Komplain Diremehkan Shopee dengan Alasan Karena Masih Dalam Masa Estimasi

Terima kasih kepada Media Konsumen. Salam sejahtera, kepada Shopee Indonesia dan seluruh para pembaca. Di surat ini saya akan melayangkan keluhan kepada Shopee Indonesia, karena keluhan saya melalui platform Shopee terlalu diremehkan karena masih dalam masa estimasi pengiriman.

Singkat cerita saya membeli sebuah kamera digital Canon EOS 1500D di toko resmi Shopee yaitu e-mart by Shopee dengan nomor pesanan 2205241PAKT4A9 pada tanggal 24/05, dengan estimasi sampai 29/05. Kemudian pesanan saya dikirim dengan nomor resi SPXID021381922245 pada tanggal 25/05 menggunakan kurir internal Shopee.

Status pengiriman lancar saja sampai pada tanggal 26/05 status berhenti update dengan status terakhir paket telah dikirim dari gudang sortir.

Pada tanggal 27/05 atau 24 jam setelah tidak update saya menghubungi cs Shopee menggunakan fitur chat bantuan, kemudian saya hanya diminta menunggu. Saya bersikeras bahwa pengiriman paket sudah tidak update 24 jam ini sudah tidak wajar dan merupakan indikasi masalah.

Hal ini saya lakukan supaya paket tepat waktu, akan tetapi berulang kali saya mengeluh hanya diminta menunggu, padahal perjalanan Ciracas Tegal itu tidaklah sampai 24 jam perjalanan. Dan saya tidak pernah menemukan di ekspedisi mana pun, ketika saya membeli barang secara online jika masih di Pulau Jawa menuju Tegal tidak ada update yang lebih dari 24 jam tidak berubah status pengirimannya.

Dan benar saja, sampai surat ini saya tulis 28/05 sudah 2×24 jam status paket sudah tidak update. Sudah jelas ini biang dari masalah, yang saya lakukan adalah menghindari masalah sesungguhnya atau masalah yang lebih besar yaitu paket tidak on time, rusak, nyasar, atau bahkan hilang.

Tetapi ketika chat lagi dengan cs Shopee, masihlah saya diminta menunggu “KARENA MASIH DALAM ESTIMASI PENGIRIMAN”. Hal ini sama saja Shopee menunggu masalah besar datang, bagaimana tidak? Ciracas Tegal status pengiriman sudah tidak update 2×24 jam, ini sudah tidak masuk akal. Seperti yang sudah saya katakan di atas selama masih di Pulau Jawa ke Tegal saya tidak pernah menemukan lebih dari 24 jam status pengiriman yang tidak update, dan ini sudah 2×24 jam masih dianggap remeh.

Kenapa tidak bisa komplain saya ditindak meski masih dalam estimasi? Dan hanya bisa ada tindakan ketika sudah lewat estimasi, kenapa harus menunggu masalah yang lebih besar datang barulah bisa komplain? Komplain itu seharusnya tidak terpaku pada estimasi pengiriman. Ketika ada hal tidak wajar kemudian datanglah komplain, seharusnya diindahkan, hal ini bertujuan untuk menghindari masalah yang lebih besar.

Dan yang terpenting supaya paket on time dan tidak hilang, jangan menganggap remeh keluhan yang masih dalam estimasi pengiriman, saya benar-benar dikecewakan oleh Shopee dan ekspedisinya.

Inggharaditya
Tegal, Jawa Tengah


Update (30 Mei 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan konfirmasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

https://mediakonsumen.com/2022/05/30/tanggapan/komplain-masih-dalam-estimasi-pengiriman-shopee-akhirnya-diterima-dan-berakhir-baik

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “Komplain Diremehkan Shopee dengan Alasan Karena Masih Dalam Masa Estimasi

  • 30 Mei 2022 - (15:32 WIB)
    Permalink

    1. Saran kalau belanja barang mahal jangan pake pengiriman gratis karena resiko program gratis ongkir yg menyebabkan overload, lebih baik menggunakan jasa premium.

    2. Anda kelihatan sangat tidak sabar, oadahal sudah ada estimasi waktu, cuma lambat update 1 hari sudah melayangkan protes di media konsumen.

    3. Kata-kata anda sangat berkebalikan, anda mengatakan sanggup menunggu 200 hari tetapi kemudian anda bilang 1 hari bagi anda sangat berharga. Padahal masil dalam waktu estimasinya.

    4. Paket saya cek sudah diterima tanggal 30, mengingat program gratis seperti ini itu termasuk bisa dimaklumkan.

    Intinya mau belanja online itu harus sabar, kalau mau cepat-cepat pakai pengiriman premium atau beli ofline aja.

  • 30 Mei 2022 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Status barang sudah di Terima jam 1 siang td. Jadi masalah udah clear ini hanya masalah kurang sabar. Untuk barang yg harganya mahal lebih baik jgn pake gratis ongkir. Cari pengiriman dengan estimasi tercepat. Harga ongkir ga seberapa di bandingkan harga barangnya

  • 31 Mei 2022 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Biasa nya saya cuma baca keluhan sama komentar nya doang, tpi baru kali ini saya kebelet login cuma untuk ikut komen:

    RIWEUH PISAN SIA, HAMBUR2 WAKTU 5 MENIT AING WKWKKWKW

  • 1 Juni 2022 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Selama masih masa rentang pengiriman itu bukan masalah, klo anda buru2 ya pilih pengiriman kilat khusus, jangan pakai pengiriman reguler klo buru2 ?

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

Komplain Diremehkan Shopee dengan Alasan Karena Masih Dalam Masa Estim…

oleh Desain Rumah dibaca dalam: 2 menit
94