Ada Transaksi Offline SPaylater ke Merchant di Surabaya, Padahal Posisi Saya Sedang di Bogor

Salam.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat pembaca ini. Saya adalah pengguna Shopee sebagai pembeli, pengguna Paylater dan SPinjam

Saya menemukan history pembelian dan pembayaran di akun Shopee saya, namun hal tsb tidak saya ketahui dan tidak pernah saya lakukan.

  • Pembelian pulsa ke no 0895337711181 pada tanggal 2 Oktober, sekitar jam 4 pagi sebanyak 3X dengan nominal Rp. 500.000-, Rp. 500.000,- dan Rp. 300.000, (transaksi tsb status pembayarannya gagal)
  • Pembayaran merchant ke “mkg 315 crk” sebanyak 3X pada tanggal 4 Oktober dengan nominal masing2 Rp. 2.000.000,- (transaksi tsb status pembayarannya gagal)
  • Pembayaran merchant Adua Service Surabaya Utara pada tanggal 4 Oktober jam 12.54 sebesar Rp. 2.000.000 (status berhasil) dan saat ini ditagihkan ke tagihan paylater akun saya
    – kode pinjaman 1688454351748649986
    – kode pesanan 4778598019838403173

Pada tanggal 6 Oktober, setelah saya menemukan histori pembelian dan pembayaran yang tidak saya ketahui tadi, segera saya hubungi CS melalui fitur chat, namun belum ada solusi, CS hanya menginformasikan bahwa transaksi tsb sesuai dan sudah berhasil.

Informasi yang disampaikan oleh CS bahwa transaksi tsb dilakukan secara offline di merchant Adua Service Surabaya Utara. Saya tidak tahu toko/merchant tsb, apakah berlokasi di Surabaya Utara, dan posisi saya pada tanggal 4, pada saat transaksi tsb hingga saat ini sedang berada di Bogor.

Pertanyaan saya belum direspon hingga saat ini, bagaimana bisa ada transaksi padahal saya tidak pernah melakukan transaksi tsb dan pada tanggal tersebut tidak pernah ada call, SMS, dan OTP apapun yang masuk namun bisa terjadi transaksi dan ditagihkan.

Agung Nugraha
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:43    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Ada Transaksi Offline SPaylater ke Merchant di Surabaya, Padahal Posisi Saya Sedang di Bogor

  • 8 Oktober 2022 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Risiko PayLater, mudah disalahgunakan. Kartu kredit saja gampang di-abuse, apalagi PayLater yang proteksi ke nasabah kurang. Nggak cuma Shopee (memang ini sering ada komplain), tapi PayLater yang lain juga begitu. Better stay away from PayLater.

    9
    4
    • 8 Oktober 2022 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Untuk pembayaran dengan SPaylater memang gak pake notif berupa SMS atau OTP, tapi menggunakan PIN. Tanpa PIN tentu gak bisa bayar pake SPaylater.

      Disamping itu, untuk bisa menggunakan SPaylater harus log-in ke akun Shopee. Tentunya untuk bisa log-in harus tahu password, nomor hp atau email bukan? Saya pikir tidak semudah itu orang lain bisa menggunakan akun Shopee orang lain dan melakukan transaksi menggunakan SPaylater tanpa tahu password, nomor HP atau email.

      Tanpa maksud menuduh, semua bisa terjadi untuk lepas dari tanggung jawab. Untuk itu, Anda perlu melapor ke pihak berwajib untuk membuktikan komplain Anda di MK ini. Jangan sampai MK ini jadi tempat pembenaran terhadap tindakan kecurangan.

      23
      3
      • 8 Oktober 2022 - (17:24 WIB)
        Permalink

        Nuduh sih nggak gan, tapi setelah ane baca komenan nya ko kayak menggiring opini seolah2 TS mau lepas tanggung jawab.

        Simple nya gini deh, kalo emang mau lepas tanggung jawab ngapain posting di surat pembaca? berani amat ambil resiko.

        Hati2 kalo nimbrungin ah..

        12
        1
      • 8 Oktober 2022 - (19:34 WIB)
        Permalink

        Kejadian gini udah banyak mas, hacker itu udah banyak yg jago, skrg yang jelas bagaimana tanggapan shopee terkait kejadian ini jangan di sepelekan.

        4
        3
    • 8 Oktober 2022 - (22:49 WIB)
      Permalink

      Saya yakin bangett ini ulah pegawai shoppe yang pada diphk dya tau email data kalian para pengguna shoppepaylater makanya dya bikin Ulah Dibeliin pulsa atau makanan udah ketahuan bangett harusnya diviralin Laporan ini Mediakosumen Bertindak dongg jangan diam aja Lapor polisi Masalahnya maling pada ketawa nasabahnya Kesusahan

      4
      2
  • 8 Oktober 2022 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Mau paylater bahaya atau ngga, balik lagi ke keamanan data pelanggan. Kalo gini jadinya ada pihak yang dirugikan dan keterlaluan sekali kalo pihak yang menyediakan paylater tidak bisa berbuat apa apa. Masa konsumennya dibiarkan “kecopetan” di aplikasinya sendiri?

    Sistem keamanannya yang harus ditingkatkan oleh shopee dan bertanggung jawab atas celah akses paylater yang digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    7
    1
    • 8 Oktober 2022 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Bulan September jg banyak yg kebobolan,shopee sering makany spaylater aku di nonaktifkan ngeri

  • 8 Oktober 2022 - (18:36 WIB)
    Permalink

    1.datangi tokonya,tanyakan,cek cctv,laporkan,pidanakan.
    2.Lacak nomornya,Laporkan, Pidanakan.

    • 8 Oktober 2022 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Tp klo saya baca dari treat diatas lokasinya jauh jg ya dri bogor ke sby. Tadipun saya iseng cek digoogle sepertinya tdk ada toko offlinenya. CMIIIW

  • 8 Oktober 2022 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Beberapa saran yang mungkin berguna (berguna bagi saya)
    1. Jangan instal aplikasi diluar playstore (terutama mod, aplikasi esek2 dll)
    2. Gunakan proteksi pada hp, cth antivirus premium, firewall dll
    3. Apabila sering mengakses dari laptop/pc juga gunakan keamanan berlapis
    4. Jangan ikutan survei ga jelas dengan iming2 voucher / cara phishing lainnya
    5. Ga usah ragu menutup telepon klo dirasa sudah mengarah ke penipuan, penipu skrg ga lgs tanya data pribadi,cth:
    Selamat pagi kita dari perusahaan bla bla bla mau menawarkan apresiasi kartu kredit virtual dengan limit 200jt (wow, lgs tergiur kan) dilanjutkan dengan.. posisi lg dimana pak? Kalo dijawab kota A dia akan tanya, alamat pengiriman surat pak? Lalu bapak sehat? Tahun ini genap berusia berapa? Usaha bagus pak? Bisnis apa dll.. tanpa terasa data kita lg dicuri
    6. Rajin mengganti password kalau dirasa tidak aman
    7. Ingat tagihan tdk mengenal saudara, jd bkn hanya kpd org tdk dikenal. Kepada saudara juga info pin dll tdk perlu diberitahu.

    Semoga bermanfaat

  • 8 Oktober 2022 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Itulah makanya saya gak mau mengaktifkan shopee paylater, karena takut kena kasus seperti anda.

  • 9 Oktober 2022 - (08:03 WIB)
    Permalink

    lu pake wifi gratisan bro?
    tau ada transaksi gagal kenapa ga langsung ganti pin sama email?
    klo transaksi offline disurabaya mah bisa jadi bayar lewat qrcode

  • 9 Oktober 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    TS harus bisa menunjukkan bukti-bukti bahwa bukan TS yang melakukan transaksi yang dipermasalahkan tersebut. Laporkan ke aparat hukum untuk nantinya bukti-bukti dari TS bisa dikonfrontir dengan bukti-bukti dari pihak marketplace.

    Yang dibutuhkan TS bukan cuma bukti digital lho ya, karena tidak bisa digunakan untuk membuktikan bahwa TS tidak melakukan transaksi SPaylater dengan akun yang sama dari hape lain. Itu hanya bisa dibuktikan lewat digital forensik kepolisian setelah pelaku diketahui dan hape lain tersebut disita.

  • 9 Oktober 2022 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Penulis surat MK diatas kok diam? Gak ada tanggapan sama sekali terhadap komentar dari pembaca MK.

    Sangat diragukan kalau SPaylater penulis dipakai dipakai pihak lain. Logikanya, kalau sistem marketplace lemah tentu sudah banyak akun pengguna lain yang jumlahnya puluhan juta akan dibobol semua. Apalagi untuk bisa menggunakan SPaylater harus pakai PIN. Kecuali password dan PIN diberikan kepada pihak lain untuk membobol akunnya sendiri.

    Sepakat dengan @Teguh Iman, penulis harus membuktikan kalau akunnya benar benar dibobol pihak lain, dengan cara membuat laporan kepada pihak berwajib untuk dilakukan penyelidikan. Tidak cukup hanya dengan membuat surat di MK, tapi harus dibuktikan secara fakta.

  • 10 Oktober 2022 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Pay later gak bisa pake rekening slain atas nama yg udah ter ferifikasi sesui KTP harus login akun pake pin bahkan kalau hp nya pake sidik jari wajib pake sidik jari hati² kalau nulis di MK kalau gak sesui dengan kenyataan apa lagi musuh nya sebesar shoppe Silaen naik ke OJK bunga nya naik trus tiap bulan yg lebih parah berakhir di penjara

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Ada Transaksi Offline SPaylater ke Merchant di Surabaya, Padahal Posis…

oleh Agung Nugraha dibaca dalam: 1 menit
23