Pembatalan Cashback Tokopedia Tanpa Alasan dan Bukti Jelas untuk Kesekian Kalinya

Sebelumnya saya berterima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat keluahan saya ini.

Yang menjadi keluhan saya saat ini adalah Tokopedia dengan seenaknya membatalkan kupon cashback tanpa bukti sama sekali. Pembatalan cashback ini bukan pertama kali menimpa saya, dan yang terakhir adalah invoice nomor INV/20220908/MPL/2639767530.

Sebelum-sebelumnya saya malas komplain ke Media Konsumen, saya anggap sial aja, tetapi lama-kelamaan gregetan juga meskipun sebenarnya nilainya tidak seberapa.

Kompain ke Tokopedia Care seperti biasa jawaban copas bla bla bla…… dan saya dianggap tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan yang berlaku yaitu adanya penggunaan promo melebihi limit promo per orang atau adanya kesamaan identitas dengan pembeli lain.

Melebihi limit promo? Jelas tidak bisa, sudah dibatasi di aplikasi Toped, tidak mungkin saya bisa makai promo melebihi limit. Dan jelas-jelas saya hanya punya satu akun, orang serumah saya pastikan tidak ada yang belanja di Tokopedia bahkan orang serumah tidak ada yang belanja di market place manapun.

Dan Tokopedia Care menyarankan: “harap lebih selektif memilih toko tujuan transaksi agar tidak terjadi kendala serupa.”

LHO??!!?? Menyeleksi toko tujuan itu tugas sistem Tokopedia, pembeli mana bisa mengkases history penjual dan tahu toko tersebut bisa bikin cashback batal atau tidak?

Seperti biasa ketika saya meminta bukti pelanggaran saya, jurus jawaban copas yang tidak jelas yang saya terima dan laporan ditutup tanpa jawaban akhir.

Semoga melalui keluhan ini ada tanggapan dan perbaikan sistem ke depannya di Tokopedia.

Terima kasih.

Tatang Mulyawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:26    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Pembatalan Cashback Tokopedia Tanpa Alasan dan Bukti Jelas untuk Kesekian Kalinya

    • 16 September 2022 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah mengalami pembatalan cashback sebesar Rp 96.000
      Biasanya kalau pengiriman ke alamat Saya, ga pernah masalah dengan cashback. Waktu itu alamat pengiriman beda, karena pesanan teman jadi saya kirim ke alamat rumahnya langsung. Eh malah ga dapat Cashback.

      Ya sudah belum beruntung, tapi sedikit kecewa. Kalau tahu begitu mending di kirim ke alamat Saya az, baru nanti dikasih ke teman barangnya 😅

      • 16 September 2022 - (12:33 WIB)
        Permalink

        Saya paham hal tersebut, saya melakukan kiriman ke satu alamat, alamat rumah, termasuk cashback yang dibatalkan ini.

      • 16 September 2022 - (21:31 WIB)
        Permalink

        Terima kasih infonya, sering dan mungkin puluhan kali Orang pesan lewat akun Saya, dan alamat tetap pake alamat Saya, Alhamdulillah cashback puluhan kali gak ada masalah, langsung masuk begitu transaksi selesai…
        Bahkan kalau saya pesankan teman, dan suruh dia bayar sendiri ke Indomaret, transaksi selesai cashback langsung masuk.

      • 16 September 2022 - (17:33 WIB)
        Permalink

        Saya juga wkwk saya pengguna baru di tokopedia. Bukan sengana mendownload untuk dapat pengguna baru yah.. tapi kebetulan mau beli suatu barang di tokped. Sebelum beli, di beranda muncul kan promo “traktir pengguna baru” dengan syarat pembelian pertama dan khusus pengguna baru terus bisa beli barang dengan harga Rp.0
        Saya cobalah traktir pengguna baru co d

        • 16 September 2022 - (17:35 WIB)
          Permalink

          Di co, eh malah di batalkan tapi gak apa lah pikirnya yahana ada orang jual Rp. 0 yah rugilah
          Terus transaksi pulsa dengan voucer diskon 12 rb tapi sama aja di batalkan. Terus masih masa bodo. Saya co lagi barang yang saya beli ada voucer cashback eh sama juga di batalin wkwkwk jadi yah gitu deh

  • 15 September 2022 - (20:45 WIB)
    Permalink

    Menurut screenshot dari Tokped Care, kemungkinan sistem mendeteksi ada pelanggan S&K dari transaksi yang Anda lakukan. Diduga, toko tempat Anda melakukan transaksi adalah toko yang berafiliasi dengan Anda atau terindikasi fraud sehingga cashback dibatalkan. Dan, Tokped tidak mau memberikan detail pelanggaran yang Anda lakukan!

    Lain kali coba pilih produk, toko lain atau official store untuk melakukan transaksi. Jangan berharap cashback jika transaksi tidak sesuai S&K.

  • 15 September 2022 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Saya pastikan saya tidak berafiliasi dengan toko tersebut, toko tersebut di Jawa Tengah dan saya ada di Jawa Timur.
    Saya cek hitory saya, saya terakhir beli di toko tersebut Januari lalu.
    Kalau memang dianggap fraud bisa saya simpulkan ini kelemahan sistem pendeteksi fraud toped plus kemalasan customer care dan tim terkait untuk memeriksa dengan benar komplain pengguna jasa mereka.

    3
    1
  • 16 September 2022 - (12:35 WIB)
    Permalink

    apakah anda pernah membayar / dibayari pesanan di tokped via pembayaran yang sama demgan akun tokped lain? misal teman anda ingin pesanannya dibayarin sama kamu, trus kamu bayarin pake virtual account bank kamu? atau sebaliknya, kamu minta temen kamu bayarin pesanan di tokped. kalo iya, system anggap kamu dan temen kamu satu orang yg sama. ketika temenmu udah pake voucher itu duluan, kamu yg terakhir pake ga bakalan dpt cashback

  • 16 September 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Setelah mengirimkan keluhan di Media Konsumen ini saya iseng mencoba membeli barang di toko yang sama dengan toko pembelian yang kupon cashbacknya dibatalkan ini.

    Hari ini barang telah saya terima dan saya konfirmasi, bagaimana dengan cashback saya?

    Hahaha…………. silahkan ditebak!

    • 16 September 2022 - (19:01 WIB)
      Permalink

      Pasti Cashback nya cair yaa.. Congratulations 🎉🥳👏

      1
      1
        • 17 September 2022 - (05:23 WIB)
          Permalink

          Wahh saya juga sudah berkali-kali seperti itu, cashback di batalkan, padahal tidak merasa ada indikasi seperti yg di sebutkan cs,akhirnya saya uninstall tokped,sudah tidak ramah bagi ibu-ibu pemburu cashback 😆

  • 17 September 2022 - (06:56 WIB)
    Permalink

    S&K M point 9 bunyinya apa ya? Saya sudah pakai cashback puluhan kali tidak ada masalah.

  • 17 September 2022 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Katanya sih MP terbaik di Indo, tempat kerja terbaik di Asia Tenggara atau Asia Pasifik yah
    Tapi kalo suda cashback, promo, ada ja alasan nya
    Ya iyalah promo harga murah, barang gak dikirim
    Promo cashback, orang sudah beli baru di keluarin pasal2 nya
    Semua itu hanya ada di TIKOH-PEDIA

  • 17 September 2022 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Ini pesan pembatalan cashback via email yang saya terima:

    Pesanan kamu dengan nomor invoice INV/20220908/MPL/2639767530 tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan yang berlaku yaitu adanya penggunaan promo melebihi limit promo per orang atau adanya kesamaan identitas dengan pembeli lain. Tokopedia berhak membatalkan benefit promo sesuai Syarat dan Ketentuan pada poin M pada halaman ini.

    “penggunaan promo melebihi limit promo”: tidak mungkin terjadi, sudah dibatasi aplikasi

    “adanya kesamaan identitas dengan pembeli lain.”: tidak bisa dibuktikan, dan saya SATU-SATUNYA yang belanja di toped di rumah.

  • 17 September 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Setelah mengirimkan keluhan di Media Konsumen ini saya iseng mencoba membeli barang di toko yang sama dengan toko pembelian yang kupon cashbacknya dibatalkan ini.

    Dan cashback saya DIBATALKAN LAGI.
    Tetapi pembelian saya ke toko lain lancar jaya terima cashback, baik official store maupun non official store.

    Jadi kecurigaan saya benar:
    Seller yang bermasalah sehingga cashback pembeli dibatalkan.
    Kemungkinan seller main dropship pakai kupon cashback dengan cara curang pada pembelian saya sebelumnya ke seller tersebut.

    Caranya: saya order 10, dikirim normal 3 oleh seller
    sisanya yang 7 dikirim dg cara order pakai akun seller sendiri tetapi nama dan alamat pengiriman adalah nama dan alamat saya, pakai kupon cashback.

    Sehingga terdeteksi 2 akun beli pakai nama dan alamat saya, dan saya yang harus menanggung pembatalan cashback karena kecurangan orang lain.

    Ini kelemahan sistem toped, yang merugikan pengguna jujur, dan ditambah CS dan tim terkait yang malas menangani komplain, dianggap semua yang komplain pasti curang.

    posisi pengguna jasa MP sangat lemah, MP boleh semena-mena berlindung pasala S&K berlaku.

  • 17 September 2022 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Terlalu sering kasus kayak gini di Tokopedia. Kalo saya kasusnya keluarga yang serumah dengan saya membeli barang di Tokopedia, yang saya dapat cashback yang 1nya lagi ngga, dibilangnya kesamaan identitas. Apa yang dimaksud adalah alamat yang sama atau gimana? Apa ga boleh dalam 1 alamat rumah memiliki lebih dari 1 akun? Udah gitu sekarang cashback ga kayak dulu sampe 5% bahkan sekelas akun diamond cuma dapet 4% itupun harus mecahin telor ber jam-jam. Im sorry akhirnya saya pindah ke Shopee, dia ada peringatannya sebelum transaksi, artinya jika ada pelanggaran ya ga usah diteruskan transaksinya. 2 market place ini diibaratkan mirip antara polisi yang lagi razia, yang Shopee sebelum masuk jalur terlarang udah dijaga ga boleh masuk sedangkan Tokopedia polisinya nunggu diujung, begitu kendaraan masuk baru ditangkap (asumsinya para pengendara belum / tidak mengetahui bahwa itu jalur hanya boleh dilewati kendaraan khusus). Suka yang mana?

  • 18 September 2022 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Ternyata dugaan saya benar, seller memang yang bermasalah.
    Ulasan beberapa pembeli lain di toko tersebut mengalami hal yang sama dengan yang saya alami, beli barang tapi cashback dibatalkan.

    Jadi di tokopedia jika penjual yang bermasalah maka pembeli harus menanggung pembatalan cashback, dan tinggal berlindung pada S&K berlaku.
    Hahaa…….. sistem yang sangat bagus.

    FYI, sampai saat ini pihak toped tidak peduli, tidak ada tanggapan, tidak ada DM, tidak menghubungi, tidak ada apapun.

 Apa Komentar Anda?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Cashback Tokopedia Tanpa Alasan dan Bukti Jelas untuk Kesek…

oleh Tatang dibaca dalam: 1 menit
22