Pembayaran Tagihan Bermasalah, Dua Kali Bayar untuk Tagihan Satu Bulan

Saya Wahyu Tri Cahyono, ingin menyampaikan keluhan masalah saya terkait layanan BRI Ceria. Sebagaimana nasabah lainnya (yang ternyata di mediakonsumen.com ini lumayan banyak keluhan masalah terkait layanan BRI Ceria), sebenarnya malas sekali membawa-bawa masalah ini ke publik. Namun saya pikir tidak ada salahnya menyampaikan keluhan ini agar “lebih cepat ditindaklanjuti”, dan faktanya beberapa kasus lebih cepat ditangani setelah dipublikasi.

Tentunya saya tidak bermaksud menjatuhkan nama baik BRI, melainkan agar pihak BRI sebagai penyedia layanan Ceria semakin lebih baik ke depannya. Dengan jujur saya mengakui bahwa saya pribadi sangat terbantu dengan adanya layanan BRI Ceria ini.

Kronologi masalah saya adalah sebagai berikut:

  • Pada bulan Agustus 2022 saya memiliki tagihan sebesar Rp1.083.905 (bukti tampilan aplikasi Ceria terlampir).
  • Pada tanggal 15 Agustus 2022, saya melakukan pembayaran tagihan melalui BCA Mobile (BCA atas nama istri saya) ke akun BRIVA Ceria saya. Saat itu memang status PENDING, tapi besoknya saya cek mutasi transfer melalui aplikasi BCA Mobile, transaksi sudah berhasil (bukti cetak mutasi BCA terlampir). Rekening BCA ini atas nama istri saya, tapi saya yang memakainya operasional sehari-hari, dan nomor yang terdaftar di BCA Mobile pun dengan nomor HP saya.
  • Namun tagihan Ceria masih menunjukkan bahwa tagihan belum dilunasi. Karena hal ini, saya meminta istri saya menghubungi HaloBCA tanggal 17 Agustus 2022. Dari CS HaloBCA, diberi waktu proses hingga 7 hari (kalau tidak salah ingat).
  • Tanggal 23 Agustus 2022, istri saya menerima email dari HaloBCA dan menyatakan bahwa transaksi telah berhasil dan sukses tanggal 15 Agustus 2022.
  • Tagihan Ceria masih berjalan hingga lewat batas waktu tanggal 25 Agustus, dan bahkan CS Ceria menelepon untuk mengingatkan tagihan Ceria yang harus dilunasi. Saya sudah menyampaikan masalah saya di atas kepada CS tersebut. Karena melewati masa debet otomatis, maka rekening saya yang tinggal kurang lebih Rp30 ribuan, terpotong sejumlah tagihan Ceria sehingga menjadi minus – Rp1.056.058 (bukti tampilan BRIMo terlampir)
  • Tanggal 30 Agustus 2022, saya dan istri mendatangi bank BCA terdekat, menyampaikan masalah saya, dan jawaban yang sama dengan email yang dikirim tanggal 23 Agustus bahwa transfer ke nomor rekening BRIVA Ceria saya telah berhasil dan sukses tanggal 15 Agustus 2022.
  • Dari BCA, saya bermaksud mengadukan masalah ini ke BRI terdekat. Namun oleh satpam diinfokan bahwa petugas yang biasa melayani Ceria, saat itu sedang tidak bertugas di KCP BRI yang saya tuju. Satpam juga tidak bisa memastikan kapan petugas itu datang. Beliau menyarankan saya untuk menghubungi 14017 call center BRI.
  • Keluar dari Bank BRI tersebut (30 Agustus 2022), saya melakukan setoran tunai untuk biaya pendidikan anak saya sebesar Rp2.400.000 melalui mesin setoran tunai di KCP BRI yang saya datangi tadi. Saya lupa kalau ATM BRI yang biasa saya pakai itu terhubung ke BRIVA Ceria, dan minus – Rp1.056.058. Sehingga berkuranglah setoran tunai tadi yang awalnya Rp2.400.000, menjadi dikurangi Rp1.056.058 (bukti terlampir).
  • Atas insiden itu, saya buru-buru mengecek akun Ceria, dan ternyata tagihan sebesar Rp1.083.905 masih aktif, dan berwarna merah (artinya belum lunas). Jelas hal ini membuat saya panik untuk kedua kalinya.
  • Sampai di rumah, masih tanggal 30 Agustus 2022, saya menghubungi 14017 menyampaikan keluhan saya yang membayar dobel, tapi status tagihan masih aktif juga. Oleh CS saya diberi ID Laporan 41****39. Belakangan saat saya konfirmasi progres ID laporan tersebut, ternyata bukan atas nama saya. Saya maklum, mungkin saya salah mencatat nomor ID laporan yang diberikan CS BRI 14017. Oleh CS saya diberi waktu tunggu 20 hari.
  • Setelah selesai menelepon CS, beberapa menit kemudian saya cek lagi tagihan Ceria. Alhamdulillah, tagihan sudah dinyatakan lunas, dengan auto debit tanggal 30 Agustus 2022. Jadi pelunasan tagihan bulan Agustus 2022 sebesar Rp1.083.905 karena auto debit tanggal 30 Agustus 2022, bukan pembayaran tanggal 15 Agustus 2022 melalui bank BCA (bukti tanggal pelunasan dari aplikasi Ceria terlampir).
  • Tanggal 25 September 2022, saya menanyakan progres ID laporan saya 41****39, yang ternyata bukan atas nama saya. Namun, oleh CS mungkin dicek laporan atas nama saya, dan ditemukan bahwa laporan atas nama Wahyu Tri Cahyono adalah “Pemblokiran ATM”. Saya mengatakan ke CS bahwa itu bukan masalah yang saya keluhkan, melainkan pembayaran untuk tagihan bulan Agustus sebesar Rp1.083.905 yang sudah saya bayarkan tanggal 15 Agustus 2022. Akhirnya dibuatkanlah lagi ID laporan 42****71 dan diberi waktu tunggu 20 hari (lagi).

Akhirnya saya memutuskan untuk menyampaikan keluhan saya di medikonsumen.com ini dengan harapan supaya cepat terselesaikan. Uang sejumlah itu mungkin kecil, tapi sangat berarti buat saya.

Seperti biasanya, saya selalu membayar lebih awal tagihan Ceria melalui akun BRIVA Ceria. Bulan September juga sudah dilunasi lewat bank lainnya. Khawatir kalau memakai BCA akan bermasalah lagi (padahal bulan-bulan sebelum Agustus, BCA ke BRIVA BRI aman-aman saja). Yah, mungkin sedang apes saja.

Mohon info, apakah Ceria Customer Statement tidak dikirim setiap bulan secara otomatis? Karena beberapa bulan saya tidak menemukannya di email saya. Saat saya meminta dikirim Ceria Customer Statement lewat email callbri@bri.co.id, tidak pernah ada balasan.

Terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.

Wahyu Tri Cahyono
Depok, Jawa Barat


Update (10 Oktober 2022): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Wahyu Tri Cahyono

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Pembayaran Tagihan Bermasalah, Dua Kali Bayar untuk Tagihan Satu Bulan

    • 29 September 2022 - (06:57 WIB)
      Permalink

      Ruwet sih memang bri ceria ini sering menjebak, masalah angsuran apa yg tertera di awal itu blm pasti pas mau bayar tagihan angka nya pasti berubah, saya sendiri pun pernah mengalami ribet nya. Sampe saya ga akan bayar kalau angsuran gak sesuai perjanjian awal. Baru deh di rubah tuh jadi ga gde bgt bunganya. Ini aplikasi sekelas bri kok gini banget ya amatiran kalau di ceritain bnyk saya kekecewaan terhadap bri ceria, kalau angsuran saya sudah selesai saya sudah niat uninstall bri ceria ini

  • 28 September 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Biasanya cepat selesai masalahnya kalo sudah muncul di MK. Sudah banyak keluhan ttg Ceria BRI di MK. Smg ada pembenahan serius di sistem dan SDM Ceria BRI.

    • 29 September 2022 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Benar sekali dugaan Anda, bang. Tak berselang lama setelah postingan tampil, saya dihubungi pihak bank terkait. Tapi saya anggap sebagai hal yang positif. Tapi lebih baik lagi kalau respon yang sama diberikan saat awal-awal nasabah menyampaikan masalahnya ke pihak bank, tanpa melibatkan pihak luar. Itu excellent service.

    • 30 September 2022 - (12:47 WIB)
      Permalink

      Ya tiap tahun bank pelat merah disubsidi sama mbak sri triliun ruppiah katanya rugi kalau bank rugi ditutup geh uang triliuan itu bisa untuk pendidikan gratis bpjs gratis minyak gratis capek deh gitu

  • 29 September 2022 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Simplenya sisain saldo di BRI sejumlah tagihan biar potong otomatis , gaperlu pake briva… dkawatirkan kjadian gitu lg.

    Smoga cepet selesai masalahnya pak.

    • 29 September 2022 - (12:33 WIB)
      Permalink

      Iya … pikir saya lebih baik membayar tagihan di awal, sebelum jatuh tempo. Dan, sebelumnya tidak ada masalah dengan pembayaran ke akun BRIVA CERIA lewat bank BCA, selalu lancar.
      Tapi, mungkin bisa dicoba sarannya utk meninggalkan saldo di rekening BRI supaya bisa debet otomatis.
      Terima kasih.

    • 30 September 2022 - (12:53 WIB)
      Permalink

      Ya ya pake BC# aja gak ribet admin bulanan sama saja malahan bank ini selalu mengklaim untung bertriun2 kok bisa ya.

  • 29 September 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Terima kasih saya sampaikan kepada mediakonsumen.com yang telah menjembatani keluhan saya kepada pihak-pihak terkait.
    Dengan terbitnya postingan saya ini di mediakonsumen.com, saya telah dihubungi oleh pihak BRI dan juga pihak BCA. Pihak BCA dan BRI segera memfollow-up keluhan saya sehingga insya Allah masalah saya bisa segera terselesaikan.
    Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak BRI dan BCA atas respon positifnya.
    Harapannya, semoga kasus-kasus seperti ini tidak sering terulang.
    Salam.

  • 5 Oktober 2022 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Salam
    Melalui mediakonsumen.com ini, saya menyatakan bahwa permasalahan yang dipublikasikan dengan judul “Pembayaran Tagihan Bermasalah, Dua Kali Bayar untuk Tagihan Satu Bulan ” tanggal 28 September 2022 telah selesai dengan baik. Pihak bank, dalam hal ini bank BRI, telah mengembalikan dana sebesar Rp. 1.083.905 ke rekening BRI atas nama Wahyu Tri Cahyono (saya sendiri).
    Terima kasih saya ucapkan khususnya kepada mediakonsumen.com yang telah membantu mempercepat penyelesaian masalah ini, kepada pihak bank BRI yang telah merespon dengan baik dan cepat, dan juga bank BCA yang ikut memantau perkembangan masalah ini.

    Terima kasih juga kepada para responden atas saran dan masukannya.
    Sukses semuanya….

  • 22 Oktober 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    saya jg mengalami persis ,, tgl 18.10.22 sdh byar di loket pembayaran online(ada bukti byar ny),lah kok tgl 20.10.22 di rekening ada potongan auto debet buat byr tagihan ceria,, nunggu hari senin mau ke kntor bri,buat komplain,,,

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Ceria?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Tagihan Bermasalah, Dua Kali Bayar untuk Tagihan Satu Bulan…

oleh Wahyu Tri Cahyono dibaca dalam: 3 menit
13