Shopee Xpress Salah Kirim

Saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Perkenalkan, saya salah satu pengguna Shopee. Pada tanggal 25 Agustus 2022, saya melakukan pembelian barang di Shopee Mall via ekspedisi Shopee Express, nomor resi: SPXID028159287338, dan melakukan transaksi pembayaran dengan ShopeePay.

Singkat cerita, pada tanggal 26 Agustus 2022, saya membuat perubahan alamat kirim. Awalnya ke Pancoran, Jakarta diubah ke Taman Sari Jakarta Barat. Hal tersebut sudah disetujui pihak CS Shopee.

Namun ternyata setelah saya cek tanggal 31 Agustus 2022, paket saya malah berada pada jalur pengiriman ke Bangka Belitung. Sehingga saya chat CS Shopee, tapi hanya diyakinkan paket masih di Gudang Shopee di Jakarta dan akan dikirimkan ke alamat yang benar.

Ternyata hari ini tanggal 1 September 2022, paket saya sudah di Pangkalpinang. Padahal harusnya di Jakarta. Saya tanyakan kepada CS Shopee, paket akan dikirim ke mana? Namun CS tidak bisa memberikan jawaban, karena terkait teknis. Padahal perubahan alamat saya sudah jelas, tetapi kenapa paket saya sudah sampai di Sumatera?

Mohon informasi dan tindak lanjut dari Shopee.

Olivia Josephine Wijaya
Kupang, NTT

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Shopee Xpress Salah Kirim

  • 2 September 2022 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Mending batalkan dulu kemudian order lagi dengan alamat yg benar. Apalgi belanja di mall, mustahil alamwt ditulis manual. Anda hub cs untuk ganti alamat tp kalau resi sudah di cetak ya susah. Kl dilihat dr trackingnya jelas alamatnya tdk bisa dirubah, tp kenapa bs sampai pangkalpinang? Yg nulis ini kupang, order kirim ke jakarta, paketnya bisa sampai pangkalpinang. Mumet ra kowe 😀

    9
    3
    • 2 September 2022 - (20:38 WIB)
      Permalink

      Benar pak, yang saya pertanyakan kenapa ke pangkal pinang. Kalau memang tidak bisa diubah dan dikirim ke alamat pertama, saya tidak mempermasalahkan. Namanya pesanan pak, kita pesankan untuk orang lain dengan alamat lain kan bisa juga..

      • 2 September 2022 - (22:23 WIB)
        Permalink

        Mungkin larinya ke Taman Sari Pangkal Pinang, emang paling sering paket nyasar2 pakai shopee express

        1
        1
        • 3 September 2022 - (18:04 WIB)
          Permalink

          Paket dari shopee sering banget nyasar tiap bulan ada aja yg nyasar tujuan cianjur malah ke palangkaraya udah sering saya alami, dan jasa kirimnya j&t tapi aneh saya belanja dari mp lain belum pernah ada yg nyasar

      • 3 September 2022 - (19:50 WIB)
        Permalink

        Seharusnya konfirmasi dulu ke pihak penjual. Apakah alamat yang di tulis di pengiriman itu benar.
        Karena kalo pihak shoppe express itu hanya mengirimkan sesuai dengan alamat yang tertulis.
        Karena kalo cek lokasi barang. Kan tiap barang ada kode nya sendiri2. Dan pelacakan nya kan di update tiap memasuki gudang2 singgah sesuai dengan tujuan pengiriman.

  • 2 September 2022 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Jangan terlalu percaya dengan CS. Benar yang dikatakan bung Hery Mulyanto, batalkan dulu dan pesan ulang dengan alamat yang sesuai. Kalau sudah begini anda rugi waktu dan menguras emosi akibat “kesalahan” sendiri.

    Ini pihak SoPuih juga makin hari layanannya makin turun kasta aja, bikin si Ijo makin senyam-senyum-sambo. Alamat pengiriman di Jakarta (setelah diganti masih di Jakarta) tapi kenapa kudu lewat PangPin dan BaBel segala sih? Entah pihak marketplace atau pihak ekspedisi yang sedang bermain konspirasi kasus salah antar disamarkan jadi kasus penculikan.

    • 2 September 2022 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Sudah saya coba batalkan dahulu sebelum dipickup kurir. Namun seller tidak mau. Sehingga saya menanyakan ke Cs apa bisa diubah. Bila tidak, sebenarnya saya bisa ambil ke tempat alamat pertama. Disayangkan berkembang seperti ini.

    • 2 September 2022 - (22:51 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah mengalami, alamat di lampung tapi saya tracking 1 hari kemudian sampai denpasar, malah besoknya sampai ke mataram. Tapi karena itu bukan barang urgent saya tunggu aja barangnya sampai bang, dan syukur akhirnya sampai juga orderan saya. Mungkin bagian sortir nya salah tarok. Semoga orderan abang nya juga segara sampai

  • 2 September 2022 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Sebelum membuat order pastikan dulu semuanya, alamat kirim, pembayaran dan dsb. Untuk menghindari salah kirim, sebaiknya jangan merubah alamat pengiriman setelah dibuat order, bisa membingungkan sistem. Dan, yang mencetak alamat pengiriman itu seller, bukan marketplace.

    Seringkali costumer kurang teliti ketika melakukan transaksi, seperti salah ketik nomor rekening, salah ketik nomor akun / hp, mengganti alamat secara tiba-tiba, dsb. Perlu diperhatikan, transaksi online itu pakai sistem, bukan manual yang bisa seenaknya gonta-ganti alamat. Kalau udah begini, yang pusing bukan hanya costumer, tapi juga seller, marketplace sampai dengan kurir. Salah sedikit bisa fatal jadinya!

    6
    3
    • 2 September 2022 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Benar pak. Bila memang tidak bisa mengubah alamat, bisa diinformasikan shopee ke saya. Saya diinfokan bisa mengubah alamat tetapi anehnya malah dikirim ke bangka belitung. Ini yang saya pertanyakan.

      1
      2
  • 2 September 2022 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Kekeliruan ini akibat dari costumer yang tidak konsisten dengan alamat pengiriman, akhirnya komplain di MK.

    1
    7
    • 2 September 2022 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Saya tanya shopee bisa diubah sehingga saya ubah. Bila memang tidak bisa, bisa diinfokan saat saya chat CS nya. Bukan mengiyakan.
      Terima kasih pendapatnya pak, yang super helpful.

      2
      1
  • 2 September 2022 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Mgkn paketnya butuh refreshing,jd jalan2 dulu sampe pangkal pinang trs baru ke jkt.itu jg syukur kl nyampe jkt…biasanya kl dah nyasar trs ilang arah ngga jelas kemana…makin keren aja dah ni so pie

  • 2 September 2022 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Sya jga prh kejadian kyk gini, sya dibekasi Utara trs order jeans dri seller shopee yg ada dibekasi timur…
    Setelah 2hri pas sya mapping pketan sya jln2 ke Semarang ?
    Hari ke 5 Bru smpe ke sya…mungking kang paket lelah hahaha

  • 3 September 2022 - (09:25 WIB)
    Permalink

    GPP itu, saya pernah beli barang dr kudus kirik ke boyolali, tp di aplikasi barang di Pontianak tapi selang beberapa jam barang sampai dirumah

  • 3 September 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Shopee emang aneh, paket saya pernah sudah sampai kota tujuan malah dikirim balik ke penjual tanpa upaya pengiriman ke alamat tujuan.

  • 3 September 2022 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Baru tau kalo bisa ganti alamat pemgiriman setelah checkout (bahkan untuk kasus penulis ini malah ganti alamatnya di keesokan harinya)

    Biasanya sih yang bisa diganti itu ekspedisinya, itupun kalau status paket masih belum berubah ke DIKIRIM alias selama masih disiapkan sama seller nya

    • 3 September 2022 - (17:26 WIB)
      Permalink

      Iya pak. Saya baca di shopee katanya bisa. Dan saya konfirmasi ke cs pun bisa. Sehingga saya ganti. Hanya saja kok pengiriman bukan ke alamat pertama atau kedua. Tapi ke pangkal pinang ?

      • 4 September 2022 - (09:31 WIB)
        Permalink

        Dan sampai sekarang belum keterima juga paketnya?

        Sudah koordinasi ke seller kah sebenarnya paket itu ditujukan kemana?

    • 3 September 2022 - (23:59 WIB)
      Permalink

      Bisa di ganti jga kalo alamat dengan catatan seller belum cetak resi + sebelum CO ada alamat lain, tapi tetap memperhatikan biaya ongkir setelah ganti alamat, ya kalo ongkir nya lebih mahal dr alamat saat CO ya gak bisa, misal CO 1 provinsi ongkir sekitar 10k yg di bayar tapi kalo ganti alamat beda provinsi dan bayar 20k ya jelas gak bisa

  • 3 September 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Kesalahan dari admin cs yg ga tahu persis disistemnya jika ada perubahan alamat setelah di order, kesalahan kdua (dan yg paling utama,) dari ekspedisi/kurir shopeenya, krn biarpun telat dirubah tapi yg dipakai mestinya alamat awal…..knp juga mesti jalan2 ke pangkal pinang???, Saya penasaran apakah pernah ada kasus yang sampai salah kirim ke luar negeri ga ya??? Inipun fix sistem mereka ga bagus dan amburadul

    • 3 September 2022 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Mungkin bisa untuk evaluasi kebijakan dan sistem lebih lanjut di shopee.

  • 3 September 2022 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Apakah paket cod ? Atau non cod ?

    Jika penggantian alamat ketika sudah muncul notif pesanan sedang di pickup jelas tdk bisa dilakukan , namun solusinya adalah ketika sudah delivering tinggal jangan di klik pesanan sudah diterima . Namun klik ajukan pengembalian barang .beres . Dana kembali jika non cod kalu cod ya otomatis nanti batal dgn sendirinya .ketika sudah sampai pesanan di pickup pun seller tdk bisa membatalkan karna barang sudah jalan

    • 3 September 2022 - (23:04 WIB)
      Permalink

      Belanja di Shopee malesin emang. Pernah beli barang, murah aja. Itu status pengiriman ga berubah2 selama seminggu dan dinyatakan hilang sama kurir. Eh besok ya datang paketnya. Jadi bayar manual transfer bank ke seller krna keburu refund

    • 4 September 2022 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Iya pak. Sudah si refund saja. Barang dikembalikan ke penjual. Semoga nggak nyasar lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Xpress?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Shopee Xpress Salah Kirim

oleh Wijaya dibaca dalam: 1 menit
32