Klaim Garansi Monitor Acer, Malah Ditawari Penggantian Unit Baru dengan Harga Lebih Mahal dari Harga Pembelian

Saya membeli monitor Acer pada bulan September 2021. Saat awal mulai memakai, sudah ada masalah walaupun tidak signifikan. Yaitu apabila memakai kabel Display Port bawaan, pada saat komputer dalam mode sleep, monitor akan mati dan tidak mau hidup kembali kecuali komputer di-restart. Saya coba pakai kabel HDM dan ternyata tidak bermasalah.

Akhirnya saya diamkan permasalahan ini karena tidak mengganggu performa monitor tersebut. Sampai pada akhirnya pertengahan Maret 2022 (sekitar 6 bulan setelah saya membeli), tiba-tiba saat monitor dalam kondisi sleep terdengar bunyi seperti petasan. Begitu saya cek ke belakang monitor terdapat percikan api.

Pada tanggal 22 Maret 2022, akhirnya saya bawa monitor saya ke Acer Service Center di Semarang dan diterima dengan baik. Selang beberapa hari, saya mencoba melakukan cek dan ricek melalui web untuk mengetahui status klaim garansi saya. Karena saya tidak mengerti kode di dalam status tersebut, saya coba tanyakan ke pihak Acer melalui WA maupun online chat.

Jawaban yang diberikan cukup mengejutkan, yaitu saya harus membayar sejumlah Rp2.640.690,00 dalam bentuk “penawaran monitor/mainboard baru” agar klaim garansi saya diproses. Dengan alasan bahwa klaim garansi saya tidak dapat diterima karena unit TERBAKAR, yang disebabkan ada cicak mati di dalamnya.

Karena saya tidak percaya klaim tersebut, saya meminta bukti video proses pembongkaran monitor saya. Namun dijawab supaya menanyakan langsung ke teknisinya. Penawaran tersebut menurut saya tidak masuk akal, karena saya membeli monitor tersebut dengan harga Rp2.135.000,00 dan kini harus membayar lebih mahal untuk klaim garansi. Akhirnya penawaran tersebut saya tolak dan saya ambil monitor saya pada tanggal 13 Mei 2022 ke ASC Semarang, serta untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lanjut.

Penjelasan yang saya dapat dari supervisor ASC Semarang adalah sebagai berikut:

  1. ASC Semarang tidak memiliki bukti berupa video proses pembongkaran monitor saya, karena hal tersebut tidak ada dalam SOP mereka. Mereka hanya memberikan bukti berupa foto cicak terbakar dan foto mainboard terbakar, yang menurut saya sama sekali tidak menunjukkan bahwa yang di foto tersebut adalah monitor milik saya. Saat teknisi menawarkan untuk membongkar monitor saya di tempat, saya juga menolak karena tidak akan membuktikan apa-apa. Pada intinya saya sebagai konsumen HARUS TERPAKSA menerima klaim dari ASC Semarang tanpa bukti yang kuat. Mengingat saya diharuskan membayar harga yang lebih mahal daripada saat saya membeli menurut saya, saya sebagai konsumen BERHAK menuntut BUKTI YANG KUAT dari klaim ASC Semarang.
  2. Saat saya meminta dasar penolakan klaim garansi monitor saat, supervisor ASC Semarang membuka kartu garansi dari monitor saya, tapi tidak dapat menunjukkan di bagian mana di kartu garansi saya yang menunjukkan garansi saya tidak dapat diklaim karena kondisi TERBAKAR. Beliau hanya menjawab bahwa hal itu termasuk pada bagian “Kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian pemakai”, walaupun tidak tertulis di halaman kartu garansi. Ini artinya Acer berhak menolak klaim dengan berbagai alasan yang tidak tertulis di kartu garansi dan dimasukkan ke dalam kategori “Kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian pemakai” (saya masih menyimpan rekaman jawaban dari Supervisor ASC Semarang).

Mohon jawaban dan kebijaksanaan dari pihak Acer. Apakah memang begini cara Acer menolak klaim garansi konsumen dengan “menawarkan” harga yang lebih mahal daripada saat harga beli? Menolak klaim tanpa bukti yang kuat? Menolak klaim tanpa dasar tertulis di kartu garansi?

Risa Rahatma Putra
Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Acer Indonesia:
[Total:113    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

83 komentar untuk “Klaim Garansi Monitor Acer, Malah Ditawari Penggantian Unit Baru dengan Harga Lebih Mahal dari Harga Pembelian

    • 17 Mei 2022 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Hal teraneh adalah kenapa bisa cecak masuk ke dalam monitor???
      Bukankah monitor jaman skrg itu slim dan padat???
      Kalo nyampe ada cicak masuk artinya desain monitor accer rawan cecak dong???
      Ko nyalahin konsumen??
      Coba nih para konsumen cek lagi monitor yg slim merk accer, emang ada ya lubang buat masukin cecak???
      Heran gitu ko bisa cecak masuk ke layar yg slim begitu.
      Bukannya kita harus buka baut(bongkar) br bs masukin cecak???
      Coba dong kasih infonya apa benar setiap monitor zaman now yg slim bs kemasukan cicak dengan mudahnya??

      17
      • 17 Mei 2022 - (19:09 WIB)
        Permalink

        Rasanya cuma monitor merek acer aja deh yang bisa masuk cicak…
        Cicak cicak di monitor acer diamdiam merayap lalu masuk kedalam duuaaar lalu meledak….

        11
    • 18 Mei 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      terimakasih semuanya… berkat kasus ini sy dapat menyimpulkan bahwa monitor acer bisa kemasukan cicak, dan akan sy sebarkan kalimat “monitor acer bisa masuk cicak” ini ke teman, kerabat & tetangga sy. Pengalaman ini sangat berharga kawan….

      • 19 Mei 2022 - (04:40 WIB)
        Permalink

        Kalau disuruh ganti motherboard dan harga jd naik sih masih wajar, kan udah beda tahun, pembelian 2021, skr 2022, pajak juga udah naik.
        Kemudian jika stok motherboard itu tidak ada maka motherboard harus dikirim dari pabrik, biasa biaya tambahannya disini karena pengiriman buat motherboard yang yang hanya satu item kemungkinan besar pakai pesawat beda dengan pengiriman stock penjualan monitor yang pakai kontainer via kapal.
        Pengalaman saya selama megang urusan service center ya kurleb seperti ini. Barang part servis dikirim via pesawat, dan jika garansi hangus yang kena motherboard harga bisa jd sama dengan beli barang baru/lebih mahal.
        Jadi berasa mahal karena garansi hangus. Jika garansi masih berlaku ya konsumen tidak tau berapa ongkos perbaikannya.
        Yang anehnya gimana caranya cecak masuk? Lewat lubang hdmi? Atau gimana?

      • 17 Mei 2022 - (12:25 WIB)
        Permalink

        jawaban dr supervisornya bahwa garansi bisa diproses klo membayar sejumlah itu..
        dr jawabn WA penggantian monitor.. sedangkan jawab dari web, adalah penggantian mainboard.
        nominalnya sama

        5
        5
        • 17 Mei 2022 - (12:36 WIB)
          Permalink

          ya kalau begitu anda yang tidak konsisten, anda jelas bilang pada poin anda sendiri nomor 2 garansi anda ditolak

          19
          • 17 Mei 2022 - (12:43 WIB)
            Permalink

            poin satu kan sy jelaskan bahwa saya harus membayar, karena saya tidak mau bayar akhirnya ditolak kak klaim garansinya. setelah ditolak baru saya tanyakan dasar penolakannya…

            8
            1
          • 17 Mei 2022 - (12:53 WIB)
            Permalink

            Ya jelas dasar penolakannya bukan anda tidak mau bayar, anda jelaskan sendiri dasar penolakannya apa

            Yang bener yang mana bu, kalau dari wa nya saya lihatnya PERBAIKAN BISA DIPROSES apabila anda membayar, BUKAN GARANSI

            Ini yang namanya MENGADI ADI

            6
            27
          • 17 Mei 2022 - (22:12 WIB)
            Permalink

            Si ivan itu kayaknya bela acer jangan2 dia buzzernya acer. Sue lu ivan .bukannya bela konsumen. Malah berdebat. Q

            8
            1
          • 18 Mei 2022 - (10:57 WIB)
            Permalink

            .ivan itu kontra sama pendapat TS nya krn kritis bukan krn dia buzzer acer 😂

            3
            2
          • 19 Mei 2022 - (01:44 WIB)
            Permalink

            Cicak dulu beresin… Gimana bang

        • 17 Mei 2022 - (23:29 WIB)
          Permalink

          sy dulu pernah mau service monitor lcd ke Acer service centre di ratu plaza, ternyata garansinya 3tahun jd masih tercover, setelah bbrp hari di hubungi untuk mengambil monitornya, dan di ganti dengan yang baru LED monitor dan lebih bagus mungkin krn gak ada brg model itu lg, tanpa biaya gratis 100%, mungkin krn kerusakannya bukan human error dan terbakar.

    • 18 Mei 2022 - (06:06 WIB)
      Permalink

      Sy lihat sih emg ibu yg salah tulis. Ibu hrs membayar sejumlah uang tsbt agar klaim garansi bs di proses. Sebenarnya pemberitahuan pihak acer jg sdh jelas kalau garansi ibu di tolak dgn alasan keteledoran pembeli (walaupun aslinya bkn kesalahan 100% pembeli), makanya di sarankan beli unit baru. Dsni jg ivan salah, dia menuduh si ibu mengadi-ngadi dgn aduannya sehingga kesannya si ibu sengaja merusakkan monitornya biar dpt monitor baru. Pdhl inti aduannya adalah ketidakterimaan si ibu karena garansi di tolak dgn alasan keteledoran si ibu tanpa ada bukti unboxing saat monitor di buka sehingga menunjukkan kalau emg ada cicak dsna.

      11
      • 19 Mei 2022 - (06:20 WIB)
        Permalink

        kok ditolak garansi nya ? dikira acer ini pengguna dengan sengaja masukin cicak ke dalam monitor apa gimana ya 🤣

  • 17 Mei 2022 - (11:51 WIB)
    Permalink

    tidak akan pernah ada bukti yang kuat ga sih?

    mau di video dari awal nerima, penyimpanan(tidak mungkin lsg dikerjakan) dan pada saat dibuka itu baru betul2 bukti kuat, atau anda lihat sendiri

    kenapa begitu?
    ya karena anda diberikan video sebuah monitor dibuka pun belum tentu anda puas, anda tetap bisa bilang itu bukan monitor anda yang dibuka di video
    serial number disamakan dan ditunjukkan di video? anda bisa bilang case monitor nya ditukar dengan monitor lain sebelum di video

    perihal garansi, percayalah tidak hanya acer yang garansi nya seperti itu, dan biasanya memang kebijakan service center untuk menentukan mana yang user error, mana yang rusak bawaan dari pabrik
    KONDISI kerusakan dan PENYEBAB kerusakan beda ya, kondisi rusak nya terbakar pun, kalau memang ada kesalahan dalam pembuatan monitor, pasti klaim garansi berhasil
    yang menyebabkan klaim anda ditolak kan PENYEBAB

    5
    38
    • 17 Mei 2022 - (12:21 WIB)
      Permalink

      La trus gunanya apa garansi kak? Klo kita sebagai konsumen cm menerima saja vonis dr service center. Apa emang dr dl kita jd konsumen sdh diperlakukan ga adil kyk gini?
      Sy udh berkali2 klaim garansi trkait komputer baru kali ini sama acer lgsg bermasalah

      11
      3
      • 17 Mei 2022 - (12:27 WIB)
        Permalink

        ga adil maksudnya bahwa dr service centernya bs mengklaim hal-hal yang tidak tertulis di batasan-batasan garansi.

        • 17 Mei 2022 - (12:46 WIB)
          Permalink

          kalo klaim anda lolos, semua orang akan masukin cicaknya di monitor nya mereka buat dapet monitor baru, kan tidak masuk akal bu rahatma, itu jelas kelalaian pembeli

          kembali lagi KONDISI dan PENYEBAB jelas berbeda, anda memang tidak bisa mengklaim KONDISI terbakar, yang ada itu PENYEBAB terbakar nya karena apa, apabila ada kesalahan saat pembuatan/assembly JELAS klaim anda akan diloloskan

          8
          32
          • 17 Mei 2022 - (20:21 WIB)
            Permalink

            Saya rasa kesimpulan yang anda pikirkan kurang tepat, karna setau saya yah, maapin saya kalo saya sok tau, setiap barang barang barang tertentu yang mempunyai garansi dia punya segel tersendiri di unitnya buat ngebuktiin setelah barang itu di pasarkan barang itu ngak di custom atau di modifikasi pihak ketiga ( abang abang tukang servis segalanya). Dan kalo segel yang terletak entah itu di baut nya atau antara bagian yang di mana kalau si unit di buka tuh gak mungkin segel itu gak rusak.

          • 17 Mei 2022 - (22:20 WIB)
            Permalink

            Si ivan siapa sih. Bukannya bantu permasalahannya malah berdebat .
            W yakin nih orang kantor acer

            17
            2
          • 18 Mei 2022 - (06:32 WIB)
            Permalink

            Jika anda teknisi acer anda pasti pny akal atas komen anda. Setiap perangkat tu ada segel dan segel tu bkn krtas biasa tp akan lgs rusak begitu trbuka.. kl orang sengaja masuki cicak ya segel rusak dan ada bekas cungkilan.

          • 18 Mei 2022 - (09:23 WIB)
            Permalink

            Kalo masukin sendiri segel di rusak dulu dong, ngaco ente, kalo ga buka rusak segel mau coba di masukin lewat mana, ngeri kali produk acer kalo ada lobang buat cicak bisa masuk,

      • 17 Mei 2022 - (12:43 WIB)
        Permalink

        nah kn aneh, tanya garansi guna nya apa tapi blg nya sudah berkali kali klaim garansi, konsisten dikit bang

        bukan diperlakukan tidak adil namun jelas semua klaim garansi itu case by case, kecuali sudah jelas tertulis seperti dead pixel, baterai, kerusakan pabrik

        kalau anda bilang service centernya bs mengklaim hal-hal yang tidak tertulis di batasan-batasan garansi. LAH, kalau saya balik gimana? customer bisa mengklaim hal-hal yang tidak tertulis di batasan-batasan garansi? ya kan tidak mungkin toh, mana ada bisa klaim garansi kyk gt

        terus masa semua kemungkinan kerusakan yang akan terjadi harus tertulis bu Rahatmaaa, itu buku garansi akan melebihi satu seri novel harry potter.

        8
        28
        • 17 Mei 2022 - (12:57 WIB)
          Permalink

          jadi kesimpulan dr komentar anda kan jadi memang dari pihak acer bisa menolak klaim garansi tanpa tertulis di batasan garansi (dengan berbagai alasan, misal : terlalu banyak ditulis, beda tiap case, antara kondisi dan penyebab, atau alasan lainnya). sedangkan sebab penolakan garansi hanya acer yang tahu dan saya sebagai konsumen hanya bisa menerima. karena saya sebagai konsumen juga tidak menjamin saya konsumen yang jujur…

          3
          1
        • 17 Mei 2022 - (13:11 WIB)
          Permalink

          Bukankah sudah jelas ditunjukkan bukti foto cicak? Yang tidak puas kan anda, acer sudah memberikan alasan dan bukti.. Anda tidak terima, saya hanya menjelaskan:
          1. Bagi customer seperti anda bukti apa pun ya akan kurang kuat
          2. Anda bilang klaim garansi ditolak karena anda tidak bayar YANG JELAS SALAH, perbaikan ada biaya karena garansi TELAH ditolak, seperti anda jelaskan di poin nomor 2 dasar penolakan bukan karena anda tidak bayar
          3. Semua perusahaan garansi nya akan seperti itu, apalagi elektronik, dan batasan memang case by case, tidak mungkin ditulis satu satu

          Anda menolak keputusan acer terserah anda, anda berhak protes, saya hanya meluruskan dan mengkoreksi kekeliruan informasi dan kebohongan anda

          10
          34
          • 17 Mei 2022 - (20:09 WIB)
            Permalink

            Maap ni yah om ivan yang berbicara entah untuk memihak atau meng edukasi orang lain, anggap lah si customer yg salah. Karna kelalaian nya menaruh obeng jadi cicak bisa masuk monitor ups ( anggap salah ketik), tapi kira kira apa yah jawaban yang bisa om ivan kasih soal harga pergantian beberapa spare part yg lebih malah dari pada harga jual unit utuh.

            9
            1
          • 18 Mei 2022 - (00:50 WIB)
            Permalink

            Ivan ivan, selalu saja buat rusuh
            Sesekali posisikan dirimu sbgai customer.

            Apapun perkataanmu, ga akan membuat dunia ini berubah sedikitpun. Lihat thumbdown di stiap komenmu. Coba ubah pola fikirmu kawan, kadang udah komen panjang x lebar, nyalahin customer, trnyta customer malah berhasil stelah dari mk ini. Banyak komenmu yg berdebat ngerasa paling tau salah 1 nya soal traveloka. Bilang s&k bla bla bla. knytaan case closed di menangin ama customer bunga dhilangkan. Artinya komentarmu kebanyakan ga ada gunanya. Lebih sering asbun hanya karena membaca S&k yang padahal bisa berubah sewaktu waktu

            Intinya, orang ga akan tulis di MK kalau memang tidak merasa memiliki masalah dan meminta solusi

            Ga perlu mempersulit orang lain, jika tidak bisa membantu solusi, cobalah untuk tidak ikut campur dengan ngerasa paling ngerti syarat & ketentuan yg berlaku. Karena anda bukan direktur manapun. Semua syarat & ketentuan dapat berubah sewaktu waktu. Jadi jangan pernah ngerasa paling ngerti

            Coba bantu orang yang kesulitan mencari solusi atau paling tidak cukup nyimak yang lebih faham

            30
            1
          • 18 Mei 2022 - (10:15 WIB)
            Permalink

            Termasuk juga Kesalahan design itu, kenapa cicak bisa masuk?

          • 18 Mei 2022 - (10:30 WIB)
            Permalink

            IVAN SOK TAU BET DAH AHH.
            PADAHAL ASLINYA KOPONG .
            SAMPAH YA JADI SAMPAH AJA .
            JANGAN IKUT2AN BIAR DIKIRA PINTER PADAHAL KOPONG .
            ******

            6
            1
          • 19 Mei 2022 - (09:15 WIB)
            Permalink

            Si ivan ini emang cuma ngerti teori doang, padahal belom tentu dia pernah ada di posisi TS. Kayak waktu itu pas di artikel tentang kopi kenangan sotoynya minta ampun 🤣🤣

          • 19 Mei 2022 - (15:06 WIB)
            Permalink

            Hahah si ivan kayanya buzzer nya acer, hanya berupa foto dr pihak acer di anggap brg bukti, bisa juga pihak teknisi acer sendiri yg memasukan cicak trus difoto kecuali bongkarnya didpn customer dan setau saya setiap mau claim selalu pihak cs nya periksa segel nya rusak apa utuh.
            Klo msh ada segel trus kemasukan cicak itu kelalaian konsumen?
            Mantap monitor slim+padat bisa masuk cicak dr port listrik/hdmi/dp ?

      • 18 Mei 2022 - (23:39 WIB)
        Permalink

        waduh.. sdh berkali2 klaim garansi komputer, ini kan artinya komputer2 (entah itu CPU, monitor atau apanya pun) sering rusak ditangan ibu ini, ini ibunya bs menggunakan/mengoperasikan komputer tdk?? klo bs pasti tdk akan sampai bs berkali2 klaim garansi komputer bgtu. Masuk akal jg klo service centernya menyatakan kerusakannya karna kesalahan user nya.

    • 18 Mei 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Cicak bisa masuk monitor bro, aneh bin ajaib, ga logis, dan ngeri juga produk acer kalo cicak bisa masuk,

  • 17 Mei 2022 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Yang lebih tepat bukan penawaran penggantian, tapi penawaran pembelian unit baru kalo kek gitu. 😉

    Itu yang rusak mainboard nya aja, apa LCD-nya juga? Gak bisa ganti sparepart yg rusaknya aja? 🤔

    8
    1
  • 17 Mei 2022 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Namanya garansi dan asuransi, sudah pasti ada hal2 yg membebaskan perusahaan ybs dr klaim. Komponen terbakar karena ada cacat produksi (misal penyolderan yg kurang sempurna, ada bagian yg terlepas) ya itu tercover. Kalau kemasukan cecak, ya ngga (ini masuk klausa kelalaian pemakai). Panel kena, mainboard kena, ya memang ga mungkin di perbaiki, komponen utama seperti itu ga beda dgn biaya beli baru. Saran aja, kalau nanti sudah beli monitor baru, itu PC jgn kondisi sleep saat ga dipakai, tp hrs shutdown sepenuhnya kalo ruangan nya masih byk berkeliaran cecak, semut, dkk.

    • 18 Mei 2022 - (00:16 WIB)
      Permalink

      Lbh msk akal msk semut drpd cicak. Sy cek monitor yg sy pakai, gada lobang tuk cicak msk. Ini jd tanda tanya besar di benak sy

  • 17 Mei 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Baru tau monitor slim bisa kemasukan cicak, ,
    Apa cuma monitor merk accer aja ya yg bs kemasukan cicak??
    Coba kasih info, dong gmn caranya cicak masuk ke monitor yg slim dan padat.jujur saya lbih bingungnya itu kenapa cicak bs masuk 🤣🤣🤣
    Setau saya yg awan stiap tv/monitor biasanya ga ada ruang buat cicak masuk.
    Tolong pihak accer atau tmn tmn sekalian ceritain boleh via link video boleh tulisan, tolong ceritain gimana kronologi cicak bisa masuk ke monitor 🤣🤣
    Saya pribadi malah curiga itu cicaknya masuk pas perakitan, krna ga tau gitu lewat mana cicak bs masuk k monitor yg slim dan padat.skli lagi tolong ksih info jlan cicak masuknya ke monitor accer biar saya ga salah paham sama accer🤣

    12
    1
      • 17 Mei 2022 - (23:42 WIB)
        Permalink

        Saya jg pernah dpt produk kurang bgus dlu 2017. Bli lptop i5 gen 7 (type E5) ada vga external mx(nvidia) bru dipakai 6 bulan udah mati aja vganya external (cuma dipakai nugas (kuliah) sama brosing ,game gak pernah (ada pc kusus game dirumah). Saya ajuin garansi alasannya mobonya kena suruh ganti mobo baru gila 4jt an 😀 . Yah ogah lah dri pd debat ga jelas ane bwa plang aja jual murah hadehh. Klo ingt suka kesel jg

  • 17 Mei 2022 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Sebagai pengamat teknologi, poin yang saya betul-betul heran seberapa besarkah ventilasi/lubang monitor Acer tersebut kok bisa cicak masuk ke sana. Secara design ini sudah bermasalah. Berbeda kalau tikus misalnya, ini cicak, giginya tidak bisa digunakan untuk menerobos masuk?

    Bisa coba dijelaskan Bu seri monitor Acer yang dimaksud?

    • 17 Mei 2022 - (19:58 WIB)
      Permalink

      Berarti itu cacat produk, kalau cicak bisa masuk kedalan bordnya, cicak itu mau di rumah atau kantor ya pasti ada

      3
      1
    • 17 Mei 2022 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Bisa dilihat dari photo slip nya, model KG241QS. Kalau saya google cari image2 nya, di bagian belakang atas ada ventilasi yg keliatannya cicak kecil bisa masuk.

      Kalau menurut saya ini bad design. Tapi ga heran juga, saya ada pengalaman buruk dengan service centre Acer, laptop mati2 sendiri ternyata kabel baterai laptop kendor malah dibilang motherboardnya rusak oleh pihak service centre, disuruh ganti motherboard baru seharga 80% dari harga laptop baru. Gila mah itu teknisinya.

      • 17 Mei 2022 - (22:07 WIB)
        Permalink

        Wah iya, celah grillnya segede itu. Mestinya dirapetin lagi celahnya.

        Kalau saya sendiri mengalami betulin laptop Acer, yg 2 slot sata kendor sehingga sering tak terbaca hdd, yg 1 lagi solderan slot satanya buruk sekali tidak rapih, seperti manual dan dikerjakan sama pemula. Ketiganya seri Aspire One semua. Saya kira Acer sudah berbenah, dalam ranah desain teknis ya, semoga lebih berbenah lagi.

  • 17 Mei 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Jadi intinya bisa disimpulkan bahwa monitor acer jelek, masa monitor slim bisa masuk cicak… Absurd pol

  • 17 Mei 2022 - (23:20 WIB)
    Permalink

    Hallo kak Ivan bobok yaa!!!???
    Buat cervice center Acer??……. I don’t no whot do you think😆😆😆

  • 18 Mei 2022 - (01:54 WIB)
    Permalink

    Kalo urusan garansi xiaomay terbaik dahhh, urusan ga ribet, cepet, pernah claim ganti unit baru prosesnya pun ga lama, dan di ganti sama seri yg lebih baru karna produk yg saya pakai sebelumnya sudah ga di produksi lg, tanpa biaya juga seribu pun

  • 18 Mei 2022 - (04:30 WIB)
    Permalink

    saya salah satu pengguna acer yg udah belasan tahun.
    setelah saya baca, kok ada yg aneh.
    1. “sudah coba lakukan perbaikan tapi tidak bisa”. perbaikan seperti apa? bukannya jika ada komponen rusak seharusnya diganti dengan part yg sama. itu berlaku di SC resmi semua elektronik. bukan diservice seperti tempat service biasa.

    2.”penawaran monitor/mainboard baru” tapi di WA tertulis hanya penawaran monitor baru?
    jika penggantian mainboard baru jelas tidak kena biaya karena tercover garansi kecuali kesalahan pengguna dan saya tidak tahu apa saja yg masuk “Kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan penggunaan”. apakah terbakar (muncul percikan api) yg disebabkan oleh cicak itu salah satunya? jika ya berarti monitor tidak tercover garansi.

    jika monitor tidak tercover garansi, jelas ada biaya penggantian partnya tapi anehnya kok bukan biaya penggantian part yg rusak tapi malah memberikan penawaran monitor baru? apakah part monitor tsb udh dicontinue atau gimana?

    3. untuk penulis artikel.
    “Jawaban yang diberikan cukup mengejutkan, yaitu saya harus membayar sejumlah Rp2.640.690,00 dalam bentuk “penawaran monitor/mainboard baru” agar klaim garansi saya diproses.”.
    jika membayar itu artinya udh tidak ada garansi lagi dan membayar itu penawaran monitor baru (saya tidak melihat penawaran mainboard baru?). jika mau, bayar dan ambil monitor baru (ga tau monitor yg sama tipe atau berbeda) atau kalo ga ya udh.

    4. untuk penulis artikel lagi.
    “ASC Semarang tidak memiliki bukti berupa video proses pembongkaran monitor saya, karena hal tersebut tidak ada dalam SOP mereka”
    khan udh jelas, jika tidak ada di SOP mereka ya kenapa harus meminta video pembongkaran?

    jadi saran saya, lbh baik ditanyakan ke SC acer (mau acer semarang atau acer pusat), apakah garansi monitornya msh tercover garansi atau ga? jika msh garansi, seharusnya tidak ada biaya tapi jika tidak garansi, tanyakan part apa yg rusak dan biaya penggantian partnya berapa. jika biaya part rusak sebesar 2,6 juta. mending beli monitor baru.

    2
    2
  • 18 Mei 2022 - (06:45 WIB)
    Permalink

    untuk tambahan informasi, sehari setelahnya kata-kata yang sebelumnya penawaran monitor baru berubah menjadi penggantian mainboard setelah saya share SS ke WA Acer dari jawaban Service Care dari web.

    link SS :
    https://ibb.co/JRnSp3J

    • 18 Mei 2022 - (10:14 WIB)
      Permalink

      Sudah saya duga itu biaya penggantian mainboardnya. Berarti ada kesalahan dari pihak acer semarang yg salah ngasih info penawaran. Soalnya sangat ga masuk akal SC resmi ga menawarkan penggantian part (mainboard) tapi malah nawarin monitor baru.

      Ok, mainboard terbakar jadi garansi tidak berlaku. Ya harus beli monitor baru atau terima penawaran dari acernya.

      Soal ada cicak masuk ke monitor itu kayaknya dari induk cicak yg meletakkan telur melalui lubang ventilasi.

  • 18 Mei 2022 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Yang jadi pertanyaan dari mana datangnya Cicak itu? Apakah penyebab kerusakannya memang karena Cicak? Padahal dari awal beli sdh ada indikasi bunyi aneh seperti yg penulis bilang, Harusnya garansi produk masih berlaku.

  • 18 Mei 2022 - (07:02 WIB)
    Permalink

    Kayaknya tetap termasuk kelalaian pengguna sih karena ada cicak berkeliaran di rumah hingga akhirnya masuk monitor..

    Tapi anehnya kok bisa cicak masuk ke lubang belakang monitor, pdhl lubangnya kecil2 di belakang layar..

    lain kali beli Asus aja deh, dia garansi all risk.. Kemarin layar monitor ku pecah ketendang kaki, tetap bisa claim garansi wkwk

    5
    1
    • 18 Mei 2022 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Nah kalo ini beneran kelalaian pengguna ampe ketendang…. Tp ttp bisa diclaim… Mantab asus

    • 18 Mei 2022 - (10:32 WIB)
      Permalink

      Yg bener?

      Saya tidak menemukan di web asus soal garansi monitor pecah akibat ketendang bisa claim garansi kecuali ASUS Perfect Warranty tapi itu hanya khusus notebook saja.

    • 18 Mei 2022 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Saat mengajukan klaim garansi, apakah anda bilang kalau monitor pecah akibat ketendang kaki???

  • 18 Mei 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Kalau Acer tidak segera memberikan solusi/jawaban, Artikel ini jelas akan sangat merugikan pihak Acer, kenapa… Konsumen jelas akan berfikir ulang untuk membeli monitor Acer, Jangan-jangan kebanyakan desain monitor Acer rentan dimasuki cicak! Kalau seperti itu bisa terjadi atau menimpa konsumen yg lainnya. Kalau kasus “MONITOR TERBAKAR AKIBAT ADA CICAK” ini VIRAL, maka penjualan monitor Acer akan menurun.

  • 18 Mei 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Itu tidak termasuk yg membatalkan garansi. Yg membatalkan garansi jika short terkena air dan jatuh. Lah ini cicak bisa masuk dan bikin short harusnya tidak membatalkan garansi. Kan gak sengaja cicaknya bisa masuk ke dalam

  • 18 Mei 2022 - (14:01 WIB)
    Permalink

    “Ada cicak masuk ke dalam monitor”, utk unit monitor jaman dulu memang itu banyak terjadi karena lubang ventilasi bagian belakang monitor cukup lebar dan ada bbrp posisi lubang ventilasi berada pada posisi horisontal (case belakang masih berbentuk kotak besar)sehingga cicak kecil bisa masuk. Tapi klo utk monitor era sekarang semua sudah flat, dan ukuran serta posisi ventilasi belakang sudah didesign sedemikian rupa agar cicak tidak bisa masuk sekalipun cicak kecil, bahkan percikan air pun tidak dapat masuk, karena design dan posisi ventilasinya sudah benar” diperhitungkan. Tp klo masih ada cicak masuk ke monitor di era sekarang,,kyknya ini yg lalai bukan pengguna,,melainkan produsen alias acernya dalam mendesign monitor.

  • 19 Mei 2022 - (01:32 WIB)
    Permalink

    Lha itu masih bisa dibetulin!, cuma rangkaian regulator doang yg angus. Jalur panel mah enggak kenapa2.. ini mah akal bulus service center ga mau betulin alias males. Itu mah jalur rangkaian power atuh. Saya hakul yakin, masih bisa dibetulin, sekitar 2-3 komponen umum. Perkara mau masuk cicak kesetrum regulator kek ampe angus begitu itu urusan laen.
    Yang jadi pertanyaan besar, apakah ASC mau betulin apa engga? atau hanya nawarin monitor baru dengan tipe sama dengan harga lebih tinggi dari pasaran? yang bener aja..wkwkwkw.. harga 2,640rb’an itu harga Dell SE2417HG, say.

    Wahai teknisi ASC semarang, udah lah betulin aja itu board, kalau ada biaya gegara cecak masuk terus kesetrum ngebuat itu rangkaian short, tegasin ada biaya repair. Tapi yang sewajarnya. Kisaran 200-250rb dah termasuk ongkos pemasangan komponen. Jangan tamak, percaya deh kl harganya wajar dan terjangkau, dijamin ASC nya banyak yg dateng.

    Kalau ngotot ya tanggung sendiri nama besar Acer jelek ditangan ASC Semarang 😁

    • 19 Mei 2022 - (11:57 WIB)
      Permalink

      Namanya SC resmi, jika ada 1-2 komponen di mainboard terbakar harus ganti 1 mainboardnya. Beda dg service di pinggir jalan baru bisa ganti dan solder komponen yg rusak.

 Apa Komentar Anda mengenai Acer Indonesia?

Ada 83 komentar sampai saat ini..

Klaim Garansi Monitor Acer, Malah Ditawari Penggantian Unit Baru denga…

oleh Rahatma dibaca dalam: 2 menit
83