Tarik Tunai Dompet Digital DANA via ATM BCA Gagal, Proses Refund Tidak Sesuai Janji dan Susah

Disini saya ingin menyampaikan komplain saya terhadap pelayanan pengembalian refund dana pada aplikasi Dompet Digital Dana.

Sebelumnya saya melakukan tarik tunai saldo Dana pada ATM BCA di minimarket Indomaret Ketapang Aceh Besar pada hari Senin 13 Juni 2022, pukul 08.59, dengan transaksi cardless pada mesin ATM. Setelah saya input ID pelanggan dan Pin penarikan, saat uang mau keluar, listrik mati dan mesin ATM otomatis mati juga, uang tidak keluar.

Berhubung pada aplikasi disebutkan “Bila transaksi gagal dana akan direfund setelah masa transaksi kadaluarsa” masa transaksi kadaluarsa aplikasi dana biasanya 1 jam, setelah 1 jam ternyata dana saya tidak di-refund, dan riwayat transaksi masih berlangsung dengan keterangan “menunggu klaim”

Pukul 12.35 lebih dari 3 jam masa kadaluarsa, dana belum di-refund, saya membuat laporan via menu pusat resolusi, dengan no tiket laporan #16043138,hanya dibalas sedang ditangani, dan mohon tidak membuat laporan lain.

Saya tunggu progress sampai pukul 00.00 tanggal 14 Juni. Respon atas laporan tidak juga ada, dan riwayat transaksi masih berlangsung. Lalu saya telepon call center Dana 1500445, dengan customer support Sdr. Bagas. Saya tanya tentang tindak lanjut laporan saya dengan tiket #16043138, dan saya jelaskan kembali kronologinya. Berhubung di pusat resolusi dijelaskan jangan membuat laporan baru, saya bilang kepada Sdr. Bagas agar laporannya tetap no laporan yang ada di pusat resolusi, namun saudara Bagas malah membuat nomor laporan baru #16061599 dan tindak lanjut via email saya.

Setelah laporan masuk ke email, pukul 00.15, tiba-tiba ada notifikasi pada aplikasi Dana saya yang menyatakan transaksi yang tadinya masih berlangsung dengan keterangan Menunggu klaim, dinyatakan transaksi tarik tunai berhasil, dan riwayat transaksi berlangsung tersebut sudah tidak ada lagi di aplikasi Dana saya, sementara transaksi Gagal dan dana saya juga belum di-refund.

Lalu saya balas email laporan saya tersebut dan menanyakan kenapa transaksi dianggap berhasil dan selesai? Lalu dibalas bahwa sedang dalam proses bunyi balasan tepatnya

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait penarikan saldo DANA Rp200.000 melalui ATM BCA pada 13 Juni 2022 yang belum diterima, Bagas informasikan bahwa keluhan Bapak Ihfan sedang dalam proses tindak lanjut ke pihak bank terkait, mohon kesediaannya untuk menunggu proses tersebut dengan estimasi 3-5 jam hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur nasional).”

Dalam balasan tersebut jelas disebutkan 3-5 jam hari kerja, di luar hari libur, ini sudah lebih 24 jam dan di hari kerja juga tapi permasalahan saya belum terselesaikan dana belum direfund malah dianggap berhasil.

Saya sangat kecewa, bolak-balik ngetik namun jawaban tidak terselesaikan, dan habis pulsa buat telpon customer support juga tidak selesai.

Saya harap pihak Dompet Digital Dana segera mengembalikan dana saya yang jumlahnya tidak seberapa namun sangat berharga buat saya. Karena sudah melewati masa kadaluarsa dan masa tunggu yang sudah dijanjikan.

Salam kecewa.

Ifhan Hadi Surya
Aceh Besar, Aceh

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Tarik Tunai Dompet Digital DANA via ATM BCA Gagal, Proses Refund Tidak Sesuai Janji dan Susah

  • 15 Juni 2022 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Kenapa harus pake DANA, kenapa nggak pake blubyBCA yang jelas gratis, dan minim risiko kalo ada kendala teknis semacam ini. Saya sih belum pernah coba tarik via ATM BCA, karena lebih suka pake kartu ATM bank lain, atau cardless withdraw (CIMB, BRI, dan beberapa bank lain sudah bisa, termasuk BCA.)

    • 19 Juni 2022 - (22:49 WIB)
      Permalink

      mau pake blu by BCA juga itu ATMnya mati lampu om.. padahal udah mau keluar itu..

      saya jamin BCA-nya juga repot, karena status di sistem duit sudah diproses untuk keluar..

      dikejar aja terus om, atau gak coba kontak BCAnya (kalo msh ada no. ID pelanggan & PINnya)

  • 22 Juni 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Yang jadi masalah sampai hari ini tidak terselesaikan, mereka pihak DANA bilang lagi diproses kepada pihak BCA, yang keselnya saat ini malah akun dana saya di blokir… Tidak bisa transaksi apapun, alasannya saya salah input pin 3x… Bagaimana salah input pin ketika mau transaksi muncul notifikasi ” anda tidak dapat melakukan transaksi ini silahkan hubungi call center kami”

    Beres masalah ini gak lagi2 pake DANA

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Tarik Tunai Dompet Digital DANA via ATM BCA Gagal, Proses Refund Tidak…

oleh Ifhan Hadi Surya dibaca dalam: 2 menit
3