Sudah Lebih 5 Hari, Status Paket COD JNE “With Delivery Courier” Belum Juga Sampai ke Penerima

Melalui tulisan ini saya ingin membagikan pengalaman buruk, yang kembali terulang untuk kedua kalinya, setelah pada bulan September saya mengalami masalah yang sama. Pengiriman paket untuk tujuan ke alamat yang sama, dengan penerima yang sama. Yang waktu itu butuh waktu hingga 1 bulan lebih, baru selesai masalah yang saya alami.

Pada tanggal 16 November 2022, saya mengirim paket COD dengan service OKE dari Kediri, Jawa Timur, tujuan ke Air Upas, Ketapang, Kalimantan Barat, dengan nomor resi: 3508582200650156. Kemudian pada tanggal 27 November 2022, saya dihubungi pembeli saya untuk update paket ada di mana.

Padahal pada tanggal 24 November 2022 pukul 21.21, sudah di-WA bahwa paket akan diantar ke alamat. Namun hingga tulisan ini saya buat tanggal 29 November 2022, status tracking JNE tidak berubah sejak status terakhir “With delivery courier” tanggal 24 November 2022.

Saya sudah coba telepon ke CS JNE pada tanggal 27 untuk pembuatan laporan aduan. Namun dijawab harap menunggu masih dalam estimasi kiriman. Padahal paket sudah 3 hari tidak jelas ada di mana. Berulang kali dijelaskan, tetap tidak bisa memahami masalah saya dan hanya jawaban template buku panduan SOP CS yang diberikan.

Saya dengan sabar menunggu hingga hari Senin, mungkin karena libur tidak bisa proses. Akhirnya hari Senin saya menghubungi CS sosmed WA Kediri dan dibuatkan nomor tiket aduan: 510103035794 dan diharuskan menunggu 5 hari kerja, yang berarti hingga tanggal 4 Desember 2022.

Ini paket COD, keterlambatan pengiriman bisa mengakibatkan pembeli membatalkan pesanan sepihak, yang akan sangat merugikan saya.

Achmad Syarifudin
Kediri, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:44    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdr. Achmad Syarifudin

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 1 Desember 2022 berjudul “Sudah Lebih 5 Hari,...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “Sudah Lebih 5 Hari, Status Paket COD JNE “With Delivery Courier” Belum Juga Sampai ke Penerima

  • 1 Desember 2022 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Itu kemungkinan kurirnya yg malas antar kr mungkin ke pelosok yg sulit dijangkau. Saran saja, kl kirim ke daerah yg agk ke pelosok, cobalah pakai pos, hanya pos yg punya infrastruktur smp ke pelosok. Dgn harga lebih murah tp lebih cepat sampai. Biasanya kl ada buyer dr indonesia timur, maluku-papua, mereka lebih memilih pakai pos krn memang lbh murah dan lbh cepat.

    • 2 Desember 2022 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Pos berat maksimal toleransinya cuman 1,23 kg klo jasa kirim yg lainnya 1,33kg masih dihitung 1 kg.

    • 2 Desember 2022 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Wilayah ketapang jne sangat buruk. Padahal pas d wa paket akan d antar oleh penerima akan d balas jika paket d ambil k agen pertimbangan jauh jarak antaran. Tapi sampai skrg no jne sama sekali tdk bisa dihubungi.

      • 9 Desember 2022 - (06:03 WIB)
        Permalink

        Itu juga yang jadi pertimbangan kurir karena pengantaran jarak nya jauh dan cuman satu alamat saja jadi di pending(di kumpulin) sampai ada beberapa pengiriman ke tujuan tersebut. Kalo ga gitu tekor di ongkos itu kurir, alias cost nya tidak seimbang

  • 2 Desember 2022 - (02:53 WIB)
    Permalink

    Sabar! itu di laporannya ada tulisannya with delivery courier artinya lagi dalam perjalanan tunggu aja kalau luar pulau memang agak lama laporan update sistemnya lain sama dalam pulau

    1
    1
    • 2 Desember 2022 - (08:42 WIB)
      Permalink

      Aku punya temen bekerja jadi kurir.
      Mereka para kurir sangat berhati-hati dengan paket COD apalagi kalau nominal besar.

      Para kurir selalu memperhatikan Identitas Pelanggan yang selalu bermasalah dengan paket COD karena beban masalah COD itu akan tertanggung oleh kurir.

      Temenku sering tidak mengantarkan paket COD jika ketahuan si Penerima pernah berperilaku buruk dengan pesanan COD, paket itu akan langsung mereka kembalikan ke seller.

      Sekian info dari saya

      10
      • 2 Desember 2022 - (09:34 WIB)
        Permalink

        bagus! toko saya punya database buyer yang sering bermasalah pembayarannya alias sering nipu kalau belanja online kalau order lagi ditolak otomatis oleh sistem

  • 2 Desember 2022 - (04:45 WIB)
    Permalink

    Hah 5 hari.. Saya yg sudah 2 bulan ga diantar malahan sama JNE, pas sudah nunggu lama eh barang dikirim balik ke pengirim.
    Setelah itu saya lebih sering pakai SiCepat dan J&T yg jelas diantar ±4 hari.

    Kapok dah pakai JNE

    3
    1
      • 11 Desember 2022 - (08:19 WIB)
        Permalink

        Oh, mungkin maksud abang saya selalu buka paket setelah barang sampai gitu ya..
        Maaf bang, saya kalo beli apapun selalu transfer ga pernah COD, jadi barang datang ya saya buka lah, masak nunggu paketnya buka sendiri… Trus kalo emang barang ga sesuai saya komplain ke penjual bukan ke kurir.

    • 9 Desember 2022 - (09:10 WIB)
      Permalink

      2 bulan? Paket lewat estimasi 1 hari saja saya sdh langsung dm Instagram jne yg ada dikota saya dan langsung diproses…
      Mungkin dipaket anda alamat tidak jelas, nomor telpon kurang dan anda tidak ada inisiatif bertanya…

      • 11 Desember 2022 - (08:13 WIB)
        Permalink

        Gini ya bang, saya kasih tau ya..
        Alamat sudah jelas itu alamat sudah biasa saya pakai di semua kurir dan semuanya diantar ke tujuan, hanya JNE saja yang tidak diantar (Nama jln, desa, rt, rw, kec, kab, kode pos, no. HP, arah2an) kurang apalagi coba.
        Dan abang bilang saya ga ada inisiatif bertanya, saya kasih tau lagi ya.. 👇
        Saya sudah tanya ke whatsapp dan telpon ke JNE ga diangkat apalagi balas chat saya (padahal online/centang 2). Mau buktinya?? Silahkan saya masih nyimpan chat dan emailnya.
        Ga cukup dengan whatsapp saja saya lanjut ke email JNE dan balasannya (hanya di suruh menunggu karena kurir sedang pengantaran). Setelah itu saya samperin aja ke kantor JNE nya dan pas dicari ga ketemu paket saya (padahal sudah nunggu 30 menit) dan zonk.
        Kemudian setelah 1 bulan saya menunggu lagi dan ga ada kabar paket saya, jadi besoknya saya bikin surat somasi ke JNE, dan besoknya barang diantar sampai tujuan..

  • 2 Desember 2022 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Kalo berdasar pengalaman saya ada 2 kemungkinan

    1. Kurir malas
    2. Alamat berada jauh dari pusat kota jadi mungkin menunggu barengan paket yang searah ke alamat antar. Dan juga saya lihat, metode pengiriman menggunakan service jne oke.

    Kalo saya pribadi, (sebagai penerima paket) saya simpan dan minta nomor kurir antarnya. Sewaktu2 ada paket menggunakan jne, saya tinggal WA kurir antar menanyakan paket saya apa sudah dibawa atau belum.

    Mohon maaf. Sekedar berbagi pengalaman saja 🙏

    • 2 Desember 2022 - (23:00 WIB)
      Permalink

      Betul sekali,,
      Karena didaerah pelosok,,biasanya kurir bagi jadwal pengantaran,hari ini ke daerah ini besok baru ke daerah ini,,beda sama dlm kota pasti setiap hari diantarkan,,
      Dan terkadang konsumen sering pake alamat yg berbeda dgn tempat tinggal,karena dserah yg ia tinggal tdk bisa pembayaran COD makanya ia pake alamat yg bisa COD.

  • 2 Desember 2022 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Jne laporannya sering gak diupdate dan ada kemungkinan pembeliannya COD jd kurir agak malas nganterinnya klo tujuannya di pelosok kota

    • 2 Desember 2022 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Saran saya sebaiknya pake POS saja terutama karena PT POS adalah perusahaan plat merah yang setiap permasalahan dipertanggungjawabkan penuh, selain kita bisa memilih paket hantaran sesuai waktu tempuh dan PT POS hampir ada di seluruh kecamatan dan bersinergi dengan desa/kelurahan dibawahnya. Bertahun-tahun saya setia menggunakan jasa POS alhamdulillah belum pernah bermasalah.

      • 9 Desember 2022 - (09:11 WIB)
        Permalink

        No pos om.. gue udah pernah coba kiriman semarang – kendari… Ini sama2 ibu kota loh… Paket reguler sampai 2 minggu

    • 2 Desember 2022 - (23:00 WIB)
      Permalink

      Karena didaerah pelosok,,biasanya kurir bagi jadwal pengantaran,hari ini ke daerah ini besok baru ke daerah ini,,beda sama dlm kota pasti setiap hari diantarkan,,
      Dan terkadang konsumen sering pake alamat yg berbeda dgn tempat tinggal,karena dserah yg ia tinggal tdk bisa pembayaran COD makanya ia pake alamat yg bisa COD.

  • 2 Desember 2022 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Sharing pengalaman aja beberapa waktu yang lalu saya membeli barang kebetulan pilihan pengiriman hanya pakai JNE. Setelah sampai di gudang terdekat besoknya paket pun dibawa oleh kurir. Nah sepengalaman saya selama ini membeli barang online apabila paket sudah sama kurir pasti di hari yang sama akan sampai dan nggak pernah lewat. Tapi anehnya kali ini di jam 12.00 malam status pengiriman saya lihat di aplikasi toped tertulis pengiriman gagal karena penghuni tidak di rumah. Karena masih berprasangka baik saya pun tetap menunggu sampai dengan 3 hari lamanya tetap setiap jam 12.00 malam status pengiriman gagal karena penghuni tidak di rumah. Saya pun berinisiatif menelepon JNE pusat menanyakan apakah barang bisa langsung diambil di JNE gudang terdekat. Anehnya dijawab saya harus menghubungi Tokopedia terlebih dahulu dengan alasan sistem satu pintu. Tetapi Tokopedia tidak ada telepon customer servicenya jadi terpaksa saya klik komplain pengiriman barang karena memang sudah 2hari melewati batas waktu estimasi pengiriman. Lalu pikir sy bodo amat saya pun pergi sendiri ke gudang ternyata bisa ngambil sendiri.
    Lalu saya kepikiran dalam hati kok JNE sistemnya makin lama makin jelek ya.
    Karena kalau alasannya barang lagi penuh aturan statusnya tetap di gudang nggak usah pakai PHP sama kurir pasti saya masih bisa maklumin.

  • 2 Desember 2022 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Brarti JNE rata ya delay semua saya sesama jkt, order tgl 25 Nov ,v
    Baru sampe tgl 1 des , parah…

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Sudah Lebih 5 Hari, Status Paket COD JNE “With Delivery Courier&…

oleh Achmad Syarifudin dibaca dalam: 1 menit
26