Penahanan Saldo Rekening Bank Mandiri Tanpa Bukti yang Valid

Penahanan saldo rekening tabungan saya oleh Bank Mandiri sudah terjadi sebanyak 2 kali. Bermula pada tanggal 20 September 2022, payroll saya yang menggunakan rekening Bank Mandiri tiba-tiba tertahan pada tanggal penggajian. Setelah di-kroscek kepada tim payroll perusahaan, informasinya tidak ada pending transfer atau bisa dikatakan transfer payroll saya sukses.

Pada hari yang sama, saya komplain kepada customer service Bank Mandiri di nomor 14000, terkait penahanan uang masuk dan autodebit ini disebabkan oleh apa. Setelah pengecekan yang cukup memakan waktu, informasi yang saya dapatkan adalah autodebit ini bisa terjadi pada customer yang memiliki outstanding pada Credit Card Mandiri. Sementara saya tidak memiliki Credit Card Mandiri. Kemudian CS Bank Mandiri menyarankan saya untuk datang ke cabang terdekat guna konfirmasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian saldo yang sebelumnya tertahan.

Keesokan hari saya pergi ke Bank Mandiri Cabang Juanda Bekasi, untuk melaporkan kembali kejadian yang tidak menyenangkan ini. Customer service melakukan pengecekan, ternyata betul adanya tidak terdapat Credit Card Mandiri yang atas nama saya. Kemudian pihak Bank Mandiri Cabang Juanda Bekasi melakukan follow up kepada bagian Collection CC, dan didapatkan kesalahan atau kekeliruan data peng-autodebitan tersebut. Saat saya menanyakan kenapa bisa terjadi kekeliruan yang merugikan saya, tidak ada penjelasan lebih lanjut dari Bagian Collection maupun dari Bank Mandiri Cabang Juanda Bekasi.

Akhirnya setelah perdebatan panjang dan tentunya sangat memakan waktu saldo di rekening saya dikembalikan.

Seiring berjalannya waktu, ternyata kejadian penahanan saldo dan kesalahan autodebit ini terjadi lagi pada saya tanggal 20 Desember 2022. Pertanyaannya, mengapa bank sebesar Bank Mandiri ini bisa melakukan kesalahan sampai dengan 2 kali? Padahal terdapat NIK/ KTP juga nama lengkap beserta alamat, yang sudah diisi pada saat customer registrasi dalam pembukaan rekening maupun pendaftaran Credit Card.

Saya kembali menghubungi CS 14000. Namun lagi-lagi tidak bisa mendapatkan penyelesaian yang tepat dan efektif, yang mana saya diminta kembali untuk mendatangi Bank Mandiri cabang terdekat secara offline.

Surat ini saya tulis sebagai bentuk kekecewaan saya sebagai nasabah Bank Mandiri. Saya berharap pertanggungjawaban dari pihak Bank Mandiri, atas kerugian yang sudah saya alami lebih dari 1 kali.

Rinaldy Octafiandy
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:57    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Rinaldy Octaviandhy

Menanggapi pengaduan Bapak Rinaldy Octaviandhy terkait penahanan dana pada rekening Mandiri Tabungan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami...
Baca Selengkapnya

43 komentar untuk “Penahanan Saldo Rekening Bank Mandiri Tanpa Bukti yang Valid

    • 30 Desember 2022 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Ga seperti itu om saran nya, karna payroll saya pakai bank mandiri, sekelas bank bumn besar di indonesia masa bisa sampai kejadian seperti ini.

      • 30 Desember 2022 - (21:03 WIB)
        Permalink

        Iya.. memang dilemma, namun drpd kita jengkel2 sendiri dan menunggu sesuatu yg diakibatkan oleh system dan tdk bisa segera selesai dan bakal terulang… mending kita mengalah buka rekening baru.. kalau sampai begitu lagi.. kayaknya kita gak berjodoh dgn payroll system mandiri 😀😀

        1
        1
        • 30 Desember 2022 - (21:51 WIB)
          Permalink

          Lhoo kok isso piye kii mandiri mozzo payroll kepentingan auto mumet too customer mu🥵

      • 31 Desember 2022 - (04:47 WIB)
        Permalink

        Karena sedang membahas mandiri, saya juga ingin menyampaikan keluhan, entah ini dari pihak mandiri atau penipuan berkedok mandiri.

        Beberapa hari ini ada banyak sekali nomor asing yang masuk menelpon saya, dengan memperkenalkan diri sebagai customer servis mandiri, alasannya untuk menawarkan kartu kredit dengan limit hingga 50 juta perbulan.

        Yang tidak masuk akal, rekening bank mandiri saya hanya satu dan saya hanya karyawan dengan gaji -+5jt, apa mungkin mendapat tawaran seperti dan nomor yang menghubungi berganti-ganti setiap hari dengan nada yang sedikit memaksa.

        Tadi sore kebetulan saya sedang senggang jadi saya ladeni telfon tersebut, memang belum ada indikasi mereka meminta sejumlah dana, tapi yang saya sayangkan, jika itu benar dari mandiri, kenapa harus menelpon seperti teror sampai sehari bisa 7 kali.

  • 24 Desember 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    buset mandiri yg salah , nasabah yg di bikin repot prl datang ke cabang , buang waktu tenaga dan tdk ada mnt maaf jg..

    • 30 Desember 2022 - (21:01 WIB)
      Permalink

      Saya rugi materil dan waktu om, dan bagian collectionnya malahan menantang saya untuk menaikan ini buat laporan secara hukum dan media konsumen.

      • 30 Desember 2022 - (21:04 WIB)
        Permalink

        Iya, drpd dirugikan uang dan waktu serta jiwa raga. mending tutup dan ganti rekening baru.. hehe

  • 24 Desember 2022 - (09:27 WIB)
    Permalink

    setelah membaca ulasan ini saya jadi gak sudi punya rek di mandiri, padahal saya sudah niat buka tabungan mandiri now yang katanya bagus dan kekinian, setelah membaca saya jadi takut punya rek dimandiri, terlebih arus keluar masuk uang saya besar untuk bisnis online.. terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini

    10
    5
    • 25 Desember 2022 - (10:29 WIB)
      Permalink

      Izin k..
      Apa yang di alami bapak,sama dan persis dengan yang di alami suami saya ..
      Bahkan kami bukan hanya 1/2bln spt itu,tetapi hampir 5 bln…dan smp kemarin gajian pun di tanggal 24 Desember 22 masih terjadi…
      Sudah berkali-kali mendatangi kantor cabang terdekat,tetapi malah di lempar ke kantor mandiri dimana tempat suami membuka rekening mandiri…
      Setelah itu kejadian terus berulang…
      Dan terus terulang…

      • 30 Desember 2022 - (21:25 WIB)
        Permalink

        Iya bu, coba aja ibu buat laporan dengan suami, biar tidak seperti saya, sekelas bank bumn terbesar di indonesia bisa seperti ini, sangat buruk sekali.

    • 30 Desember 2022 - (21:07 WIB)
      Permalink

      Semakin besar sebuah bank berarti semakin banyak nasabahnya.. dengan demikian tentunya bank tsb terus upgrade system dan layanan nya agar mumpuni. Kalau ada error , menjadi PR mereka utk segera menyelesaikannya…
      QUALITY IN QUANTITY..
      Kualitas layanan diuji pada skala kuantitas besar… Kurvanya harus linier….

  • 24 Desember 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Saran saya, segera pindahkan dana tersisa ke rekening bank lain. Dan hindari penggunaan bank mandiri. Bagi saya, ini adalah salah satu bank BUMN terburuk dari yang ada.

    11
    6
    • 24 Desember 2022 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk, emang bank plat merah ada yg bagus? Sama aja dul empat2nya, kek ngga tau kerja bank pemerentah aja..

      5
      2
      • 27 Desember 2022 - (20:21 WIB)
        Permalink

        membaca kronologis.. pasti akan terulang terus.. jadi hati hati dengan rekening Bank Mandiri apalagi yang mau buka, buka rekening payroll karena dipaksa perusahaan.

    • 24 Desember 2022 - (17:04 WIB)
      Permalink

      Semua bank sama aja BCA juga pelayanan nya parah. Mending bank syariah BSI. Belum pernah dikecewain

      6
      1
    • 30 Desember 2022 - (21:05 WIB)
      Permalink

      Sangat buruk tanggapannya di bagian collection nya om, padahal pihak bank mandiri yang salah tetapi dia seperti tidak punya salah menahan saldo yang ada di rekening saya, dengan alasan ada tagihan credit card, sedang saya tidak pernah punya credit card dari bank mandiri dan tidak pernah ada hutang di bank mandiri.

    • 30 Desember 2022 - (21:09 WIB)
      Permalink

      Lha terus payroll nya gimana ? Gak gajian dong , solusinya tutup rekening lama lalu buka rekening baru, Dana segera pindah kan sesaat setelah terima gajian ke rekening Bank lain… bank kecil aja aman

  • 24 Desember 2022 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Kalau ke cabang mandiri ga guna bang, mending abang nanya alamat departemen collection bekasi, datangi noh minta ketemu supervisor sekalian komplain masalah data, bagian collection yang ga bener itu

    • 24 Desember 2022 - (20:16 WIB)
      Permalink

      Sistem ngebug itu BG kalau Masi begitu stuck terus lebih baik ganti rekening ke bank lain saja daripada bug sistem gitu, tapi kalau Masi setia sama bank yg di pakai ya harus bersabar sampai diperbaiki kapanpun lamanya 🤔

    • 30 Desember 2022 - (21:09 WIB)
      Permalink

      Ga guna juga om kalau buang buang waktu saya dan merugikan saya.
      Ini sudah semua pihak dari bank mandiri yang seharusnya tanggung jawab atas kerugian materil dan waktu saya om.

  • 24 Desember 2022 - (12:09 WIB)
    Permalink

    memang kacau, saya pernah ingin mencairkan cek dari cabang pangkal pinang di jakarta, tp tertahan, karena harus menunggu konfirmasi dari cabang asal, estimasi nya “sekitar” 2-3 jam ( belum pasti ), padahal jumlah tidak besar, dibawah 50jt. ternyata alasannya adalah tanda tangan nasabah pemilik rekening tidak ada di sistem cabang tempat saya ingin mencairkan cek.
    dan menurut informasi yang diberikan, konfirmasi cabang ke cabang asal dilakukan “manual” sehingga memerlukan waktu yang lama.
    perusahaan plat merah rata-rata kualitas di bawah rata2, mungkin bertahan hanya karena kerugian yang terjadi terus “disuntik” pemerintah. kinerja CS dan teller bank juga jauh dibandingkan dengan BCA.

    12
    3
    • 24 Desember 2022 - (17:07 WIB)
      Permalink

      Saya pernah ke BCA tapi dianggurin juga pas di cabang juanda medan. Cs nya ga helpful pas saya bertanya tentang biaya annual fee Kartu Kredit. Bohong itu yang bilang BCA terbagus. Kalau itu terbagus, terburuk nya gimana lagi ya?

      5
      1
      • 24 Desember 2022 - (18:01 WIB)
        Permalink

        Saya komen sesuai pengalaman saya. Dan sampai saat ini, masi lebih baik BCA dibanding yang lain.

        Sebagai masukan, untuk annual fee kartu kredit, bisa lsg browse di goggle saja.

      • 24 Desember 2022 - (20:18 WIB)
        Permalink

        Gasemua cabang bagus bg 🗿 mo bijimane LG, orang dikit robot banyak gak sekalian aja robot aja semua yg ngatur

      • 26 Desember 2022 - (07:15 WIB)
        Permalink

        Kalau cm mau nanya2 mending lewat aplikasi HaloBCA aja, telpon gratis dan cepat bngt penanganannya. Sy pernah punya rekening Mandiri, BNI, utk saat ini punya rekening di 7 bank swasta, memang yg terbaik msh BCA sih.

  • 24 Desember 2022 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Apakah ada pinjaman lain di Bank Mandiri pak, misal KPR atau KTA ? Kl ada mungkin dari salah satu pinjaman itu.. kl bpk gak ada sangkutan pinjaman di Mandiri sebaiknya tutup rekening lama dan buat rekening baru agar tidak terjadi penahanan lagi.

    • 30 Desember 2022 - (21:15 WIB)
      Permalink

      Saya tidak ada pinjaman, payroll gaji saya pakai bank mandiri, jd solusi menutup rekening bank mandiri tidak bisa dilakukan, ini benar benar kesalahan bank mandiri.

    • 25 Desember 2022 - (11:33 WIB)
      Permalink

      saran saya.setelah selesai proses ini.
      jgn pakai lagi rek mandiri untuk gaji anda.
      ganti dengan rek bank lain.

      ini akan terus berlangsung sesuai dengan sistem DEBIT BODOH yg diciptakan bank mandiri sendiri.
      yaitu dengan mencocokan nama debitur kartu kredit yg macet dengan nama customer baru saving

      aneh bin ajaib.bank sebesar mandiri ternyata masih ****** banget.

    • 30 Desember 2022 - (21:18 WIB)
      Permalink

      Ya pastinya, karena dari pihak bank mandiri juga menyarankan seperti itu, dan pastinya saya akan blowup terus biar tidak makin kurang ajar tanggapan bagian collection bank mandiri nya.

  • 27 Desember 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Ini yang pada bilang pindahin dananya gimana dah? Kan payrollnya ke mandiri dia, gak bisa diubah rekeningnya mungkin karna perusahaan tempat dia kerja itu kerjasamanya sama bank Mandiri. Kalo dia tutup rekening nanti gak bisa terima gaji dong.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Penahanan Saldo Rekening Bank Mandiri Tanpa Bukti yang Valid

oleh Rinaldy dibaca dalam: 1 menit
43