Pengiriman Kartu Perdana By.U yang Tidak Jelas

Salam sejahtera untuk Media Konsumen dan para pembaca. Perkenalkan saya Fajar, yang baru pertama kali sangat kecewa dengan pelayanan ekspedisi dari JNE dari pembelian kartu perdana By.U. Untuk pertama kalinya saya tidak menerima paket pengiriman dari suatu jasa ekspedisi, dalam kasus ini adalah JNE. Nomor resi: 0117582201772958.

Saya sudah berulang kali mengirimkan paket ke alamat rumah dan tidak ada masalah. Hal yang janggal bagi saya adalah kurir tidak melakukan konfirmasi pengiriman terlebih dahulu kepada saya. Karena biasanya kurir melakukan konfirmasi melalui WA untuk memastikan lokasi maupun penerima. Dalam tracking JNE di situ dituliskan diterima oleh nama tetangga saya dan diberi keterangan keluarga. Itu jelas sudah tidak sesuai. Tetangga tersebut pada saat saya konfirmasi juga menginfokan tidak menerima paket apa pun.

Akhirnya saya komplain melalui email JNE untuk memastikan ataupun meminta bukti pengiriman. Saya kirim dari pagi hingga sore ternyata tidak dijawab apa pun. Dengan menulis surat ini semoga pihak By.U dan JNE bisa memberikan respons untuk masalah saya.

Terima kasih Media Konsumen ataupun para pembaca apabila bisa memberikan solusi terhadap masalah yang saya alami. Karena ini adalah pengalaman pertama saya dalam hal gagal pengiriman paket melalui JNE

Hormat saya,

Fajar Ulinnuha
Demak, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:6    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdr. Fajar Ulinnuha

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 14 November 2022 berjudul “Pengiriman Kartu Perdana By.U...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Pengiriman Kartu Perdana By.U yang Tidak Jelas

    • 14 November 2022 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Jasmi itu bukan saudara atau keluarga saya maaf. Seandaikan itu benar tetangga saya, rumahnya juga sangat jauh dengan rumah saya. Mohon mengirimkan bukti foto pengiriman paket supaya saya bisa konfirmasi ke pihak yang bersangkutan. Terima kasih

      • 14 November 2022 - (12:51 WIB)
        Permalink

        Karena saya sudah konfirmasi demgan tetangga saya dan dia menginformasikan tidak menerima paket apapun. Saya cuma butuh bukti foto pengiriman biar jelas yang salah itu tetangga saya atau pihak JNE.

  • 14 November 2022 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Main logika yuk. Tracking pengiriman menyebutkan penerima sesuai dengan nama tetangga anda. Artinya paket sudah di antar ke rumah. Nggak mungkin kurir ngadi-ngadi ngarang nama penerima paket kalau tidak sesuai dengan fakta. Artinya, saat paket sampai anda tidak ada atau rumah terlihat kosong atau apalah mbuh.

    Disini jasa pengiriman sudah menunaikan tugasnya, perkara selesai. Masalah anda adalah kemana paket itu dititipkan di sekitar rumah anda. Apakah tetangga anda jujur?

    Satu-satunya kesalahan (jika bisa disebut kesalahan) adalah kurir tidak menghubungi anda saat paket tiba. Tapi jangan sama-ratakan kurir akan selalu berbuat seperti itu. Tidak semua kurir punya kuota cukup atau justru berhemat karena keadaan. Mungkin saja sudah menghubungi lewat call WA, tapi anda yang kuotanya amblas.

    Dari fakta logika ini, kurang tepat jika menyalahkan kurir atau jasa pengiriman. Fokus dulu kepada tetangga anda. Mungkin saja diantara mereka mengetahuinya.

    • 14 November 2022 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Yang membuat case ini tidak jelas adalah pada saat saya menanyakan bukti pengiriman dari JNE, pihak JNE belum bisa memberikan. Andaikan dihari itu chat saya yg melalui email langsung di balas dan diberikan bukti foto pengiriman paket, apabila benar diterima tetangga saya langsung bisa saya tunjukan bukti tersebut dan masalah selesai. Disini poin komplain saya adalah Respon dari pihak JNE yang lama. Saya tidak bisa menuduh tetangga saya tanpa bukti. Saya kirim foto bukti pengiriman ada di semua SOP jasa ekspedisi.

    • 14 November 2022 - (13:15 WIB)
      Permalink

      Tugas dan tanggung jawab kurir selesai kalo paket sampe di tangan penerima yg seharusnya. Kurir menitipkan paket ke tetangga memang boleh tapi kalo sampe sekarang paket gak nyampe ke penerima yg seharusnya ya kurir wajib bantu dong konfirmasi ke penerima sebelumnya

  • 14 November 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    JNE mah udah sering banget kayak gini, aku pake jasa kirim paket yg lain kalo mau dianter selalu konfirmasi tuh gak sembarangan kasih ke tetangga. Coba kalo bener udah dikirim ke Jasmin suruh kirim bukti pengirimannya dan yg nitipin ke tetangga kan kurir ya, harusnya kurir ikut bertanggung jawab dong kalo paket itu ternyata belum sampe ke tangan yg seharusnya

  • 14 November 2022 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah komplain dan tanggapan dari JNE emang lama dan waktu itu bikin saya jengkel bgt mas. Emng bener harus di UP biar JNE berbenah di pelayanan dan respon customer

  • 14 November 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ngerasain mas di JNE kalo komplain emang responnya lama. Case sepele tapi jadi ribet karena itu. Bisa bikin salah paham juga ke tetangga kan kalo lama nanganinnya. Tinggal kirim bukti foto pengiriman

  • 14 November 2022 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah pihak JNE sudah bertanggung jawab dan mengirimkan paket kerumah hari ini pukul 14:30. Terimakasih Media Konsumen dan JNE ❤️

  • 15 November 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    JNE ataupun kurir lainnya cukup sering menitipkan paket ke tetangga/satpam/siapapun kalo alamat penerima ga ada responnya. seharusnya sih paket akan difoto oleh kurir beserta orang yg menerima paket tsb.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Kartu Perdana By.U yang Tidak Jelas

oleh Fajar dibaca dalam: 1 menit
11