Paket Hilang, ID Express Lepas Tanggung Jawab

Saya mengirimkan paket pada tanggal 3 September 2022, dengan tujuan Cipocok Serang, Banten, menggunakan jasa ekspedisi dengan tag line “Terpercaya”, yakni ID Express. Nomor resi dari pengiriman tersebut yakni: IDD241135245212, dengan rincian biaya pengiriman Rp21.000. Sedangkan isi paket saya adalah senilai Rp1.115.000.

Saya mengirim paket ini melalui ID Express Mojolaban Sukoharjo. Di sini paket saya langsung di-input serta dicetak, tanpa menanyakan atau memberikan informasi terkait asuransi kepada saya. Estimasi dari paket ini 3-4 hari sampai.

Setelah tanggal 13 September 2022, penerima paket menanyakan barang yang tak kunjung datang dan setelah di-tracking ternyata paket tersebut masih berada di Tanah Abang.

Akhirnya saya tanyakan ke CS. Namun yang paling tidak bisa dipercaya, kenapa CS dari ekspedisi sebesar ID Express hanya menerima melalui email dan Chat WhatsApp? Namun chat dari CS jawabannya hanya formalitas menanggapi permasalahan yang saya alami.

Karena jawaban dari ID Express selalu sama, seperti halnya copy paste jawaban tersebut dan tidak memberikan solusi, akhirnya saya menghubungi ID Express di mana saya pertama kali mengirimkan paket tersebut. Namun jawabannya sama saja. Apakah memang semua pegawai dari ID Express siapkan untuk menjawab pertanyaan customer dengan jawaban yang sama?

Karena paket tak kunjung datang, dan akhirnya penerima juga berusaha mengkonfirmasi ke ID Express Serang. Ternyata paket saya hilang entah ke mana. Yang paling saya sesalkan adalah tidak ada informasi dari ID Express tempat saya mengirimkan barang maupun CS. Padahal di instruksi pengiriman diharuskan mengisi nomor telepon yang bisa dihubungi baik penerima maupun pengirim.

Paket hilang, malah saya saling dilempar oleh ID Express. Saya tanyakan di ID Express Mojolaban mereka mengarahkan ke CS pusat. Padahal jawaban CS pusat selalu sama. Akhirnya saya tanya ke ID Express Tanah Abang, di sana tidak ada bukti fisik barangnya, terus saya dilempar di ID Express Tangerang, karena barang tersebut terakhir di sana. Akan tetapi sama dengan ID Express mana pun, saya tetap dilempar bahkan dengan CS ID Express Jawa Tengah pun saya juga tidak dapat informasi.

Setelah paket hilang akhirnya saya berusaha mencari bagaimana proses pengajuan klaim. Namun dari ID Express Mojolaban, selaku tempat saya mengirimkan paket, tidak memberikan alur klaim. Akhirnya saya mencari informasi ke CS ID Express Tangerang, karena paket terakhir di sana. Lalu saya disarankan untuk pengajuan dibantu komunikasi dengan CS ID Express Jawa Tengah.

Akhirnya saya dapat formulir klaim. Namun setelah saya ajukan, menurut CS ID Express Jawa Tengah barang saya hanya akan diganti 10x ongkos pengiriman, dengan alasan saya tidak menggunakan asuransi. Padahal dari awal saya tidak ditawarkan asuransi dan saya tidak diberikan informasi asuransi. Ketika di ekspedisi lain, saya selalu ditawarkan dulu asuransi ketika mau dicetak resi. Namun ID Express tidak dan sampai sekarang tidak ada kejelasan sama sekali terkait barang saya yang hilang.

Alhasil kerugian barang saya yang hilang tidak diganti, baik seharga barang Rp1.115.000 maupun 10 x ongkos kirim Rp210.00. Malah yang terjadi  CS ID Express Jawa Tengah memblokir nomor WA saya. Semoga hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi semua. Bagi ID Express yang memiliki tag line “Kepercayaan”, tolong kembalikan kepercayaan saya dengan menuntaskan permasalahan ini.

Haidar Fikri
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ID Express:
[Total:67    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Paket Hilang, ID Express Lepas Tanggung Jawab

  • 5 November 2022 - (15:17 WIB)
    Permalink

    apa ga nanya terkait asuransi? apalagi barangnya cukup mahal juga. saya kalo hsrga diatas 200rb sya pakein asuransi mau agen nya tidak memberikan informasi. pasti saya tanya. Amit2 ilang gini nih, semoga ada tanggapan baik ya.

    apa ga nanya ke agen selaku tempat pertama? ko ga dikasih opsi asuransi gitu? kan bisa aja nanti pengirim ngelak tdk ada informssi dari agen pertama gitu.

    1
    1
    • 5 November 2022 - (17:28 WIB)
      Permalink

      Itu langsung di cetak resi kak . Pikir saya emang gak ada asuransi . Biasanya kalo ekspedisi lain komunikatif kita ditanya alamat penerima, terus servis nya pakai apa, asuransi atau tidak. Sedangkan sekarang semua dari id express ndak ada yg mau tanggung jawab cuman dilempar2

      3
      1
  • 5 November 2022 - (20:30 WIB)
    Permalink

    seperti TS sudah sering kirim mengirim, harusnya sudah tau perihal asuransi dan bisa menanyakan dulu sebelum mengirim.. apalagi nilai barang lumayan besar…
    secara aturan kurir semua sama tanpa asurans diganti 10x ongkir, tapi semoga dengan adanya surat ini bisa diganti full oleh ID express. kejar terus sampe dapat gantiruginya baik itu full maupun paling tidak 10x ongkir

    3
    1
    • 5 November 2022 - (20:52 WIB)
      Permalink

      Tapi untuk ganti rugi 10x ongkir aja juga ndak ada kak. Malah CS nya ngeblock wa saya

      • 6 November 2022 - (13:25 WIB)
        Permalink

        Bang klo soal sop asuransi saya bilang itu emang salah anda bang, jadi ga usa dibuatkan seolah2 kurir yg salah ga infokan. Nah klo soal ongkir 10x itu harus diganti sesuai sop mereka dan itu hak anda, dan jika memang abg yakin wanya sopan santun tidak ada macam2 silahkan komplain dan pertanyakan kenapa wa abg dikomplain.

        13
        • 7 November 2022 - (18:01 WIB)
          Permalink

          bodoh amat lu jd orng. benahin dlu tuh tempat kerja lu.
          sudah pny nama tp pelayanan ecek ecek

      • 9 November 2022 - (08:18 WIB)
        Permalink

        secara prosedur klaim barang hilang tanpa asuransi biasanya max 10x ongkir.tapi kamu bisa datengin outlet pickupnya dan minta pertanggungjawaban sama dia.jelasin pas kirim barang gak dikasih tau masalah asuransi.secara sop seharusnya outlet pickup menawarkan asuransi, jika pengirim gak mau make asuransi, seharusnya ada formulir gak mau make asuransi.tapi biasanya expedisi mengabaikan hal ini….mereka gak mau ribet isi2 data…jadinya kalo gak mau make asuransi yaudah barang jalan gitu aja.
        mereka gak punya bukti kali anda gak make asuransi.
        dan disini outlet pickup udah kalah data, dan wajib ganti sepenuhnya.
        sy pernah di expedisi jnt, biasanya prosedurnya gitu.
        mas ngeyel aja ke outlet yg pertama buat ganti sepenuhnya

  • 6 November 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Wa saya sangat santun bang. Saya mohon untuk dibantu loh. Adab diatas segalanya bang bagi saya cuman kok sop untuk menganti pun ndak ada akuntabelnya. Untuk asuransi kalo saya di tawarkan mau kok. Dan kenapa untuk barang hilang tidak ada informasi harus saya sendiri yang mencari informasi. Perusahaan besar loh ini banh

    • 6 November 2022 - (18:46 WIB)
      Permalink

      ID express belum sebesar JNE, J&T, SICEPAT, NINJA, LION PARCEL. ID EXPRESS itu masih sekelas ANTER AJA baru di dunia ekspedisi Bang jadi ya wajarlah masih banyak kesalahan yang dilakukan sama perusahaan tersebut. Saya aja klo kirim paket pakai yang pasti saja yang sudah tau ekspedisi tersebut bagus dan beneran bisa di andalkan.

      1
      1
  • 6 November 2022 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Usut terus Bang sampai tuntas, sayangkan klo barang senilai segitu hilang begitu saja tanpa adanya pertanggung jawab dari ID Express. Coba tanya kurir yang membawa paket tersebut, oiya apakah paketnya besar atau kecil Bang ?

    1
    1
  • 6 November 2022 - (22:32 WIB)
    Permalink

    Bikin laporan ke polisi bang, udah jelas yang salah pihak pengiriman, yang komen negatif itu pasti pihak yang bersagkutan buat menggiring opini bahwa yang ngilangin barang nya ga salah, kan KOCAK hahah

    Indonesia negara hukum, saya yakin ada aturan hukum yang mengatur perihal ini semangat

      • 11 November 2022 - (08:27 WIB)
        Permalink

        Next, pakai ekspedisi yg sdh pasti aj bos.
        Kalau buyer ttp minta yg itu, ya skrg kan anda tau. Setiap kirim barang, tanyakan perihal asuransi

 Apa Komentar Anda mengenai ID Express?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang, ID Express Lepas Tanggung Jawab

oleh Haidar Fikri dibaca dalam: 2 menit
17