Masalah Top Up Saldo Google Play di Indomaret

Saya Romas dan mengalami kerugian saat melakukan pembelian top up saldo Google Play di Toko Indomaret:

Nama Toko: Indomaret Teratai Putih 2
Alamat Toko: Jl. Teratai Putih Raya 28 No. 11 RT 006 RW 013, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur (seberang Holland Bakery)
Operator atau Kasir: Pi**Sa**

Kronologi kejadian: Pada tanggal 16 Juni 2022, saat turun dari Halte Busway Transjakarta Perumnas-Klender, saya memutuskan untuk mampir ke Indomaret terdekat, guna membeli saldo Google Play. Pembelian melalui mesin pembelian (terdapat mesin setruk di toko Indomaret), agar keluar setruk pembelian elektronik atau online, yang sudah dimasukkan kode Tagihan Google Play (yang saya ambil dari aplikasi games MLBB), untuk keperluan membeli diamond menggunakan Google Play dengan besaran tagihan Google Play sebesar Rp100.000.

Setruk kemudian diserahkan ke operator atau kasir, dan uang Rp 100.000 diserahkan ke kasir, sesuai dengan Tagihan Google Play. Setelah bayar dan keluar bukti setruk lunas, saya keluar Indomaret dan menuju ke masjid untuk melaksanakan salat Zuhur.

Selesai salat Zuhur, saya membuka aplikasi MLBB untuk mengecek dana Google Play apakah sudah masuk atau belum. Saya menunggu hingga satu jam (diselingi salat Ashar), tapi dana Google Play belum juga masuk. Keluar dari masjid, saya langsung menuju ke toko Indomaret Teratai Putih 2, dan mengajukan komplain tentang dana Google Play yang tidak juga masuk atau saya terima. Pihak Indomaret hanya bilang tunggu 1×24 jam. Namun hingga tanggal 21 Juni 2022, dana Google Play sebesar Rp100.000 tersebut belum juga masuk ke dalam akunGoogle Play saya.

STRUK INDOMARET 16 JUNI 2022
Setruk bukti transaksi di Indomaret Teratai Putih 2 pada tanggal 16 Juni 2022

Saya melakukan kontak dengan pihak kasir dan pihak Indomaret Teratai Putih 2, yang memang hubungi saya (pada tanggal 17 Juni 2022) untuk mengatakan transaksi berhasil. Sedangkan dari sistem akun Google Play yang saya miliki, uang tidak pernah masuk, dan pada tanggal 18 Juni 2022 tertulis “DIBATALKAN”, yang artinya transaksi gagal.

Hal ini merugikan karena uang sudah dibayarkan, tapi hasil yang saya terima di akun Google Play adalah kosong. Hanya saldo lama yang tersisa dari Bulan Mei 2022, saat terakhir kali melakukan pengisian Google Play dan membeli Diamond untuk Games MLBB.

Saya menuntut atau meminta Indomaret untuk mengganti kerugian yang saya terima sebesar Rp100.000, karena uang tersebut memang tidak pernah masuk ke akun Google Play atau Gmail milik saya. Sedangkan akun Google atau Gmail sudah digunakan sejak tahun 2019 untuk keperluan games (akun khusus untuk bermain games). Hanya satu kali ini terjadi kegagalan saat uang sudah diberikan.

Histori dari tagihan Google Play yang dipermasalahkan sebagai berikut: Tagihan Google Play dibuat tanggal 12 Juni 2022. Transaksi Indomaret untuk top up di tanggal 16 Juni 2022 pada tanggal 17 Juni 2022 masih terlihat PENDING atau “Menunggu Pembayaran” berdasarkan Histori Pembayaran Google Play dan pada tanggal 18 Juni 2022, transaksi DIBATALKAN oleh sistem Google, yang artinya uang Rp100.000 tidak pernah masuk ke akun saya. Berikut saya lampirkan screenshot bukti tagihan Google Play yang dibatalkan oleh sistem Google:

Hingga surat ini dibuat pada tanggal 21 Juni 2022, keluhan yang disampaikan ke Indomaret lewat email masih belum juga mendapat tanggapan yang memuaskan. Hanya permintaan nomor telepon untuk dihubungi tanpa ada tindak lanjut. Padahal uang Rp 100.000 memang tidak pernah masuk ke akun Google Play atau Gmail saya. Seharusnya pihak Indomaret mengganti kerugian tersebut yang dalam pandangan atau pengertian saya, adalah transaksi gagal dan mengembalikan atau mengganti uang pembayaran top up Google Play adalah hak yang tidak boleh ditunda oleh pihak Indomaret.

Terima kasih.

Romas Natakrishna
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indomaret:
[Total:7    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Indomaret?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Masalah Top Up Saldo Google Play di Indomaret

oleh Romas Natakrishna dibaca dalam: 2 menit
0