Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Dipersulit dan Muncul Biaya yang Tidak Disebutkan di e-Billing Terakhir

Dengan hormat,

Saya pemegang kartu kredit Bank Mega Gold (420192******9013) dan Transmart Mega Card (489087******9677). Pada tanggal 30 Juni 2022, saya telah melunasi payment untuk kedua tagihan tersebut berdasarkan tagihan di e-billing terakhir (Payment Mega Gold: Rp 5.008.492 dan Transmart Mega Card: Rp 15.000).

Pada tanggal 01 Juli 2022, saya pergi ke Kantor Cabang Bank Mega di daerah Pejaten, Warung Buncit untuk melakukan penutupan kedua kartu kredit saya tersebut. Singkat cerita, saya menemui CS untuk mengutarakan niat saya menutup kedua kartu kredit tersebut dengan alasan personal. CS di kantor cabang tersebut, lalu menyambungkan line telepon ke CS dan menyuruh saya untuk berbicara langsung dengannya via telepon.

Betapa kagetnya saya, ketika CS di line telepon tersebut mengatakan bahwa kartu kredit Visa Gold saya tidak dapat ditutup, karena masih ada tunggakan yang harus dibayar. Padahal sesuai e-billing terakhir tertanggal 17 Jun 2022, total tagihan yang harus dibayar adalah Rp5.008.492 dan di kolom “total sisa cicilan yang belum tertagih” nilainya adalah NOL.

Antara yang ditagihkan dengan yang saya bayarkan sudah sesuai, tapi kenapa saya dipersulit untuk menutup kartu kredit dengan alasan ada tunggakan yang harus dibayar di next e-billing?

Begitu pun dengan Kartu Kredit Transmart Mega Card. Meski sudah selesai kewajiban saya, dan antara payment dan tagihan di e-billing sudah sesuai, tetap saja diminta ditutup nanti saja berbarengan dengan kartu kredit Bank Mega Gold.

Dengan surat ini saya mohon agar Media Konsumen bisa menjadi mediator antara saya dengan Bank Mega, perihal kenapa sulit sekali menutup kartu kredit saya. Padahal kewajiban saya telah saya tunaikan tanpa harus membayar apa pun, tapi tiba-tiba muncul ketika saya ingin menutup kedua kartu kredit ini.

Salam.

Dede Hendrawan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:107    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Bapak Dede Hendrawan

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Dede Hendrawan di mediakonsumen.com yang di lakukan pada Tanggal 4 Juli 2022,...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Dipersulit dan Muncul Biaya yang Tidak Disebutkan di e-Billing Terakhir

  • 4 Juli 2022 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Transaksi 5jt ke atas billing berikutnya akan ada biaya materai 10rb, otomatis masih ada tunggakan, namun baru bisa dibayar setelah cetak billing berikutnya.

  • 4 Juli 2022 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Biasakan, ketika tutup kartu di lebihkan 25 rb. untuk jaga” biaya yg tidak terduga.
    hitung” uang tip, selama menggunakan CC bank.

    banyak kasus kurang bayar gegara materai seharga 6rb yg bunga dan berbunga (jaman lama) akhir nya SLIK jadi jelek.

  • 4 Juli 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    tenang pak, anda tidak sendiri, masih banyak yg kesulitan menutup cc bank mega nya kok.
    dgn 1001 alasan. kalo ini sih udah pasti tunggu materai 10rb saja di tagihan selanjutnya. bayar lalu keesokan harinya baru call cs.

  • 4 Juli 2022 - (13:51 WIB)
    Permalink

    Ketika mendengar kata bank Mega, yang terbayang di pikiran saya adalah jauhi bank ini dan produknya. Salah satu bank terburuk di Indonesia dan juga mungkin di dunia. Banyak komplain terutama di kartu kredit.

    20
    • 4 Juli 2022 - (15:54 WIB)
      Permalink

      bersyukur saya dulu apply CC bank mega tidak approved.
      apply ke BNI, BCA, & CIMB malah disetujui.
      tapi sekarang semua CC sudah saya tutup.
      proses tutup CC juga mudah. ditanya alasan penutupan, dan disuruh pikir-pikir dulu.
      tapi karena sudah mantap tutup, langsung request proses penutupan saat itu juga.

      • 4 Juli 2022 - (19:38 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah tergiur apply yg kartu Carefour, mana setor pake data kartu kredit bank CIMB lagi, untungnya tidak jadi diproses. Jangan hanya diiming-imingi diskon di ekosistem CT Corp, akhirnya masuk jebakan.

  • 4 Juli 2022 - (15:13 WIB)
    Permalink

    penulis tdk merinci sisa tagihan yg ada itu dari apa saja & nominalnya brp. kl hanya dari biaya transfer & bea materai, berdasarkan pengalaman saya semasa kerja di bank, biaya2 itu masuk dalam katagori Small Debit Ballance dan oleh bank tidak akan berimbas pada denda ataupun bunga seandainya memang tidak dibayarkan sampai lewat jatuh tempo berikutnya.dan pada umumnya komponen biaya tersebut pun jg bisa dihapuskan oleh bank ketika nasabah mengajukan penutupan kartu kredit

  • 4 Juli 2022 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Knapa jg harus punya 2 KK dari bank yang sama. Nggak ada benefitnya apa2 malah bikin beban tagihan. Kk ini hanya menang diskon 10% belanja di merchant milik pak CT. ditmpat lain gak ada sma sekali

  • 4 Juli 2022 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Anda kan sdh megang CC brp lama harusnya tau kalau setiap pembayaran apalagi di atas 5jt ada materai. Blm lagi ada biaya lain2 berjalan yg muncul ketika melakukan pembayaran. Harusnya bayarnya jangan ngepas gitu. Lebihkan 25rb atau 30rb.

  • 5 Juli 2022 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Tenang pak, banyak yg mengalami kok. Ditanyakan saja brp kekurangan tagihannya. Biasanya ga banyak, kalau memang serius menutup dibayar saja puluhan ribu itu paling, trus ditutup. Semoga cepet beres masalahnya

  • 5 Juli 2022 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Serba susah & ribet klo urusan dgn KK Bank Mega..byk jebakan Batmannnya..mulai program restrukturisasi jg ribet, punya itikad baik melunasi jg di persulit tdk di berikan kemudahan. Klo gk di bayar DCnya main ancam..Bank lain gak gitu2 amat ribetnya.

  • 5 Juli 2022 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Lapor OJK dan kalau sdh lunas minta surat keterangan lunas dari bank, penting itu. Semoga membantu

  • 14 Juli 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Saya paham betul knapa cs infokan akan ada tagihan di bulan berikutnya, karna sudah pasyi akan ada materai 10rb yg akan masuk ke tagihan berikutnya atas pembayaran diatas 5jt, yg kedua akan ada sisa bunga yg akan tertagih di bulan berikutnya, loh knapa bisa ? Kan udah lunas ? Karna pembayaran bulan sebelumnya tidaj full jadi ada bunga berjalan yg dihitung perhari, jadi akan ada bunga terhitung sejak tgl cetak terakhir sampai dengan tanggal pembayaran masuk, karna bunga baru berhenti pada saat pembayaran masuk, rata2 bank sama perhitungan nya, semoga membantu 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Dipersulit dan Muncul Biaya yang Tida…

oleh Dede dibaca dalam: 1 menit
17