Total Kerugian Saat Proses Mediasi Pengembalian Barang dan Dana di Shopee

Selamat pagi,

Perkenalkan saya Aditya Nataprawira, selaku pemilik akun member Platinum Shopee. Di sini saya ingin membuat laporan terutama kepada pihak Shopee beserta dengan Tim Mediasi Shopee, terkait permasalahan terhadap pesanan saya yang hingga saat ini belum dan tidak menemukan titik terang!

Kasus Pertama

Saya mengajukan pengembalian barang dan dana dikarenakan produk tersebut tidak berfungsi dengan baik. Tim Mediasi Shopee telah menyetujui untuk pengembalian barang dan dana yang saya ajukan.

Ketika barang sudah diterima kembali oleh penjual, tiba-tiba penjual mengirimkan kembali barang kepada saya tanpa persetujuan maupun konfirmasi dari saya, dan secara sepihak Tim Mediasi Shopee langsung menutup pengembalian Barang dan Dana yang saya ajukan serta dengan sepihak langsung melepaskan dana saya kepada Penjual tanpa melakukan konfirmasi untuk persetujuan pelepasan dana kepada saya!

Nomor permintaan pengembalian barang dan dana: 22111608MH1UQUE. Total kerugian: Rp720.000.

 

Kasus Kedua

Sama seperti kasus sebelumnya, saya telah mengajukan pengembalian barang dan dana karena produk yang dikirimkan tidak berfungsi dengan baik. Setiap saya lakukan pengembalian barang dan dana selalu berjalan dengan baik, jadi saya tidak kepikiran untuk melakukan video saat proses packing barang tersebut. Saya mengembalikan barang sesuai dengan jumlah produk yang dikirimkan yaitu 5 pcs, tetapi penjual beralasan yang diterima hanya 3 pcs.

Nomor permintaan pengembalian barang dan dana: 2211290CKYKXFEFE. Total kerugian: Rp17.000.

Kasus Ketiga

Fokus untuk notifikasi pesanan Baterai. Di sini saya melakukan pengajuan pengembalian barang dan dana karena jika belanja di Shopee Mall akan garansi 7 hari untuk pengembalian. Lalu saya mengajukan pengembalian barang dan dana karena barang tersebut tidak berfungsi dengan baik (low battery/cepat habis).

Di sini saya ingin mengajukan pengembalian dana saya bukan retur barang produk serupa, dan sudah disetujui tanpa harus dilakukan pengembalian barang, dana tetap akan dikembalikan. Karena saya tidak ingin merugikan pihak toko penjual, maka tetap saya kembalikan kepada penjual sesuai produk yang dikirimkan penjual. Lalu saya pesan kembali dengan produk yang sama kepada penjual karena saya sangat butuh produk tersebut. Jadi saya membuat 2 pesanan dengan 2 produk yang sama, tetapi berbeda pesanan.

Namun secara tiba-tiba pesanan saya tersebut diselesaikan, tanpa adanya konfirmasi kepada saya! Saya sudah membuatkan laporan kepada CS Shopee, karena ini kelalaian dari Warehouse Shopee. Penjual pun tidak ada konfirmasi dari saya sama sekali hanya broadcast produk saja, dan pesan saya pun tidak dibalas oleh penjual.

Nomor permintaan pengembalian barang dan dana: 221250Q6ASWF3W. Total Kerugian: Rp206.737.

Saya tidak ingin membayar tagihan tersebut, dikarenakan ini kelalaian oleh Tim Mediasi Shopee dan Warehouse karena tidak adanya konfirmasi dari saya terkait pelepasan dana saya, ini kan dana saya bukan dana kalian, saya ingin meminta pertanggung jawaban dari kalian!

Keseluruhan Total Kerugian: Rp943.737.

Aditya Nataprawira
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

73 komentar untuk “Total Kerugian Saat Proses Mediasi Pengembalian Barang dan Dana di Shopee

    • 30 Desember 2022 - (09:21 WIB)
      Permalink

      Bukan saya yang Ruwet, Tim Mediasi Shopee dan Warehouse yang tidak becus untuk bekerja.

      14
      23
    • 30 Desember 2022 - (16:45 WIB)
      Permalink

      Iya. Ngga ngaku ruwet… Mgkn byk sialnya aja ? jauhkan saya dr pembeli model begini. Beli pvc foam board alias sejenis busa lembaran aja bisa ajuin pengembalian dgn alesan tidak berfungsi dgn baik. Fungsi apanya coba? Tinggal pake doank.

      20
      3
      • 30 Desember 2022 - (16:49 WIB)
        Permalink

        klo pun gua jadi pembeli, ga akan beli ke lu kocak wkwk, masih banyak penjual yang lebih baik, pembeli adalah raja, ga suka dengan pembeli? gausah jadi penjual, cocoknya ngelawak haha..

        6
        36
          • 1 Januari 2023 - (13:24 WIB)
            Permalink

            mkanya beli apa2 qo di online…emg kadang murah,review bagus…bgtu udh sampe isi nya kadang meleset dr expetasi…mending mahal tapi kita bisa milih sesuai dgn kebutuhan…klo barang bisa PCB(pantau cocok bayar)knp harus milih barang online yg ga jelas???

        • 31 Desember 2022 - (16:47 WIB)
          Permalink

          Pembeli adalah Raja
          Penjual adalah Kaisar
          Raja tetap dibawah kaisar
          Itulah fakta yg saya ketahui sejak mulai jadi marketing dari 2001

          3
          1
    • 31 Desember 2022 - (06:33 WIB)
      Permalink

      Betul, pembeli rempong kayak begini yg sangat dihindari, dikit dikit minta pengembalian, mungkin dia gak tau cara menggunakannya, padahal produk yg dia beli di ulasannya pembeli juga banyak review dan di deskripsi juga sudah ada penjelasan,

      15
      2
  • 30 Desember 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Kebanyakan orang komplain ke penjual, mau bumi kiamatpun ga bakal balik.

    Yang namanya toko online, komplainnya ke regulator atau penyelenggara kegiatan jual beli, karena uang ada di regulator selama proses transaksi.

    9
    2
    • 30 Desember 2022 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Saya sependapat dengan anda, dan kita sebagai pembeli yang harus menghubungi penjual? bagaimana ceritanya jika kita sudah mencoba menghubungi penjual kembali, tetapi tidak ada respond dari pihak penjual? yang membela shopee/penjual curang itu oknum tersebut.

      6
      18
      • 30 Desember 2022 - (10:02 WIB)
        Permalink

        Intinya, saya punya member tertinggi di lapak merah dan lapak hijau, sudah melewati ribuan pembelian,

        Jadi setiap komplain, ga bakalan saya protes atau gimmick mediasi ke penjual,
        Tapi saya langsung proses di fitur komplain,
        Ngikutin alurnya dan uang kembali,
        Pengalaman saya begitu.

        6
        3
        • 30 Desember 2022 - (10:04 WIB)
          Permalink

          Berbeda dengan lapak orange, lagi kejar target tahunan, dana konsumen di gaibkan semua wkwk, kapok berbelanja dilapak orange, gua buang sia-sia member platinum gua ga penting soalnya, pelayanannya sangat buruk.

          9
          11
          • 30 Desember 2022 - (10:13 WIB)
            Permalink

            Saya belum tahu soal lapak orange, karena yang saya tahu lapak orange harga part pc/laptop lebih mahal 5% dari lapak hijau atau lapak merah.

            Dikota saya sangat susah bahkan tidak ada toko untuk mencari part, mau ga mau harus andalin toko online, kebetulan sudah tepat percayakan 2 lapak online tsb

            6
            4
          • 30 Desember 2022 - (10:16 WIB)
            Permalink

            Btw, untuk tagihan tsb tampaknya anda harus bayar, karena counter mereka memakai dalil “pembelian selesai”,

            Antara nekat ngotot ga bayar atau seumpama pake paylater, pertimbangkan soal SLIK yang berhubungan dg BI Checking.
            Semua kembali ke anda.

            2
            3
          • 30 Desember 2022 - (13:10 WIB)
            Permalink

            Iya skr si sope banyak masalah, waspadai paylater bunga yg mulai tinggi

            3
            4
        • 30 Desember 2022 - (10:18 WIB)
          Permalink

          Lapak orange sekarang menggunakan sistem menjebak disampuli dengan paylater, kasihan para pengguna paylater, sudah dikenakan biaya penanganan 3% dari total jumlah transaksi, lalu biaya pelayanan sebesar Rp.1.000,- lalu biaya admin 2%/3% dari total biaya keseluruhan, saya bukan pengguna paylater, cuma pas dicari tau sistem kerja paylater lapak orange seperti itu, mohon dikoreksi jika saya salah. dan sekarang sampai kedepannya saya beralih ke lapak hijau, lebih puas pelayanannya.

          11
          9
          • 30 Desember 2022 - (10:22 WIB)
            Permalink

            Lapak merah juga lumayan,
            Beberapa kasus, harga lapak merah bisa lebih murah dari lapak hijau,

            Tp kalau soal ke stabilan dalm artian pengiriman – fitur komplain dll, lapak hijau tetep the best.

            7
            4
          • 30 Desember 2022 - (11:04 WIB)
            Permalink

            Tapi anda sepertinya pengguna paylater kak, itu ada tulisan di atas di foto yg diupload : Pengembalian Dana ke Spaylater

            3
            3
          • 30 Desember 2022 - (13:11 WIB)
            Permalink

            Iya, saya salah satu nya, beli barang 750.000, jadi 1jt lebih pas tagihan, di awal pas check out gk ada keterangan nya, parah

            5
            5
          • 5 Januari 2023 - (22:19 WIB)
            Permalink

            Sy gak bahas soal brg..cmn kata ente..spylater menjebak..dengan bunga tinggi bla bla bla …situ yg goblok atao gmn..atao emg gk pny uang..dah tao bunga tinggi tp msh digunakan spylater..malah gak mau byr pula tagihannya…wkwkwk pea

        • 30 Desember 2022 - (10:20 WIB)
          Permalink

          Benar, jika saya menggunakan paylater tidak akan saya bayar, dan yang jadi permasalahan disini, ada dana yang yang digelapkan pada salah satu transaksi tersebut. Saya selalu followup setiap hari, jawaban apa yang selalu saya terima? saya selalu direspond: silahkan menunggu hasil keputusan tim dll, saya sudah menunggu hampir 1 bulan tidak ada kejelasan, saya tanyakan kepastian selesainya estimasi sampai kapan? CS nya malah kabur semua wkwk, lapak orange bener bener ga habis pikir pelayanannya sangat tidak baik.

          4
          9
          • 30 Desember 2022 - (11:02 WIB)
            Permalink

            Tapi saya lihat di gambar yg diupload anda menggunakan paylater deh. Berarti fix gk bakal dibayar ya?

            1
            3
          • 31 Desember 2022 - (08:10 WIB)
            Permalink

            Halah bilang saja lu mau mencairkan dana paylater, dengan melakukan fake order, pengembalian barang yg diorder biar masuk ke shopee pay kamu kan, wkwkwk ?

            6
            2
        • 30 Desember 2022 - (12:20 WIB)
          Permalink

          Benar jauh lebih baik ke lapak hijau ataupun ke lapak merah, dibandingkan ke lapak orange.

          2
          9
          • 30 Desember 2022 - (12:39 WIB)
            Permalink

            Sama aja kok mau lapak warna pelangi juga ??
            Pasti ada case nya di setiap warna

            1
            3
        • 30 Desember 2022 - (12:23 WIB)
          Permalink

          @Donabella, saya biasanya menggunakan paylater jika transaksi tidak sampai/dibawah 50rb, tapi sekarang saya sudah STOP dan BERHENTI KERAS menggunakan paylater, karena menjebak, disaat kita transaksi menggunakan paylater lapak orange, tidak ditampilkan untuk ada biaya tambahan yaitu biaya admin sebesar 2%-3% per transaksi.

          2
          7
        • 30 Desember 2022 - (12:25 WIB)
          Permalink

          @Donabella, tidak akan saya bayar untuk tagihan tersebut, dikarenakan kasusnya, saya tidak menerima barang, tetapi saya tetap ditagih? lelucon toko orange. terkait BI Checking/SLIK, itu hanya di 1 penyedia jasa tersebut saja, yang lain aman, tinggal saya jelaskan kronologinya. dan juga untuk paylater saya tidak terlalu tinggi nominalnya, jadi no issue buat saya

          2
          7
      • 31 Desember 2022 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Loe aja yang bego, dan pembeli rewel, tapi oon.. gue dari awal shope ada belanja ampe ratusan juta, aman, dan selalu memuaskan,
        Pinter2 kita, makanya liat review orang yg udah beli, dan perhatikan dg cermat, jgn asal chekout… jgn jd bego

        4
        2
  • 30 Desember 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    @Serabutstore : tapi jika dilakukan perbandingan, lapak orange benar benar tidak direkomendasikan. wkwk labelnya aja kita diberikan platinum, pelayanan sangat mengecewakan.

    3
    7
  • 30 Desember 2022 - (13:16 WIB)
    Permalink

    @JOKO : Benar pak, saat kita melakukan Checkout tidak ada keterangan biaya admin diluar transaksi tersebut, saat kita lakukan pengecekan, ternyata ada biaya admin, dan kita konfirmasi ke CS, kita yang disuruh baca panduannya wkwk, sekali yang namanya dijebak, ya tetap dijebak mau dengan dalih isu ataupun sampul apa pun tetap menjebak dan di jebak. Kasihan si yang aktif menggunakan paylater, bisa-bisa biaya admin yang tidak ditampilkan, seharga 1x gaji bulanan pengguna tersebut haha ..

    3
    9
    • 30 Desember 2022 - (14:38 WIB)
      Permalink

      Besok2 belanja bayar pakai uang pribadi aja jgn pakai paylater biaya tidak ada biaya tambahan ?

      5
      4
      • 30 Desember 2022 - (14:49 WIB)
        Permalink

        Benar pak, biaya tambahan tidak jadi masalah, yang menjadi masalah itu, keseluruhan total yang harus dibayarkan tidak terlihat saat proses checkout/pembayaran pada salah satu transaksi tersebut haha..

        3
        6
  • 30 Desember 2022 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Si orange sudah tak seperti dulu, dulu semua ongkir benar-benar gratis, paylater bunga rendah, kini promo ongkir tetap bayar, paylater kena 2x bayar, biaya admin dan transaksi, itu pun tidak di munculkan pas check out, aneh.. Menipu secara halus kl menurut saya pribadi

    1
    4
    • 30 Desember 2022 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Yang bilang saya ruwet, percayalah pasti ada salah satu dari keluarganya yang kerja disana haha.. menjebak lebih tepatnya pak, karena biaya keseluruhan tidak dimasukan kedalam saat proses checkout/pembayaran.

      3
      9
      • 30 Desember 2022 - (14:59 WIB)
        Permalink

        Keuntungan bisa didapat dari mana saja, yang saya tau Shopee mendapatkan keuntungan per hari ini diantaranya dari:
        1. Potongan Biaya Penjualan Produk
        2. Biaya Layanan (Rp.1.000,-)
        3. Bunga dll
        4. Dan masih banyak lagi, dikalikan saja setiap harinya ada 1jt transaksi.

        Jika ingin mencari keuntungan yang didapatkan dari cara menjebak, menurut saya kurang baik

        3
        4
          • 30 Desember 2022 - (15:09 WIB)
            Permalink

            hahaha

            1
            5
          • 30 Desember 2022 - (15:09 WIB)
            Permalink

            benar, kan saya hanya menjabarkan untuk pendapatannya dari mana aja haha..

            1
            6
    • 30 Desember 2022 - (14:38 WIB)
      Permalink

      gua bukan kakak lu wkw, ditunggu aja nanti, masih banyak yg pending, selesaiin dulu aja 1-1 biar ga ribet

      4
      10
  • 30 Desember 2022 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Menurut gw sangat disayangkan walaupun ts sudah platinum. Gw juga platinum tapi selalu setiap transaksi dan buka produk selalu gw bikin video dan foto. Utk mendukung komplain. Utk ts beli produk pvc tsnya ngaco deh. Masa pvc mau diretur. Jangan2 waktu datang produk gak sesuai dengan keinginan. Makanya mau retur, mana bisa? Selama penjual kirimkan produk sesuai deskripsi. Menurut gw sah2 aja. Karena jujur aja gw pakai Shopee aman aman aja. Si hijau juga aman2 aja walaupun retur.

    11
    2
    • 30 Desember 2022 - (18:07 WIB)
      Permalink

      Tambahan juga kalau beli barang trus seller salah yah udah tinggal minta ganti produk. Jangan minta kembali uang. Mana bisa dengan alasan apapun kecuali produk pengganti gak ada.

      10
      2
  • 30 Desember 2022 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Sekarang semua market place sering bermasalah.. ya penjual yg nakal, ya pembeli yg nakal. Ditambah lagi CS market place yg bermasalah juga tidak profesional dalam menangani setiap masalah. Intinya.. sekarang kita harus lebih hati² lagi dalam bertransaksi di semua market place.

    2
    4
    • 30 Desember 2022 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Nah ini baru adil, bukan hanya penjual yg bisa nakal, bahkan pembeli pun sama, jadi bijak aja transaksi online. Try again jadikan pelajaran setiap kejadian

      1
      5
  • 30 Desember 2022 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Saat ini saya dirugikan karena saya diwajibkan membayar tagihan yang barangnya belum saya pegang, dan saya dikenakan denda karena telat jatuh tempo pembayaran spaylater padahal salah si shopee sendiri dalam penanganan kasus pengembalian barang lelet banget.

    Pihak shopee bilang seharusnya saya bayar tagihan sebelum jatuh tempo, padahal gamasuk logika jual beli, dimana-mana juga jual beli itu kalau barang ada uang ada. Ini ko duit udah diminta barang belum sampe, aneh.

    Janjinya mau hapusin denda segera, tapi seperti ngulur waktu. Bisa baca : https://mediakonsumen.com/2022/12/28/surat-pembaca/kekecewaan-terhadap-penanganan-kasus-pengembalian-barang-oleh-shopee-sudah-2-bulan-belum-selesai-dan-berimbas-pada-pembayaran-shopeepaylater-saya

    2
    2
  • 31 Desember 2022 - (07:31 WIB)
    Permalink

    TS ini laki atau ibu ibu ya? Klo ibu ibu gw maklumin dah.. soalnya,astaga.. begitu baca ceritanya dr atas ampe bawah, nilai sendiri aja dah hehe

    8
    3
  • 31 Desember 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Byk PHK jadi kualitas layanan menurun seperti awal mula marketplace, kembali gambling. Kecuali beli ke toko yg udah langganan utk kebutuhan rutin, yg lain bisa dipastikan gambling bisa untung bisa rugi.

  • 31 Desember 2022 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Apa cuman saya aja ya yg merasa ts beli online cuman buat coba2, kalo ga suka barangnya langsung ngajuin refund ?

  • 1 Januari 2023 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Emang tim shopee kejar setoran komisi
    Kalau tdk terjadi transaksi kan mereka ga dpt komisi, ak jg sempet pernah ngalamin kejadian langsung d close ama tim shopee (pdhl bukti Sudah sangat kuat, n tim shopee ga ngerti apa2 soal barang tersebut) tp ya krn memang ngejar setoran komisi jd tetap d menangkan penjual…
    Selamat dah dpt komisi ya tim shopee yg ngeselin

    Untung kerugiannya cm 40rb-an

  • 1 Januari 2023 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Saya pernah beli barang elektronik dari shopee, karena tidak sesuai maka saya minta pengembalian dana yg akhirnya dimenangkan penjual, lanjut saya habiskan semua shoopepay saya ke pulsa dan uninstall aplikasi. Pindah toko hijau sampai sekarang aman2 aja, saya cuma belanja di official dan promerchant jika tidak tersedia di official. Saran saya untuk pengembalian barang hanya kepada barang yg tidak sesuai, pantau segel rusak/ lepasbl jika ada, klo barang elektronik rusak walau baru beli 3 hari ke service centernya bukan dikembalikan, klo bukan elektronik y gunakan saja. Elektronik yg ngak ada garansi anggap apes aja. Menurut saya garansi toko itu hoax termasuk garansi dari market place, garansi resmi baru asli, asal garansi resmi biasanya mereka ganti baru datang ke service centernya.
    Btw saya rasa service center kebanyakan CS yg cuma pandai bicara tanpa teknisi, service center manapun selalu reset factory, klo gagal ganti baru jika masih garansi.

  • 2 Januari 2023 - (03:17 WIB)
    Permalink

    Klo bole sy blg ya, setiap admin/juri marketplace manapun ga akn bisa menilai objektif 100%. Namanya jg online. Teman sy pernah beli di shope pembelian hmpr 7jt utk 50pcs brg dr 1 toko. Begitu smp dcek semua 1 per 1, ada 2pc brg yg troble. Biasalah ajukan komplain video ini itu lalu pilih pengembalian brg dan dana. Asumsinya hnya 2 brg yg rusak dkembalikan, lalu uangnya senilai 2 brg tsbt drefund. Selang bbrpa hari, duitnya dia hmpr 7jt msk shopipay, apa gk gila tuh admin shope ? Hhhh..kasus dclose sm adminya krn brg yg rusak itu udh sampai di penjual dan udh melewati batas konfirm penjual. Penjualnya panik dkembalikan cm 2 tp.direfund full. Coba ktemu pembeli nakal, dianggap rejeki nomplok. Itulah si shopi bnyk kelemahan sistemnya. Admin/juri marketplace manapun punya target. Mereka hrs solved problem dgn target waktu tertentu, jk tdk perform mereka jelek, insentif 0. Sorry to say, embel² kasta platinum di shopi itu cm buat nyeneng²in pembeli pasar. Anda cukup belanja 10jt setahun ato 4x sebulan selama setaun udh bs jd kasta platinum. Kasta pembeli tertinggi setau sy ada di bli² n tokped, itulah makanya dkedua mp tsbt pbeli n pnjual sngt drawat dgn baik. Klo dshopi ekosistemnya sedari awal dcreate utk pembeli receh dan gemar berhutang, market bgini mmg rentan komplain/rewelan. Beli brg 20rb, diutang pula. Buat ts hrsnya udh paham sopi itu marketplace paling tinggi paylaternya dibanding yg lain. Simple aja, utk bayar 1bln anda akan kena biaya : bunga 2.95% dr ttl trnsaksi, admin 1%, biaya apk rp. 1rb. Jd total 3.95% + 1rb utk utang sebulan saja.

  • 2 Januari 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Update hingga sekarang pun pihak shopee tidak bertanggung jawab haha.. tidak perlu lagi menggunakan label toko orange dll, ga lagi lagi berbelanja disini, padahal member platinum haha.. haram mengambil dana dan hak orang lain.

  • 2 Januari 2023 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Pvc foam board ngapain dibalikin, wkwkwkw
    Klo gak tau fungsinya y jgn dibeli, kasihan sellernya, rugi packing dan waktu

  • 4 Januari 2023 - (00:44 WIB)
    Permalink

    Ts nya itu tau cara belanja online gk? Atau belanja online cuma mau bikin ribet yg jualan? Cari barang murah di toko yg gk jelas? Sehat kah? Kalau orang niat awal baik, memang untuk kebutuhan, dan mencari ditoko yg jelas, bahkan di official. Pasti barang yg dateng juga bagus dan benar, juga dilayani dengan baik. Tapi kalau beli cuma karena murah, gk butuh” Ahmad, karena niatnya emang gaca, kalau zonk ya minta balikin dana, kalau bagus ya asik dapat barang murah.

    Bingung ane sama orang” Kayak gini.
    Perasaan ane suka beli barang dari puluhan ribu, hingga jutaan, gk pernah bermasalah karena beli di toko yg sudah jelas/official, memang karena butuh, dan niat awal sudah baik.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 73 komentar sampai saat ini..

Total Kerugian Saat Proses Mediasi Pengembalian Barang dan Dana di Sho…

oleh ADITYA dibaca dalam: 2 menit
73