Pulsa Terpotong karena Tarif Dasar Internet, Padahal “Mobile Data Off” dan Jaringan 2G/3G

Hai Media Konsumen, jika surat ini terbit terima kasih atas bantuannya. Saya adalah pelanggan XL dengan nomor 0877*****671. Jadi ceritanya saya ingin coba menggunakan nomor XL kembali, dengan harapan kali ini tidak ada pemotongan pulsa lagi. Namun itu hanya sekedar harapan, pulsa XL saya terpotong lagi. Jika dilihat dari nominal memang tidak besar, tetapi apa iya yang terpotong hanya saya saja? Sepertinya tidak.

Tanggal 4 Agustus 2022, saya beli kartu perdana XL. Informasi di kartu perdana, ya seperti pada umumnya yaitu terkait cara registrasi dan lain-lain.ย  Registrasi pun berhasil, tapi tidak bisa langsung digunakan dengan respons tidak ada jaringan. Padahal jelas-jelas jaringannya muncul dan cek *123# pun juga tidak bisa.

Saya coba berkali-kali, tetap dengan respons yang sama. Akhirnya pada tanggal 5 Agustus 2022, baru muncul sinyal dan bisa cek *123#. Lalu, saya isi pulsa di nomor ini, saya coba isi Rp5 ribu terlebih dahulu. Saya tidak ingin isi pulsa banyak-banyak, karena tidak ingin terpotong seperti pengalaman saya yang dulu. Namun, besok malamnya saat menggunakan Wi-Fi untuk akses internet (kartu XL yang baru di SIM 1), pulsa saya tiba-tiba terpotong. Pulsa saya habis, sisa Rp 695. Padahal data seluler dimatikan dan sudah di-lock jaringan 2G/3G.

Coba dikasih info di kartu perdana, bagaimana caranya agar nomor bisa langsung digunakan dan tidak terpotong pulsa? Apa memang saya tidak boleh menggunakan XL? Saya menggunakan Indosat dan Telkomsel tidak pernah ada masalah, registrasi gampang, bisa langsung digunakan, dan pulsa saya aman. Kenapa dengan XL? Masalahnya di mana? Niat jual nomor atau tidak?

Aditiya Dwi Septiawan
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:24    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Pulsa Terpotong karena Tarif Dasar Internet, Padahal “Mobile Data Off” dan Jaringan 2G/3G

    • 19 Agustus 2022 - (00:40 WIB)
      Permalink

      Kasus ini sama seperti yg pernah saya alami beberapa tahun yg lalu. memang kelihatan cukup aneh, pulsa terpakai karena pemakaian tarif dasar internet. Padahal untuk akses internet, saya memakai Telkomsel. Lalu saya coba isi ulang Paket Extra Combo M senilai Rp.59,000 tapi anehnya tetap aja yg terpakai pulsa reguler & ketika pulsa reguler habis, malah tidak tersambung ke internet padahal Paket Extra Combo M masih utuh kuotanya. ๐Ÿค”๐Ÿค”

  • 15 Agustus 2022 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Saya pernah begini, lapor ke CS. Ujung-ujungnya tidak ada ganti rugi. Biasanya sih kalau sudah masuk MK diselesaikan.

  • 15 Agustus 2022 - (10:27 WIB)
    Permalink

    udah tahun 2022 masih aja operator nyuri pulsa dari hal2 beginian. memanfaatkan kelemahan pelanggan. Tidak ada yg mau kali internetnya pakai tarif dasar internet (pake pulsa). Tirulah operator asing: Tri yang pulsa aman meski ga ada paket data sekalipun. Tolong buat kominfo tindak tegas dong, kerjanya ngapain aja sih dari dulu. coba tanya operator yg masih menerapkan hal ini, pendapatan mereka dari ini berapa Miliar? jumlah yg fantastis

  • 15 Agustus 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    download my Xl terus pilih pengaturan lalu pilih aktifkan kontrol pulsa
    nanti pulsa ga akan dipotong lagi
    xl itu emang data latar belakang nya nyedot cepet banget pulsa 50 ribu aja 20 menit langsung habis

    • 15 Agustus 2022 - (15:37 WIB)
      Permalink

      Iya betul, harus disetting di myXL.
      Sering mengalami juga ngga hanya XL.
      Telkomsel juga sama padahal ngga aktifin data tapi pulsa terus berkurang ๐Ÿ™

      4
      1
    • 18 Agustus 2022 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Saran buat yg XL matiin 4G bang d pengaturan klau gk jngan aktifin dual sim 4G,,bertahun” makai XL pulsa aman bang

  • 18 Agustus 2022 - (21:14 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal sama. Pulsa kepotong tanpa sebab. Langsung saya buang XL nya.

  • 19 Agustus 2022 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah menyimpan saldo di nomor hp, karena akan menjadi incaran provider, alasannya macam macam.

  • 19 Agustus 2022 - (07:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga dulu seperti itu, Bisa dicoba donlod myxl trus ke menu profil, pilih balance kontrol, disitu bisa di pilih apa yg mau dilock.

  • 19 Agustus 2022 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Ini bug di semua hp android dual sim, kalo iphone setau saya blm ada yg kena, jadi meski pake wifi internet seluler ttep kesedot, saya juga kartu telkomsel pernah ngalamin kok, kalo kartu lain blm tau ya, tapi yg jelas kalo xl bisa diatur di app MyXL, pada pilihan menu kontrol pulsa

  • 19 Agustus 2022 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Saya pernah telkomsel pulsa 20rb ludes, di sms terpakai krn tarif internet, padahal saya pakai wifi dan data telkomsel sdh saya nonaktifkan dlm waktu sangat lama.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Pulsa Terpotong karena Tarif Dasar Internet, Padahal “Mobile Datโ€ฆ

oleh Aditiya dibaca dalam: 1 menit
13