Komplain Diremehkan Shopee dengan Alasan Karena Masih Dalam Masa Estimasi

Terima kasih kepada Media Konsumen. Salam sejahtera, kepada Shopee Indonesia dan seluruh para pembaca. Di surat ini saya akan melayangkan keluhan kepada Shopee Indonesia, karena keluhan saya melalui platform Shopee terlalu diremehkan karena masih dalam masa estimasi pengiriman.

Singkat cerita saya membeli sebuah kamera digital Canon EOS 1500D di toko resmi Shopee yaitu e-mart by Shopee dengan nomor pesanan 2205241PAKT4A9 pada tanggal 24/05, dengan estimasi sampai 29/05. Kemudian pesanan saya dikirim dengan nomor resi SPXID021381922245 pada tanggal 25/05 menggunakan kurir internal Shopee.

Status pengiriman lancar saja sampai pada tanggal 26/05 status berhenti update dengan status terakhir paket telah dikirim dari gudang sortir.

Pada tanggal 27/05 atau 24 jam setelah tidak update saya menghubungi cs Shopee menggunakan fitur chat bantuan, kemudian saya hanya diminta menunggu. Saya bersikeras bahwa pengiriman paket sudah tidak update 24 jam ini sudah tidak wajar dan merupakan indikasi masalah.

Hal ini saya lakukan supaya paket tepat waktu, akan tetapi berulang kali saya mengeluh hanya diminta menunggu, padahal perjalanan Ciracas Tegal itu tidaklah sampai 24 jam perjalanan. Dan saya tidak pernah menemukan di ekspedisi mana pun, ketika saya membeli barang secara online jika masih di Pulau Jawa menuju Tegal tidak ada update yang lebih dari 24 jam tidak berubah status pengirimannya.

Dan benar saja, sampai surat ini saya tulis 28/05 sudah 2×24 jam status paket sudah tidak update. Sudah jelas ini biang dari masalah, yang saya lakukan adalah menghindari masalah sesungguhnya atau masalah yang lebih besar yaitu paket tidak on time, rusak, nyasar, atau bahkan hilang.

Tetapi ketika chat lagi dengan cs Shopee, masihlah saya diminta menunggu “KARENA MASIH DALAM ESTIMASI PENGIRIMAN”. Hal ini sama saja Shopee menunggu masalah besar datang, bagaimana tidak? Ciracas Tegal status pengiriman sudah tidak update 2×24 jam, ini sudah tidak masuk akal. Seperti yang sudah saya katakan di atas selama masih di Pulau Jawa ke Tegal saya tidak pernah menemukan lebih dari 24 jam status pengiriman yang tidak update, dan ini sudah 2×24 jam masih dianggap remeh.

Kenapa tidak bisa komplain saya ditindak meski masih dalam estimasi? Dan hanya bisa ada tindakan ketika sudah lewat estimasi, kenapa harus menunggu masalah yang lebih besar datang barulah bisa komplain? Komplain itu seharusnya tidak terpaku pada estimasi pengiriman. Ketika ada hal tidak wajar kemudian datanglah komplain, seharusnya diindahkan, hal ini bertujuan untuk menghindari masalah yang lebih besar.

Dan yang terpenting supaya paket on time dan tidak hilang, jangan menganggap remeh keluhan yang masih dalam estimasi pengiriman, saya benar-benar dikecewakan oleh Shopee dan ekspedisinya.

Inggharaditya
Tegal, Jawa Tengah


Update (30 Mei 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan konfirmasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

https://mediakonsumen.com/2022/05/30/tanggapan/komplain-masih-dalam-estimasi-pengiriman-shopee-akhirnya-diterima-dan-berakhir-baik

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:76    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

93 komentar untuk “Komplain Diremehkan Shopee dengan Alasan Karena Masih Dalam Masa Estimasi

    • 29 Mei 2022 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Saya sangat sabar, sampai ini diterbitkan, status pesanan belum ada perubahan, padahal hari ini adalah hari terakhir estimasi, yang saya tekankan adalah bukan lama waktunya, jika estimasi sampai 100 haripun tidak masalah, saya tunggu, yang saya tekankan karena saya mencium sesuatu yang tidak wajar, ketika saya sampaikan sebagai keluhan ditolak, dan ya benar saja, apa yang saya cium terbukti, paket tidak ontime, atau bahkan mungkin bisa lebih buruk, hilang, bukankah itu akan menjadi masalah yang lebih besar, dan akan semakin merepotkan, bagi saya jika bisa menyelesaikan masalah selagi masih kecil, kenapa harus menunggu menjadi besar.

      12
      15
      • 30 Mei 2022 - (06:40 WIB)
        Permalink

        Pak shopee taggal 25 kemaren progam belanja gratis ongkir minimal belanja nol rupiah otomatis di hari itu volume belanja orng orang pada meningkat. Saya sangat sering belanja di tanggal tersebut dan di tanggal kembar pasti progam voucer shopeey besar besaran jika order tgl tersebut pasti barang sampe lama banget saya sja pernah mau hampir 2 minggu baru sampai.

        6
        1
        • 30 Mei 2022 - (06:46 WIB)
          Permalink

          Semoga barang bapak cepat sampai . Jgn lupa sebelum unboxing di vidio kan dulu seluruh nya supaya klau paket ny ada kenapa napa bisa di refund

          • 30 Mei 2022 - (10:36 WIB)
            Permalink

            Kalo beli barang mahal macam hp, kamera, laptop, perhiasan mending lwt toko yang ijo, lebih bertanggung jwb, komplain cepat ditindak lanjuti. Sy jg kapok pake shopee beli barang mahal biarpun lebih murah dr toko lain, kalo ada masalah cs shopee gak ada tanggungjwbnya. Shopee cuma untuk beli printilan yang murah dibawah hrg sejuta.

            6
            2
      • 30 Mei 2022 - (07:53 WIB)
        Permalink

        Lain kali kalo butuh cepat beli offline mas, atau pakai eskpedisi yg instant/sehari sampai. Kalo pake reguler ya pasti estimasi diterimanya panjang. Adanya SOP buat menunggu estimasi karna yg dikirim kan ga cuma paket masnya, apalagi misalnya berbarengan sama event flash sale lainnya. Kalo mas pakai garansi dan beli di official store sabar aja mas, kalopun ilang akan ada garansinya. Kalo alasannya meminimalisir masalah, kalo tidak sesuai SOP barulah masnya kejar

        11
        • 30 Mei 2022 - (09:28 WIB)
          Permalink

          Saya sabar, padahal tulisan diatas tidak membahas soal terlalu lama estimasinya, 200 haripun ku tunggu, jadi yang saya tekankan bukan lamanya tapi saya ada dugaan yang tidak seharusnya terjadi, dan saya rasa apa yang saya perkirakan benar karena sampai hari ini sudah 4x24jam belum ada update pengiriman sedangkan paket saya lainnya yang dibeli setelah saya memesan kamera diatas sudah pada sampai tuh, dan sekarang sudah diluar estimasi loh

          1
          5
          • 30 Mei 2022 - (12:19 WIB)
            Permalink

            Loh kan dibuat Estimasi waktunya tgl 29 Mei 2022, hadeh bapak bapak,,
            Ngomong 200 hari ku tunggu, eh telat 1 hari aja udah panik nya minta ampun.
            Hehe
            Pukul 11.09 saya cek kurir sedang nganter kerumah itu pak,
            Haha

            1
            1
      • 30 Mei 2022 - (08:33 WIB)
        Permalink

        Sy rasa betul masih estimasi pengiriman jd wajar menunggu. Gak bisa kemudian barang anda dtg kemudian prioritas pengiriman. Pasti yg diproses sesuai prosedur. Yg mana yg pengiriman same-day, next day dan yg mana yg datang dlu. Kalau memang posisi masih digudang apakah harus dipaksa update statusnya.klo sudah lewat masa estimasi silahkan komplain

        • 30 Mei 2022 - (09:30 WIB)
          Permalink

          Saya sabar, padahal tulisan diatas tidak membahas soal terlalu lama estimasinya, 200 haripun ku tunggu, jadi yang saya tekankan bukan lamanya tapi saya ada dugaan yang tidak seharusnya terjadi, dan saya rasa apa yang saya perkirakan benar karena sampai hari ini sudah 4x24jam belum ada update pengiriman sedangkan paket saya lainnya yang dibeli setelah saya memesan kamera diatas sudah pada sampai tuh, dan sekarang sudah diluar estimasi loh

          • 30 Mei 2022 - (09:46 WIB)
            Permalink

            2 kata buat loe
            Sukurin
            Derita Loe

            Wkwkwk
            Orang ga sabaran,Belanja jutaan sok2an beli di online

            5
            9
      • 30 Mei 2022 - (09:53 WIB)
        Permalink

        Kita ga tau kondisi gudang ekspedisi kayak gmn. Bisa jadi overload.
        Komplain ke CS shopee ya begitu kalo masih dalam estimasi disuruh menunggu. Kalo udah lewat estimasi ya paling CSnya hanya bantu follow up ke shopee ekspress untuk dimaksimalkan pengantarannya.
        Paket kakak masih mendingan stuck di gudang. Saya pernah sudah diantar kurir, lalu saya cek resi jam 7 malam ada update alamat rumah/toko tutup. Org jelas2 toko saya tutup jam 9 malam.
        Dan kejadiannya sampe 2x updatenya bilang tutup. Saya samperin aja ambil paket ke gudangnya. (gudang tempat kurir antar, bukan gudang hub/ perantara sortir paket)
        Coba googling gudang shopee express daerah alamat kakak letaknya dimana. Kalo emang kakak kurang sabar ya datang aja ke gudangnya. Kadang memang kita yg mesti inisiatif sendiri samperin gudangnya. Kecuali kalo emang tetap mau sabar menunggu

      • 30 Mei 2022 - (12:19 WIB)
        Permalink

        dari sekian banyak komentar rata2 sepemikiran. ANDA KURANG SABAR. cuma anda yg saja yg lebay.

        TUH PAKET ANDA SEDANG DIKIRIMKAN SAMA KURIR PER HARI INI.

        • 30 Mei 2022 - (12:39 WIB)
          Permalink

          Saya menghindari pengiriman diluar estimasi, dan apa yang saya hindari justru terjadi, karena hari ini belum sampai dan sudah diluar estimasi, lebaynya dimana? Jika saya komplain setelah estimasi habis, mungkin hari ini statusnya bukan sedang dikirim kurir

      • 30 Mei 2022 - (12:39 WIB)
        Permalink

        Diatas ada nomor resinya, bisa bantu cek status terakhir sampai mana?

    • 30 Mei 2022 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Iya betul, masih kurang sabar klo segitu sih.
      Saya ajah udah 14 hari paket COD belum sampai.
      sampe di ambil sendiri ke Shoope Hub nya 😆
      Barang tersimpan di pojokan, seakan akan gak ada sistem prioritas waktu yg harus di dahulukan.
      Padahal kurir banyak, malah ada yang nyantai”.

      • 30 Mei 2022 - (13:18 WIB)
        Permalink

        Untuk saya waktu sehari saja sangat berharga, tingkat sabar dalam menilai waktu itu berbeda2 jadi sabar itu relatif, Masalahnya sudah berangkat dari kota pengirim tetapi belum sampai di kota penerima, kalau bisa di ambil di hub kota saya ya saya ambil, tetapi sukurnya dengan surat ini shopee melakukan investigasi dan telah memperioritaskan pengiriman pesanan saya

        • 30 Mei 2022 - (13:47 WIB)
          Permalink

          di jasa kurir pengiriman tidak semuanya berjalan sesuai rencana, kadang bisa paket terselip dan ketinggalan mobil, terpaksa pending sampe mobil berikutnya. kunci belanja online memang harus SABAR, kadang lebih cepat dari estimasi disyukuri, kadang lewat estimasi ya berlapang dada. malah kadang hilang ya harus diterima dan sabar menunggu penggantian /asuransinya. Bukan apa-apa, kalo gak sabaran nanti stress sendiri dan bisa-bisa jadi darah tinggi.

        • 30 Mei 2022 - (15:47 WIB)
          Permalink

          Untuk saya waktu sehari saja sangat berharga, tingkat sabar dalam menilai waktu itu berbeda2 jadi sabar itu relatif,

          yang saya tekankan adalah bukan lama waktunya, jika estimasi sampai 100 haripun tidak masalah, saya tunggu

          200 haripun ku tunggu

          Dapat di simpulkan anda sangat luar biasa SABAR dan Tidak Plin Plan

      • 30 Mei 2022 - (14:18 WIB)
        Permalink

        Adanya program gratis ongkir dari tanggal 25-28 menyebabkan peningkatan paket, kendala di pengiriman jadi terlambat, sistem pengiriman juga antar gudang ke gudang. Tidak langsung Antar ke tujuan, buat pelajaran ya pak kalo mau beli online lagi, begitulah sistemnya.

    • 30 Mei 2022 - (13:34 WIB)
      Permalink

      Bukan soal sabar atau ga, ini soal tanggung jwb penjual dan hak pembeli, sudah ada dalam uud antar penjual dan pembeli. Sebagai pembeli, ga masalah harus nunggu sampe 2 minggu asalkan ada kabar perjalanan nya setiap sehari sekali. ******

    • 31 Mei 2022 - (00:34 WIB)
      Permalink

      Bukan kurang sabar. Lha kan terbukti apa yang dikawatirkan oleh penulis. Estimasi itu sudah bentuk dari ketepatan.

  • 29 Mei 2022 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Begini aja dibawa ke media konsumen, hadeuh. Besok besok beli offline aja ngab kalau ga sabar.

    14
    7
    • 29 Mei 2022 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Saya sangat sabar, sampai ini diterbitkan, status pesanan belum ada perubahan, padahal hari ini adalah hari terakhir estimasi, yang saya tekankan adalah bukan lama waktunya, jika estimasi sampai 100 haripun tidak masalah, saya tunggu, yang saya tekankan karena saya mencium sesuatu yang tidak wajar, ketika saya sampaikan sebagai keluhan ditolak, dan ya benar saja, apa yang saya cium terbukti, paket tidak ontime, atau bahkan mungkin bisa lebih buruk, hilang, bukankah itu akan menjadi masalah yang lebih besar, dan akan semakin merepotkan, bagi saya jika bisa menyelesaikan masalah selagi masih kecil, kenapa harus menunggu menjadi besar.

      6
      10
      • 30 Mei 2022 - (06:14 WIB)
        Permalink

        Saran saya kalo bisa anda pakai jasa ekspedisi nya yang satu hari sampai semacam jne yes atau sicepat best setidaknya estimasi nya lebih cepat dan di prioritaskan daripada yg reguler, karena kalo yg reguler itu emang sesuai estimasi apalagi kalo pengiriman sedang overload, semoga lebih bijak

          • 30 Mei 2022 - (11:48 WIB)
            Permalink

            Saran saya diskusi dulu dengan penjual nya apakah bisa atau tidak dengan pakai ekspedisi yg lebih cepat, cari di seller-seller lain yg menyediakan pilihan tersebut kalo emang semua seller nya tidak ada pilihan tersebut ya sudah mau gimana lagi harus sesuai dengan aturan ekspedisi nya sesuai estimasi yg tercantum, karena pengalaman saya sedari sebelum puasa kemarin sudah mulai lambat semua ekspedisi itu,
            sering tidak bergerak lebih dr 24jam dan sampai nya selalu mepet estimasi sampai barang, ya sabar saja karena bukan pakai kurir instan pake ojol yg di prioritaskan. Semoga menjadi pengalaman buat anda juga biar kedepannya lebih bijak dalam memutuskan pembelian,apalagi barang yg terbilang cukup mahal dan pengen cepat sampai. Banyak berdoa saja biar barang tiba dengan selamat sesuai estimasi.

          • 30 Mei 2022 - (12:40 WIB)
            Permalink

            Tokonya itu official emart by shopee jadi yang ada ya yang begitu aja, tidak bisa rubah ini itu

      • 31 Mei 2022 - (00:35 WIB)
        Permalink

        “bagi saya jika bisa menyelesaikan masalah selagi masih kecil, kenapa harus menunggu menjadi besar.” Ini cakep pemikirannya. Sgt positif.

    • 30 Mei 2022 - (07:52 WIB)
      Permalink

      Menurut saya sabar itu relatif kak, karena batas sabar itu berbeda beda bagi setiap individu.

      Kaitan nya dengan ini apa?
      Bahwa kakak tidak perlu sabar karena resi yang tidak update belum tentu berarti hilang, misroute, dll. Bisa saja tidak terupdate by system, saya sering mengalami kejadian ini ketika mengirim pesanan dengan Shopee Express. Jadi bagaimana? Ganti saja kak si sabar dengan si realistis kak.

      Kemudian, pahami perbedaan estimasi pengiriman dengan kepastian pengiriman.
      Estimasi adalah window waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman, bisa lebih cepat dan tentunya bisa lebih lambat. Namanya juga estimasi.
      Sedangkan kepastian adalah suatu jaminan atau garansi bahwa pengiriman akan sampai dalam batas waktu yang ditentukan.

      Lalu kurangi perasaan negatif dalam diri kakak dan kurangi juga mencium hal hal yang tidak berbau, gimana cara mencium status pengiriman kak?
      Yuk kurangi perasaan yang negatif supaya badan dan mental jadi lebih positif.

      Terakhir tentu kekhawatiran kakak memiliki dasar namun alangkah baiknya jika diperkuat dengan logika yang sehat bukan perasaan yang kuat.
      Sedikit informasi, Shopee Xpress itu berasuransi lho kak dan selama masih dalam window estimasi pengiriman (estimasi disini bukan selalu yang tertulis diaplikasi ka karena biasanya ada estimasi “wajar” yang mencakup keterlambatan juga) maka kakak mau menulis 10000 kolom disini atau dimanapun pihak Shopee tidak akan melakukan investigasi lebih lanjut sampai tenggat wajar pengiriman pesanan kakak.

      Oh iya, tentunya tujuan komentar ini bukan untuk melarang kakak menulis keluhan di media ini ya. Kakak bebas menulis keluhan seperti ini atau yang lain nya kok.

      Sekian kak, apakah kakak sudah paham?
      Semoga informasi nya bisa bermanfaat.

      16
      1
      • 30 Mei 2022 - (08:03 WIB)
        Permalink

        saran saya kalau butuh cepat atau barang yang di beli nominal besar mending di toko ijo kak, proses refund cepat tanpa banding2 sana sini, CS nya cepat,
        saya saja kirim antar jabodetabek harusnya 1-2 hari sampai, sudah 1 minggu stuck aja tetap suruh menunggu, hubungi CS baru kejar ekspedisi, eh malah di cancel otomatis dan secara sepihak oleh shopee,padahal saya sebagai seller sudah kirim barang, baru 2 minggu lebih daya dapt kabar paket hilang, paket hilang pun tidak langsung kembali dana. perlu BAP dll, pnjang laah, dah lelah, saya pun sbg seller sudah mulai males jualan di shopee, tapi apa daya toko lebih ramai di shopee dr pada tokped

        2
        4
        • 30 Mei 2022 - (11:54 WIB)
          Permalink

          Tapi apadaya Toko lebih ramai di shopee daripada di tokped, tapi sekalinya apes lu ngeludah di sumur sendiri,

      • 30 Mei 2022 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Cakep banget nih komentar aku baca sampe habis lho. Kosakata perkalimatnya rapi banget . Semoga yg komplen baca komentar ini

      • 30 Mei 2022 - (12:48 WIB)
        Permalink

        Pertama mecium diatas itu kiasan
        Kedua sudah pasti logika jalan, estimasi 4hari, kemudian update lancar dalam 1hari tidak ada update status 3hari, bukankah itu total sudah 4hari? Perkiraan itu pelajaran peluang dan bisa dihitung secara matematis
        Ketiga yang saya lakukan adalah untuk menghindari keterlambatan pengiriman, tapi sayangnya tetap terjadi
        Dan terakhir dengan surat terbuka ini shopee menaggapi saya dengan melakukan investigasi dan memprioritaskan pengiriman pesanan saya

        • 31 Mei 2022 - (10:31 WIB)
          Permalink

          Saran sy, kalau mau beli apapun yg berharga cukup mahal, teliti dulu bukan hanya tokonya, tapi platform online shopnya. Pilihlah platform online yg menyediakan kurir next day atau bahkan sameday/instan jika barang yg Anda beli berharga lumayan. Teliti pula perusahaan ekspedisinya. Sejauh ini, sy paling puas dgn toko hijau. Kalau shope*, sudah sy hapus akun sy sebelum pandemi, krn sistemnya buruk sekali, baik CSnya maupun ekspedisinya. Bahkan beli di official store di shop** tidak menjamin barang sampai dgn cepat. Sy beli cliniques di off store shop** seharga hampir 3 juta, sampai 3 minggu belum dikirim juga. Sy cancel, prosesnya ribet sekali sampai akhirnya sy ajukan surat gugatan resmi dari pengacara sy. Baru deh pesanan sy bisa dicancel dan yang sy kembali.

      • 31 Mei 2022 - (00:46 WIB)
        Permalink

        Estimasi juga bentuk suatu kepastian. Misalnya barang tiba estimasinya 24-29 desember. Ya tenggat waktu itu harus ditepati. Itu suatu kepastian. Tgl 30 desember bukan termasuk estimasi. Yang jelas sudah dibuatkan estimasi tibanya barang ya harus dituruti. Kalau sudah diyakinkan akan melewati tgl estimasi, sebaikanya diberitahu dahulu, dengan alasan ada kendala situasi yang diluar kendali.

  • 29 Mei 2022 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Memang sudah kebijakan berbelanja di marketplace pak/bu untuk menunggu barang atau produk selama masih dalam estimasi, dan ini telah anda setujui saat menginstall aplikasinya (di bagian terms & condition), tidak hanya anda tapi semua konsumen pengguna aplikasi setelah install ditanya apakah setuju/tidak. Mohon maaf saja jika konsumen tidak mencentang tanda setuju, maka aplikasi otomatis tidak dapat digunakan.

    Memang tidak salah anda khawatir akan suatu hal terjadi pada paket anda, tapi hanya berpegang pada “perasaan” bahwa barang anda kenapa-napa tanpa ada bukti kuat, maka shopee berhak untuk meminta anda menunggu. Selain itu, selama masih dalam garansi shopee (biasanya 7 hari setelah tiba) barang dapat di-refund jika ternyata didapati kerusakan dsj., serta langkah yang anda lakukan saat refund sesuai ketentuan. Adapun jika barang diterima lebih cepat dari estimasi, maka itu lebih baik dan merupakan bonus kelebihan pelayanan terhadap anda. Ibarat tugas/proyek yang diselesaikan sebelum deadline.

    Semoga barang/produk nya dikirimkan dengan lancar.

    11
    2
    • 29 Mei 2022 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Betul saya setuju, dan ya pasti khawatir bagaimana tidak barangnya jutaan, dan ya seharusnya tidak perlu khawatir bukan, ada menu komplain, baik komplain retur atau komplain barang belum diterima, sampai dengan saya balas komentar ini status belum lah update, wahai komentator, pengalaman saya belanja online tidak sekali dua kali, begitu juga dengan pengalaman kirim mengirim barang melalui ekspedisi, diatas sudah saya sampaikan, saya tidak pernah menemukan pada diri saya pengiriman yang selama masih dipulau jawa, kealamat saya statusnya tidak update lebih lebih dari 24jam, seandainya estimasi 100hari, kemudian update setiap 10hari, jika sudah 15hari tidak update ya saya perasaannya heran, sama seperti sekarang, estimasi 3hari, 3x24jam tidak update, sangatlah heran, pak bu jakarta tegal paket paling lama saya 4hari, sekarang sudah 3x24jam tidak update, bukankah perasaan saya ada kemungkinan benar? Tidak ontime sudah jelas, hilang? Missroute? Tertukar? Siapa tau

      Sop? Sangat setuju, tapi apakah anda mau menunggu masalah membesar ketika anda sudah memiliki kemungkinan, yang seharusnya bisa diatasi lebih cepat, karena sop membuat masalah menjadi lebih besar, dan ya seperti sekarang, sudah diluar estimasi, keluhan saya sedang berjalan, bukankah itu bisa lebih cepat ditangani ketimbang menunggu masalah besar/estimasi habis kemudian barulah komplain, yang pasti akan memakan waktu lebih lama.

      3
      10
      • 30 Mei 2022 - (07:17 WIB)
        Permalink

        Anda kurang sabar boss…
        Pasti anda baru belajar belanja di shopee..
        Biasakan ganti pengiriman jnt atau si cepat reguler klo habis cekout

        3
        1
        • 30 Mei 2022 - (07:57 WIB)
          Permalink

          Mungkin bukan kurang sabar kak, namun panik dan kecemasan berlebih karena dibutakan oleh nilai barang.

          • 30 Mei 2022 - (13:28 WIB)
            Permalink

            Saya rasa emng betul itu bermasalah ,

            1
            1
        • 30 Mei 2022 - (10:56 WIB)
          Permalink

          Sudah pernah belanja di shopee? Ekpedisi di shopee tidak bisa memilih ekspedisinya, hanya bisa memilih layanannya, dan ketempat saya hanya ada ekspedisi reguler dan ekspedisi kargo, kalau anda suhunya belanja online, bisa beri tahu saya cara memilih layanan reguler dengan kurir sesuai kemauan kita?

          1
          4
          • 30 Mei 2022 - (11:54 WIB)
            Permalink

            Waduh Aku Baru Tau Kalau Belanja Di Shopee Jelas Sangat Tidak Nyaman Gara2 Tidak Bisa Pilih Jasa Ekspedisi Yang Kita Mau Hanya Bisa Pilih Layanan Pengiriman Nya Saja & Jasa Ekspedisi Nya Dengan Sengaja Diacak Oleh Pihak Shopee Secara Sepihak & Seenak Jidat Nya Tanpa Mem perduli Kan Ke 2 Belah Pihak (Yaitu Penjual & Pembeli) & Itulah Alasan Utama Buat Saya Malas & Ogah Belanja Online Di Shopee Apalagi Harga Barang Nya Sangat Mahal Yaitu Bisa Tembus Jutaan! Jadi Selamat Tinggal Shopee! 👋

          • 30 Mei 2022 - (20:55 WIB)
            Permalink

            pengiriman di shopee BISA memilih jasa ekspedisi, sesudah checkout langsung buka produk yg baru anda order..
            diatas alamat, BISA anda pilih apapun jasa ekspedisi yg disediakan oleh merchant ..
            saya baru order barang melalui jasa pengiriman Shopee Express Standard (yg aslinya SiCepat). status sudah 3 hari di gudang sortir, ketika saya cek melalui situs untuk cek resi, ternyata barang masih di Line Haul Udara Jakarta, namun saya coba cek di gerai SiCepat terdekat, ternyata barang sudah sampai dr hari minggu tanpa update status, tapi karena itu barang kantor jd ga saya ambil dan saya biarkan kurir yg antar ke kantor ..

            kalau masih takut², lebih baik jangan beli produk mahal secara online ..
            dan jangan sedikit² merengek ke merchant karena barang telat/status abnormal, karena ketika barang sudah sampai ekspedisi itu sudah jd urusan antara kita buyer dan ekspedisi, coba kita inisiatif sendiri untuk mendatangi ekspedisi terdekat dr rumah kita ..

            saya tau di shopee ada tombol komplain, tapi akankah lebih bijak kalau kita bisa selesaikan masalah secara nyaman, kasian CS merchant karena mereka jg bingung barang yg sudah keluar toko MEMANG seharusnya sudah jd tanggung jawab jasa ekspedisi ..

        • 31 Mei 2022 - (00:56 WIB)
          Permalink

          mending abang kasih tau tutorial ganti ekspedisi di shopee biar para netizen tau

          karna setauku udh beberapa bulan ini ga bisa ganti ekpedisi hanya bisa ganti layanannya seperti hemat, regular atau kargo

          saran tambahan ni sebelum ngatain orng mending introspeksi diri bang

  • 30 Mei 2022 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya disini shopee sudah profesional kok..sebab yang dilayani oleh shopee dan jasa pengiriman barang tersebut bukan 1 atau 2 orang. Jadi makanya ada estimasi waktu pengiriman. Masa shopee harus menghubungi jasa pengiriman hanya karena dugaan salah satu konsumen? Pasti tidak mungkin. Bukan soal menunggu masalah membesar atau tidak. Tapi kebayang gak sih jika shopee menuruti dugaan semua konsumen? dengan menghubungi kurir pengiriman? Walaupun barang hilang atau tertinggal di gudang jasa pengiriman tidak mungkin shopee menghubungi jasa pengiriman tersebut satu satu….

  • 30 Mei 2022 - (07:27 WIB)
    Permalink

    Menurut saya ini jasa pengiriman yang kurang bagus. Seharusnya sih tidak sampai 24 jam, kalau jnt saya biasanya jakarta jogja 2 hari sampai rumah. Besok lagi saran saya ubah jasa pengiriman setelah pembelian di detail pesanan.

    3
    2
  • 30 Mei 2022 - (07:43 WIB)
    Permalink

    Saran saya anda jangan pakai yg reguler, ya pasti di tolak wong masih dalam estimasi, itu sudah aturan shope, belanja di e-commerce itu ya pakai aturan eCommerce tersebut bukan aturan diri sendir, mungkin harus lebih banyak pengalaman belanja online si om ini 😆😆

    • 31 Mei 2022 - (01:05 WIB)
      Permalink

      Estimasi juga bentuk dari suatu ketepatan. Misalnya tiba di tgl 24-29 Juni, ya harus tiba di tenggang waktu tersebut. Diluar tanggal tersebut adalah bukan estimasi lagi. Aturan eCommerce, jika barang banyak, kurir cuma 1-2, ya harus tambah kurir dong. Itu resiko dari layanan jasa ekpedisi. Nanti ada yang ngomong, emangnya gampang. Nah gimana kalo cargo pesawat terbang. Ya harus carter pesawat lagi. Keterlambatan tibanya barang ke tangan konsumen itu mutlak harus tidak terjadi, kecuali ada bencana, diluar kuasa manusia.

  • 30 Mei 2022 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Komplain pengiriman yg masih dalam masa estimasi?? Anda perlu ngopi dulu..
    Yg beli paket harga jutaan juga bukan cuma anda, lagian kalo barang hilang atau tidak sampai uang anda juga aman..
    Mau nggak ada update 2-3 hari kalo masih dalam masa estimasi juga pasti nggak bisa ajukan komplain..

  • 30 Mei 2022 - (07:58 WIB)
    Permalink

    Saya seller di shopee, saya paham betul ke khawatiran anda saat check out barang senilai jutaan dan apa yg anda harapkan paket tiba sesuai kewajaran anda, tapi ada beberapa yg perlu diperhatikan tentang marketplace terutama shopee :
    1. Untuk jasa kirim shopee express belum sepenuhnya di handle sendiri, jadi masih menumpang jasa kirim lain di daerah seperti di kota anda Tegal, seperti sicepat, itu yg kadang menghambat pengiriman, realisasinya sicepat lebih mengutamakan pengiriman internal mereka dulu dong daripada jasa kirim yang ‘numpang’ atau minta tolong dikirimkan ke pembeli
    2. Di opsi check out anda bisa rubah jasa kirim ke jasa kirim yg menurut anda lbh terpercaya dan cepat, cuma sayang nya karena anda merasa jika shopee express adalah jasa kirim internal shopee jadi anda merasa aman, dan manakala paket stuck ke khawatiran anda muncul, itu wajar.
    3. Saran saya anda bisa menghubungi call center jasa kirim untuk pengecekan posisi paket anda, bukan ke CS shopee karena shopee selalu sesuai dengan estimasi waktu pengiriman

    Semoga paket bisa anda terima secepatnya, be smart buyer

  • 30 Mei 2022 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Jahaha.. Alay baru nyicip belanja onlen.
    Ga sabar / butuh urgent = pake next day.
    Reguler atau free ongkir = di tunggu saja sesuai batas estimasi.

    Mau cepat harus keluar uang lebih.

  • 30 Mei 2022 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Menurut q sih wajar aja sipembeli was2, krna udh lewat estimasi pengirman, apa lagi dr harga yang lumayan mahal mngkn klo dibawah hrga 500k mngkn msh diam,,, siapa aja pasti was2 klo barang tak kunjung datang2, yg dikuatirkan apa takut barang nyasar/hilang/rusak , ajuin komplen lebih ribet tdk semudah beli klik bayar dioroses .
    Apa lagi maraknya kurir nakal banyak kasusnya dr kurir2 lainya bahkan sy lihat brpa kax spt itu yg COD barang sdh diterima tapi sikurir tdk ada laporan mslh barang sdh diterima alhasil barang sdh sampai kepenerima tapi laporan barang hilang, ada yg beralasan barang hilang saat pengirman… Wajar manusia wi klo was2 gtu, normal ko…

    2
    2
    • 30 Mei 2022 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Estimasi sampai paling cepat tgl 29 mei, si pembeli komplain tgl 26 mei, bikin rame di media konsumen tgl 28 mei..
      Yaa dibilang bener darimana.. Lagian kalo blanja barang mahal di shopee kita sebagai pembeli aman2 aja kok.. Kalo barang ga sesuai pasti uang dibalikin full ga kaya yg lain..

  • 30 Mei 2022 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Belanja barang yg dikelola shopee, jasa kirimmya hanya bisa pakai shopee express. Tidk ada pilihan jasa kirim lainnya.

  • 30 Mei 2022 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Kl barang2 elektronik lebih baik beli di toko offline
    Kl beli di toko online kl ada apa2 buang2 waktu dan nambah kerjaan apalagi anda kurang sabaran
    Kl Masi masa estimasi ya kurang di respon cz pihak ekspedisi kan kan ga cm ngurusin punya km doang

  • 30 Mei 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Lain kali bisa diganti dlu mas ke ekspedisi/kurir lain, kalau saya recommend pakai J&T. Alhamdulillah selalu tepat waktu. Kalau pakai Shopee Express standar memang agak lama, dan disistemnya memang sering berhenti/tdk update selama beberapa hari.

  • 30 Mei 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Sepertinya ramai ya, mungkin bisa saya tambahkan disini, sabar itu relatif, jika kalian paham maksud tulisan saya mungkin anda sekalian tidak akan mengungkit soal kata sabar
    Ketika saya membalas komentar ini, sudah 4x24jam status pesanan tidak update, dan saya membeli di emart by shopee tidak ada pilihan kurir lain ke tempat saya selain reguler yang saya pilih diatas dengan kargo, tidak ada next day apa lagi same day.
    Saya ulangi sekarang sudah 4x24jam tidak ada update, dan saya tekankan yang saya bahas diatas bukan soal waktu/estimasi, saya merasa ada yang janggal, 4x24jam tidak ada update bukan hal yg bisa dianggap remeh untuk 2 kota yang jaraknya masih satu hari perjalanan, ramai? Belanja 0 rupiah? Barang belanjaan lain saya yang dibeli kemudian dikirim dengan ekspedisi yang sama dengan kasus pesanan saya diatas sudah pada sampai tuh, dan ada loh yang dibeli setelah saya membeli kamera diatas. Jadi?

    12
    • 30 Mei 2022 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Tgl 26 mei dan tgl 29 mei tgl merah
      Jd wajar kl terjadi keterlambatan
      Apalagi besok tgl 1 Juni tgl merah juga
      Mg2 nyampe nya tahun depan ya KK

      Wkwkwkwkwk

      4
      1
    • 30 Mei 2022 - (09:44 WIB)
      Permalink

      Sy yakin anda pasti was was karena harga barang sampe jutaan. Pikir anda kalau ada apa2 pasti susah klaimnya.

      • 30 Mei 2022 - (13:14 WIB)
        Permalink

        Was2 tidak, kan ada perlindungan, yang saya hindari hanya keterlambatan pengiriman

    • 30 Mei 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Iya iya saya paham benar kak. Kakak sedang mengalami kepanikan dan kecemasan berlebih dikarenakan nilai barangnya cukup besar bagi kakak.
      Coba rileks sejenak kak, daripada dibawa beban pikiran setiap saat nanti lama lama stress.

      Semoga pesanan nya lekas sampai tanpa harus dilakukan investigasi lanjutan ya kak.

  • 30 Mei 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Pasti sampai. Entah kapan. Kalau tidak sampai tinggal ajukan komplain. Barang rusak tinggal ajukan komplain. Pengen cepet, pakai yang Pengiriman Premium. Pengen cepet lagi, jangan beli online. Merasa pelayan shopee kurang, pilih yang lain. Sesimpel itu.

    6
    1
  • 30 Mei 2022 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Hedeh yg bgini aja di up dimedia konsumen. Malu sendiri bos. coba liat invoicennya pake voucher gratis ongkir shopee apa engga.

  • 30 Mei 2022 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Pada saat beli barang ada yang namanya “Estimasi” Kalo ga suka dengan estimasinya silahkan pilih yg paling cepat/instant.. Selama barang sampai dalam masa estimasi memang ga bs disalahkan shopee.. Dan 24jam ga ada update memang ga ada kewajiban update, yg penting sampe selama dlm masa estimasi. DONE..

    Media konsumen isinya remeh temeh banget skrg ini… Dulu banyak masalah yg bs bikin orang jd lebih waspada dan hati hati.. Baca media konsumen bikin kita sebagai konsumen jd lebih aware.. Sekarang, meh.. Kaya begini aja masuk media konsumen.. Gosh…

    • 30 Mei 2022 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Yaelah pak saya pernah beli barang satu kota sama saya sampai nya 1 minggu cuma 2x update lokasi dari paket di pick up tiba2 paket sudah di terima.
      yang sabar aja kalo barang belum sampai ya jangan di tekan pesanan di terima

  • 30 Mei 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    haduh shopee lagi shopee lagi,dah blaclist aja shopee mah,IT nya banyakan maling,banyak merugikan pengguna,hati2 komplain nanti akun ga bisa login lagi dana di shopee pay ga bisa di ambil hati2 aja

  • 30 Mei 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Sabar pak, setelah saya cek pukul 11.09, kurir sedang mengantarkan paket kerumah bapak,
    Hehe
    Kirian udah telat 1 minggu,,
    Haha

    • 30 Mei 2022 - (13:08 WIB)
      Permalink

      Mungkin anda bisa membuang2 waktu berleha lehe selama seminggu, untuk saya 1 hari itu sangat berharga

      • 30 Mei 2022 - (13:34 WIB)
        Permalink

        1 hari sangat berharga?
        Anda terlalu naif, Sangat naif,
        Di komentar sebelumnya anda bilang sanggup nunggu 200 hari, tapi di komentar ini anda bilang 1 hari sangat berharga.
        Hehe,
        Gimana, udah diterima paket nya pak inggar?
        Haha

  • 30 Mei 2022 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Merasa diremehkan CS karena diminta menunggu.. trus bukti percakapan anda dengan CS mana, knapa ga dilampirkan..
    1. Mana buktinya klo CS meremehkan anda..?
    2. Kalimat dari CS yang seperti apa yang membuat anda merasa diremehkan?

    Atau jangan jangan emang anda yg lebay dan baperan.. wkwkwkw…

      • 30 Mei 2022 - (15:01 WIB)
        Permalink

        Apakah anda salah satu cs shpe yang biasa meladeni pembeli/penjual lewat fitur chat/telpon layanan customer care?

    • 30 Mei 2022 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Buktinya banyak, tetapi sangat disayangkan media konsumen tidak menayangkan semua foto yang saya kirim dilampiran dan hanya melampirkan beberapa foto yang memang lebih penting

    • 30 Mei 2022 - (14:59 WIB)
      Permalink

      Buktinya banyak, tetapi sangat disayangkan media konsumen tidak menayangkan semua foto yang saya kirim dilampiran dan hanya melampirkan beberapa foto saja

    • 30 Mei 2022 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Yaps, dan surat tanggapan telah dikirimkan, silahkan baca tanggapan saya jika sudah tayang

  • 30 Mei 2022 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Nomor Resi
    SPXID021381922245

    Nama Penerima
    Inggar

    Nomor Telepon
    *** **** **** 6373

    13:26:29
    30 May 2022
    Delivered
    [Slawi Hub] Paket anda telah diterima [Inggar]
    11:09:10
    30 May 2022
    Delivering
    [Slawi Hub] Paket sedang dikirim oleh kurir
    07:45:11
    30 May 2022
    LMHub_Received
    [Slawi Hub] Paket telah diterima Hub Pengiriman
    10:41:03
    26 May 2022
    SOC_LHTransporting
    [Ciracas DC] Paket dalam perjalanan ke [Slawi Hub]
    13:45:03
    25 May 2022
    SOC_Received
    [Ciracas DC] Paket telah diterima Pusat Sortir
    11:52:15
    25 May 2022
    SOC_LHTransporting
    [Jakarta DC] Paket dalam perjalanan ke [Ciracas DC]
    01:38:49
    25 May 2022
    SOC_Received
    [Jakarta DC] Paket telah diterima Pusat Sortir
    13:31:00
    24 May 2022
    Created
    Nomor Resi Pengiriman telah dibuat

  • 30 Mei 2022 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Terimakasih, kepada para pembaca dan komentator, terimakasih juga ada beberapa komentator yang membantu saya dengan memberikan komentar mengenai status pengirimannya.

    Meskipun ada beberapa yang tidak memperhatikan waktu postingnya dan inti masalahnya, namun saya sangat senang karena mendapat banyak tanggapan.

    Saya sudah mengirimkan surat tanggapan untuk surat ini, namun tidak bisa langsung dibaca karena memerlukan sunting.

    Dan ini adalah komentar terakhir saya disurat ini, maaf jika ada yang belum sempat saya balas, karena banyaknya komentar.

    Meski sudah tidak bisa terelakan apa yang saya hindari yaitu pesanan tidak melebihi estimasi tetap terjadi, tetapi dengan komentar ini saya menyatakan masalah saya selesai dengan berakhir baik.

    Terimakasih kepada pembaca, media konsumen, shopee dan shopee express.

  • 30 Mei 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    1. Saran kalau belanja barang mahal jangan pake pengiriman gratis karena resiko program gratis ongkir yg menyebabkan overload, lebih baik menggunakan jasa premium.

    2. Anda kelihatan sangat tidak sabar, oadahal sudah ada estimasi waktu, cuma

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 93 komentar sampai saat ini..

Komplain Diremehkan Shopee dengan Alasan Karena Masih Dalam Masa Estim…

oleh Desain Rumah dibaca dalam: 2 menit
93