Paket Kiriman Saya Ditelantarkan oleh SiCepat

Pada tanggal 25 Juli 2022 pukul 15.28 saya mengrim paket dengan menggunakan jasa dari SiCepat Ekspress Indonesia melalui aplikasi berbasis android mereka (Sicepat ekspress) dengan layanan SIUNTUNG waktu sampai ke penerima paling lama tanggal 29 Juli 2022. Paket kiriman tersebut kemudian diambil (pick up) oleh kurir mereka tanggal 26 Juli 2022 pukul 10.18.

Beberapa hari saya mengecek dari nomor resi pengiriman 001720032676 bahwa barang tersebut hanya berstatus bahwa barang tersebut keluar dari Pontianak barat maka pada tanggal 28 Juli 2022 pukul 03.49 saya coba menanyakan ke CS via aplikasi whatsapp apakah ada kendala sehingga paket saya tidak dikirim?? Dan dijawab bahwa paket saya sudah keluar dari Pontianak Barat (Kalbar) menuju line haul udara Sungai Raya (Kalbar) dan estimasi sampai paling lama tanggal 29 Juli 2022.

Pada tanggal 29 Juli 2022 pukul 04.25 saya hubungi kembali CS sicepat melalui Whatsapp untuk mengingatkan mereka kembali karena dari status pengecekan saya paket saya masih tidak berubah yaitu masih berstatus keluar dari Pontianak (Pontianak Barat).

Karena saya merasa hal ini janggal atau tidak biasa, jarak antara Pontianak ke Sui Raya cuma 14 km, membutuhkan waktu tempu paling lama 45 menit. Dan dijawab oleh CS bahwa saya diminta menunggu sampai batas waktu maksimal estimasi sampai yaitu tanggal 29 Juli 2022.

Pada pukul 10.44 (29 Juli 2022) saya kembali menghubungi CS dan mengingatkan mereka bahwa paket saya tidak kunjung berubah statusnya sejak tanggal 26 Juli 2022 pukul 19.41 atau hampir 3 hari sejak barang tersebut dikirim. Dan saya juga telah mengingatkan sicepat bahwa saya secara baik-baik telah mengingatkan mereka sebanyak 2 kali agar diambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah sebelum masalah itu timbul. Namun dijawab kami akan memaksimalkan pengirimannya dijawab pada tanggal 29 Juli 2022 pukul 14.22 WIB.

Tidak puas terhadap jawaban-jawaban itu karena menurut status pengiriman barang saya juga tidak kunjung “bergerak” maka saya menulis email ke CS dimulai tanggal 29 Juli 2022 pukul 14.11.

Alhasil paket saya baru bergerak di status pengiriman Sabtu 30 Juli 2022 pukul 11.12 WIB dengan keterangan paket keluar dari Pontianak.

Menurut saya:

  1. Sicepat telah LALAI dan menelantarkan paket kiriman saya selama 3 hari dan kemudian dengan bahasa mereka “membantu” follow up dari kiriman tersebut. Pertanyaan saya “membantunya dimana? Bukankah ini semua disebabkan kelalaian dari pihak penyedia jasa? Ini sama saja setelah melakukan kesalahan dan kemudian mereka mencoba menjelma menjadi “hero” terhadap konsumen, di mana letak tanggung jawab mereka?.
  2. Sicepat tidak memiliki kontrol yang baik terhadap barang-barang kiriman yang dititipkan kepada mereka. Sehingga mereka menunggu sampai terjadi masalah baru kemudian mengambil tindakan padahal berdasarkan sisten digital saat ini mereka bisa saja langsung mengambil tindakan terhadap barang-barang kiriman yang mandek/tidak bergerak di satu tempat sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.
  3. Berkali kali jawaban CS hanya prosedural saja tidak membantu memecahkan masalah bahkan saya juga ditanya tentang detsil penerima yang saya anggap adalah upaya pengalihan kesalahan kepada konsumen dengan alasan penerima yang tidak jelas padahal barang tersebut tidak bergerak di lokasi pengiriman jelas ini merupakan kesalahan ekspedisi dalam hal ini PT. SICEPAT EKSPRESS INDONESIA.
  4. Apa konsekuensi dari kesalahan/kelalaian dari pihak sicepat terhadap konsumen yang telah dirugikan seperti saya? Apakah cukup cuma mengirimkan kembali saja, kalau ini sama saja tidak ada pembelajaran terhadap pihak penyedia jasa sehingga bisa sewenang2 dalam menelantarkan paket-paket kiriman yang telah dititipkan kepada mereka.

Berikut detil pengiriman saya
Nama Pengirim : Muhairi
Nomor resi : 001720032676
Layanan : SIUNTUNG
Kota asal paket : Pontianak Kalbar
Kota tujuan : Ciawi Bogor Jawa Barat
Nomor komplain: W-1125786

Muhairi
Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:43    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Paket Kiriman Saya Ditelantarkan oleh SiCepat

  • 31 Juli 2022 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Ditelantarkan? 😀 kelalaian kalian? 😀 agak geli gimana baca keluhan ini. 2-3 hari itu cuma estimasi, kl normal lancar. Bukan jaminan 2-3 hari sampai. Apalagi pakai siuntung. Dan jg ada libur nasional. Kl tidak ada update berarti ya dalam perjalanan, belum sampai kota tujuan.

    19
    8
  • 31 Juli 2022 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Barang tersebut todak bergerak selama 3 hari di gerai tempat penginfutan pertama (manifested). Estimasi pengiriman 2 sd 3 hari maka maksimal waktu pengiriman adalah 3 hari. Logikanya bagaimana barang tersebut bisa sampai ke tujuan sedangkan di gerai pertama saja “ditelantarkan” selama 3 hari tanpa diproses, dan terbukti sampai dengan hari ini barang tersebut belum sampai ke penerima.

    Ada pepatah bijak berkata seperti ini “seandainya orang bodoh diam maka sebagian permasalahan sudah teratasi”

    9
    10
    • 1 Agustus 2022 - (12:41 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya kalo paket di pick kurir itu untung2an kalo lagi apes, barang kalo gk hilang ya lelet jadi itu mah wal yg wajar kalo ekpedisi apalagi ekpedisi kayak si cepat dan anteraja truk nya cuma 1x berangkat perhari
      Pernah pake JNT dr kediri ke probolinggo malah kena bawa ke Bandung jadi sampe 5 hari an, pake anteraja dr tuban ke probolinggo tapi 3 hari status gak berubah ada di lamongan dr rabu-sabtu tapi gak pernah lapor MK, mentok spam komplain ke kantor ekpedisi

      • 1 Agustus 2022 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Wajar ya, haha
        Berasa si TS nitip ya, jd wajar kalau lelet atau kalau telat beberapa minggu gitu.

        Penyedia jasa kan dia jualan jasa kirim, estimasi 2 – 3 hari ya sebuah komitmen. Kalau ga mampu ya jangan d tulis, mending di deskripsinya di tulis 2 – 3 minggu.

        Kalo susah menganalogikan, coba pikir gini, anda mau ngga beli telur 1 kilo, tapi dapatnya 1/4 kilo?.

        6
        4
        • 1 Agustus 2022 - (19:14 WIB)
          Permalink

          Lu baru pake ekpedisi atau gimana? Tiap hari gw ada orderan HP 30-50 paket, akun Tokopedia bnyak yg diamond, Shopee apalagi karena tetangga sama temen2 gw ngikut jual beli HP, dan dari 50 paket yg gw Terima pasti ada 4-5 paket yg dtng di luar estimasi waktu dan pernah seminggu yg seharusnya 1-2 hari, waktu gw komplain karena ada badai di bbrpa kota ya lu search aja di surabaya yg ada badai sampe mobil ke seret angin, ya hal kek gini mana bisa di paksakan bos apalagi ada ekpedisi yg kebakaran sampe masuk berita
          gw aja kirim paket waktu harbolnas gw liat gudang ekpedisi full paket 2 lantai sedangkan truk cuma berangkat sekali tiap malem jadi paket ke tahan 2 harian, intinya kalo kurir lelet pasti ada kendala, dan kalo ada kendala ya nanya ke kantor kurir langsung malah nanya ke MK ginian, kalo kantor kurir di kota TS itu kagak ada baru wajar, apa jngn2 ntar kembalian kurang 1000 ke penjual dawet buat laporan kek gini lagi bukan nya langsung komplain ke penjual

          6
          2
  • 1 Agustus 2022 - (06:01 WIB)
    Permalink

    estimasi tidak menjamin tepat waktu, kadang estimasi dihitung H+1 saat paket ter pickup oleh petugas. apalagi pakai layanan yg notabene murah namun tidak murahan. semoga casenya cepet beres, kalo saya ada masalah seperti ini cukup dengan melaporkan saja ke cs, jika sampai di up ke MK berarti paket tersebut urgent. kedepannya pake layanan yg cepat sampai saja agar cepat diterima.

    5
    1
  • 1 Agustus 2022 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Ditambah H+1 juga paketmya tetap tidak sampai tepat waktu karena sampai tgl 1 Agustus 2022 kiriman tersebut juga belum sampai ke penerima.

    Pakai yg super cepatpun maka konsumen juga akan mendapatkan ESTIMASI WAKTU SAMPAI.

    2
    1
    • 1 Agustus 2022 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Coba dicek sekarang pak, paket itu udah delivery tanggal 1 Agustus jam 10 jam 11an, kalau pake Sicepat jalur udara pesawat itu biasanya lama, nunggu antrian barang yang lain,

      3
      1
      • 1 Agustus 2022 - (13:50 WIB)
        Permalink

        Pakenya sudah deliverd kak. Artinya sudah diterima. Kalo lacak paket jangan cuma dari aplikasi. Tapi dari web web pelacak paket juga yang lebih cepet updatenya

        6
        1
    • 1 Agustus 2022 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Halo kak, btw paket nya udah terkirim nih
      Udah nyampe ke penerima.
      Namanya estimasi, nggk bisa dipastikan. Kalo mau tepat waktu, mending diambil sendiri

      6
      2
  • 1 Agustus 2022 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Kalau cuma pengirimannya 14 km.dan ongkir murah Jelas nggak diprioritaskan. Udah lazim dimana2 agen expedisi lbih memprioritaskan pengiriman jauh dg ongkir mahal ketimbang lokal.

  • 1 Agustus 2022 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Saya ngirim paket dari jakarta timur ke jagakarsa dari tanggal 23 Juli sampai saat ini belum sampai, ternyata paket saya criss cross ke palembang karena kelalaian pegawai sicepat yang tidak scan/lolos scan paket saya, sudah beberapa kali hub CS sicepat jawabannya hanya akan di tindak lanjuti terus tanpa memberikan kepastian kapan paket saya bisa diterima oleh penerima.

  • 1 Agustus 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Kalo anda tidak sabar, harusnya sekalian bilang kalo anda keluarga pejabat penting, minta kirimkan secara prioritas VVIP sesuai dengan perkiraan waktu yg anda hitung.

    2
    3
  • 1 Agustus 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    saya seller dan banyak juga kiriman via sicepat. sejauh ini memang beberapa kendala terjadi. misalnya di tracking keterangannya alamat pelanggan tidak ditemukan. setelah dikonfirmasi ke pelanggan, dia stand by menunggu. setelah itu paket di retur pihak sicepat. dikomplain via email, bilangnya akan di follow up, sampai 3 hari tidak ada hasil.
    akhirnya sy melakukan pengiriman ulang via jne, paketnya aman sampai dlm 4 hari. malahan status paket sicepat masih dikota tujuan. sy tunjukkan bukti pengiriman berhasil via jne ke email sicepat.
    jadi sebaiknya sicepat punya support yg sesuai nama perusahaannya.

  • 1 Agustus 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Wajar konsumen komplain kan mereka bayar jasa, beda kalau gratis. Saran saya, bikin usaha cargo utamakan cepat, barang selamat. Setelah itu baru hitung biayanya berapa. Jangan bersaing harga tapi pelayanan cepat dan selamat diabaikan. Ingat…..ini jasa kurir/cargo ya. Thanks.

  • 2 Agustus 2022 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Intinya ya… Sabar…sabar dan sabar….pake jasa ekspedisi manapun sering ada kendala , kalo mau kirim paket harus nya sudah tau resiko terlambat, hilang,dsb. memang ada estimasi , tapi ya kita semua hanya manusia , ada salah, capek, dsb….intinya ya sama sama sabar….

    2
    1
    • 2 Agustus 2022 - (08:26 WIB)
      Permalink

      Expedisi SiCepat, memang banyak komplainnya, kurirnya malas dalam mengantar, terlebih cs nya tidak memberikan solusi kalau ada komplain.

      Saya perna pesan barang di tokopedia, barang sudah sampai tujuan, tapi lacakan yg muncul BAD ADRESS atau alamat tidak ditemukan, pada hal sebelumnya barang selalu sampai, kok bisa Alamat tidak ditemukan, kurir tidak perna menelvon, di komplain di CS tidak ada solusi. Barang saya masih di kantor tujuan, berniat mau ambil, malah di retur, saya komplain jawabannya tidak bida di ambil arena akan di retur… Yah sudah, barang nya juga COD, saya tidak rugi..
      Tapi kasian penjual barangnya bolak balik….

  • 2 Agustus 2022 - (08:18 WIB)
    Permalink

    Sebagai saran saja kakak jika rutin melakukan pengiriman:
    – Pelajari setiap ekspedisi yang kakak gunakan dari daerah kakak berasal.
    – Banyak penyebab paket tertahan: menunggu muatan penuh, kebanyakan paket yang perlu dikirim tidak sebanding dengan armada, criss cross (salah sortir).

    Kalau saya lihat kasus diatas kemungkinan kurang pengiriman dari Kecamatan kakak ke sortir center, bila sering terjadi mending ganti ekspedisi yang cepat atau bila tetap ekspedisi tersebut lebih baik dipickup ke gerai dekat sortir center.

    SIUNTUNG adalah pengiriman cepat harga reguler namun ada notenya 15 Jam bila di pengirim dan penerima di Jabodetabek.

    Semoga membantu.

  • 2 Agustus 2022 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Saling menghargai ke sesama. Kita pemakai jasa ekspedisi di setiap kendala itu wajar karena setiap hari nya kondisi alam atau kedaan jg tidak sama. Bilama mana tidak percaya dgn jasa layanan pengiriman , kirim sendiri aja bro tinggal gasss kuy itung2an bensin… Setiap pengusaha atau penyedia layanan jasa pasti ingin yg terbaik kepada pelanggan. Hanya klo berkendala itu pasti wajar namanya pekerjaan tidak selalu lancar dan mulus di jalan nya. Saran saya… Sebelum complain aturin dulu baik buruknya. Kalo keburukan situ di complain orang gmn…

 Apa Komentar Anda?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Paket Kiriman Saya Ditelantarkan oleh SiCepat

oleh muhairi dibaca dalam: 2 menit
25