Lagi-lagi Pembayaran Merchant QRIS Menggunakan ShopeePay, Status Berhasil tapi Uang Tidak Masuk

Halo pembaca, saya Christian Anelka. Pada tanggal 18 Agustus 2022, saya memiliki transaksi yang bermasalah. Saya melakukan 2 transaksi yang pembayarannya menggunakan merchant QRIS Mitra Bukalapak, Pelanggan 1 dengan nominal Rp1.999.998, nomor transaksi: AX07q10wAw7J (pukul 17:39) melalui pembayaran ShopeePay dan Pelanggan 2 dengan nominal Rp1.999.998 dengan nomor transaksi: AX07q10wAw84 (pukul 17:30) melalui pembayaran ShopeePay juga.

Status kedua transaksi tersebut di Shopee adalah berhasil. Akan tetapi status di merchant tempat pembayaran, hanya terdapat 1 transaksi pembayaran yang berhasil masuk, yaitu pembayaran Pelanggan 2.

Bisa dilihat dari gambar yang terdapat keterangan “GAMBAR 1” di tanggal 18 Agustus 2022 hanya terdapat 1 transaksi pembayaran saja, yang mana transaksi tersebut berasal dari Pelanggan 2 dengan Nomor Transaksi: AX07q10wAw84. Pembayaran dari Pelanggan 1 dengan Nomor Transaksi: AX07q10wAw7J belum masuk ke merchant tempat pembayaran.

Saya sudah melakukan aduan kepada Shopee tentang permasalahan tersebut. Jawaban yang diberikan oleh Shopee adalah untuk menunggu proses selama 18 hari terhitung tanggal 19 Agustus 2022. Sampai saat saya menulis surat ini pada tanggal 10 September 2022, berarti sudah 21 hari atau 3 hari melebihi batas waktu yang diberikan oleh Shopee.

Setelah saya follow up berkali kali, jawaban yang diberikan Shopee adalah untuk meminta mengajukan pengembalian dana ke pihak merchant Mitra Bukalapak. Lucunya, ketika saya melakukan aduan kepada Mitra Bukalapak terkait permasalahan tersebut, jawaban yang diberikan oleh Mitra Bukalapak adalah untuk meminta mengajukan pengembalian dana ke pihak Shopee. Di sini saya merasa hanya dilempar-lempar saja tidak diberikan solusi, uang pelanggan saya tidak kunjung kembali.

Jawaban yang diberikan oleh Shopee dan Mitra Bukalapak sangat tidak memuaskan. Saya sudah menunggu estimasi yang diberikan. Akan tetapi dengan tidak profesional pihak Shopee malah melanggar estimasi tersebut. Setiap saya meminta kejelasan melalui pesan chat bantuan di Shopee, jawaban yang diberikan tetap sama yakni disuruh untuk menunggu berhari-hari lagi. Apakah kinerja tim Shopee memang sebegitu tidak profesional? Begitu juga pihak Mitra Bukalapak, jawaban yang diberikan hanya “melempar-lempar bola” saja.

Dari kasus saya tersebut, dengan total dana senilai Rp1.999.998, pihak Shopee tidak profesional terhadap kasus yang menimpa saya. Saya menuntut pihak Shopee segera menyelesaikan masalah saya. Saya minta untuk cepat dan tidak bertele-tele.

Di sini saya sudah cukup sabar menunggu 18 hari untuk proses pengecekan dan lain-lain. Kenapa harus menunggu tambahan berhari-hari kembali? Saya sudah lelah dengan semua ini. Saya harap Shopee bisa segera menyelesaikan semua kasus ini. Di sisi lain, pihak Mitra Bukalapak selaku merchant tempat pembayaran, angkat tangan mengenai kasus ini dan menyalahkan pihak Shopee untuk penyelesaian masalah.

Christian Anelka Manik
Kota Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai QRIS ShopeePay:
[Total:22    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Perihal Lagi-lagi Pembayaran Merchant QRIS Menggunakan ShopeePay, Status Berhasil tapi Uang Tidak Masuk

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Lagi-lagi Pembayaran Merchant QRIS Menggunakan ShopeePay, Status Berhasil tapi Uang Tidak Masuk

  • 13 September 2022 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Numpang tanya krna penasaran :
    Beli d BL pakai shop**pay itu bisa to?
    Soalny beda marketplace..
    Cm tanya sih..

    • 13 September 2022 - (09:43 WIB)
      Permalink

      itu hanya pembayaran qris, pakenya mitra buka lapak.
      pembelian tidak melalui BL

  • 13 September 2022 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Di sini yang terlibat Shopee, Bukalapak, CIMB Niaga. Bayar pake ShopeePay untuk QRIS yang di-issue CIMB untuk merchant Bukalapak. Beginikah kronologisnya? Ruwet juga ini nggak tahu di mana, tapi baru CIMB yang merespon sejauh ini. Kalau problem di Bukalapak ya wajar udah terkenal banget masalah.

    • 14 September 2022 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Betul bang. Entah di pihak mana problem nya, soalnya tiap pihak saling melempar tanggung jawab.

    • 14 September 2022 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Apakah ini Gestun?
      2 transaksi dalam jam dan menit yg sama dengan nominal sama dengan pelanggan yg berbeda (menurut pengakuan TS).
      Transaksi dg menit yang sama, nominal sama dan akun yg sama memang rentan bermasalah
      (Tapi kan kata Ts ini beda pelanggan ya,artinya beda akun)

  • 13 September 2022 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan akun anda sudah terhack bjorka untuk mengalihkan isu yg sesungguhnya 😁 naik naik ke ouncak gunung 😅

  • 13 September 2022 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga lelah setiap buka google ada MK disitu ada shopee bermasalah🙃katakan tidak pada shopee ⭐ PM

  • 15 September 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Pihak shopee kalau ada kendala itu tidak bisa memberikan solusi yang terbaik. Saya juga pernah kecewa beberapa kali dengan shopee bukan hanya 1 kali saja.

  • 17 September 2022 - (12:38 WIB)
    Permalink

    [UPDATE CASE]
    Hingga hari ini, tanggal 17 September 2022 belum ada titik terang dari pihak Shopee. Terbilang sudah 7 hari dari saya penulisan artikel yaitu tanggal 10 September 2022, aksi yang diberikan oleh pihak Shopee sangat lambat.

  • 19 September 2022 - (12:55 WIB)
    Permalink

    [UPDATE CASE]
    Hingga hari ini, tanggal 19 September 2022 dari pihak shopee hanya menyuruh menunggu dikarenakan diperlukan waktu lagi untuk pengecekan.
    Mundur terus mundur terus sudah ke 1 milyar kalinya saya diminta untuk menunggu.

  • 21 September 2022 - (08:31 WIB)
    Permalink

    [Update Case]
    Pada hari ini tanggal 21 September 2022, saldo masih belum dikembalikan ke shopeepay saya. Padahal beberapa hari sebelumnya saya diminta untuk melakukan verifikasi identitas dan menambahkan rekening bank. Sudah saya lakukan, namun yang saya dapatkan hanya pesan untuk menunggu lebih lama.

  • 22 September 2022 - (09:17 WIB)
    Permalink

    [Updata Case]
    Akhirnya setelah perjuangan selama 35 hari, drama ini resmi tamat saldo sudah kembali. Puji Tuhan.
    Semoga kedepannya tidak ada drama seperti ini lagi. Amin

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS ShopeePay?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Lagi-lagi Pembayaran Merchant QRIS Menggunakan ShopeePay, Status Berha…

oleh Christian Anelka dibaca dalam: 2 menit
18