Admin Shopee Memenangkan Penjual, Walau Bukti Penjual Tidak Kuat Dimenangkan

Saya berharap Redaksi Media Konsumen dapat membantu. Saya bingung mau kasih judul seperti apa. Semoga bisa terbit ini surat agar hak pembeli dinomor satu kan.

Saya selaku pembeli, membeli bibit anggur dari Shopee pada tanggal 8 Agustus 2022 dengan nomor pesanan 220808KA02MH2K dengan nomor resi JP1978584377.

Pertama saya tidak hiraukan lokasi toko, karena pikir saya toko dari Tuban lebih cepat sampai. Saya pesan dua bibit anggur taldun di toko berkah_bibitt seharga 24.500 rupiah per buah dengan total 55.000 dan ongkir saya pakai reguler.

Ternyata, sewaktu check resi, saya terkejut pengiriman dari Kediri. Saya katakan ke penjual melalui chat, namun tidak ada etika baik penjual. Nah, saya curiga ini toko bukan petani dan pasti membeli bibit harga murahan varian abal-abal. Saya sudah laporkan ke Admin CS Shopee terkait barang dikirim dari Kediri. Dan toko tidak mengatakan di deskripsi barang dari Kediri. Admin Shopee mengatakan dapat mengajukan pengembalian dana.

Pada tanggal 12 Agustus 2022, barang sampai, langsung saya ajukan pengembalian barang dan dana, dan saya lihat bibit juga bibit Red Master yang dikirim dengan daun kasar. Padahal bukti saya sangat kuat dan banyak bukti. Namun Admin Shopee memenangkan penjual. Penjual memberikan tidak sesuai bukti. Kasus ini, saya kena dua kasus pengiriman dari Kediri, toko di luar Kediri. Saya mempunyai masalah sama persis seperti permasalahan ini juga.

Terima kasih Redaksi Media Konsumen menerbitkan surat saya. Sehat selalu.

Jakob Situmeang
Kota Medan, Sumatera Utara


Catatan redaksi (diperbarui 16/8/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:34    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

55 komentar untuk “Admin Shopee Memenangkan Penjual, Walau Bukti Penjual Tidak Kuat Dimenangkan

  • 14 Agustus 2022 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Saya penghobi berkebun yang sering beli bibit di toko online. Kalau mau beli bibit yang valid dan kualitas terjamin cari lokasi toko di kota Batu, harga lebih mahal tapi pasti.Di kota lain ada yang jual bibit valid, tapi pastikan bukan dropshipper. Cara mengetahuinya pastikan penjual mengaktifkan kurir instan di tokonya, kalau tidak ada kurir instan itu 90% dropshipper.
    Semoga ada solusinya, saya juga pernah kejadian seperti ini. Untungnya cuma belasan ribu, jadi saya tetap tanam walau tahu bukan bibit yg saya inginkan. Bintang 1 saja.

    10
    2
    • 14 Agustus 2022 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Susah gan cari bibit Anggur dari Batu gan. Kurir instan artinya gratis ongkir atau kurir rekanan ojol? Ane cari yang aktifkan fitur kurir instan susah gan.
      Emang ini na-as sekali, kena 3 orderan dari tanggal 8 Agustus 2022. Parah nya lain admin shopee bobrok.

      • 15 Agustus 2022 - (02:20 WIB)
        Permalink

        Yang rekanan ojol gan. Triknya cari dulu di Tokopedia, kl udah nemu baru cari toko yang sama di Shopee atau bisa langsung tny tokonya. Kl beli bibit lebih murah dan banyak pilihan di Shopee emang,tapi ya itu banyak dropshippernya.

        • 15 Agustus 2022 - (08:57 WIB)
          Permalink

          Halo kak..saya mantan pegawai j&t..mau informasi, walaupun paketnya dikirim dari nganjuk itu akan sama aja kecepatan sampainya dikarenakan semua paket di provinsi jawa timur baik dari tuban, dari nganjuk, maupun daerah lain di jawa timur setiap jam 9 malam diberangkatkan dulu ke gudang pusat untuk disortir sesuai kota tujuan..setelah disortir baru diberangkatkan ke kota tujuan masing-masing..jadi semua paket yang ada di provinsi jatim itu bertemu dulu di gudang pusat semuanya 🙏

          3
          2
          • 15 Agustus 2022 - (09:42 WIB)
            Permalink

            Bukan pengiriman yang jadi masalah, tapi kalau bibit tanaman dikirim dari Kediri-Nganjuk itu bisa dipastikan bibitnya tidak valid/palsu. Udah jadi rahasia umum itu, bibitnya murahan dan tidak sesuai deskripsi. Jadi bukan masalah pengiriman, tapi produk dikirim dari kota yang terkenal bibitnya abal²

            4
            1
    • 15 Agustus 2022 - (07:35 WIB)
      Permalink

      Sudah terlalu banyak masalah terkait Shopee. Sampai heran saya setiap baca keluhan penggunanya.

      3
      3
    • 15 Agustus 2022 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Ribet amat cm duit 55rb doang
      Brg jg dikirim beda lomasi kirim doang
      Pembelj yg cerewet weet

      4
      14
  • 14 Agustus 2022 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Kenapa kog penulis menuliskan pesanan dikirim dari “Kediri” ? Padahal pesanan tersebut dikirim dari Nganjuk bahkan di screenshot dan dilampirkan juga dari Nganjuk bukan “Kediri”. Darimana bisa muncul “Kediri” ?

    Ketika berinteraksi dengan admin Shopee penulis menunjukkan perilaku yang sangat tidak beretika sekali dengan kata “BANG**!!” huruf kapital semua. Padahal itu interaksi dengan Admin bukan team mediasi atau dispute. Admin marketplace adalah manusia, yang ketika Anda mengeluarkan kata yang tidak seharusnya, pasti akan membuat individu tersebut enggan berinteraksi dengan Anda. Admin juga bertugas meneruskan komplain, bukan menjadi merupakan team mediasi yang bertugas mengambil keputusan.

    Ketika berinteraksi dengan penjual, pembeli juga mengeluarkan umpatan dengan kata “BANG***”. Proses jual beli online saat ini berjalan 2 arah, bagaimana pihak marketplace merespon komplain dan keluhan tidak terlepas dari penilaian subjektif kepada akun baik sebagai pembeli maupun penjual.

    Menanggapi komplain menjadi salah satu topik yang menarik ketika kemaren dibahas pada salah satu buku berjudul “Marketplace Spesialis”. https://shopee.co.id/Buku-Marketplace-Spesialis-Menjadi-Ahli-dalam-Jualan-Online-Penulis-Rian-Rahmanda-Deepublish-Sukses-Jualan-Online-i.53685250.19434349862

    29
    2
    • 15 Agustus 2022 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Nganjuk itu Kediri. Eh, ingat tak ada asap kalau tak ada api. Enggak usah sok bijak ujung ujungnya tak mengerti. Perlu adu otot kalau etika penjual tidak jujur ya digaskan. Sama seperti mengurangi timbangan saat di pasar.

      Ini medan bung. Lugu lugu Jadi korban!

      1
      23
      • 15 Agustus 2022 - (10:31 WIB)
        Permalink

        Pembelli yg cerewet
        Brg udh dikirim cm beda lokasi kirim doang pake complain
        Wadidaw
        Ketemu pembelj kurang waras

        6
        1
      • 15 Agustus 2022 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Saya ga paham masalah bibit bibitan. Walaupun umur dah diatas 30 mending hobi game bola. Hobi nanam butuh eksta sabar sama naik level nya lama hasilnya.

        Bedanya apa sih bibit abal abal sama yang bagusan. Apakah pasti ga bisa berbuah kalau yang abal2. Saya kurang paham masalah tanam menanam.
        Terus kalau masalah wilayah apakah pasti dibilang palsu. Dilihat dulu tanamannya siapa tahu berbuah.
        Terus buat pembeli mangnya ga lihat rating toko sebelum beli. Kalau saya klo belanja selalu lihat apakah ada bintang 1 nya. Bila penjual laku sampai seratusan orang yang beli pasti bagus.
        Biar jangan asal beli lihat dulu rating sama komennya . Saya belajar dari situ pernah ketipu sama toko berkali2. Bila rating jelek saya cari toko yang rating bagus sama pembeli dah diatas 100 an. Kadang ada toko mainin rating dengan cara dia sendiri yang belanja atau saudara dan temannya biar dikasih rating komen bagus.
        Soalnya saya ojol pernah dapet oderan angin . Ga bawa barang suruh jalanin sesuai titik kata penjualnya mau naikin rating toko saya

    • 15 Agustus 2022 - (13:04 WIB)
      Permalink

      Padahal pengajuan yang di ajukan pesanan yang diterima tidak sesuai, harusnya bisa ngasih ketidak sesuai yang di maksud. Kalau cuma alamat kirim yang dikirim beda di deskripsi gak ada keterangan dan wajar kalau emang penjual sebagai dropshiper. Kalau yg dikirim bibitnya salah kasih perbandingan yang nunjukin ketidak sesuaiannya dengan yang seharunya. Kalau jadi orang medan harus banget gtu marah2? kalau gk marah bukan orang medan? kasian ya orang medan terkhusus penulis gak ngerti cara belanja online.

      • 15 Agustus 2022 - (22:59 WIB)
        Permalink

        Ya medan vs nganjuk jauh bang lain pula pulau nya. Ya aku tahu medan heibat dan mengerikan. Horas.

    • 16 Agustus 2022 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Kayak akum MK “Lia” ato syp yg waktu itu komplain 5000 masalah kelapa ato apa gtu, muter² jawabannny itu² aja dan kasar dibelain sm akun “The”, padahal penjual ud kasih tanggapan dan duit dibalikin.

      Klo gw jg jd admin sopi di bilang BANG.. jg gw ban itu akun pembeli

  • 15 Agustus 2022 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Saya ingin komentar, tapi nanti dibilang ******* juga sama penulis. Sepertinya orang ini tempramental. Jadi ngeri.

    19
    • 15 Agustus 2022 - (08:30 WIB)
      Permalink

      Kalau kau penjualnya saya gas, itu petunjuk lihat kemana arahnya dan untuk siapa. Ke penjual kan?

      14
    • 15 Agustus 2022 - (08:25 WIB)
      Permalink

      ingat tak ada asap kalau tak ada api. Enggak usah sok bijak ujung ujungnya tak mengerti. Perlu adu otot kalau etika penjual tidak jujur ya digaskan. Sama seperti mengurangi timbangan saat di pasar.

      Ini medan bung. Lugu lugu Jadi korban!

      Yang biasa aja tak kasar dengan bukti yang kuat dikalahkan. Itu kejadian, ngeyel lu.

      17
  • 15 Agustus 2022 - (06:03 WIB)
    Permalink

    Penjual gk salah sih, dia ada hak untuk jadi reseller/dropshipper, otomatis dikirim dari beda kota, atau bisa jadi toko dia ada beberapa cabang beda kota/kerjasama toko lain..

    Pembeli kurang ngobrol, kalau picky/pilih2 sebelum beli harusnya chat dlu penjual, pastikan pengiriman dari mana, stock ada gk, kualitas gmna, dll..

    22
    • 15 Agustus 2022 - (08:27 WIB)
      Permalink

      Iya tak salah dia, mau beli harga murahan, jauh di bawah harga, pasti itu kalau Calo pasti cari untung 10 ribu dua pcs. Kasarnya calo lebih menang banyak dari penjual asli. Udah gitu tak mau rugi calo.

      Sah sah saja jadi calo, tapi jangan ngotot juga mesti menang.

      13
  • 15 Agustus 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sy jg dulu beli di shopee produk tanaman. Padahal sama2 jkt, kirim pakai reguler . Eh ternyata dikirim dr pangandaran. Mending kalau tanamannya sama dengan di gambar si “seller”, ternyata beda jauh setelah diunbox.

    Di retur lah ke “seller” ini, tp pihak kurir ga nemu alamatnya sdh seminggu. Kemungkinan alamat palsu di jkt nya. Alhasil di ban total sama shopee nya.

    Setelah kejadian ini, sy sering tanya sama seller apakah owner itu barang atau calo?

    Emang sih di shopee banyak calo nya. Kl bahasa sekarang itu dropshipper. 🤣

    • 15 Agustus 2022 - (08:18 WIB)
      Permalink

      Nah itu, ane kesel lihat penjual juga sudah di hubungi kagak ada nanggapi dan penjual pun seperti ngajak adu otot sampai penjual wajib menang, Ya Penjual nakal harus digaskan, apalagi Admin Shopee yang terkenal bobroknya menangani.

      2
      10
  • 15 Agustus 2022 - (08:29 WIB)
    Permalink

    DIAM KELEN WOY
    ANAK MEDAN KATANYA, KALO GAK KASAR CAKAP NYA GAK ANAK MEDAN

    AWAS PECAH PALA KELEN WOY

    • 15 Agustus 2022 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Yoi woi!! Itu arah kemana woi!! Untuk penjual kan?! Kalau penjual jujur, tak begitu. Ini medan bung, penjual curang gaskan!! Lugu lugu jadi tape!!

      14
  • 15 Agustus 2022 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Hak pembeli di nomor satukan? Pembelinya kasar dan tidak beretika.. Baguslah anda mendapatkan yg seharusnya anda dapatkan.. Hidup mimin shopee haha
    Buktinya juga subyektif.. Menurut penjual sudah benar.. Menurut pembeli salah dan tidak layak
    Yang kayak gini masuk media konsumen, GA PENTING BANGET 🤭

    7
    3
    • 15 Agustus 2022 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Hidupmu semak sekali. Lihat arah, kau penjual sampingan juga “calo”. Ada pepatah, tak ada asap kalau tak ada api, kalau kau jujur penjual, jujurlah. Jangan pas digaskan atau ditekan dengan berbagai cara baru kau mau jujur.

      Kalau kau mau jujur aja tidak adu ngotot, selesai masalah. Jujurmu junjung tinggi bukan bibir “MUNAFIKMU!!”

      10
      • 15 Agustus 2022 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Biasanya saya selalu kurang yakin dengan admin shopee.. Tp klo ngadepin pembeli model KAU KAU KAU dan SEMAK SEMAK SEMAK macam KAU KAU KAU ya baguslah.. Good job shopee.. Rasain! 😁

        5
        3
        • 15 Agustus 2022 - (09:33 WIB)
          Permalink

          Iya, hidup kau MUNAFIK! LIHAT ARAH KEMANA! TERLALU MENAFIK HIDUPMU. MENDING GASKAN TANPA EMBEL EMBEL UNJUNG UJUNGNYA JIWA KAU PENIPU.

        • 15 Agustus 2022 - (14:59 WIB)
          Permalink

          “Saya pikir dr Tuban?” Hahaha main pikiran sendiri eh minta dimenangkan, seller bisa aja dropshipper dan kirim dr wilayah lain, tidak pelanggaran kok
          TS nya tuluuulll banget, hapus deh bang, malu2in aja lu

          • 15 Agustus 2022 - (23:12 WIB)
            Permalink

            Media konsumen adalah media curahan hati unek2 pembeli kok yg tidak puas . Kenapa kamu orang nyiinyir ni. Kalau tidak boleh komen ya tutup saja media konsumen ini tahu gak paham gak.

    • 15 Agustus 2022 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Hidupmu terlalu “MUNAFIK”. Kalau saja hidupmu banyak jujur walau ditekan habis habisan dengan konsep “tekan habis apapun gaya bahasa” tidak akan dimasalahkan. Masalahnya hidupmu MUNAFIK terlalu banyak MUNAFIK.

        • 15 Agustus 2022 - (09:43 WIB)
          Permalink

          Iya, hidupmu terlalu MUNAFIK, Pak. Hidupmu terlalu “Munafik”. Terlalu banyak, sering seringlah dapat masalah barang komplain. Biar lumayan ada aja 10 transaksi dimenangkan Admin ke penjual, udah mantep itu. Hidup mu semak BERPIKIR, KOSONG!

  • 15 Agustus 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Halo kak..saya mantan pegawai j&t..mau informasi, walaupun paketnya dikirim dari nganjuk itu akan sama aja kecepatan sampainya dikarenakan semua paket di provinsi jawa timur baik dari tuban, dari nganjuk, maupun daerah lain di jawa timur setiap jam 9 malam diberangkatkan dulu ke gudang pusat untuk disortir sesuai kota tujuan..setelah disortir baru diberangkatkan ke kota tujuan masing-masing..jadi semua paket yang ada di provinsi jatim itu bertemu dulu di gudang pusat semuanya 🙏

    • 15 Agustus 2022 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Bukan begitu gan. Ini “Calo” “pasti membeli bibit harga murah sekali”. Yang saya kesalkan ketidak jujuran penjual. Seperti sudah diset, jika ada komplain walaupun dia calo “ya gaskan sampai dia menang”

      Harga ongkir juga berbeda. Kalau dari Kediri 44 Ribu reguler. Kalau toko ini kena 46ribu.

    • 15 Agustus 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Iya , Bodohmu lebih parah mengikuti tempat orang bodoh dan berkomentar kepada orang bodoh.

    • 15 Agustus 2022 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Bodohmu itu parah. Jika saja ada 10 transaksi seperti kejadian di atas, lumayan itu penjual. Mikirlah bodohmu itu di tempat yang tidak bodoh. Malah datang.

      1
      8
  • 15 Agustus 2022 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Kalo aku jadi admin shopee nya pun akan ku menangkan penjual
    Mau d bilang gak ada api kalo gak ada asap lah, mau bilang enggak ada asap kalo enggak ada api lah,,
    Malah kalo perlu pembeli model gini di blokir sekalian,

    Jadilah smart buyer aja lah
    Sebelum beli tanya kan saja ini barang d kirim dari mana dll

    Ini Indonesia bung bukan soal medan tok,
    Dimana etika d junjung tinggi,

  • 15 Agustus 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    boleh tanya gan, saya sebagai orang awam yg tidak mengerti masalah bibit tanaman pun sama dengan admin shopee yg menengahi permasalahan agan
    bukti kuat spt apa yg anda tunjukan di kolom diskusi komplain?
    di atas agan bilang “dan saya lihat bibit juga bibit Red Master yang dikirim dengan daun kasar”
    nah apakah agan menyertakan video unboxingnya? lalu apakah agan menyertakan perbandingan antara bibit yg seharusnya dengan bibit yg agan terima?
    karena jujur saja dari pernyataan agan yg menyebutkan daun kasar sangat sulit dibuktikan, karena harus di cek sendiri dengan diraba teksturnya
    pun kalo kita buktikan sendiri dengan diraba, kata2 “kasar” ini sangat relatif sekali tergantung orang yg mengecek/meraba
    semoga dapat solusi terbaik…

  • 15 Agustus 2022 - (13:27 WIB)
    Permalink

    oiya gan satu hal lagi, dengan rasa hormat dan tidak bermaksud menggurui
    sebaiknya komplain itu diutarakan dengan baik dan sopan, mengingat baik seller ataupun CS mereka juga manusia yg juga bisa “menilai”
    jangan sampai kasus agan dimenangkan oleh oknum yg salah (misalnya), hanya karena penilaian subjektif dari tim mediasi
    semoga cepat selesai permasalahannya…

  • 15 Agustus 2022 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Kasihan banget hidup lu sampai menderita begitu Cong hanya gara gara tanaman yang bisa mati…
    Otak lu kurang refreshing tu makanya hati lu sumpek…
    Kalo gw jadi seller di shopee, doa gw semoga gak ketemu buyer macam lu Cong😁
    Dan kalo gw jadi admin shopee, gw blokir permanen akun lu Cong🤣
    Gw sedih banget sama penderitaan hidup lu Cong, semoga hati lu gak tambah menderita ya Cong🤭

  • 16 Agustus 2022 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Respon Positif Admin Shopee sudah Menyelesaikan Masalah.

    Terima kasih buat Redaksi Media Konsumen. Berkat wadah media konsumen, Admin Shopee dapat merespon.

    Kemarin permasalahan yang terbit mengenai Admin Shopee memenangkan penjual sudah diselesaikan dengan sepenuhnya dalam waktu 3 hari.

    Sangat alot pembicaraan dengan Admin Shopee dengan call center 1500702.

    Dimana Admin Shopee melakukan penawaran sebagai berikut:
    1. Ganti rugi kepada pembeli dalam bentuk voucher belanja Rp 25.000 , namun saya tolak karena total biaya saya sebesar Rp 55.000
    2. Kemudian di hari ketiga pada hari surat ini terbit, Admin Shopee melakukan penawaran ganti voucher belanja sebesar Rp 50.000 dengan tanpa pengembalian barang, namun saya menolak karena itu merugikan saya.
    3. Kemudian Admin Shopee menawarkan ganti rugi sebesar Rp 100.000 , namun saya tolak dan saya katakan, bahwa lebih bagus pengembalian barang saja ke alamat penjual agar penjual di banned permanen dan kemudian dana saya sebesar Rp 55.000 kembali full. Kemudian Admin Shopee deal dengan persetujuan ini dengan petunjuk tata cara pengiriman paket.
    4. Dan ini lah final respon di perbincangan berikutnya, Admin Shopee: Pengembalian dana sebesar Rp 55.000 ke Shopee Pay tanpa pengembalian barang karena barang sudah mati.

    Terima kasih buat Admin Shopee. Dalam hal ini merespon positif. Jempol. Salam.

  • 17 Agustus 2022 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, masalah sudah terselesaikan.
    Sekedar info aja. Nganjuk bukan Kediri.
    Ibarat Medan dengan Bijai, seperti itulah Kediri dengan Nganjuk. ( BK/ plat nomer kendaraan nya aja sama, padahal masih jauh ) .

 Apa Komentar Anda?

Ada 55 komentar sampai saat ini..

Admin Shopee Memenangkan Penjual, Walau Bukti Penjual Tidak Kuat Dimen…

oleh Jack dibaca dalam: 1 menit
55