Proses Retur dan Klaim Refund SiCepat Sangat Lama

Paket #1
  • Nomor resi: 003064940733
  • Barang: Sodium Benzoat 1 Kg
  • Status barang: Retur

Kronologinya, barang dikirim tanggal 14 Juli 2022, menggunakan kurir SiCepat, layanannya reguler dengan tujuan Sukoharjo, Jawa Tengah. Barang dinyatakan retur pada tanggal 26 Juli 2022. Namun dari tanggal 26 Juli 2022, barang belum saya terima sampai detik saya membuat artikel ini yaitu 25 September 2022.

Saya sudah follow up ke CS SiCepat sebanyak 7x. Dari pihak SiCepat selalu bilang akan dilakukan pengecekan dari pihak tim kami. Namun yang membuat saya heran, setiap kali saya tanya CS keberadaan paket saya, mereka selalu bilang di warehouse Sukoharjo. Kemudian saya telepon CS pada hari berbeda, selanjutnya CS-nya menjawab sudah ada di Karang Tengah. Jadi selalu berbeda informasinya.

Saya selaku penjual merasa sangat dirugikan oleh pihak kurir ini. Selain dari barang yang tidak bisa dijual lagi oleh saya, pihak CS tidak menawarkan proses refund ke saya. Saya selalu disuruh menunggu 2×24 jam. Barangnya merupakan produk pengawet kue. Walaupun awet, tapi saya tidak tahu kondisi barang tersebut apakah sudah terkontaminasi udara apa belum, apalagi sudah mengendap di gudang selama 2 bulan.

Seharusnya dari pihak SiCepat dengan sigap menempuh proses refund. Namun sampai waktu telepon ke CS yang ketujuh, belum ada jawaban pasti dari pihak SiCepat, selalu jawaban mereka akan dilakukan pengecekan.

Paket #2
  • Nomor resi: TKP01-PU105PL
  • Barang: Micin 2 Kg
  • Status barang: Refund

Kronologinya, barang dikirim tanggal 4 Agustus 2022 menggunakan kurir SiCepat, layanannya reguler dengan tujuan Depok, Jawa Barat. Barang dinyatakan hilang pada tanggal 12 Agustus 2022. Lalu saya menghubungi pihak Tokopedia Care dan sudah melengkapi semua bukti tambahan seperti bukti invoice, foto pengemasan produk, foto penyerahan produk ke kurir. Semua sudah saya lakukan pada tanggal 15 September 2022.

Lalu saya inisiatif bertanya ke CS SiCepat, dan mereka menyatakan belum menerima “list bulky“. Di sini mungkin bukti tambahan dari pihak Tokopedia. Lalu saya tanya ke Tokopedia Care lagi, dan mereka menyatakan sudah melakukan follow up secara berkala ke pihak kurir. Saya merasa sangat dirugikan karena proses refund-nya lama sekali. Ini sudah seminggu lebih dari saya selesai melengkapi bukti tambahan segala macam untuk klaim refund.

Kritik untuk pihak SiCepat, mohon tidak mempersulit penjual. Di sini saya sudah sangat amat kecewa dengan kurir ini. Di samping saya harus melakukan follow up berulang-ulang kali, saya sudah rugi biaya telepon. Di sini saya penjual yang membutuhkan perputaran uang yang cepat. Namun pihak kurir ini sangat lamban dalam mengurus proses retur dan refund.

Andreas Budisetianto
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia:
[Total:4    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Andreas Budisetianto

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Frandi Prameiditya dengan judul “Proses Retur dan Klaim Refund SiCepat Sangat Lama” pada tanggal...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Proses Retur dan Klaim Refund SiCepat Sangat Lama

oleh Andreas dibaca dalam: 2 menit
0