick up: Not at home atau reschedule by seller, atau seller akan drop paket ke gerai terdekat“.

Padahal di rumah selalu ada orang, dan kurir jasa kirim yang lain juga fine-fine saja pada datang bergantian ambil paket. Hanya kurir SiCepat saja yang gak datang ambil paket, dan itu sudah sering sekali terjadi. Saya sudah berkali-kali mengajukan keluhan pada customer service pick up SiCepat Surabaya Barat, dan CS SiCepat melalui email. Namun sampai sekarang masih saja kayak gitu, gak ada perubahan.

Saya gak masalah jika pak kurir gak ambil, mungkin lagi overload atau ada kendala. Namun tolong keterangan di lacak resinya jangan kayak gitu, memojokkan seller, seakan seller gak niat kirim barang. Padahal seller sudah berusaha secepat mungkin melakukan pengemasan.

Jasa kirim lain juga pernah gak ambil barang, tapi di statusnya tertulis “Kendala operasional/banjir, dll” atau statusnya tetap menunggu kurir pick up. Lebih jujur alasan kenapa barang pada hari itu tidak di-pick up.

Jika memang tidak bisa pick up, tolonglah jangan seenaknya saja tulis keterangan. Atau paling tidak kalau tidak mau ambil, langsung kasih keterangan biar saya drop jika hari itu gak bisa di-pick up. Namun jangan mepet-mepet jam buka drop point juga. Karena sekarang jam drop point sudah gak selama sebelumnya, tutupnya lebih awal. Alhasil saya baru bisa drop keesokan harinya.

Itu kan bikin pembeli yang selalu minta cepat dikirim jadi kecewa, dan akhirnya menyalahkan seller karena gak lekas dikirim. Padahal seller sudah semaksimal mungkin mengemas barang. Tolong jujurlah menulis keterangan, tunjukan attitude yang baik. Seharusnya seller dan jasa kirim jadi mitra yang baik dalam kerja sama. Tidak saling merugikan. Saya juga kirim barang dalam jumlah banyak tiap harinya, jadi agak merepotkan jika harus drop di gerai yang jaraknya lumayan jauh.

Saya tidak tahu apakah cuma saya yang mengalami hal ini, atau memang oknum kurir di area ini saja yang memang keterlaluan. Nama kurirnya saya coret untuk menghargai privasi beliau, tapi tolong kurirnya diajari attitude yang baik, kami kan pengguna jasa Anda. Sekali lagi ini sudah berkali-kali kejadian seperti ini. Mulai hari ini saya non aktifkan jasa kirim SiCepat di e-commerce saya, karena terlalu sering saya dikecewakan.

Terima kasih, semoga bisa menjadi evaluasi untuk SiCepat.

Arditha Raflesia Romansi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Arditha Raflesia Romansi

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Arditha Raflesia Romansi dengan judul “Kurir Pick Up SiCepat “Tidak Jujur”“, kami menyampaikan permohonan...
Baca Selengkapnya

78 komentar untuk “Kurir Pick Up SiCepat “Tidak Jujur”

  • 18 Mei 2022 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Mending shopee kasih pilihan jasa ekspedisi pada konsumen aja, kayak dulu, ga otomatis… Sebagai pelanggan shopee saya juga kurang suka layanan sicepat, namanya doang cepat, lambat banget…

    • 18 Mei 2022 - (12:13 WIB)
      Permalink

      @Sulap
      Ya betul, ketika kita mau transaksi ga bisa pilih kurir. Jadi diumpetin sama si shopee nya untuk jasa layanan kurir. (hanya ada pilihan reguler/kargo/next day).
      Udah pernah dikasi masukan, ya emang gitu deh cuma ditampung doang ga ada kelanjutannya. Kl ga salah sy kasih masukan setaun yang lalu 2021

    • 18 Mei 2022 - (12:26 WIB)
      Permalink

      Pilihan jasa kirim tergantung seller mau jasa kirim apa saja yg dipilih. Dan untuk shopee jasa kirim bisa anda ubah sendiri setelah order tp sebelum di proses oleh seller. Setelah diproses seller ya tidak bisa.

      Misal pilih paket reguler, setelah order dan dibayar, anda cek itu pakai jasa kirim apa, kl ingin ganti jasa kirim, tinggal klik UBAH JASA KIRIM, ganti dgn jasa kirim yg anda inginkan, selesai. Tp ingat, anda hanya bisa ubah jasa kirim 1x ya.

  • 19 Mei 2022 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Sama, saya juga ngalamin. Malah makin hari makin parah, kadang ga datang pickup berhari2. Punya wa kurir yg pickup pun percuma, wa ga dibalas, telp ga diangkat. Ujung2nya nganter sendiri. Status di pelacakan juga sama seperti si TS, saya di jakpus, wilayah yg seharusnya banyak agen sicepat.

  • 30 September 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    sicepat ya…. jgn berharap akan dipick up deh, padahal sy posisi nya cuma ratusan meter dari gerai sicepat di jakarta utara. sy seller tokopedia, sehari ada puluhan paket sicepat, biasa pas print resi sy pilih opsi dipick up bukan drop-off dan sama sicepat nya selalu sama trik nya, ntah call pakai wa atau call pakai telp lgsg, mereka pencet call terus mereka screenshoot sebelum kesambung, lalu dipost di status kalau seller tidak menjawab / angkat telp padahal telp nya aja blm nyambung sudah dimatiin cuma buat ambil screenshoot. ud hampir setahun sejak aktifin sicepat dengan paket sebulan 300 an paket. blm ada pernah sekali pun di pickup.

    • 8 Maret 2023 - (01:32 WIB)
      Permalink

      sama seperti kurir di area toko ku ,, tapi yag lain sih dia pick up dengan benar ,, hanya satu orang ini saja yg tidak jelas … ya sudahlah mending ngalah kita drop saja ,, jarak ku ke gerai lumayan ada 2 km ,, tapi ya sudah lah menghindari pertikaian mulut yang tidak perlu ,,saya tidak ambil pusing bro

  • 8 Maret 2023 - (01:28 WIB)
    Permalink

    semua tergantung kurir pick up nya ,,kalau bisa yg bagian pick up ini ,, yang muda dan energik ,, bisa berkomunikasi dengan baik ,,karena tugasnya dilapangan ,, dan yang terpenting tidak buta MAP hahaha ,, seperti kurir yang pick up di area toko cabang saya ,, bisa bisa nya tidak tahu lokasi pick up yang sudah tertera alamat begitu juga titik point lokasi ,, anehnya hanya dia saja yg buta MAP ,, kurir yang lain fine fine aja tuh ,,bisa temuin lokasi kagak perlu harus nelpon ,,lalu karena tidak terangkat dia ceritanya ngambek ,,sekalian seterusnya dia tidak mau pick up dengan alasan tidak tau lokasinya hahaha ,, orangnya pun juga sudah tua sekitaran 50 tahun ,, kok bisa sih si cpat pekerjakan orang tua dan tidak produktif suruh pick up barang ,,,kagak jelas banget ,, bahkan di gerainya pun dia tidak tahu malu bilang tidak pick up karena tidak tahu lokasinya dimana ,, saya telpon tidak di angkat ,, ya sudahlah saya tidak pick up aja ,, gtuh dia bilang wkwkwk ,,

  • 21 September 2023 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Sudah bukan rahasia lagi kurir si Cepat suka mrnyalahkan Pengirim barang. Saya alami bukan sekali. Tiap saya request pick up selalu barang sudah selesai di packing dan taruh diluar tinggap diambil sama kurir. Sering pick up dilakukan lebih dari 1 x 24 jam, tapi ya itu alasan yang ditulis di “Lacak” selalu menyalahkan pihak Pengirim barang, “Penjual minta penjadwalan ulang pick up”, “Barang tidak siap di pick up” dsbnya. Padahal kurirmya tidak datang sama sekali.
    Menurut saya, management Si Cepat perlu dibenahi, kalau perlu orang2nya diganti dgn pengelola yang lebih tegas dan jujur. Dan tanggap terhadap komplain customer. BISNIS TIDAK BISA DIJALANKAN DENGAN CARA YANG TIDAK JUJUR.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 78 komentar sampai saat ini..

Kurir Pick Up SiCepat “Tidak Jujur”

oleh arditha dibaca dalam: 2 menit
78