Penginapan di OYO Ternyata Sudah Tutup, Pengembalian Dana Hanya 10%

Ini adalah pengalaman mengecewakan saya, terkait pemesanan penginapan di aplikasi OYO. Saya memesan OYO untuk menginap hari Sabtu, 6 Agustus 2022 di OYO Homes 90918 Eco Tourism Geopark Gunung Masigit Homestay Syariah, dengan harga Rp69.889. Alamat di Stone Garden, Kampung Giri Mulya, RT 03 RW 9, Desa Gunung Masigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Namun siapa sangka, setelah saya tiba di lokasi, di sana sangat gelap gulita, maklum karena lokasi merupakan tempat wisata Stone Garden. Saya bertanya ke salah satu warga, “Permisi pak mau tanya, kalau lokasi Penginapan sebelah mana ya?”. Dijawab dengan Bahasa Sunda, yang jika diartikan seperti ini “Memang dulu ada, tapi mungkin sudah 3 bulan tidak beroperasi lagi”.

Lalu, saya menelepon pihak hotel yang ada di detail pemesanan:

Hotel: “Iya maaf, sebenarnya saya juga sudah mengajukan penutupan hotel, akan tetapi sampai sekarang di aplikasi masih ada. Selain kamu sudah banyak juga yang memesan”.
Saya: “Terus gimana pak, saya juga kan sudah membayar?”.
Hotel: “Gini aja kamu ke OYO CIBURUY bilang aja kata Pak Yadi disuruh ke sana.
Saya : Hah ke sana? Saya bayar lagi gak?
Hotel : Enggak lah, itu kan kamu udah bayar, tinggal bilang aja kata Pak Yadi.
Saya : Iya udah pak terima kasih.

Di situ saya mengikuti arahan untuk datang ke OYO Homes 91109 Eco Tourism Ciburuy Village Syariah (Jalan Situ Ciburuy, Padalarang). Ya ampun mana sudah pukul 19.42 tidak ada angkot sama sekali. Oke saya pesan Indriver Mobil untuk menuju lokasi OYO pengalihan.

Saya sudah tiba di lokasi OYO Ciburuy pukul 20.15, sempat heran kok tidak ada ciri-ciri hotel banget ya.
Lalu saya ketuk rumah tersebut keluarlah ibu-ibu:

Saya : “Bu, maaf apa benar ini penginapan OYO Ciburuy?”
Beliau: “Oh bukan, ini rumah saya”.
Saya: “Tapi bu ini di aplikasi OYO terdaftar sebagai hotel”
Beliau : “Saya juga bingung mengapa bisa gitu. Dulu ada yang foto-foto aja”
Saya : “Yah bu, gimana saya juga kan sudah bayar”
Beliau : “Maaf dek kurang tau, atau coba saja complain ke pihak aplikasi”

Oke deh, saya sudah merasa tertipu karena sudah memesan kamar, tapi keberadaan homestay tersebut tidak ada. Apalagi ketika saya coba menghubungi Bapak OYO pihak Stone Garden tidak ada kabar kembali.

Saya mulai menghubungi pihak OYO melalui email, akan tetapi pengembalian dana sangat tidak masuk akal. Saya memesan dengan harga Rp69.899, tapi dapat pengembalian dana hanya Rp6.988.

Padahal jelas-jelas ini kesalahan dari pihak sana.

Rahmat Aprilianto
Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai OYO:
[Total:37    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Penginapan di OYO Ternyata Sudah Tutup, Pengembalian Dana Hanya 10%

      • 10 Agustus 2022 - (22:06 WIB)
        Permalink

        Selesai kalau lewat media konsumen 😁 kasihan kalau yg gak tau media konsumen.hanya bisa pasrah

    • 14 Agustus 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Kepada semua yang telah membaca muatan berita ini, saya sampaikan Pihak OYO sudah mengembalikan uang secara penuh sesuai harga pembelian dan uang 6900 yang sudah di refund sebelumnya menjadi hak saya juga 😁

  • 11 Agustus 2022 - (05:21 WIB)
    Permalink

    Kirain udah lebih baik OYO,ternyata banyak banget entry yang udah tutup/kerjasama lagi. Lebih aman reddoorz.
    Btw kalo may nginap pastiin dlu melalui telepon penginapannya. Klo hotel berbintang pasti amanah.

    • 12 Agustus 2022 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Banyak property yang kerjasama dengan OYO menjadi rugi, property tutup customer juga rugi. Property ini menurut dugaan saya mengalami kerugian.besar, karena Tarif dibuat rendah, tapi bagi hasil / potongan OYO minta besar (+/- 35 %). “Bangkrut” Lebih baik property kerjasama langsung dengan OTA, contoh traveloka, agoda dll. Untuk itu sebaiknya dihindari pesan online hotel / penginapan yang bertulisan OYO. Saran untuk customer silahkan kontak / datang langsung saja ke property nya, lebih pasti dan tarif standar umum. Terima kasih.

  • 11 Agustus 2022 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Brti oyo kurang lincah nih menangani pengajuan penutupan hotel.. Tapi dari pihak hotel juga salah harunya di bikin 0 kamar tersedia, biar gk ada yg bisa pesan..

  • 11 Agustus 2022 - (10:39 WIB)
    Permalink

    saya juga pernah begitu malah tidak ada pengembalian sama sekali. langsung auto unsinstall deh. ckckck

  • 11 Agustus 2022 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Klinting… Orderan taxol masuk… Alamat penjemputan di penginapan dengan nama aplikasi kekinian. Konfirmasi dl ke konsumen, sebelum meluncur… Dengan pede konsumen seolah2 menganggap semua driver online hapal sama penginapan…. Mana masuk gang lagi

    1
    2

 Apa Komentar Anda mengenai OYO?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Penginapan di OYO Ternyata Sudah Tutup, Pengembalian Dana Hanya 10%

oleh Rahmat dibaca dalam: 2 menit
11