J&T Tidak Mau Ganti Rugi atas Hilangnya Paket dan Shopee Memberikan Kompensasi Tidak Sesuai dengan Nilai Barang Saya yang Hilang

J&T tidak mau ganti rugi atas hilangnya paket & Shopee memberikan kompensasi tidak sesuai dengan barang saya yang hilang

J&T tidak mau ganti rugi atas hilangnya paket & Shopee memberikan kompensasi tidak sesuai dengan barang saya yang hilang. Saya penjual di Shopee, baru kali ini kecewa dengan Shopee & pihak J&T. Pada tanggal 3 Oktober 2022 barang saya kirimkan ke pembeli hilang di J&T. Saya kirim paket UBS logam mulia ada 3 paket yang ditolak pembeli. 1 paket berisikan 3pcs UBS seharga 2.880.000.

Jadi 3 paket berisi 9pcs ini hilang saya merasa dirugikan senilai 8.640.000 nomor order & resi 221002B5A9DHRQ (JP8948206580), 221002B30XC6C3 (JP1966601623) & 221002B2RUWT1J (JP6898008223).

Pada tanggal 10 Oktober saya baru tahu liat status ditolak pembeli saya tanya ke J&T, katanya paket belum ada di gerai. Pas saya komplain barulah J&T chat wa saya pada tanggal 13 Oktober 2022 katanya sudah sampai di gerai.

Pas besoknya saya mau ambil saya dichat lagi oleh J&T katanya barang hilang suruh lapor ke Shopee. Sedangkan saya sudah lapor ke Shopee minta J&T buat surat pernyataan hilang tetapi alasan J&T katanya tidak bisa harus nunggu Shopee. Saya merasa kok dioper-oper gini padahal hak saya itu.

J&t tidak mau ganti rugi atas hilangnya paket & shopee memberikan kompensasi tidak sesuai dengan barang sy yg hilang

Aneh banget ada orang mesan gojek mengatasnamakan saya & dikasih lah paketnya langsung ke gojek tanpa minta foto KTP, sedangkan gerai J&T lain kalau ambil paket return itu dimintain foto KTP & tidak boleh diambil oleh ojol karena menghindari paket hilang bukan. Kok bisa ceroboh gitu?

Uang segitu berarti banget buat saya untuk menghidupi anak saya sendiri buat beli susu & pempers, karna ditinggal suami. Seharusnya saya berhak mendapatkan kompensasi senilai barang saya yang hilang yaitu 8.640.000 saya kan gak mau barang saya hilang.

Saya tunggu konfirmasi dari Shopee untuk menyelesaikan dana saya dan supaya tidak ada lagi kejadian yang serupa.

Sekian, terima kasih.

Selvi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

51 komentar untuk “J&T Tidak Mau Ganti Rugi atas Hilangnya Paket dan Shopee Memberikan Kompensasi Tidak Sesuai dengan Nilai Barang Saya yang Hilang

  • 31 Oktober 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Weleh-weleh Sabar ya ka.. Udah bnyak bnget ynag kaya gtu.. Gk tau harus gmn itu ngatur Regulasinya.. Biyar gk ke ulang2 kejadian kaya gini..

    11
    • 31 Oktober 2022 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Iya ka. Kirain sy doang yg kayak gtu ..boss nya harus pilih2 pegawai jangan hanya andalkan pinter saja tapi kejujuran & tanggung jawab .

      13
      • 2 November 2022 - (05:13 WIB)
        Permalink

        Bukannya di jnt ada cctv mbak,,
        Kalo memang itikad baik jnt pasti nyari di cctv,pasti ketahuan,,jnt di kota sy,parkirannya jg ada cctv,d dlm di meja transaksi juga kena sorot cctv,,
        Pelakunya cuma bisa 2 kemungkinan
        “Oknum jnt” yg nakal yg udah tau isi paket nya mahal,dan atau pihak pembeli yg nakal yg pengen dape emas gratisan,,tinggal liat cctv di jnt,,moga cepat dapat jalan keluar terbaik

      • 3 November 2022 - (00:32 WIB)
        Permalink

        ya Allah, semoga diganti dg rejeki yg lebih berkah yaa Mba,
        saran sy sih, klo barang mahal jgn pke COD, rawan sekali.
        org2 di +62 ini mudah tergoda setan. dr mulai pembeli yg nakal, oknum JNT jg ramai yg sperti itu. apalgi d shopee klau asuransi harus beli sendiri, tidak otomatis.

      • 5 November 2022 - (07:55 WIB)
        Permalink

        duLu saya pernah bL HP d Lazada pakai credit card .dan paket saya itu di hiLangkan kurir .
        3minggu saya terus bergeLut dgn Lazada ?? uang saya pun di refund 100% oLeh Lazada?

  • 31 Oktober 2022 - (16:03 WIB)
    Permalink

    ” Aneh banget ada orang mesan gojek mengatasnamakan saya & dikasih lah paketnya langsung ke gojek tanpa minta foto KTP, sedangkan gerai J&T lain kalau ambil paket return itu dimintain foto KTP & tidak boleh diambil oleh ojol karena menghindari paket hilang bukan. Kok bisa ceroboh gitu? ”

    Sepertinya buyer anda bagian dari komplotan.

    17
    1
  • 31 Oktober 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Kan sudah pada tau, jualan di Shopee gak ada yg namanya asuransi, kalau hilang maka cuma dapat ongkir 10 kali lipat, jual barang jutaan kalau hilang tanggung resiko sendiri, udah tau gitu ntar apakah anda masih mau jualan di situ? Jika masih mau maka tangnggung resiko sendiri karena sudah paham regulasi yg ada di situ

    10
    15
    • 1 November 2022 - (21:18 WIB)
      Permalink

      Saya malahan baru tahu klo ternyata online shop sebesar Shopee tidak ada kerjasama dengan pihak asuransi, ngeri juga sih klo sewaktu2 barang yg kita pesan hilang, apalagi klo harganya g murah, maklum sudah bertahun2 g belanja di Shopee, paling klo kepepet aja karena di olshop lain g ada, baru deh order di Shopee, soalnya udah pernah dikecewain beberapa kali, jadi ya udah mundur aja, mending order di olshop lain.

      • 2 November 2022 - (07:41 WIB)
        Permalink

        Ada. Tapi barang tertentu sepertinya. Kemarin sya beli obat, saya pakein asuransi karena takut ada efek samping. Udah 2 bln lebih masih jalan asuransinya

  • 1 November 2022 - (06:11 WIB)
    Permalink

    Pembeli penipu itu pake 2 akun COD pula. Harusnya jual emas jangan pake COD. Bagian nama barang di resi pengiriman digunting/dilipat supaya kurir ga tau isi paketnya.

    14
  • 1 November 2022 - (06:51 WIB)
    Permalink

    Cek CCTV di gerai JnT.
    Ceritanya terlalu janggal tiba2 orang JnT mengabari paket hilang dan menyuruh ini itu padahal yang salah itu pihak gerai.

    Laporkan polisi, mencurigakan pegawai gerai JnT itu, jangan mau terima kompensasi wajib terima uang full atau barang kembali.

    19
  • 1 November 2022 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Iya ka mau sy jg trima full uang ..udh cek cctv minta ke jnt memang ada gojek atas nama sy , tpi jnt itu langsung kasih ?tanpa cari tahu nomor telpon penerimanya itu beda dan kurir jnt tidak menelpon penjual. Mkasih ka moga sehat slalu ?
    Sy udah dapet telvon dari j&t ktanya duit full udah kasih ke shopee. Sy tinggal tunggu dri shopee cair aja dananya full..tpi sampai skrang belum cair.

    • 1 November 2022 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Semoga uang kaka dapat kembali balik sepenuhnya..
      Dan jadikanlah plajaran untuk kedepan ny

    • 1 November 2022 - (12:55 WIB)
      Permalink

      TEROR terus pihak J&T… kalau kasus tidak segera selesai, ancam laporkan ke KEPOLISIAN!!! Mereka yg melakukan kelalaian kok Anda yg harus berkorban!!!

    • 1 November 2022 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Kalau nggak pakai asuransi biasanya itu nggak bakal diganti full cuma 10 kali ongkir aja kak nanti kalau emang dari shopee-nya ga full komplain aja terus bawa media atau lapor polisi biar di usut tuntas soalnya banyak karyawannya yang bermain dengan emas dan voucher dan elektronik kalau sampai ketahuan langsung dipecat karena menjelekkan nama brand tapi mudah-mudahan punya pulsa ini untuk semua seller kalau ingin menjual barang berharga lebih baik ke Tokopedia karena sistemnya dia itu privasi nama barangnya. Bukan apa-apa soalnya ini terjadi di JNT yang satu area dengan saya

    • 2 November 2022 - (05:19 WIB)
      Permalink

      Maaf mbak,,lain kali pake jne mbak,soalnya jne ngambil brg nya harus nunjukin ktp dan di photo petugasnya ktp tsb,,jd lebih terjamin keamanannya

  • 1 November 2022 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Boikot beli secara online saja saya juga sdh sering kena tipu barang yg di kirim keadaan rusak dan gak di ganti2 sdh kapok beli online penipu semua. Kadang beli celana di kasih size anak2. Kecewa sekali dgn penjualan on-line.

    • 1 November 2022 - (11:45 WIB)
      Permalink

      tidak semua penjualan online itu bermasalah, yang penting sebelum membeli pintar2 memilih penjual dan jangan tergiur harga paling murah. insya allah aman..

      6
      2
    • 1 November 2022 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Itu seperti ada tikus di lumbung padi, bukan disingkirkan tikusnya malah dibakar lumbungnya!!! Ada ribuan pedagang dan pembeli yg terbantu dan diuntungkan dg adanya online shop, tapi juga tidak dapat dipungkiri ada oknum-oknum penipu yg ‘bertopengkan” Penjual dan Pembeli. Saran yg tepat adalah PERBAIKI bukan MUSNAHKAN!!!

      • 2 November 2022 - (08:36 WIB)
        Permalink

        Betul Sekali!!
        Sebagai pembeli, saya termasuk yang merasakan keuntungan dari belanja online.
        Hampir semua kebutuhan dibeli melalui online khususnya di MP Ijo.
        Dari tahun 2014 sampai sekarang Alhamdulillah belum ada kendala yang menyulitkan.
        Barang yang dibeli mulai dari korek kuping (cotton bud) sampai peralatan elektronik untuk Rumah tangga maupun kerja.
        Bahkan setelah ada Pandemi, kebutuhan bumbu dan bahan masakan sehari-hari buat istri pun sudah melalui MP.
        Praktis dan ekonomis!!!

        Cari barang elektronik asik. Tentukan budget, cari perbandingan harga.
        Review spesifikasinya tinggal searching google… banyak review dari media Tekno.
        Membantu memutuskan barang yang akan dibeli (harga vs fitur yang didapat).
        Semua dilakukan dengan klak-klik mouse sambil ngopi dan ngudut… hehhehhe
        kalo cari di Dusit Mangga dua… abis waktu muter2, gempor pegel…
        Tanya ke penjual, mana yang bagus, Toshiba atau Asus… jawabannya cenderung tidak objektif, tergantung barang tersedia di toko.
        Assiiikkk… yang penting teliti dalam memilih Toko/Seller dan memilih kurir.

        Sebagai seller (newbie), saya menyadari bahwa MP (khususnya si Ijo) sangat ideal sebagai alternatif bisnis.
        Seiring waktu sebagai seller, makin terasa bahwa tempat ini sangat bagus untuk seller yang serius…
        Hanya seller yang serius yang bisa berkembang (jadi level gold atau diamond).

        Kok malah jadi curhat ye… mohon maaf agan2 sekalian… 🙂
        Salam hormat ??

    • 1 November 2022 - (12:57 WIB)
      Permalink

      Kalau rusak dari pengiriman ka..sy jg udh bertahun tahun jualan .emang ada aja yg penyok atau gmna soalny kurir bwa paket bnyk.
      Dan emang ada penjual yg curang kayak sy beli dispenser otomatis dkirimnya bross pdhal hrga 25rb .sy kembalikan lgi aja itu bross nya..kalau kk emang dkirim ga sesuai langsung aja pulangin kepenjual ka

  • 1 November 2022 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Buyer pemain.
    Karyawan ceroboh memberi paket retur.
    Harusnya paket retur ambil sendiri ke gerai tempat pertama kali kirim, atau di antar sama kurir pickup sekalian pickup paket baru.

  • 1 November 2022 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Buyer dan karyawannya sama2 sekongkolan tuh, usut aj terus si J&Tnya.
    Percuma dilaporin ke kepolisian kalo ga ada uang adminnya, di kepolisian itu akan dianggep pengaduan doang bukan kasus.

    Dan jangan pernah lagi jualan di Shopee apalagi COD yang ampe jutaan, kalo mau jualan jutaan di si hijau aj aman tuh.

    • 5 November 2022 - (08:50 WIB)
      Permalink

      Iya kaa soalny kan kirain aplikasi terkenal gitu aman trnyata kga ..ni shopee katanya udah bantu cairin dananya jd tinggal tunggu 3-5 hari sih smoga aja bner semua dikembalikan ?mksih ka smoga sehat slalu & lancar rejekinya ?

  • 1 November 2022 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Itu 3 paket kayaknya penerimanya sama semua. Kalau dilihat dari inisial dan akhiran nmr HP.
    Ketiganya dg pesanan yg sama. Lalu ditolak (entah dg alasan apa). Aneh sih….

    Apa mungkin Buyernya memang pemain.
    Dengan skenario sengaja pesan barang COD, lalu tolak. Lalu pantau barang returan, dan ambil pesanan dg ojol mengatasnamakan Seller. Bisa juga ada main dg gerai ekspedisinya, karena bisa dg mudah mengambil barang dan tahu nama pengirim dan status barangnya ada dmn….

    Aneh kan….

    • 2 November 2022 - (05:25 WIB)
      Permalink

      Sependapat bang,,
      Tp kalo buyernya yg pemain,pihak xpdc nggak,,maka disitu kesalahan xpdc karena menyerahkan brg tdk sesuai prosedur,,
      Kalo di jne biasanya dimintain ktp pengambil brg nya utk di photo,

      • 8 November 2022 - (17:57 WIB)
        Permalink

        Ya, maka dari itu, perlu dicurigai juga ekspedisinya. Antara teledor atau juga sekongkol. Karena J&T didaerah saya dibuat / ditempel tulisan, “Pengembalian Barang dilarang/tidak boleh dg menggunakan Ojol. Dan pengambilan langsung wajib memperlihatkan KTP yang sesuai”.

    • 5 November 2022 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Iya ka kyaknya sih ini buyer nakal tapi dari shopee tidak mau di usut tuh buyer.. pdhal jelas2 tuh buyer order smpe nolak 6paket hrusny kan di usut biar penjual lain tidak kena..

  • 1 November 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Udah, gak usah jualan yg mahal2 di Shopee.. Kasian bener kalo ilang.. Sering baca bnyk yg hilang.. Aduh

  • 1 November 2022 - (22:26 WIB)
    Permalink

    Walah aku baru aja ngalami jg. Beli di tokopedia dikirim pake jasa J&T. Barangnya entah kemana gak jelas. Akhirnya tokopedia yg menyelidiki ke j&t sendiri n uangku direfund. Untung aja belinya gak seberapa jd prosesnya cepet…

  • 1 November 2022 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Kalau jualan barang mahal jangan jualan di shopee karema tidak ada asuransinya. Jadi kalau hilang ya diganti maks 10x ongkir.

    Bisa asuransikan sendiri ato jualan d toko ijo yang ada opsi asuransi.

    Bisa baca syarat dan ketentuan shopee ya sebelom jualan di sana biar jelas.

  • 2 November 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Sampe bosen baca kasus yang kayak begini, shopee emang cuma mau ganti 10x ongkir.. makanya jualan di shopee yg remeh temeh aja.. sehari ada 2-3x tulisan kayak gini.. maaf bukan tidak bersimpati.. tp sangking seringnya baca masalah yang kayak begini.. in the end gw doain semoga cepet beres dan diberi solusi terbaik ya

    • 5 November 2022 - (08:55 WIB)
      Permalink

      Haduhh iyahh soalny ga pernah kek bgini baru aja ngalamin kek gini boss, amin dh terimakasih moga sehat slalu n diberkati ?

  • 2 November 2022 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Saya liat kata kuncinya itu di COD, saya penjual online juga.
    Hampir semua pesanan yg COD itu ga nyampe, itu karena seringnya pembeli menolak bayar. Nanti kurir akan beralasan alamat tidak lengkap atau no tidak bisa dihubungi.
    Selanjutnya adalah sistem berjualan di shopee..disini yg menentukan transaksi gagal adalah kurir. Ketika kurir menyatakan paket gagal kirim, transaksi pun langsung gagal padahal barang beluk dikembalikan ke penjual. Di tokopedia tidak seperti itu, paket gagal kirim dikembalikan dlu baru transaksi dinyatakan gagal.
    Shopee tidak punya fitur komplain sebagai penengah, makanya akan ribet.
    Saya sering kok ngalamin itu, memang caranya mengadukan ke shopee dengan menunjukkan screenshoot chat dari pihak J&t yg menyatakan paket hilang. Atau pihak J&T yg mengganti paket yg hilang tersebut. Caranya dengan mengadukan persoalan ini ke petinggi J&T tersebut. Karena memang itu kelalaian dari kurir.

    • 5 November 2022 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Nah iya itu ka aneh banget aplikasi Oren ini brang belom kembali malah dinyatakan gagal .hrusny aplikasi yg bagaimana otomatis aktif cod hrusny brang yg ditolak yh kurir langsung kembalikan lah ke penjual..klo tidak bgitu kn Jd rawan hilang. Entah ad tangan yg jail lah kn gtw y. smoga lancar jualannya ka??

  • 5 November 2022 - (08:32 WIB)
    Permalink

    shopee harusnya menambahkan fitur asuransi. saya tahu sih asuransi bisa wanprestasi, tp kalau nanti wanprestasi konsumen kan bisa protes.

  • 5 November 2022 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Mungkin sudah waktunya untuk lapor polisi. Sesekali memang harus unjuk kekuatan. Jika marketplace dan perusahaan kurir tidak bisa tersentuh. Paling tidak ada oknum pelaku yg dicomot. Dibuat susah hidupnya biar jadi contoh untuk yg lain kalau mau coba2.

  • 10 November 2022 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Puji tuhan semuanya urusan dengan j&y sama shopee sudah beres udah diganti full oleh pihak ekpedisi , terimakasih bnyk ?sy bisa beli susu n pempers anak lagi mksih tmn2 smua yg udah peduli juga & komen2nya smoga sehat slalu n rejekinya lancar ??☺️smoga tidak terulang lagi & dijadikan pelajaran.

 Apa Komentar Anda?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

J&T Tidak Mau Ganti Rugi atas Hilangnya Paket dan Shopee Memberika…

oleh Selvi dibaca dalam: 1 menit
51