Dipersulit Saat Ganti Kartu Telkomsel Prabayar Karena HP Hilang

Dear Telkomsel dan Media Konsumen,

Melalui surat ini saya mengeluhkan susahnya ganti kartu SIM Telkomsel prabayar yang hilang. Syaratnya ribet, harus menunjukkan foto dus boks yang menunjukkan IMEI, foto 20 telepon terakhir dan sebagainya.

Yang saya permasalahkan pun sebenarnya simple. Saya berlangganan Telkomsel prabayar dengan membeli kartu SIM perdana dari konter dan dimintai KTP untuk registrasi. Namun ternyata registrasi tidak pake nama saya, akibatnya dipersulit. Saya membutuhkan nomor ini karena sudah nge-link sama m-bangking saya.

Ending-nya saya disuruh bawa dus boks yang ada IMEI-nya. Surat pengaduan kehilangan dari pihak polisi yang asli pun, tidak jadi jaminan bisa ganti kartu. Padahal di provider sebelah, dengan syarat seadanya sesuai persyaratan, bisa diganti.

Yang jadi persoalan, jangan-jangan masih ada starter pack yang sudah pre registered bukan atas nama konsumen.

Terima kasih.

Wahyu Nugroho
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

50 komentar untuk “Dipersulit Saat Ganti Kartu Telkomsel Prabayar Karena HP Hilang

  • 25 November 2022 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Bukan dipersulit tapi untuk keamanan m banking, apalagi anda tidak mendaftar pakai ktp anda sendiri.
    Pengalaman saya ganti kartu karena hilang cukup mudah, pakai surat polisi, ktp, menyebutkan tipe hp dan nomer yang sering ditelpon. Kartu langsung diganti saat itu juga tanpa biaya.

    30
    6
    • 25 November 2022 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Saya kemarin ganti kartu cukup mudah di grapari… Selama simcard terdaftar sesuai KTP maka tinggal bawa ktp asli saja dan waktu penggantian tidak butuh waktu lama… Waktu itu cuma 5 menit aja

      24
      1
      • 26 November 2022 - (10:13 WIB)
        Permalink

        Itu mah prosedurnya udah bagus, bukan dipersulit, malah kalau mudah ganti kartu tar dipersalahgunakan orang, minta ganti kartu baru ke nomor yang bukan miliknya misal, ya memang harus dipersulit, saya ganti kartu baru xl juga begitu, sama persis prosedurnya

      • 27 November 2022 - (20:51 WIB)
        Permalink

        Ah baru kali ini saya dengar di Telkomsel di persulit, saya dan keluarga saya semua pakai Telkomsel dan saya jg pernah ganti 2 chip no HP 10 menit jadi, yg penting saat aktifasi dahulu ketika harus regristrasi dgn KTP sendiri.

    • 6 Juni 2023 - (11:38 WIB)
      Permalink

      benarkah itu bisa urus card yg hilang.kmarin saya ke GraPARI & kantor nya tidak bisa.karna bukan atas nama saya?ini gimana solusi nya bosq.telkomsel

  • 25 November 2022 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Halah ente kadang2 ya, “Namun ternyata registrasi tidak pake nama saya” terus nama sape yg ente comot buat daftar, jgn2 bukan lu yg daftarin tapi orang konter, alamak..

    Ngeluh dipersulit, lha lau jg ngadi2 daftar simcard pake nama orang, wajar dicurigai palagi jaman kebocoran data gini wkwkwkwk, sampe geli gw.

    19
    2
    • 25 November 2022 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Krn aktifasinya di konter dan sudah dimintain no kk dan ktp oke dikasih namun ya ndak tahu buat apa ?

      Tahunya kan ketika kecolongan hp nya

      5
      24
      • 25 November 2022 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Astaghfirullah, ini si Wahyu kok lama2 jd seenaknya di MK ya, waktu itu Shopee, trus BRI, skrg GraPARI, besok mau apalagi? Aku sadar kamu udh tua tapi mohon cermat menggunakan MK ya, MK ini bukan Facebook buat menggiring hate-speech kalo kamu ngga suka sm pelayanan instansi, org2 di MK rata2 kritis dan pintar, toh kamu sendiri udh tau salahmu dmn malah seenak jidat buat hard-complain kaya gini, dikira menjelek2an lewat MK trus dapet tanggapan solusi dari Telkomsel buat case mu ini? NGAKAK, entah komplain apalagi esok hari yg mau kamu buat, mohon dicermati dulu sebelum bikin malu diri sendiri, mohon di postingan lainnya setelah ini jgn mengumbar kebodohan diri sendiri ya, terima kasih 🙂

        18
      • 26 November 2022 - (22:41 WIB)
        Permalink

        Ya udh terima aja. Salah loe! Itu bkn dipersulit, emg bgtu krn no jg m-banking, ktp ga sesuai, dll. Msh komplain. Ndeso!

      • 29 November 2022 - (17:06 WIB)
        Permalink

        M-banking daftarin nmr baru jga bsa tnggal dtg ke cabang bank terdekat bwt aktifin nmr yg baru, jdi gk perlu ribet resiko daftarin nmr dg data orang ya gtu, jdi lah orang yg bijak dg tidak menyepelekan hal2 tsb

    • 25 November 2022 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Semua demi keamanan data customer sendiri apalagi terhubung dengan perbankan, mengapa kok sampai segitunya? Karena belajar dari banyak kasus kebobolan perbankan akibat mengaktifkan kembali nomor hp yg hangus, hilang dan identitas tidak sesuai, anda belum pernah kehilangan uang akibat nomor hp kan?

    • 26 November 2022 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Yuuu wahyuuu… Kok gitu amat cara pikirnya, di bikin aman perlindungan data nya ngadu ke MK,

  • 25 November 2022 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Sekarang banyak penipuan melalui HP, sepertinya wajar kalau pengurusan agak lama apalagi registrasinya bukan atas nama sendiri

  • 25 November 2022 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Hadeuh, gini aja masuk MK. Admin MK difilter dong surat yang masuk.

    Memang benar kata pepatah: buruk muka cermin dibelah.

  • 25 November 2022 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Surat polisi gampang didapatkan. Pihak polisi tidak ada akses ke database sim card, terima laporan ya dibikinkan suratnya untuk pengurusan. Namun problem nya ya ketidaksamaan data, bukan dipersulit namun pihak provider hanya menjalankan tugasnya proteksi data/nomor pelanggan (dalam hal ini sesuai dengan yang di daftarkan). Semoga sebelum kamu layangkan surat ke sini, sudah melapor ke bank untuk unlink/nonaktifkan mobile banking nya ya, jangan sampai lalai nanti hp hilang, simpanan ikut lenyap. Sepertinya untuk kasus kamu jika tidak menyimpan packaging kartu perdana yg hilang itu, hanya bisa daftar ulang mbanking dengan nomor baru (kali ini pastikan daftar atas nama sendiri ya). Nama dan KK saat beli di counter sempat dimintai, semoga tidak disalahgunakan untuk penipuan dalam segala bentuk.

    11
  • 25 November 2022 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Segera di cek ya, jika NIK kamu didaftarkan utk nomor yg ga dikenal, bikin laporan polisi dan berkasnya disimpan. Atau jika memang bisa, diurusin di dukcapil (mungkin ada yg punya pengalaman soal ini bisa dishare)

    Dikutip dari Kompas.com, (14/5/2022), cara cek NIK KTP secara online juga bisa dilakukan lewat SMS. Untuk cara ini, pastikan pulsa di ponsel Anda terisi dan cukup untuk mengirim pesan singkat.

    Adapun format SMS untuk cek NIK KTP lewat SMS adalah sebagai berikut:

    Buka menu Pesan
    Ketik pesan dengan format Cek#KTP#NIK
    Kirim ke nomor Dukcapil di 0815-3636-9999

    Cara mudah lainnya untuk mengecek NIK e-KTP adalah melalui aplikasi WhatsApp. Berikut tata caranya:

    Simpan nomor layanan cek NIK e-KTP yakni 0813-2691-2479
    Buka aplikasi WhatsApp
    Pada kontak layanan NIK yang tersimpan, tuliskan pesan dengan format berikut:
    Nama lengkap sesuai KTP/NIK/Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten atau Kota.

    5
    1
  • 25 November 2022 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Bukan ribet, tp lebih ke pengamanan. Sekarang no hp bisa di pake hampir apa aja, recovery email, ganti password medsos, verifikasi perbankan dll, kalau prosedurnya ga teliti bisa” data user yg terancam.

  • 25 November 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    kalo anda benar benar merasa butuh karena fasilitas mbanking kan anda tinggal ke bank nya daftarkan ulang fasilitas tsb. cukup bawa butab/ktp/atm dan gak ribet

    gak brani ke bank ya brati tanda tanya. jangan jangan anda mau ngaku dan bobol nomor orang doang

    13
    2
    • 25 November 2022 - (20:07 WIB)
      Permalink

      Dia gak mau cape bang mending bikin surat terbuka di media konsumen dari pada ke bank, namanya juga PEMALAS

  • 25 November 2022 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Intinya kesalahan beda nama dengan si pemilik kartu, saya rasa wajar pihak telkomsel bgtu. Saya aja tinggal urus gampang kok, nama sesuai dengan kartu, saya pake kartu halo.

    • 25 November 2022 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Dari registrasi awal sudah pake ktp orang lain mau berharap apalagi?

      itu gunanya registrasi pake ktp sendiri karna untuk mempermudah anda kedepannya..anda sendiri yang mau cari gampangnya aja giliran susah lempar sana sini.

      Kalo saya jadi anda mending hapus komplain di MK ini karna hanya bikin malu diri sendiri

      • 25 November 2022 - (20:08 WIB)
        Permalink

        Dia gak mau cape bang mending bikin surat terbuka di media konsumen dari pada ke bank, namanya juga PEMALAS

  • 25 November 2022 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Udh bersyukur pihak operator mau buang waktu utk hal beginian sampai mau berkompromi minta anda bawa dus hp nya. Padahal ketika nama tidak sesuai registrasi operator berhak bersikap bodo amat.

  • 25 November 2022 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Memang prosedurnya seperti itu. Kalau Telkomsel bisa ganti SIM card dengan mudah, malah akan disalah gunakan orang lain untuk membobol rekening banknya.

    Sebenarnya salah kamu sendiri tidak memastikan bahwa SIM card tersebut atas nama kamu.

    Saya selalu memastikan SIM card saya terdaftar atas nama saya. Karena saya biasa beli nomor cantik yang harganya jutaan. Kalau orang lain bisa klaim nomor saya dengan mudah, bisa rugi besar saya.

    9
    1
  • 25 November 2022 - (11:44 WIB)
    Permalink

    yang seharusnya disalahkan penjual kartu nya yang daftarin seenaknya pake ktp dan nama orang lain. prosedur memang begitu, jika digampangin berapa banyak penipu yang bisa seenaknya mengganti kartu simcard orang lain untuk kepentingan perbankan.

    menurut saya lebih baik beli kartu.nomor baru dan pake ktp sendiri, untuk perbankan diurus pergantian no hp satu perdatu agar kedepannya lebih mudah.

  • 25 November 2022 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Inti masalahnya terletak pada kartu SIM itu tidak didaftarkan atas jati diri anda. Bukti apa yang bisa anda berikan bila anda tidak bisa menunjukkan KTP dan KK asli yang terkait dengan nomor kartu tersebut?

    Jika suatu saat Telkomsel menanggapi keluhan anda ini dan mengabulkan permintaan anda lewat surat klarifikasi, saya bisa tuntut anda dan Telkomsel secara hukum karena anda dengan mudahnya bisa menguasai nomor telepon yang tidak terdaftar atas nama anda, semudah anda mengulang cara yang sama untuk mengklaim nomor orang lain dan menguras isi rekeningnya.

    Berhubung bukti yang anda miliki yakni kartu SIM dan ponsel sudah hilang, saya sarankan anda fokus mengurus penggantian nomor telepon di rekening ke bank bersangkutan dan akses pribadi lainnya (pinjol, dompet digital, dst).

    15
    • 25 November 2022 - (14:15 WIB)
      Permalink

      ??????? ????? ????? ??????????? ???????? ??????? ?????,. ??????? ???? ???? ????????? ????? ?????? ?????? ???. ?????? ???? ?????????? ???????? , ???? ??????? ???? ?? ??..

  • 25 November 2022 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Telkomsel ini juga bikin sebal untuk masalah data pribadi. Data saya bisa berubah sendiri, sudah dibetulkan (datang ke grapari menunjukkan ktp), lalu sekarang berubah lagi. Jadi setiap validasi data ada saja bagian yang tidak sesuai…

    11
  • 25 November 2022 - (13:48 WIB)
    Permalink

    memang sudah sepatutnya Telkomsel mempersulit penggantian kartu karena nomor terdaftar bukan atas nama pemohon. aplagi ada m-banking terhubung dgn nomor itu. kalo seumpama kebobolan, Telkomsel lagi yg kena. please deh, sbg konsumen kita boleh nuntut ini itu tp jangan kelewatan seperti ini jg

  • 25 November 2022 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Hati2 bisa dituntut balik lho ini si TS.
    1. Menggunakan NIK orang lain untuk menggunakan layanan telkomsel
    2. Pencemaran nama baik Telkomsel.

  • 25 November 2022 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Memang seperti itu persyaratan di hampir semua operator.
    Saya pernah kehilangan nomor 3 pun syaratnya ribet.

    1. Surat kehilangan dari Kantor Polisi.
    2. Ditanya 20 nomor yang pernah telepon atau di Sms dalam 3 bulan terakhir.
    3. Tanya nominal isi pulsa terakhir.
    4. Tanya hilang dimana seingat terakhir.

  • 25 November 2022 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Bukan dipersulit mudah banget kalo tsel selama syarat lengkap, itu karena tidak cocok data ktp dan yg terdaftar.

  • 25 November 2022 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Dari registrasi awal sudah pake ktp orang lain mau berharap apalagi?

    itu gunanya registrasi pake ktp sendiri karna untuk mempermudah anda kedepannya..anda sendiri yang mau cari gampangnya aja giliran susah lempar sana sini.

    Kalo saya jadi anda mending hapus komplain di MK ini karna hanya bikin malu diri sendiri

  • 25 November 2022 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Bukan mempersulit gtapari sudah benar syarat ganti kartu memang ktp , kk dan 10 nomor yang sering di hubungi, makannya pastikan punya nomor hape sudah diregistrasi nama sendiri, grapari juga gak mau kebobolan atau fraud seperti kasus indosat , saya rasa semua sama saja kok penggantian kartu itu.

  • 25 November 2022 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Kata siapa di persulit?Gw td siang baru ganti ke Grapari Bekasi 2 Jem saya Tingal trs saya ambil lagi Udh jadi,Kl beres2 mh gk ada masalah kok.

  • 26 November 2022 - (01:32 WIB)
    Permalink

    Tidak ada yang salah apa yang diminta CS Telkomsel, yang salah kenapa registrasi kartu pake ktp/nama Orang lain, diminta dus atau nomor Imei itu juga untuk memastikan kecocokan kartu yang menempel dihp sesuai imeinya.

    Jadi jika sdh ada box/dus bawaan hp dan ternyata cocok ya pasti proses akan mudah.

    Disini apa yang dilakukan CS sudah benar…!

  • 26 November 2022 - (07:27 WIB)
    Permalink

    Itu salah konter nya registrasi ga sesuai. Makanya registrasi sendiri. Gampang juga kok. Demi keamanan ya bener harus ada bukti2 yg kuat. Kalo data sudah sesuai ktp, syarat cuma bawa ktp doang beres tuh. Ga perlu macem2.

  • 26 November 2022 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Penulis mempersoalkan “jangan-jangan masih ada starter pack yang sudah pre registered bukan atas nama konsumen”

    Sata bantu jawab ya biar hidup.penulia sedikit tenang setelah baca komen² di atas : ADA BANYAAAAAKKKKK kartu perdana baru yang kondisinya sudah terdaftar atas nama entah siapa (setiap bulan saya menjual lebih dari 50 kartu perdana seperti itu yang waktu saya terima memang dalam keadaan sudah aktif & sudah terdaftar)

    Banyak alasan orang mau membeli kartu perdana aktif bahkan yang tidak punya niat jahat sama sekali alias mau dipake hari² aja salah satunya gaptek & merasa ribet untuk daftar sendiri

    Alasan lainnya adalah nomer telkomsel yang sudah terdaftar lebih lama (misal 4 bulan) biasanya akan mendapatkan penawaran paket nelpon / data yang lebih murah dibandingkan nomer yang baru didaftarkan

    • 26 November 2022 - (12:29 WIB)
      Permalink

      “gaptek & merasa ribet untuk daftar sendiri”
      Orang kyk gitu seharusnya jangan dikasih hp dulu, demi kebaikan dia sendiri dam orang lain. Orang indo banyak yg ketipu/kena phising karena secara ilmu dan mental dikasih barang yg mereka ga mengerti, tp maksa buat pake.

  • 26 November 2022 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Ya jelas lah itu bukan nomor elu, harusnya sebelum hilang itu nomor harus sesuai KTP kita, masa gitu doang ga tahu?? Kalau udah begini ya lu ikut aturan, biar ga disalahgunakan

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 50 komentar sampai saat ini..

Dipersulit Saat Ganti Kartu Telkomsel Prabayar Karena HP Hilang

oleh wahyu dibaca dalam: 1 menit
50