Pesanan Flash Sale Blibli Dibatalkan Sepihak

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan artikel saya. Pada ulang tahun Blibli yang ke-11, tentunya banyak event menarik, salah satunya Flash Sale.

Tanggal 22 Juli 2022 kurang lebih pukul 00.05 saya mengecek Flash Sale Blibli dan menemukan 2 barang, yaitu OPPO A96 [8GB/256GB] Smartphone Pink dan Samsung Galaxy Tab A7 Lite T225 Tablet [3GB/32GB] Gray, kedua barang berasal dari toko Apollo Gadget Official Store. Seperti tampilan di bawah:

Saya pun mengecek dan ternyata menggunakan metode click n collect, yang berarti ambil langsung di tempat. Saya memilih cabang pasar atom untuk lokasi pengambilannya. Saat memilih lokasi pengambilan, stok Galaxy Tab ada 3 buah dan terbatas, tapi Oppo tidak kelihatan jumlah stoknya.

Oleh karena itu saya yakin bahwa ini Flash Sale dan bukan kesalahan harga, karena stok terbatas dan ada jangka waktunya. Flash Sale juga disiapkan dan bisa dilihat satu hari sebelumnya, sehingga kecil sekali kesalahan harga. Ditambah event ultah Blibli yang ke 11 semakin meyakinkan saya bahwa ini adalah rezeki.

Setelah berhasil membayar pesanan, dengan nomor: 12106215231 untuk Samsung Galaxy Tab A7 3/32 dan 12106214663 untuk Oppo A96 8/256, status pun kemudian berubah seperti gambar ini:

Alangkah gembiranya saya karena pesanan segera diproses, dan di Blibli bila menggunakan metode click and collect maka status akan berubah menjadi siap diambil dan keluar kode settlement untuk mengambil di lokasi pengambilan.

Proses untuk berubahnya status cukup cepat, tapi pada pagi hari status pun belum berubah. Namun di keterangan bisa diambil apabila pembayaran telah diterima.

Saya mencoba menghubungi kontak yang tertera via WA dan diminta menunggu. Namun selang menunggu dikatakan bahwa terjadi kesalahan teknis dari Blibli untuk produk Oppo. Saya bertanya lagi bagaimana dengan Samsung Galaxy Tab yang stoknya hanya memang 3, Ternyata jawabannya sama bahwa ada kesalahan teknis dari Blibli.

Pihak Apollo Pasar Atom kukuh mengatakan bahwa kesalahan teknis dari Blibli, sehingga pesanan tidak dapat diproses. Kemudian saya melanjutkan untuk menghubungi Seller melalui chat seller di App Blibli.

Pihak Apollo mengatakan bahwa Flash Sale Blibli dibebankan ke Toko, sehingga toko tidak mau rugi dan tidak memproses pemesanan. Padahal biasanya Flash Sale ditanggung sepenuhnya oleh Pihak Blibli. Pihak Apollo tidak mau memberikan bukti percakapan dengan pihak Blibli yang membahas masalah teknis dengan alasan internal.

Tanggal 22 Juli 2022 pukul 1:33 PM saya menerima email dan mendapatkan konfirmasi bahwa order telah dibatalkan. Demikian pula di aplikasi status pesanan terbatalkan.

Tak berselang lama muncul voucher permintaan maaf dari Blibli senilai Rp10.000 untuk pembelian Rp20.000 bersamaan terbatalkannya pesanan saya.

Setelah itu saya mengontak CS Blibli melalui aplikasi dan menjelaskan perkara di atas, CS tersebut menanggapi dengan membuat laporan yang akan diproses oleh tim terkait. Saya juga meminta kompensasi kepada CS untuk melakukan pemesanan ulang Produk Samsung Galaxy Tab A7 senilai Rp967.000 dan Oppo A96 senilai Rp1.480.000, dan CS juga menjawab akan diproses dan ditunggu perkembangannya

22 Juli 2022 pukul 5:25 PM, CS Blibli yang menelepon saya untuk membahas masalah Flash Sale ini dengan mengatakan bahwa memang ada kesalahan harga untuk produk  yang saya pesan sehingga pesanan saya tidak dapat diproses. CS tersebut mengatakan bahwa “MEMANG BLIBLI YANG MEMINTA SELLER UNTUK TIDAK MEMPROSES PESANAN TERSEBUT KARENA SALAH INPUT HARGA“.

Menurut saya tidak masuk akal, sistem Flash Sale yang dijadwalkan jauh-jauh hari, dan tentunya produk untuk FS diseleksi terlebih dahulu. Namun aneh seller bisa membuat kesalahan harga pada dua produk berbeda di waktu yang bersamaan. Saya menjelaskan demikian dan CS hanya iya-iya saja

Kemudian CS menjelaskan bahwa Blibli berhak membatalkan pesanan bila salah harga dan lain sebagainya sesuai ketentuan Flash Sale yang berlaku. Padahal di syarat dan ketentuan Flash Sale tidak ada syarat yang menyatakan bahwa Blibli berhak secara sepihak membatalkan pesanan, jika terjadi SALAH HARGA.CS pun mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada voucher kompensasi, tapi karena kebaikan Blibli maka diberilah saya Voucher diskon Rp25.000 untuk pembelanjaan Rp35.000.

Jujur saya kecewa, di Ulang Tahun Blibli yang ke-11 di Bulan Juli ini (yang juga sama dengan Bulan kelahiran saya), Blibli malah terkesan lepas tangan dengan program Flash Sale yang diadakan, serta pihak Apollo yang tidak transparan terkait masalah ini.

Saya hanya ingin hak saya yaitu melakukan pemesanan ulang untuk produk Oppo A96 8/256 senilai Rp1.480.000 dan Samsung Galaxy Tab A7 Lite senilai Rp967.000. Ketika permasalahan ini clear, saya akan memberikan respons di kolom chat serta mengirimkan artikel apresiasi

Lebih kurangnya artikel ini saya mohon maaf, dan terima kasih kepada pembaca yang memberikan respons baik kritik maupun dukungan.

Ivan Reynaldi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli:
[Total:81    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Pesanan Flash Sale Blibli Dibatalkan Sepihak

  • 25 Juli 2022 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Wah bpk baru kena prank sama blibli ya pak.Sdh bnyak lho pak yg dlu2 kena prank.Ujung2nya dpt voucer maaf 10 ribu.Saya Sejak kena prank blibli dah malas belanja lg di blibli pak.Terima kasih bpk sdh membagi pengalaman di MK.Biar pembaca bisa menilai.

    22
  • 25 Juli 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    memang salah harga itu kesalahan ada di sistem aplikasi blibli, si seller juga kalo dah tau ada yg dengan harganya harusnya langsung infokan ke buyer ya mau via chat atau via telp ..

    1
    9
    • 26 Juli 2022 - (08:18 WIB)
      Permalink

      Shopee ada yg komplen uninstall, toped ada yg komplen uninstall, blibli juga wkwkwk. Lucu yakk….. Ya belanja di pasar/mall/toko langsung aja. Gak ada sistem yg sempurna kali karna dibelakangnya juga manusia. Sistem bisa error juga dan butuh manusia juga yg memperbaiki.

      2
      7
  • 25 Juli 2022 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Beli beli ???
    Sudah lama gak pernah belanja tapi menarik juga kalau bisa dapat flash sale.

    Dkit yang Makai kesempatan kena prank lebih banyak hehee

  • 25 Juli 2022 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Gue dah malas pake blibli harganya mahal mahal padahal barangnya sama diaplikasi lain. Blibli mang mau bangkrut makanya ngebohongin masyarakat . Pake acara flash sale . Ujung2nya ada kesalahan.

    Blibli ga mau rugi kasih harga murah alasan bertele2. Padahal ulang tahunnya.

    Bayar iklan artis di tv bisa lebih dari ratusan juta masa kasih harga segitu aja takut rugi.

    Sudah basi alasan sistem erorlah

    9
    1
    • 25 Juli 2022 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Gue mah sudah ga kaget gue sudah biasa kayak gitu di prank .flash sale.

      Percuma kita ngotot pengen harga murah ga bakal didengerin yang ada di cuekin.

      Blibli tuh mau bangkrut. Kalah sama pesaingnya. Lazada .shope.tokped.

      Gue mah ga usah ngarepin flash sale. Langganan lazada harganya gila2an. Paling murah.
      Sudah w bandingin semua aplikasi

  • 25 Juli 2022 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Kayaknya flash sale masalahnya gak cuma di Blibli aja deh, ada juga yang upload ketipu flash sale di shopee sama tokped juga. Permainan flash sale, tapi busuk …

  • 26 Juli 2022 - (02:26 WIB)
    Permalink

    Ini kejadian juga di shopee. Setelah dj bawa ke media konsumen baru deh di ganti.

    E commerce emg payah mau flash sale ga mau jual cuma clickbait. Makin males maka nya user nya di prank terus. Modal dikit napa bkin campaign tp ga mau keluar uang. Ato jangan2 flashsale nya di beli orang dalem juga ada permainan kuota.

    • 27 Juli 2022 - (02:57 WIB)
      Permalink

      Lagi lagi Blibli. Promo flash sale tipu2. Terutama gadget/barang elektronik dgn diskon lebih dari 50%. Pasti ujung2nya dicancel sepihak dgn alasan kesalahan harga. Cuma sekedar gimmick marketing. Kompensasi cuma pocer permintaan maaf 10rb yg mana buat bayar ongkir aja masih kurang.
      Sama seperti pesanan Sony PlayStation 5 sy di Diskon Gercep 11 rupiah tgl.24 Juli yg dibatalkan sepihak 4 jam setelah dibayar. Alesannya mengada-ngada, transaksi tidak sah dan dianggap fraud.
      Ibarat kata nambah usia 11 tahun blibli.com memang lagi lucu2nya.

      • 27 Juli 2022 - (12:52 WIB)
        Permalink

        Wah padahal yang 11 rupiah itu campaign promosi blibli besar-besaran dan susah banget dapetinnya. Emang tukang Gimmick Blibli, ultah ke 11 bukan berbenah malah tipu”

  • 26 Juli 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Waktu itu saya pernah juga flashsale apple watch cuma 2 juta dari 6 juta. Sampe dateng ke kantor salah 1 ecommerce. Saya suruh nambah karena bilang barang kosong. Tpi saya kekeuh. Saya bilang saya mau adukan ke YLKI atas tuduhan fake campaign. Saya bilang mana ada flashsale tapi barang kosong. Itu bukan tanggung jawab saya. Akhirnya tetep dikirim

  • 27 Juli 2022 - (01:48 WIB)
    Permalink

    Hanya seller dan yg punya sistem yg tau. Klo menurut saya, ini lebih ke sistem gacha/undian secara acak. Orang yg beruntung bisa dapet produk tersebut dengan harga sangat miring. Yg belum beruntung, dana yg dibayarkan langsung dikembalikan dengan cara cancel order. Itu sebabnya saya tidak pernah tertarik dengan rayuan flash sale, kecuali saya sudah tau harga real dari produk.

  • 27 Juli 2022 - (01:59 WIB)
    Permalink

    Ada lagi kemungkinan mereka seperti itu. Yaitu untuk mendorong sistem SEO mereka. Semakin banyak yg klik link dari produk tersebut, makin sering produknya jadi paling atas di e-commerce atau di search engine. Coba perhatikan lg, ketika kalian mencari informasi tentang sesuatu, pasti ujung2nya yg keluar kebanyakan link dari e-commerce (apapun itu e-commercenya). Itu salah satu trik yg menurut saya itu trik “haram” untuk push penjualan online di internet.

  • 27 Juli 2022 - (17:08 WIB)
    Permalink

    Event flashsale itu hanya pemanis doank. Gak hanya belibeli semua e-commerce juga sama. Cek aja kasus kasus sebelumnya. Jadi udah gak percaya sama yang namanya flashsale apalagi yang 1 rupiah itu. Zonk semua.😅😅

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Pesanan Flash Sale Blibli Dibatalkan Sepihak

oleh Ivan dibaca dalam: 3 menit
28