Transaksi Pembelian Token Listrik di DANA Berhasil, tapi Kode Token Listrik Tak Kunjung Diberikan

Saya termasuk pengguna lama di DANA dan sudah sering kali membeli token listrik melalui aplikasi ini. Namun baru kali benar-benar merasa kecewa.

Pada hari Sabtu 10 Desember 2022 pukul 10.50, saya melakukan pembelian token listrik sebesar Rp500.000 via aplikasi DANA. Saya menggunakan pembayaran melalui kartu kredit, yang sudah didaftarkan di aplikasi DANA. FYI, saya sering melakukan pembelian dengan cara yang sama.

Namun sampai saat ini kode token MASIH BELUM KUNJUNG ada. Saya coba hubungi melalu klik tanda “chat” di transaksi, tapi hanya diberikan info bahwa laporan sudah diterima dengan nomor laporan: 22055098. Tidak ada respons lagi sejak itu. Saya juga sudah telepon ke PLN 123 dan diinfokan juga bahwa tidak ada pembelian listrik per tanggal 10 Desember 2022, yang ada hanya per tanggal 31 Oktober lalu.

Lalu saya hubungi via WA malah infonya sedang ada pemeliharaan di CS WA-nya. Saya hubungi lagi via email, DM di twitter dan IG pun TIDAK MEMBUAHKAN HASIL. Bahkan hubungi via telepon pun hanya diterima bot saja. Tidak bisa sama sekali tersambung dengan CS yang bisa saya tanyakan perihal progress pembelian token listrik saya ini. Sedangkan saya sudah dapat konfirmasi via email dan SMS dari bank yang saya gunakan, bahwa transaksi tersebut sudah tercatat di bank. Bagaimana ini? Padahal kode tokennya saja saya belum terima sama sekali.

Saya merasa hanya diputar-putar dan dipersulit oleh DANA. Karena tidak ada solusi yang saya dapatkan sampai saat ini. Hanya disuruh tunggu dan bersabar terus. Gak kebayang sih kalau beli tokennya mepet banget ketika KWh di rumah sudah mau habis, tapi malah ngalamin seperti.

Tolonglah DANA, berikan saya kepastian nasib transaksi saya bagaimana sebenarnya?

Otty Handini
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Transaksi Pembelian Token Listrik di DANA Berhasil, tapi Kode Token Listrik Tak Kunjung Diberikan

  • 13 Desember 2022 - (05:02 WIB)
    Permalink

    Bayarnya pake CC BCA saya jamin klo bayarnya pake mobile BCA token langsung terkirim, kenapa mesti mampir ke DANA..

    • 13 Desember 2022 - (11:00 WIB)
      Permalink

      Hoo jadi bisa ya kak dari aplikasi mobile BCA juga? Karena saya belum pernah coba (malah baru tau soal ini). Biasanya saya lakukan pembelian token lewat Dana & Toped terus, dan sejauh ini aman. Ehhh ternyata baru kemarin itu kena seperti ini. Terimakasih banyak ya kak untuk sarannya. Next saya akan coba beli listrik dari mobile BCA deh

  • 13 Desember 2022 - (06:26 WIB)
    Permalink

    Dana sudah saya uninstall, beberapa kali transaksi gagal karena koneksi katanya.
    Coba install ulang malah nggak bisa login (tanpa pemberitahuan error cuma stuck setelah input no. HP), kirim e-mail komplain disuruh nunggu masih dalam antrian katanya..
    Kirim wa di jawab sekali selanjutnya jawabannya sedang maintenance
    Dicoba login lagi 3 hari kemudian tetap nggak bisa login setelah masukkan no hp dan tekan lanjutkan tidak ada respon apa2x.
    Ya sudah akhirnya uninstall permanen Bye-Bye Dana.

    • 13 Desember 2022 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Waduh. Iya memang betul kak via WA dan email sangat lama responnya. Malah di WA berkali-kali selalu notifnya sedang masa pemeliharaan. Makanya saya berharap bgt untuk bagian CS bisa fast response gt lho supaya ga bikin customer keki jg kan. Padahal sebenernya saya udah nyaman make aplikasi ini karena buat transfer ke bank lain no admin kan

  • 13 Desember 2022 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Update pertanggal 13 Desember 2022

    Pada pkl 10.37 saya dapat telepon dari customer care Dana & dapat konfirmasi (tadi berbicara dengan mba Ana). Beliau mengkonfirmasi apakah proses refund yang telah dilakukan pertanggal 12 Desember 2022 pkl 17.37 sudah dikembalikan di credit limit saya atau belum? Namun setelah saya lakukan pengecekan di aplikasi octomobile, proses refund tersebut masih belum kembali ke credit limit saya. Jadi saya masih harus menunggu proses pengembalian credit limit tersebut. Semoga proses pengembaliannya bisa segera masuk. Saya akan tunggu konfirmasi lanjutannya. Dan terimakasih untuk pihak Dana sudah mengkonfirmasi hal ini. Semoga kedepannya Dana bisa lebih fast response dalam menangani kendala-kendala seperti ini. Sehingga tidak membuat customer cemas juga karena tak kunjung mendapatkan jawaban atas kendala yang dialami. Karena waktu tahun 2019 saya pernah beberapa kali menghubungi CS Dana via email & sosial media itu sangat fast response lho balasannya. Bahkan kendala yang saya alami saat itu bisa solved dalam 1 hari saja

  • 14 Desember 2022 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Update per tanggal 14 Desember

    Sampai detik saya ketik komentar ini hasil refund transaksi yang pihak DANA bilang sudah sukses pertanggal 12 Desember lalu masih BELUM MASUK ke bank. Sehingga credit limit saya belum kembali. Entah berapa lama saya harus menunggu supaya credit limit bisa dikembalikan ke kartu saya 🥲

  • 15 Desember 2022 - (05:15 WIB)
    Permalink

    Update per tgl 15 Desember 2022 pkl 05.12

    Akhirnya barusan saya cek dan hasil refund dari Dana sudah masuk ke bank, sehingga credit limit saya sudah kembali.

    Semoga ke depannya Dana bisa lebih baik lagi dan tidak ada masalah seperti ini. Kalau pun ada gantung seperti mohon untuk CSnya bisa fast response sehingga customer juga bisa lebih nyaman & ga dibikin bingung

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Transaksi Pembelian Token Listrik di DANA Berhasil, tapi Kode Token Li…

oleh Otty Handini dibaca dalam: 1 menit
7