Tidak Pernah Punya Pinjaman, tapi Ditagih Debt Collector ke Rumah Sampai 5 Kali

Yth. Manajemen Tunaiku Amar Bank,

Saya Kiagus Mohammad Arbakah, tidak pernah merasa mengajukan pinjaman kepada pihak Tunaiku Amar Bank. Namun ada debt collector Tunaiku yang datang menagih ke rumah saya. Dari data identitas yang tertulis di pengajuan pinjaman itu, bukan data saya. Nama orang tua dan istri tidak cocok, tempat bekerja juga tidak cocok. Bahkan foto yang dilampirkan di KTP pun bukan foto saya, termasuk foto yang memegang KTP pun bukan saya.

Sudah 5 kali DC datang ke rumah saya. Saya sudah jelaskan bahwa saya tidak pernah merasa mengajukan pinjaman ke Tunaiku. Karena kejadian ini saya sangat dirugikan. Saya tidak bisa mengajukan kartu kredit, KTA di bank mana pun.

Sebagai informasi tambahan, alamat yang digunakan dalam KTP yang digunakan oleh pelaku yang menyalahgunakan data saya, adalah alamat KTP sebelum saya pindah. KTP lama saya tersebut ketika status saya di KTP “Belum Kawin”. Sementara jika dilihat tanggal pengajuan pinjamannya, pas tanggal saya menikah.

Tolong diaudit dan investigasi masalah ini. Kejadian ini sangat mengganggu saya dan keluarga saya. Atas surat laporan ini, saya harap masalah ini bisa terselesaikan dan tidak ada lagi yang datang ke rumah menagih. Tolong bersihkan reputasi saya di BI checking (SLIK OJK).

Hormat saya,

Kiagus Mohammad Arbakah
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku Amar Bank:
[Total:300    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Tunaiku atas Surat Bapak Kiagus Moh Arbakah

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Bapak Kiagus Moh Arbakah sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Bapak Kiagus...
Baca Selengkapnya

58 komentar untuk “Tidak Pernah Punya Pinjaman, tapi Ditagih Debt Collector ke Rumah Sampai 5 Kali

  • 17 November 2022 - (15:42 WIB)
    Permalink

    DI Chatt WA, penulis bilang ” itu bukan foto saya”

    Tp dilihat foto diatas saat foto bersama KTP kok mukanya sama dengan foto yg di KTP ya….

    Membagongkan …

    10
    41
    • 17 November 2022 - (15:47 WIB)
      Permalink

      saya jelaskan di surat saya.. foto di ktp dan foto yg pegang ktp bukan foto wajah saya.. ktp asli tidak bisa saya lampirkan disini..

      34
      2
      • 17 November 2022 - (15:52 WIB)
        Permalink

        Kalau memang begitu, harusnya ada lampirkan bukti bantahannya donk ke Debt Colletornya .. atau lampirkan disini.

        kasih foto asli anda dengan memegang KTP anda yg terbaru..biar kelihatan muka ada yg asli, mana yg benar mana yg palsu. Tanpa bermaksud menuduh anda negatif, karena kl cuman bantahan klaim begitu aja tanpa bisa kasih bukti, ya susah …

        6
        85
        • 18 November 2022 - (22:41 WIB)
          Permalink

          1. KTP pengajuan alamat lama, dc tau almat baru drmn y?..
          2. DC bisa tau no telp ybs, kl yg mngajukan org lain..pastinya no telp jg lain..
          Apa dc tau alamat baru+ no telp dr kerabat pada alamat lama?..
          3. Yg mnyalahgunakan berarti dtg pula ke bank tuk buka rek dong y

          Kl ada kntr amar bank nya, dtg dan clear kan…. bukan soal dc yg dtg k rmh…
          Tapi akan msk daftar hitam perbankan…
          Repot kl perlu kredit2….

          13
          1
          • 19 November 2022 - (21:06 WIB)
            Permalink

            No rek atas nama ybs…di transfer ke nama tsb kan…kalau data dipakai sampai pakai no rek ybs…wuihhh canggih sudah….pertanyaannya kok bisa ya….

        • 19 November 2022 - (18:35 WIB)
          Permalink

          Si alf mabok kecubung apa gmana dah, masa disuruh pap ktp selfi ke debt coll, yg ada dapet bahan noh debt coll buat minjol, mayan pap slfie ktp nih, wkwkwk

          22
        • 20 November 2022 - (06:47 WIB)
          Permalink

          Pertanyaan nya 1,pengajuan pinjaman online seperti itu antara nama pengajuan dengan rekening bank harus sama ??

          5
          1
        • 20 November 2022 - (12:53 WIB)
          Permalink

          @alf : kalau anda tau prosedur., tinggal minta wa penulis lalu bantu deh pak..,
          G usah sok bacot” doank….
          Telpon si penulis biar jelas permasalahannya., bantu sampai tuntas.,.
          Bukan hanya bacot dengan bacotan mirip dc.., penulis upload disini, bisa sebagai media agar bank yg bersangkutan menghubungi..,
          Kalau anda memang ingin tahu ya samperin penulis… Yg sok tau & langsung judge dengan persepsi anda yg belum teruji kebenarannya..

          Sampai sini paham ??
          Kalau memang anda dc ngaku aja..,
          Entar banyak yg ingin mengajak anda ngopi pasti…

          13
        • 24 November 2022 - (05:21 WIB)
          Permalink

          Saya rasa alf ini dc kali yaa??, dr setiap komennya mlh mnyudutkan konsumen,, dan seolh mmbela pinjol atau dc..

      • 18 November 2022 - (10:46 WIB)
        Permalink

        Kemungkinan dia ngedit foto dan cetak KTP sendiri. Dan menggunakan data lain, karena jaman sekarang teknologi sudah canggih. Seharusnya dari pemerintah bekerjasama dengan bank atau pinjol untuk singkronisasi data KTP dari foto dan sebagainya. Agar pihak bank atau pinjol bisa membandingkan asli atau palsu.

        14
        1
      • 22 November 2022 - (05:01 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah ngalamin di datengin DC tagih hutang padahal saya gak pernah ngutang di pinjol
        Setelah di lihat datanya memang benar alamat rumah saya tp foto KTP dan Selfi orang bukan punya saya untung ada tetangga yg kenal ternyata yg pinjam orangnya beda RT dan RW tp kok bisa pakai alamat rumah saya

    • 19 November 2022 - (19:29 WIB)
      Permalink

      Budayakan membaca dengan cermat sebelum komentar. Jangan menunjukkan kebodohann anda di medsos 🤮

    • 19 November 2022 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Maka nya kita harus hati hati untuk memberikan no telpon kita kepada orang tak di kenal. Sekarang lagi banyak pinjaman online banyak yang orang terjebak dalam pinjaman online, dan dalam kondisi seperti ini bermunculan lah joki joki pinjol nakal meraka menawarkan bantuan kepada orang yang terjebak pinjol dengan cara pinjam duit di pinjol ilegal, untuk melunasi pinjam di pinjol legal jadi joki itu untuk melakukan pinjol di ilegal mereka memakai no telpon sembarangan yang ada di kontak HP mereka, Mungkin untuk untuk Ki Agus pernah memberikan no telpon kepada orang lain jadi di salah gunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Maaf ini hanya pengalaman pribadi saya soalnya saya pernah mengalami hal seperti itu.

      8
      1
  • 17 November 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    ya jelas dikasih liat fotocopy ktp saya yg asli.. sudah dijelaskan oleh keluarga setiap datang ke alamat lama saya itu bukan foto saya.. tp tetap aja datang lagi dengan DC yg beda2..
    thanks atas saran nya pak alf.. bukti2 sudah saya siapkan jika pihak tunaiku menanggapi surat saya ini..

    21
    3
      • 18 November 2022 - (00:15 WIB)
        Permalink

        Samperin banknya .injek pala orang yg ngutus DCnya buat ngelakuin hal itu ke anda !

        Gw juga dendam banget sama DC model beginian !! Tidak pantas hidup mereka !! Apalagi pegawai banknya !!

        24
        1
      • 18 November 2022 - (01:36 WIB)
        Permalink

        Tunaiku jebol sama data palsu 🤣

        Saran saya ke TS :
        1. bapak bikin laporan ke polisi pemalsuan data dan penipuan.
        2. Tanya ke tunaiku, si uang itu di transfer bank apa.
        3. Klo dah tau bank nya, segera lapor ke polisi, minta tolong di cek transaksinya (karna bank akan membantu klo ada surat dari kepolisian)
        4. Lapor ke OJK, kasih surat laporan ke kepolisiam dll, mudah”an data keuangan bapak di OJK bisa selamat.

        13
      • 18 November 2022 - (22:45 WIB)
        Permalink

        Yang belum jelas disini adalah no rek berapa dan atas nama siapa ditransfer duitnya oleh Tunaiku Amar Bank

  • 17 November 2022 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Ooo ini ada pelaku tindak pidana pemalsuan data diri ini namanya.

    Harusnya si amar bank ini kejar org yg memalsukan data. Bukan ke si pak Kiagus ini.

    Berarti pak @Kiagus salah satu korban pemalsuan.

    Ya amar bank musti fasilitasi korban mulai dari pelaporan ke polres. Itu butuh biaya.

    21
    2
      • 17 November 2022 - (19:22 WIB)
        Permalink

        saat itu saya dalam kondisi panik.. karna dihub debcollector.. yg saya ga pernah merasa meminjam.. sebelumnya pula ga pernah dengar nama amar bank.. pas di hub via tlp.. yg kepikiran malah rebo bank, makanya saya sempat membalas, rebo bank.. namun setelah saya baca baik2 dokumen yg dikirim ternyata dari tunaiku/ amar bank.. seperti itu pak

        5
        5
        • 19 November 2022 - (06:51 WIB)
          Permalink

          Cba cek mutasi rekening tgl dn tahunny pak klo mmg ad duit msuk y tnggal balikkin aj sesuai transfern

      • 19 November 2022 - (21:17 WIB)
        Permalink

        Sama kayak saya bukan saya yg pinjam tapi temen saya yg pinjam,malah udah sampe 8 juta dari oinjaman cuman 1,2 juta.tapi teman saya pinjamnya memang pakai data saya..lha saya mah gk bakal saya bayar karna bukan saya yg meminjam tapi temen saya.malah temen saya yg kabur entah kmn.nmer saya juga di blok ma dy.

        1
        6
        • 21 November 2022 - (03:14 WIB)
          Permalink

          kalo itu mah murni bapak yang salah,mau meminjamkan data bapak ke temen bapak.Bank taunya bapak yg pinjam,karena pake data bapak

  • 17 November 2022 - (18:20 WIB)
    Permalink

    ini kasus yg serius loh. KTP sudah digandakan, identitas dibuat mirip sama penulis, tinggal foto yg beda dikarenakan utk foto selfie dgn KTP. Buat laporan jg ke kepolisian.

    12
  • 17 November 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama seperti adik ipar sy. Data di KTP asli, tapi foto sama tanda tangan di KTP dipalsukan. Ditagih dari tunaiku amar bank jg. Sepertinya ada sindikat pemalsuan KTP ini sih ya.. Semoga saja bisa diusut oleh pihak yang berwenang.

    12
    • 25 November 2022 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Utk rekening gmn kak? Kan hrs menggunakan rekening sesuai dgn nama ktp.. sementara verifikasi bank utk pembuatan rekening menggunakan video call?

    • 18 November 2022 - (06:20 WIB)
      Permalink

      Pemlasuan data buat pinjol bukan hal yg baru, itu udah lama, namanya gonik KTP, bahkan buat gonik bisa dapat dua kali di pinjol yg sama, dengan no HP yg berbeda, nik beda, tinggal di edit dan cetak, bagi pemain yg biasa gonik itu bisa meraup puluhan juta, dan sebagian pinjol sudah tau sejak lama hal hal seperti itu, depcolector gak akan mau tau soal seperti ini, karena mereka yg penting menjalankan perintah atasan, padahal masalah bisa selesai kalau depcolector melaporkan dan meng investigasi masalah ini, tapi rentenir gk mau pusing, jadi yg terdata di database akan dikejar kejar, bahkan no kontak darurat yg gak tau apa apa akan tetap ditelpon, walaupun gak kenal sama yg minjam, itu namanya kontak fake buat minjol

      12
      • 20 November 2022 - (13:20 WIB)
        Permalink

        Benar, saya saja sering kali dihubungi pihak pinjol karena di jadikan kontak darurat, lebih heran nya lagi, kenapa pihak pinjol tidak belajar dari sebelum”nya, dari banyak kasus nya debitur kabur dan gagal bayar, seharusnya dijadikan pelajaran biar tidak banyak pihak” yang di rugikan, setidaknya bisa konfirmasi terlebih dahulu dengan kontak yang di jadikan kontak darurat

        • 20 November 2022 - (13:36 WIB)
          Permalink

          Saya juga korban terror dana rupiah nih! Masa saya nggak utang lah kok tiap hari ditelpon, katanya saya penjamin lah, kan tarik tuh, OJK ****** kerjaanya apa coba, kok ga diusut tuntas

  • 17 November 2022 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Memang belakangan ini sudah sering sekali sering terjadi kebocoran data, untuk itu dihimbau agar lebih ber hati2 dalam memberikan data diri kita, bahkan kita ga pernah merasa punya hutang saja kadang bisa terlibat padahal yang berhutang cuma sekedar kita kenal / teman, untuk itu selalu lebih berhati hati lagi kedepannya 🙏

  • 17 November 2022 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Ga usah takut pak selama anda benar. Ajak ke kantor polisi terdekat buat selesaikan ini masalah. Yakin itu DC mana berani debat di kantor polisi.

  • 18 November 2022 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Setau saya semua pinjol harus cair ke rekening sesuai nama di KTP pengajuan, harus minta bukti dlu uang di tf ke rekening siapa dan berapa jumlahnya, ktp mngkin bisa mau di edit, tapi kalo rekening bank rasanya nggak bisa bikin tanpa ktp asli.

    • 18 November 2022 - (01:39 WIB)
      Permalink

      Si pelaku bikin rekeningnya online, klo bikin rekening dateng ke bank, pasti ketauan itu ktp palsu, klo online gk ketauan.

  • 18 November 2022 - (07:00 WIB)
    Permalink

    ini data TS digandakan terus disalahgunakan dlu pas awal2 tunaiku booming digrup galbay pinjol banyak yg jual data Aspal, yg penting nomer NIK sama alamat dan dia juga menyediakan mentahan jasa edit FILE KTP’a yg nnti dicetak sendiri oleh yg beli!
    Saran saya mending lapor ke kepolisian penyalahagunaan identitas diri biar diusut itu yg minjem! percuma anda ngelayanin DC yg nagih karena data anda pasti dioper2 ke setiap DC dan selama data anda belum dihapus oleh sistem Tunaiku akan terus ditagih

  • 18 November 2022 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Gawat juga kalo kayak begini mah. Apalagi kayak saya yg pernah jadi korban pinjol ilegal ngeri data saya digandakan orang diedit fotonya.

  • 18 November 2022 - (08:48 WIB)
    Permalink

    TUNTUT saja pak pihak Banknya… Minta bantuan hukum dr LBH, tuntut secara perdata. Sistem mereka yg bermasalah kok orang yg tidak bersalah yg jadi korbannya!!!

  • 18 November 2022 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Sepertinya tdk ada langkah profesional dari pihak Bank nya, tiap hari pasti muncul terus aduan pinjol nyasar dari Tunaiku di MK, tapi tdk ada tanggapan serius dari pihak Bank, lebih baik korban sama2 bikin aduan ke polisi, atau bikin petisi agar dicabut izinnya oleh OJK

  • 18 November 2022 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Tapi anehnya lagi kok debt collectornya tau no HP bapak juga? Kalau misalkan benar pemalsuan identitas berarti bapak pernah kontek atau seengganya terlibat dalam grup2 WA/telegram dengan si pelaku.

    • 18 November 2022 - (14:55 WIB)
      Permalink

      Saat DC pertama yg dateng kerumah saya.. saya sedng dikantor.. ibu saya kasih no wa saya ke DCnya.. itu lah saya dihubungi sama DC nya..

      6
      3
      • 18 November 2022 - (15:09 WIB)
        Permalink

        Kalau gitu jelas, kenapa bisa tau nomer telepon Abang. Coba lacak siapa aj orang yang terkait saat pergantian atau proses menikah mengganti KTP dari Lajang Ke menikah bang.

      • 18 November 2022 - (15:11 WIB)
        Permalink

        Menurut saya mending bikin laporan dulu ke kepolisian lalu difollow up ke kantor banknya. Kalau hal ini terjadi pemalsuan identitas. Tapi ya mesti sertakan bukti2 kuat juga sebagai penunjang laporannya.

    • 18 November 2022 - (15:06 WIB)
      Permalink

      Sedikit mambagongkan sih, tapi. Seperti penjelasan korban bahwa KTPnya pas tanggal dia menikah pengajuannya. Kemungkinan dari pihak orang kelurahan atau pihak ketiga yang memproses pergantian KTP / perubahan data KTP dari lajang ke menikah itu mungkin di waktu itu, si pelaku memanfaatkan itu. Dan untuk si debt colector bisa tau nomer telepon si korban bisa jadi menggunakan pengalihan panggilan dan sebagainya. Mungkin…

      • 19 November 2022 - (09:17 WIB)
        Permalink

        Bawa DC jika memang tidak percaya ke Disdukcapil saja, jika memang foto di KTP itu beda dengan yang asli nanti akan terlihat. Di Disdukcapil buat rekaman, jika memang terbukti berbeda. Jika memang DC tidak mau ke Disdukcapil berarti DC itu termasuk sindikat juga. Bawa rekaman itu ke polisi untuk buat laporan pemalsuan identitas. Lalu ke Amar Bank setelah laporan di polisi untuk klarifikasi data yang dipalsukan, setelah itu ke OJK klarifikasi untuk datanya supaya bersih kembali.

        • 19 November 2022 - (09:46 WIB)
          Permalink

          Jika DC itu termasuk sindikat, karena tidak mau di ajak kerjasama untuk clear masalah ke Disdukcapil. Foto dan rekam orangnya ketika datang kerumah, buat laporan ke polisi dengan status teror dan perbuatan tidak menyenangkan, bahwa kita sudah dengan baik baik mau menyelesaikan masalah ini ke Disdukcapil tetapi pihak DC tidak berniat (atau DC termasuk di dalam sindikat tsb) nanti akan di usut kepolisian.

    • 23 November 2022 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Kalau bisa buat para aplikasi pinjol, tambahkan lagi syaratnya. Wajib pakai domisili dari RT atau RW dan buat pihak bank amar lebih ketat lagi verifikasi konsumen. Sesuaikan datanya dengan benar, jangan karena ada yang minjam main approve saja.

  • 18 November 2022 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Ajak video call DC nya biar jelas mereka. Nih wajah gue kaya gini. Biar cepet urusannya

  • 19 November 2022 - (20:03 WIB)
    Permalink

    sekarang banyak oknum penipu berkedok joki pinjol dengan pencairan sampai dengan 50 juta lebih.. dengan syarat kita di suruh kirim foto KTP dan foto selfi sambil pegang KTP.. imbasnya korban tidak akan terlepas dari penagihan dan BI Checking pasti blacklist ,ke kantor polisi hanya buat laporan saja ,akan tetapi tidak dapat mengubah SLIK kita..

    so…kita harus lebih smart lagi dalam menggunakan media sosial 😎😎

  • 21 November 2022 - (01:25 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan yg saya simak dari post ts
    *KTP dipalsukan (ganti foto & ttd)
    *Dapat no ts dari tetangga / kerabat saat DC datang ke alamat tercantum
    *Pelaku yang ada di foto terlampir di bukti debt nya
    *Uang di trf ke rek atas nama korban dengan cara, pelaku buat rek secara online dengan data korban
    TAMBAHAN
    *JASA CETAK KTP BANYAK DI ECCOMERCE
    *HARUS NYA SAAT PENGECEKAN DATA, YANG DI TAMPILKAN SESUAI DATA YANG ADA (TERMASUK FOTO DAN TTD)
    BUKAN HANYA DATA NIK DAN ALAMAT SAJA
    *PEMERINTAH WAJIB MELINDUNGI DATA WARGA NYA DAN MEMBUAT WADAH UNTUK MENAMPUNG LAPORAN MASYARAKAT (KADANG BINGUNG, SAAT ADA PERETAS YANG NEMU CELAH TENTANG DATA MASYARAKAT, HARUS LAPOR KEMANA)

  • 24 November 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Buat yang nanya, kok bisa nama rekening nya sama ?..

    kemungkinan pelaku sblm pinjam ke pinjol, sdh buat rek. baru dulu menggunakan KTP palsu tsb…

    kalaupun nanti terpaksa harus foto selfi dgn ktp sbg bukti… mending bpk coret juga bag. informasi yg penting dan sebagian wajah bpk…

  • 25 November 2022 - (18:57 WIB)
    Permalink

    sampai sekarang tidak ada tanggapan dari pihak tunaiku amar bank..

  • 2 Desember 2022 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah.. surat saya sudah ditanggapi hari ini tgl 2 desember 2022,, semoga tidak ada lagi DC yang menagih dan reputasi saya di BI checking kembaili baik.. terimakasih banyak media konsumen yang memberikan wadah tempat pengaduan sehingga pemersalahan ini bisa terselesaikan.. terimakasih banyak juga saya ucapkan kepada tunai ku.. atas tanggapan dan respon dari surat saya.. semoga kedepan nya managemen tunai ku lebih baik..

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku Amar Bank?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Punya Pinjaman, tapi Ditagih Debt Collector ke Rumah Samp…

oleh kiagus akah dibaca dalam: 1 menit
58