Kecewa dengan Layanan First Media

Saya Roni Candra, pelanggan First Media dengan nomor ID: 10041586. Saya sangat kecewa dengan layanan First Media, yang mana saya tidak mendapatkan layanan internet dan TV sejak tanggal 13 Agustus 2022. Saya sudah melaporkan hal tersebut melalui aplikasi, telepon dan juga email, semua dijawab hanya dengan info ada masalah jaringan di area saya tinggal.

Hal yang konyol menurut saya adalah, teknisi didatangkan sampai 2 kali ke rumah saya. Tentunya kedatangan teknisi sampai 10 kali pun tidak ada gunanya, jika permasalahan utamanya yaitu permasalahan jaringan di area saya tinggal, belum teratasi.

Kemudian saya baru mendapatkan kembali layanan pada tanggal 24 Agustus 2022, dan lebih konyol lagi, keesokan harinya 25 Agustus 2022 saya kembali tidak mendapatkan layanan. Saya hubungi CS kembali dan mendapatkan jawaban yang lagi-lagi sama, “Sedang ada masalah jaringan di area saya tinggal”. Sampai dengan surat pembaca ini saya tulis, saya belum mendapatkan layanan First Media.

Tentunya ini sangat merugikan saya. Saya telah melakukan kewajiban saya, yaitu membayar tagihan di awal full untuk 1 bulan, tapi saya tidak mendapat hak saya full 1 bulan.

Dalam hal ini kerugian saya dan tentunya pelanggan pelanggan First Media lainnya yang merasakan permasalahan yang sama dengan saya, tidak sebatas kompensasi/adjustment yang mungkin diberikan oleh First Media (yang hanya sekedar prorate iuran per bulan dikali lama kami tidak mendapatkan layanan).

Maksud kami berlangganan layanan internet di rumah tentunya menghemat pengeluaran kuota. Dengan adanya permasalahan ini, bukan menghemat, tetapi pengeluaran kami malah bertambah (untuk bayar tagihan First Media + kuota seluruh penghuni rumah kami). Belum lagi urusan kerja dan usaha yang kami lakukan dari rumah, tentunya sangat terhambat (ini jauh lebih merugikan dari sekedar pengeluaran tambahan untuk kuota).

Sekedar info sebelumnya (beberapa tahun lalu) saya pernah berlangganan First Media, saya hentikan karena permasalahan yang kurang lebih sama. Namun karena sales First Media menginfokan saya bahwa First Media telah lebih baik dan jaringannya sudah diperbaiki, maka saya kembali tertarik, khususnya pada program-program TV-nya yang memang saya akui lebih baik dari provider lain.

Namun  untuk hal lainnya saya kecewa. Apalagi untuk provider yang sudah lama berdiri seperti First Media, butuh waktu sangat lama hanya sekedar memperbaiki masalah jaringan, sehingga sangat merugikan saya dan pelanggan First Media lainnya

Terima kasih.

Roni Candra
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai First Media:
[Total:18    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan First Media atas Surat Bapak Roni Candra

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Roni Candra pada 29 Agustus 2022 berjudul,...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Kecewa dengan Layanan First Media

  • 29 Agustus 2022 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Saya Lewat Ayahku Sudah Berlangganan First Media Sejak Maret 2016. Selama 2 Tahun Pertama First Media Memang Lebih Baik Daripada Telkom Speedy (Sekarang Indihome). Tapi Sejak 2018 Mulai Menurun Kualitasnya. Dan Lebih Parahnya Lagi Sejak Pandemik COVID Melanda (2020). Dimana Banyak Yang WFH Karena Pandemik. Termasuk Keluarga Saya. Dan Sejak Saat Itu. First Media Mulai Sering Bermasalah Dan Lemot. Bahkan Sampai Putus Nyambung. Lebih Parah Lagi Saat Dan Setelah Hujan, Apalagi Ini Juga Masih Musim Penghujan Sejak November 2019. Dan Rencananya Mau Beralih Ke MyRepublic. Karena Adik Saya Sudah Daftar. Tapi Belum Tercover Untuk Saat Ini. Kalau Sudah Tercover. Langsung Injak Gak Ke MyRepublic.

      • 30 Agustus 2022 - (12:00 WIB)
        Permalink

        Sama, Saya Juga Sudah Malas Bilang Ke First Media. Doakan Semoga My Republic Cepat Masuk Prima Harapan Regency. Soalnya Adik Aku Sudah Daftar Ke MyRepublic.

  • 29 Agustus 2022 - (11:57 WIB)
    Permalink

    “..saya hentikan karena permasalahan yang kurang lebih sama. Namun karena sales First Media menginfokan saya bahwa First Media telah lebih baik dan jaringannya sudah diperbaiki, maka saya kembali tertarik..”

    Jangan termakan bujuk rayu Sales, karena memang tugas mereka untuk merayu. 🙂

    Kalau anda cari di MK ini, banyak yang melaporkan kendala FM sehubungan dengan penanganan teknis. Bisa karena SDM terbatas atau memang ada perluasan jaringan sehingga dilakukan pemutusan sementara. Anda bisa mencecar teknisi yang datang ke rumah: apakah problemnya di router, di instalasi kabel internal, di jaringan yang terhubung dengan gardu induk, dst. Kalau teknisinya kurang cakap (di skill, bukan muka), anda bisa minta teknisi senior yang menangani, atau minta didampingi teman/kerabat yang paham pengetahuan instalasi LAN dan FO.

  • 29 Agustus 2022 - (13:21 WIB)
    Permalink

    Sepertinya memang berjamaah masalahnya ya?
    Tidak sedikit yang mengeluhkan hal yang serupa.
    Lalu apa masalah sebenarnya?

    • 29 Agustus 2022 - (16:23 WIB)
      Permalink

      Masalah utama nya kemampuan mereka memberikan layanan apakah sudah sebanding dengan nama besar dan iklan/promo nya

    • 30 Agustus 2022 - (11:57 WIB)
      Permalink

      Bahkan Aku Juga Sudah Punya Niat Untuk Berhenti Dan Pindah Ke Provider Lain Saat Sudah Masuk Provider Lain Dan Provider Lain Yang Saya Maksud Adaah MyRepublic Karena Adik Saya Sudah Daftar. Dan First Media Dimasukkan Ke Daftar Provider Internet Terburuk Setelah Telkom.

  • 30 Agustus 2022 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Ugh First Media. Udah 2 mingguan ini tiap malem gangguan. WA aja ngga bisa. Saya udah marah2 di twitternya tiap hari saking emosinya jaringan ampas banget.
    Jangan mau adjustment prorate pak. Minta free aja sekalian atau minta bayar seminimal mungkin. Pengeluaran kita kan jadi nambah mesti beli paket internet seluler. Saya pernah minta kayak gitu dan dikasih (dengan ngancem2 ya).
    Di tempat saya cuma ada FM sama Indihome yang sama aja ampasnya. Kalo ada operator lain, saya bakal segera pindah sih ini.

  • 31 Agustus 2022 - (15:50 WIB)
    Permalink

    telpon CS nya
    marah2, bilang mau Putus FM nya, mau ganti provider lain

    mereka langsung kalang kabut, langsung dapat 50% deduct

    Selamat mencoba!

  • 4 September 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Semakin banyak pengguna biasanya semakin banyak lemot & errornya… Seperti perut yang sudah kekenyangan mau laripun susah…

 Apa Komentar Anda mengenai First Media?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan First Media

oleh Xid dibaca dalam: 1 menit
16