Penambahan Tenor Pinjaman Indodana Akibat Terlambat Pembayaran

Pada tanggal 14 Juni saya melakukan pembelian handphone di Erafone Buaran dan disarankan menggunakan cicilan 0% Indodana sebesar Rp5.700.000 dan 125.000 untuk cermati protect dengan tenor 3 bulan dengan angsuran Rp 1.928.500/bulan dengan no kontrak TRX-0609MV dan berakhir bulan September 2022.

Saya memang ada keterlambatan pembayaran pada 2 bulan pertama, tapi sesuai dengan kontrak, saya pun membayar denda keterlambatan sesuai dengan yang diinformasikan oleh DC.

Saya jarang membuka aplikasi Indodana, jadi saat saya buka aplikasi Indodana saya terkejut melihat tenor pinjaman saya menjadi 4 kali cicilan. Saya menghubungi CS dan mengeluhkan masalah saya, dan dari CS diinformasikan bahwa penambahan tenor terjadi karena saya terlambat melakukan pembayaran. Tapi saya sampaikan juga bahwa saya tidak mengetahui peraturan itu karena tidak disampaikan oleh sales Indodana.

Kemudian saya disarankan untuk kembali ke Erafone dan menemui salesnya.Kemudian di Erafone saya mendapatkan nomer HP salesnya dan saya sudah menghubungi sales-nya via wa. Dan saya sampaikan bahwa saya tidak diinformasikan mengenai penambahan tenor jika ada keterlambatan pembayaran, sales tsb menjanjikan akan menghubungi cs Indodana. Tapi kemudian saya follow up selalu diabaikan.

Kemudian saya menghubungi CS sebanyak 2 kali dan terakhir pada tanggal 20 Oktober untuk meminta solusi dan jalan keluar mengenai masalah ini. Saya mencoba opsi apakah bisa direstrukturisasi? Cicilan 0% saya menjadi cicilan dengan bunga? Menurut CS karena ini sifatnya pengajuan akan coba diajukan dan nanti akan ada email dari Indodana, tapi sampai sekarang belum ada kelanjutannya.

Email terakhir saya 21 Oktober 2022 tetap dibalas Indodana dengan tetap penambahan tenor 1 bulan cicilan. Terus terang saya sangat keberatan dengan penambahan tenor ini, apalagi dengan cicilan saya yang cukup besar Rp 1.928.500.

Mohon Indodana dapat memberikan solusi untuk saya selaku debitur Indodana. Terima kasih.

Novida
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:40    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Indodana Atas Keluhan Bapak Novida

Terima kasih atas surat pembaca yang disampaikan oleh ibu Novida di Media Konsumen tanggal 22 Oktober 2022 dengan keluhan “Penambahan...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Penambahan Tenor Pinjaman Indodana Akibat Terlambat Pembayaran

    • 22 Oktober 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Ya kalau pengguna Indodana atau paylater paham semua S&K 0% ini sih kayanya enggak mau pake cicilan 0%, atau emang targetnya yang enggak suka baca atau kurang kritis pas ditawarin.

      • 27 Oktober 2022 - (06:03 WIB)
        Permalink

        Makanya hindari Riba, supaya hidup berkah. Jangan mau di imingi2 dgn segala mcm pinjaman dan kredit brg dgn proses mudah dan murah, krn ujung2nya bisa menjebak kita. Tahu sendiri riba adalah cara bisnis kaum yahudi.

    • 22 Oktober 2022 - (21:00 WIB)
      Permalink

      Sama nih nasib sama istri saya pake cicilan nol % pada bulan maret sebanyak 3x tennor . Telat angsuran ke 2 selama 1 hr denda 135rb di bulan april…pada pembayaran berikut di aplikasi telah tertera tennor 4..padahal tidak ada didalam perjanjian yg disetujui bersama.saya ada buktinya….sdh lapor pihak indodana tp cuek aja ya ud saya tungguin aja biar dateng kerumah buat nunjukin perjanjian. Ini lagi saya siapin bukti2 buat ngadu ke ojk….ada indikasi pènipuan

    • 22 Oktober 2022 - (21:25 WIB)
      Permalink

      Utk sekelas barang sekunder di usahakan jgn kredit apalagi pakai aplikasi pembiayaan ..

  • 22 Oktober 2022 - (15:38 WIB)
    Permalink

    Masih ingat kasus sebelumnya, beli sepatu basket 5 juta, terlambat bayar kena denda 1x cicilan, ngomel2 disini. Nah ini juga sama kasusnya 😀

  • 22 Oktober 2022 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Dimanapun promo cicilan 0% ya emg begitu,konsekwensinya telat bayar bakalan kena denda tambahan tenor 1 bln.pasti ada di S&K,TS baca gak itu,sales jarang buat jelasin itu.

  • 23 Oktober 2022 - (06:45 WIB)
    Permalink

    Maaf nih ya bang, setau saya, hampir semua paylatter yang ada promo bunga 0℅ biasanya ada s&k, salah satunya ya itu, kalau telat angsuran kena penalty 1x cicilan

  • 23 Oktober 2022 - (07:15 WIB)
    Permalink

    coba cek lg di syarat2 pengajuan, tp cek’y di syarat2 yg cicilan 0%, jgn disyarat2 yg cicilan standar, soal’y saya jg dikredivo bgtu, saya jg suka dpt tawaran promo bgtu, tp klo mau ambil cicilan 0% konsekuensi’y bila ada keterlambatan nmbh tenor’y, promo cicilan 0% biasa’y hanya berlaku di tenor 3 & 6 bln, krna saya ga bisa jamin bisa bayar tepat wkt akhirnya saya skip aja

  • 23 Oktober 2022 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Kredivo juga begitu.. promo 6bln cicilan 0% ada tulisannya telat bayar cicilan program promo hilang dan ditambah 1x cicilan plus harus dibayar sekaligus sisanya..

  • 24 Oktober 2022 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Kalo mo nyicil mending pake CC. Itu masa ud kena denda masih nambah tenor lg. Dan TS harusnya baca S&K nya dl jgn liat nol persen trus gak mikir2 lg

  • 25 Oktober 2022 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Permasalahan saya dengan indodana sudah dapat di selesaikan.Terima kasih media konsumen sebagai sarana untuk menuliskan keluhan dan mencari solusi untuk kedua belah pihak.

  • 27 Oktober 2022 - (04:10 WIB)
    Permalink

    Buat saran saya di galbay aja ,gak usah di bayar.
    Klu DC nagih gak usah di gubris…
    Pokoknya jangan di bayar…
    Dah sah n lunas…
    Masa bisa 2 kali tenornya….
    Intinya di galbay ,gak usah bayar…
    Bnagkrutkan pinjol….

  • 4 Desember 2022 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Saran baca sk dengan teliti jngan tergiur promonya aja..dan jngan telat bayar, kalaupun ga kena penalty nambah tenor kan kena denda juga nantinya

 Apa Komentar Anda?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Penambahan Tenor Pinjaman Indodana Akibat Terlambat Pembayaran

oleh Novida dibaca dalam: 1 menit
27