Pengiriman Paket J&T yang Terlalu Lama, Sehingga Akhirnya Ditolak oleh Pelanggan

Produk saya kirim menggunakan ekspedisi J&T, dengan nomor resi: JX0932168034, pada tanggal 13 April 2022, tujuan ke Bogor. Estimasi biasanya tujuan ke Bogor 2-3 hari. Namun sampai 1 bulan lebih paket belum sampai.

Saya hubungi terus pihak J&T, selalu jawabannya dalam tindak lanjut pihak terkait. Baru pada tanggal 29 Mei 2022 paket akhirnya sampai ke tujuan. Alhasil paket ditolak oleh penerima, karena produk tersebut adalah diapers, produk yang harusnya siap dipakai oleh anaknya.

Tidak ada pihak J&T yang menghubungi saya saat produk ditolak pelanggan. Justru konsumen yang menginfokan ke saya kalau produk ditolaknya. Saya menghubungi pihak J&T melalui customer service WA, tapi selalu bilang dalam tindak lanjut tim terkait terus. Tidak ada alasan yang lain dan katanya saya mau dihubungi oleh tim terkait J&T. Namun sampai saat ini 5 Juni 2022, tidak ada yang namanya tim terkait yang menghubungi saya.

Kemudian saya menghubungi call center J&T. Jawabannya pun sama, sampai saya hafal, dengan alasan tim terkait dan parahnya lagi call center tidak mengetahui update-an terakhir laporan saya. Saya hubungi kembali J&T terkait paket yang sudah sampai di konsumen tapi ditolak, dan katanya akan diretur. Namun sampai saat ini 5 Juni 2022, paket belum kembali ke saya.

Saya sangat kecewa dengan pengiriman dan pelayanan J&T, serta CS yang tidak bisa memecahkan masalah. Kejadian sama seperti ini sudah ketiga kalinya saya alami. Kalau bukan marketplace yang bekerja sama dengan J&T, saya tidak mau menggunakan J&T.

Saya mau pihak J&T mengganti sesuai harga produk saya. Saya sudah pastikan produknya tersebut rusak, seperti dengan pengalaman saya sebelumnya menggunakan J&T. Saya sangat kecewa dan saya sarankan pelaku usaha lainnya tidak menggunakan J&T.

Budiono
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:167    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

38 komentar untuk “Pengiriman Paket J&T yang Terlalu Lama, Sehingga Akhirnya Ditolak oleh Pelanggan

  • 6 Juni 2022 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Kejadian sama seperti ini sudah ketiga kalinya saya alami. Kalau bukan marketplace yang bekerja sama dengan J&T, saya tidak mau menggunakan J&T.

    harusnya sudah dinonaktifkan kalo sudah sampe berulang-ulang terjadi

    7
    3
    • 6 Juni 2022 - (19:26 WIB)
      Permalink

      Pesanan dari tiktok seller, tiktok seller sudah rekanan dengan J&T, jadi setiap ada pesanan masuk selalu pakai J&T

    • 7 Juni 2022 - (06:38 WIB)
      Permalink

      Kalau Lu Gak Mau Pake J&T Lu Mau Pakai Yang Lebih Parah Seperti Sicepat & Anter Aja Yang Jauh Lebih Parah Ketimbang J&T Contohnya J&T Di Tempat Tinggal Admin Dapat Rating 4,2 Di Google Maps
      Alias Paling Bagus Disukai Banyak Orang Sedangkan Sicepat 2,7 Ya (Ya Lumayan Gak Jelek Jelek Amat) Atau Si Entar Aja Alias Anter Aja (Maaf Kalau Urutan Tulisan Nya Terbalik) Itu Dapat Rating Yang Jauh Lebih Parah Ketimbang Jasa Ekspedisi Lain Yaitu Dapat 1,9 Alias Yang Terburuk & Sangat Dibenci Banyak Orang Ini Saya Dapatkan Rating 3 Jasa Ekspedisi Ini Dari Google Maps Di Kabupaten Pati Jadi Mari Kita Bijak Sebelum Berkomentar

      1
      18
      • 7 Juni 2022 - (07:25 WIB)
        Permalink

        Memang saya tidak mau sama sekali menggunakan jasa J&T , tpi tiktok seller tidak bisa memilih ekspedisi lain otomatis langsung menggunakan J&T, saya milih sicepat dan anter aja, setiap ekspedisi ada masalah namun tindakan pihak sicepat dan anteraja saya akui cepat, saya complain ,besoknya saya dihubungi tim terkaitnya dan masalah selesai saya merasa puas dan tidak ada yg merasa dirugikan antara penjual dan pihak ekspedisi

        4
        1
      • 7 Juni 2022 - (07:45 WIB)
        Permalink

        Kalau menurut rating di goole itu cm segelintir org dari yg pake ekspedisi tsbt, jelaslah itu tdk bs di katakan mewakili karena prosentase kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan tdk sesuai.

        5
        1
          • 8 Juni 2022 - (14:01 WIB)
            Permalink

            saya dimarketplace lain sudah saya off kan , tinggal ditiktok seller yg belum bsa non aktifin J&T

      • 7 Juni 2022 - (19:15 WIB)
        Permalink

        Ngaco bgt menilai suatu jasa berdasarkan rating google maps. Logika manusia itu ud pasti kalo ga puas langsung bikin rating dan complaint di google maps tapi yah kalo puas pasti adem2 ayem aja ga mungkin nulis rating bintang 5, jadi ga bisa menilai segala sesuatu berdasarkan rating google maps.

    • 7 Juni 2022 - (08:17 WIB)
      Permalink

      Wah.. sama. Barang saya rusak, jnt gak mau tanggung jawab. Market place pun gak mau membantu. Padahal bukti packing dari saya, dan unboxing dari pembeli jelas. Jnt lepas tangan dgn alasan paket tidak terlihat rusak.

  • 6 Juni 2022 - (22:27 WIB)
    Permalink

    banyak yang bilang kasus gini cuma karena lagi apes/bad luck, tapi liat buktinya, klo CS nya aja seburuk ini, masih mau pake?

  • 6 Juni 2022 - (22:51 WIB)
    Permalink

    J&T emang kebiasaan begitu, jauh dr kata Profesional, gak kurirnye gak csnye bahkan cabangnye juga, bahkan saya pernah alamin hal serupa juga track recordnye lokasi kurir pickup paket saya itu gak jauh dr rumah saya tapi anehnya antar ke lokasi saya tuh berhari hari selalu dlm kondisi Sedang Proses Pengantaran Ke Alamat Tujuan dan anehnya kondisi itu bisa hampir seminggu, logikanya apa jarak jakarta ke jakarta bisa sampe seminggu??? herannye perusahaan begitu masih aja dipake banyak pihak. mending alihin deh ke TIKI atau JNE yg jauh lebih baik menurut saya dr J&T.

    4
    2
  • 7 Juni 2022 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Sdh sy sampaikan di keluhan lain soal ekspedisi ini. Alasannya selalu overload, tp tdk di imbangi dgn penyediaan sdm yg mencukupi. Kerjasama sama banyak MP dgn bebas ongkir dan semacamnya tp ya spti yg sy blg, ketika paket menumpuk, mereka cm mengandalkan kurir lama dan menambah kurir freelance yg sedikit yg tdk sebanding dgn volume barang. Alhasil banyak paket yg di pending/ lama terkirimnya.

  • 7 Juni 2022 - (03:10 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai seller dan buyer belum pernah bermasalah. Overload sekalipun paket sampai tepat waktu. Ingat, tiap dserah punya sdm dan letak geografis yg berbeda. Mereka mengirim paket ratusan ribu bahkan mungkin jutaan paket tiap harinya, kl ada yg eror saya kira semua jasa kirim jg mengalaminya. Dan saya kira semua jasa kirim pernah dikeluhan di forum ini. Apa kita mau blokir semua, berhenti jualan, berhenti beli online? Kan kentir bin gemblung namanya kl spt itu. 😀

    1
    6
    • 7 Juni 2022 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Beda wilayah beda prosentase barang yg msk. Bs sj wilayah yg anda mksd emg barangnya sedikit, jd gada mslh. Masa iya anda kirim ratusan paket ke wilayah yg sama? Sdh pasti akan beda2.

    • 7 Juni 2022 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai buyer biasanya pakai jnt dan jarang bermasalah, kurirnya malah baik bener. Tetapi sbg seller, sudah berapa kali dirugikan. Jnt selalu menolak ganti rugi dgn dalih kemasan paket gak terlihat rusak , padahal bukti video full dan foto packing sangat jelas. Dan setau saya , dapat info dari karyawan jnt, kalau ada paket rusak, yang menanggung ganti rugi adl karyawan di gerai setempat tempat kita drop paket. Mungkin ini yg bikin jnt ogah tanggung jawab.

    • 7 Juni 2022 - (09:29 WIB)
      Permalink

      makanya disesuaikan dengan pengalaman masing-masing, jika didaerahnya jelek ekspedisi A, jangan dipake yang A. jika memang jelek semua ya sudah pasrah aja. tapi kalo tidak ada pilihan cuma bisa 1 ekspedisi seperti tiktok ya apa boleh buat..

      • 7 Juni 2022 - (14:02 WIB)
        Permalink

        ini jawaban bagus, sepertinya tidak bisa digeneralisir j&t jelek. karena di daerah saya Jember, paling bagus pelayanannya. dibanding entaraje atau sicepot. tapi kalau di ts ini si entaraje dan sicepot yang bagusan. ya disesuaikan kondisi lagi di ijoin expedisinya, atau di abu-abuin sesuai kualitas expedisi di masing2 daerah.

        • 7 Juni 2022 - (19:58 WIB)
          Permalink

          Saya sudah katakan, saya juga memakai jasa sicepat dan anteraja, memang pasti akan ada suatu masalah, tapi penangan j&t itu buruk banget, beda dengan sicepat dan anteraja,, cba bayangkan jakarta bogor 1bulan lebih, seandainya anda penjual atau pembeli gimana tanggapan anda

  • 7 Juni 2022 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Sicepat disebut sicepot, anteraja disebut entar aja, sekarang J&T lah…. Padahal kalau Toped hampir selalu ada 3 expedisi itu trus sekarang milih mana? Menurut aku TIKI masih lebih bagus tapi jarang penjual yang menggunakannya kenapa ya? Apa TIKI nggak mau jemput???
    Kalau begini seharusnya ini jadi waktu yang tepat untuk POS…… Kring kring POS ayooo bangun jangan tidur aja

    • 8 Juni 2022 - (14:06 WIB)
      Permalink

      sebenarnya pos dan tiki sudah ada dimarketplace dan saya aktifkan , namun kebanyakan konsumen memilih sicepat, anteraja,shopee express, j&t karena ada subsida gratis ongkir

  • 7 Juni 2022 - (06:59 WIB)
    Permalink

    J*T, Si Cepot, EntarAja amit2 kalo make. Barang ga sampe tujuan, cape sndr malah ngurus brg nyangkut. Buang waktu. Pake grab/gosend? Sama aja. Bayar hari ini seenaknya dkirim besok, dimana produk uda ga dbutuhin. Ekosistem marketplace d indo emang bener ga sehat. Makanya akibat ulah mereka sndr pelanggan turun dan ogah pake. Mending beli langsung d toko kenal atau counter mall skalian.

  • 7 Juni 2022 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Kalau dipikir-pikir… Keluhan tentang Kantor Pos kok nggak ada ya ..??? Belum ada atau saya yg nggak tahu ya… Dulu di Shopee ada pilihan jasa kirim Pos Indonesia, tapi sekarang udah nggak ada lagi, kenapa ya..???

  • 7 Juni 2022 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Mau pake ekspedisi apapun kayaknya tergantung kesigapan SDM di wil masing2, kirim ke kota A pake JNT mgkn respon sangat cepat tp klu kirim ke kota B bisa aja sangat lambat, jd bukan JNT secara global! Sekedar bagi info yg punya akun shopee hati2 jika ada yg DM minta pesanan diganti tp dia jg ngirim link yg hrs kita klik!

    • 8 Juni 2022 - (14:11 WIB)
      Permalink

      yes betul SDM yg handal memang dibutuhkan dalam suatu bisnis, tapi sejauh ini pelayanan J&T belum handal, masih sering miss yang mengakibatkan kekacauan

  • 7 Juni 2022 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Semua ekspedisi pasti ada masalah seperti ini,, itu hak semua orang kalau pakai jasa mana.. Pasti ada aja kasus seperti ini..

  • 7 Juni 2022 - (19:03 WIB)
    Permalink

    JNE masih selalu d hati, ekspedisi milik bangsa, yg laen mah gtau punya siapa, punya cina kali

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Paket J&T yang Terlalu Lama, Sehingga Akhirnya Ditolak…

oleh budiono budiono dibaca dalam: 1 menit
38