Bijak Dalam Pemilihan Jasa Pengiriman, Pengalaman Pribadi Menggunakan J&T

Saya Wahyu, pembeli Tokopedia (no resi JP7489999943). Saya beli barang tanggal 22 November 2022 (pukul 09.17) di Tokopedia yang tokonya berada di Pasuruan dengan estimasi tiba 24-26 November 2022 (menggunakan J&T). Barang telah di-pick-up / manifes oleh pihak J&T tanggal 22 November 2022 pukul 15.23.

Tanggal 24 November 2022 pagi saya cek status paket saya telah berada di Kelapa Dua (biasanya akan tiba antara sore-malam di rumah saya). Ditunggu sampai malam tidak tiba juga dan cek status dikirimkan ke Tangerang. Saya berpikir mungkin dikirim ke Tangerang karena (berdasarkan jam) tidak terkejar waktunya untuk dikirimkan ke rumah saya) malam itu (mungkin pagi sampainya di antar oleh kurir divisi Tangerang).

Tanggal 25 November 2022 dari pagi sampai sore tidak ada kurir yang datang antar paket saya. Malamnya saya cek status “paket akan di kirimkan ke Kraton_1”, saya cek status sebelumnya koq seperti diretur. Karena telah malam saya memutuskan untuk telpon CS J&T besok paginya. Esoknya (tgl 26 November 2022) saya cek status kembali ternyata benar diretur.

Akhirnya saya tertanggal 26 November 2022 (pukul 08.04), 27 November 2022 (pukul 11.32), 28 November 2022 (jam 9.47) saya telpon CS J&T. CS menjelaskan bahwa “paket telah diterima tapi ditolak sehingga diretur” (ada rekaman audio antara saya dan CS J&T).

Tanggal 28 November 2022 pukul 15.09 ada pihak J&T (no hp 0895383324xxx) chat WA saya. Di dalam chatnya perihal pereturan disebabkan “kurir telah mengantar tapi tidak ada orang”. Ko bisa berbeda keterangan antara CS dengan orang yang chat saya? Kurir itu orang lapangan dan CS itu bukan. Logikanya kurir itu buat laporan penyebab tidak terkirimnya barang sehingga kalau pembeli komplain ke CS maka CS tinggal cek laporan yang telah dibuat si kurir. Lalu kenapa berbeda?

Akhirnya saya minta nama dan no hp kurir yang mengantarkan paket saya, diketahui bahwa namanya Dasxxx Ismxxx (CS memberikan 2 nomor: 081319674xxx dan 085171512xxx). Saya coba hubungi via telpon ga diangkat (untuk mempertanyakan perihal perihal paket saya yang alamatnya jelas dan no hp saya aktif terus).

Zaman telah modern dan canggih serta kuota murah. Apakah susah miscall/telpon biasa atau chat/telpon WA jika kenyataannya tidak ada orang di alamat tujuan (berdasarkan chat WA yang bilang tidak ada orang di rumah)? Apakah susah untuk meluangkan waktu gak lebih dari 30 detik untuk melakukan komunikasi (chat/telpon)?

Saya ada di rumah, kuping saya masih normal, aktifitas saya pada hari itu 3 – 7 meter dari pintu pagar rumah. Samping rumah saya ada warung, pihak warung pun saya tanya gak ada kurir paket datang atau mendengar suara “paket” atau pemanggilan nama saya.

Saya selalu menunggu paket saya jika di status telah sampai di Kelapa Dua (kurir J&T biasanya tiba sore-malam) sedangkan kurir jasa pengiriman yang lain antara siang-malam (saya hapal estimasi jasa pengiriman di wilayah saya).

Barang telah saya beli lunas (bukan COD), kenapa diretur (kalau berdasarkan kata yang chat saya bahwa “kurir telah mengantar tapi tidak ada orang”)? Apakah susah bertanya kepada si penerima / mencocokkan kembali alamat tujuan jika kenyataannya paket di tolak (berdasarkan keterangan CS tanggal 26, 27 & 28 November 2022 yang bilang bahwa “paket telah di terima tapi di tolak”)? Kesalahan ini murni kurir yang berdampak pada J&T (tidak percayanya konsumen).

Coba diperhatikan status pengiriman di screenshot, paket telah diretur, dikomplain 3x (tanggal 26, 27 & 28 paket masih stuck di Pasuruan) lalu baru dikirim balik (tanggal 28 November 2022) tapi hanya sampai di Tangerang (tidak sampai di Kelapa Dua) lalu diretur kembali. Wow profesional sekali terhadap paket yang dikomplain.

Saya di sini bukan mempermasalahkan perihal harga barang/paket tidak hilang/dll, tapi peruntukannya itu barang (bagi saya “butuh kapan, datangnya kapan/melewati masa estimasi tiba).

Di sini saya juga mau berterimakasih pada M.Faxxx (pihak J&T Kelapa Dua) yang membantu saya. Saya juga mengingatkan kembali kepada para pengguna jasa kirim (khususnya wilayah Kelapa Dua) untuk memilih jasa pengiriman yang mutual (respon terhadap komplain, estimasi waktu, dll).

Saran saya untuk semua situs belanja online: “disediakannya rating untuk jasa pengiriman juga (apalagi jika rating didetilkan berdasarkan wilayah jasa pengiriman dari lokasi pembeli)”. Sehingga rating toko hanya pada pelayanan, permintaan pick-up kurir, barang (kondisi, sesuai, dll). Sedangkan jasa pengiriman hanya pada penjemputan barang, estimasi tiba & kondisi barang.

Kalau tidak ada pembedaan rating, kasihan pihak toko yang ratingnya jadi jelek hanya karena jasa pengiriman yang tidak profesional. Hal ini juga sebagai acuan pihak jasa pengiriman dalam mereview kinerja pegawainya (karena mempengaruhi perusahaannya).

Saya juga tidak tahu sampai kapan paket saya akan datang (sampai surat ini terbit / tanggal 4 Desember 2022 status paket masih stuck) walaupun dampak dari kejadian ini / keterlambatan telah mengecewakan saya!

Wahyu Adhiansyah
Kelapa Dua, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:24    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Bijak Dalam Pemilihan Jasa Pengiriman, Pengalaman Pribadi Menggunakan J&T

  • 4 Desember 2022 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Saya dah ngasih masukan ke Tokped dari 2020 lalu terkait masalah rating untuk kurir. Apakah diteruskan ke manajemen apa enggak saya ndak tau.

    Ya kesian juga seller kalau misalnya si pembeli kasih rating/bintang satu gegara keterlambatan kurir.

    14
    1
    • 8 Desember 2022 - (03:04 WIB)
      Permalink

      Nah itulah. Oleh karena itu di setiap ulasan pembelanjaan online saya (atas kejadian ini), saya infokan juga:

      “…. klo ada ratíng utk jasa pengiriman, …. 1 bintang utk J&T”.

  • 5 Desember 2022 - (05:59 WIB)
    Permalink

    Bisnis expedisi lagi suram
    Ada yg lagi goyang linglung
    Kelihatan nya saja adem
    Ga tau di dalamnya acak acakan
    Ruwet merugi terlalu banyak bakar duit
    Dan kesalahan manajemen serta
    Kurir malas dalam melakukan tugas nya.

  • 5 Desember 2022 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Seingat saya, beberapa kasus lain yang pernah di posting di Media Konsumen juga menyoroti perihal paket mulai bermasalah setelah sampai di hub-hub area Tangerang, cuma saya tidak ingat ekspedisi apa saja.

    Saya setuju soal rating khusus untuk jasa pengiriman di e-commerce. Cuma kemungkinan besar perusahaan ekspedisi tidak akan mau lagi bekerja sama dengan e-commerce bersangkutan. Sudah lumrah perusahaan membangun reputasi dengan pencitraan bukan kinerja.

    7
    1
    • 7 Desember 2022 - (09:58 WIB)
      Permalink

      JnT memang lg bermasalah, paket saya di nyatakan rusak karena kejepit konveyor, di foto packing rusak, tetep saya suruh kirim tapi sampai sekarang tdk di kirim sudah 5hari. Saya mnt paket tetap di kirim meskipun rusak, bukan ganti rugi tetep aja gak di kirim.

  • 6 Desember 2022 - (06:07 WIB)
    Permalink

    Gokil, bisa dikatakan sebagai STATUS PALSU tidak ada konfirmasi apapun namun dibilang tidak ada orang kalo saya tidak akan terima akan saya cari dan minta pertanggungjawaban dari pihak terkait. Semangat pak!

  • 6 Desember 2022 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Komplain paket yang berbeda kali.
    Setau gue resi awalan tiap e-commerce berbeda di jnt
    Tokopedia JT
    Shopee JP
    Bukalapak JB
    Tiktok JX
    Dll

    • 8 Desember 2022 - (09:36 WIB)
      Permalink

      Saya beli di Tokopedia. Untuk perihal pelabelan resi saya ga paham siapa yg melakukan, tapi yang menjadi point di sini adalah “apapun bentuk / huruf pelabelan, yang namanya jasa pengiriman ya mengirimkan sesuai dengan alamat si pembeli”.

      Akan berbeda halnya jika saya menggunakan jasa pengiriman lain maka pihak J&T mempunyai hak untuk meretur karena bukan tanggungjawabnya untuk mengirimkan. Terlepas saya beli di Tokopedia / Shope / Bukalapak / dll jika saya menggunakan jasa pengiriman J&T maka J&T wajib mengirimkannya ke alamat si pembeli (ga usah permasalahkan label).

  • 6 Desember 2022 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Saya sering pengiriman menggunakan j&t sebagai ekspedisi belanja di tokopedia.. Menurut saya j&t termasuk yang bagus dibanding ekspedisi yang lain.. Terkait bisa wa atau telp untuk memastikan ada tidaknya dirumah.. Saya tidak tau apakah kurir jnt punya akses untuk no. Telp atau WA pemilik paket.. Karena setau saya di label pengiriman tokopedia sendiri no telp penerima itu ****** berbeda dengan label shopee yang terdapat dengan jelas no telp penerima yang bisa dihubungi tanpa sensor sehingga kita bisa di WA oleh kurir.

    • 9 Desember 2022 - (18:28 WIB)
      Permalink

      Biasa nya bila costumer mencantumkan nomor telepon/HP maka akan tercantum di aplikasi kurir jnt
      Dan setahu saya paket cash harus ada bukti chat retur dari penerima jika di tolak

  • 6 Desember 2022 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Maaf, saya pengguna shopee.
    Klo resi awalannya: JP (Shopee) dan JT (Tokopedia).

    Di shopee jg penilaian sudah terbagi menjadi 3 bagian.
    1. Kualitas Produk.
    2. Pelayanan Penjual.
    3. Kecepatan Jasa Kirim.

    Terima Kasih..

  • 7 Desember 2022 - (07:38 WIB)
    Permalink

    Kasus yang sama pernah saya alami.
    Saya di Kalimantan Utara.
    Dua kali belanja online kirim via jnt.
    Yang pertama padahal sudah sampai di gudang lokal tujuan.
    Akhirnya direktur dengan alasan tidak menemukan alamat/alamat tidak jelas.
    Padahal lengkap dan jelas plus nomor handphone.
    Yang kedua terpaksa saya ambil sendiri di gudang lokal karena takutnya diretur kembali . Apalagi barang sudah saya bayar lunas dan harga di atas 5 juta.
    Sekarang pun banyak yang komplain

  • 7 Desember 2022 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Sekarang semua kurir expedisi banyak yg “nakal” dan kurang profesional. Yaa… tidak semua sih, masih ada yg kinerjanya baik. Itu tergantung personal si kurir. Perlu dibina lg kalo expedisi nya sedang mencari tenaga kurir baru.

  • 8 Desember 2022 - (02:49 WIB)
    Permalink

    Tertanggal 7 Desember 2022 jam 11.44 ada pihak J&T (no hp 0895383324***) yang chat WA saya perihal paket saya yang isi chatnya menyatakan “kami dapat informasi dari pusat bahwa paket tersebut indikasi fraud / penipuan”. Saya ga balas chat tersebut (ada screenshot).

    Tertanggal 7 Desember 2022 jam 14.25 seseorang dari J&T Kelapa Dua (pak Fai*** di no hp 087734031***) menghubungi saya pas saya di kamar mandi. Akhirnya jam 14.36 saya hubungi balik. Di pembicaraan tersebut beliau bilang hal yang sama (seperti di chat WA sebelumnya), yaitu “kami dapat informasi dari pusat bahwa paket tersebut indikasi fraud / penipuan” (ada rekaman audio).

    Tertanggal 7 Desember 2022 jam 14.41 seseorang dari J&T (no telpon 02150867***) menghubungi saya (pada saat saya lagi komunikasi dengan pak Fai*** di hp saya lainnya). Akhirnya saya selesaikan pembicaraan dengan pak Fai*** untuk berbicara dengan seseorang tersebut (wanita). Isinya sama, yaitu “kami dapat informasi dari pusat bahwa paket tersebut indikasi fraud / penipuan” (ada rekaman audio).

    Di 2 komunikasi suara tersebut saya ada bertanya (tak terjawab) yaitu “tata cara / proses / mekanisme pihak J&T dalam menentukan peng-indikasi-an sebuah paket tersebut fraud / penipuan itu seperti apa?”. Apakah di buka paketnya, di cek satu-persatu, dll / bagaimana? Ada yang bisa jawab (sebab saya ga paham).

    Yang saya tau itu J&T bergerak di bidang jasa pengiriman. Yang saya tau juga sebuah toko / barang / telah terjadi penipuan melalui proses pelaporan dari pihak konsumen ke pihak penyedia layanan olshop (pelaporan terhadap barang / toko) dan bukan dari pihak penyedia jasa pengiriman yang mengindikasikan penipuan lalu mengirimkan kembali paketnya tanpa si pembeli menerimanya. Pihak Tokopedia pun sampai sekarang tidak ada hubungi saya terkait “peng-indikasi-an penipuan” seperti apa yang di sampaikan pihak J&T. Pihak J&T meng-indikasi-kan hal tersebut setelah 15 hari dan paket saya bolak-balik antara Pasuruan – Kelapa Dua – Pasuruan – Tangerang – Kraton 1 – Tangerang – Kraton 1 – Entahlah kemana lagi.

    Dampak ketidakprofesionalan 1 orang (kurir yang bernama Das*** Ism***) yang malas antar barang sampai panjang begini. Di review kembali itu kualitas orangnya.

  • 8 Desember 2022 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Hmmm… justru saat ini j&t yg paling membantu saya selain JNE di kota saya. Karena kurirnya sangat responsif, meskipun sy gavada dirumah, kurir menghubungi sy, saya sampe tiap kurir kirim ngasih uang buat beli teh pucuk & sarapan, saking happy dapat kurir langganan yg sangat responsif ya di j&t ini.

    • 8 Desember 2022 - (15:35 WIB)
      Permalink

      Saya bersyukur kepada anda selaku pengguna jasa pengiriman yg ga mengalami hal yg sama seperti saya. Tapi penjelasan saya di atas merujuk pada individu yg di mana berdampak pada tempat individu tersebut bekerja.

  • 8 Desember 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    entah knp akhir2 ini hampir semua kurir selalu menganak-tirikan kiriman dari e-commerce ya. pernah kejadian saya beli barang minta kirim YES (udah tau kan kurir apa ini). oleh seller dr hari jumat siang barang sudah di manifest di agen (sekitar jam 11). singkat cerita hari sabtu siang sekitar jam 12an sudah di bawa kurir utk pengantaran. bahkan saya dapat notif wa barang sedang dibawa kurir. posisi hari itu emang saya ga kmn2, sekitar jam 4 sore saya iseng coba track eh malah status nya “kantor tujuan tutup weekend” padahal itu alamat pengiriman rumah. singkat kata akhirnya barang baru saya terima hari selasa sore. padahal masih 1 kota antara seller dan rumah saya. kamis sore saya kirim barang ke teman (masih 1 kota). besok nya sblm jam 11 sudah sampai. apa krn ada promo bebas ongkir di ecommerce sampai seluruh paket yg ada logo ecommerce dianggap sama semua walau membayar lebih utk pengiriman lebih cepat.

  • 9 Desember 2022 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Permasalahan ini TELAH SELESAI / paket telah sampai di tujuan (9 Desember 2022 jam 14.17), walaupun sempat jalan-jalan antara Pasuruan – Kelapa Dua – Pasuruan – Tangerang – Kraton 1 – Tangerang – Kraton 1 – Kelapa Dua – Alamat Tujuan (total 17 hr dari setelah manifes di Pasuruan).

    Saran untuk JNT:
    1.Sinkronisasi penyebab harus sama & nyata, jangan berbeda / di buat2. Seperti contoh tgl 26, 27, 28 November 2022 CS blg paket telah di terima tapi di tolak sehingga di retur, tgl 28 November 2022 (chat WA) blg paket telah tiba tapi di rumah ga ada org, tgl 7 Desember 2022 CS blg klo paket terindikasi fraud / penipuan.

    2.Adanya pemantauan terhadap paket yg bermasalah (setelah di komplain), sehingga ga makin lama / menjadi panjang permasalahannya.

    Saran untuk si kurir Da*** Ism***
    1.Woi bos, ga jd anda yg antar ke rmh saya seperti apa yg anda bicarakan di tlp dgn saya (tgl 8 Desember 2022)? Bos coba introspeksi / renungkan donk dampak dr ketidakprofesionalan anda terhadap perusahaan anda. Citra perusahaan anda bisa jd buruk karena ulah anda serta rekan setim / tmn2 di perusahaan anda yg membela perusahaannya yg secara ga langsung membela anda jg jd melakukan kebohongan.

    2.Zaman sdh modern & canggih serta kuota murah, susah anda menghubungi customer anda bila anda malas antar / ada keperluan / jika sebuah brg terindikasi fraud / penipuan? Saya bisa toleransi selama anda komunikasi dgn saya.

    3.Saya ga tau siapa yg menyimpulkan brg / paket saya terindikasi fraud / penipuan (blgnya dr pusat), tp paket saya telah saya buka, saya cocokkan (saya pny brg yg sama krn lama tibanya) dan di saksikan oleh kurir J&T yg mengantar pd saat itu ternyata sama. TOLONG di pikirkan pakai HATI NURANI anda, secara ga langsung anda dpt menghancurkan usaha org lain. Usaha itu urusan perut bos, jgn macam2 ma sesuatu hal yg berkaitan dgn perut (nafkah). Kasihan bos!!!

    Saya ulangi sekali lg klo permasalahan ini TELAH SELESAI. Saya tekankan jg di sini klo share-an saya ini lebih merujuk pd diri individu (penyebab utama). Saya ucapkan jg thanx pd pihak2 J&T yg telah menghubungi saya 🙏

    CASE CLOSED !!!

  • 10 Desember 2022 - (05:49 WIB)
    Permalink

    Dua kali kejadian tidak mengenakkan dgn kurir dan pengelola j&t di pwk, tapi setelah saya marahi habis”an, mulai ada perubahan.
    Dan satu kali pengalaman yg paling bikin emosi, sampai komplain lsg ke CS pusat adalah ekspedisi si cepat dan shopee hemat

    • 10 Desember 2022 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Kalo paket itu tergantung daerah sama kaya sinyal HP. Dibilang sini bagus disana nga, disana bagus disini nga. Makanya nga bisa digeneralisir juga. Makanya kalo mau aman. Cari jasa pengiriman yg hub nya paling deket sama rumah kita. Jadi klao ada apa2 enak.

  • 10 Desember 2022 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Adik saya juga sedang harap-harap cemas dengan ekspedisi ini, 26 november kirim paket COD, mulai tanggal 2 desember sampai sekarang paket diam dengan keterangan menunggu kapal padahal paket sudah diterima dan buyer juga sudah membayar pada kurir tapi pembayaran tidak diteruskan ke seller

 Apa Komentar Anda?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Bijak Dalam Pemilihan Jasa Pengiriman, Pengalaman Pribadi Menggunakan …

oleh Wahyu dibaca dalam: 3 menit
24