Eror pada Sistem Telkomsel dan Amazon Prime Merugikan Pelanggan

Saya ingin menyampaikan hard complaint terhadap pihak Telkomsel dan OTT Amazon Prime, yang dengan lambatnya menanggapi keluhan yang sudah saya sampaikan sejak 24 Desember 2022, dengan kronologi sebagai berikut:

Pada tanggal 13 Desember 2022, saya melakukan pembelian add on “sekali beli” Amazon Prime Regular 7 Days di aplikasi MyTelkomsel, dengan nominal Rp 16.000, melalui pemotongan pulsa, supaya saya dapat menonton tayangan-tayangan Amazon Prime di layar besar. Karena paket bundling Amazon Prime (Prime Video Mobile 30 hari) yang saya dapatkan ketika membeli paket internet hanya dapat digunakan di mobile saja.

Pada tanggal 20 Desember 2022, tanpa ada konfirmasi atau persetujuan saya, add on Amazon Prime Regular 7 Days otomatis diperpanjang. Saya klik tombol “Berhenti Berlangganan” yang ada di Menu aplikasi MyTelkomsel “Paket dan Berlangganan”. Namun tombol tersebut tidak berfungsi.

Pada tanggal 24 Desember 2022, saya telepon ke layanan Telkomsel 188 untuk menyampaikan keluhan otomatis perpanjangan add on ini supaya segera deaktivasi. Customer service menginfokan bahwa akan mengkoordinasikan terkait keluhan saya tersebut ke tim terkait dengan nomor/tiket laporan 1-GH7D9D1 dengan estimasi penyelesaian pada 27 Desember 2022.

Pada tanggal 27 Desember, add on Amazon Prime Regular 7 Days kembali otomatis diperpanjang tanpa konfirmasi atau persetujuan saya. Saya pun kembali menghubungi layanan Telkomsel 188 untuk menanyakan progres komplain saya karena masih belum ada tindakan deaktivasi sesuai yang dijanjikan, sedangkan pulsa saya sejumlah Rp 16.000,- sudah terpotong lagi untuk perpanjangan tersebut.

Customer service Telkomsel pun menginfokan bahwa komplain saya masih dalam tahap koordinasi internal, tanpa ada solusi yang bisa diberikan. Saya pun coba menghubungi customer service Amazon Prime di 97080 melalui link cs.upoint.id. Namun hasilnya juga nihil karena saya cuma diberikan jawaban template bot: “Hi, jika sudah tidak berfungsi tombolnya, berarti kamu sudah berhenti langganan tersebut”.

Pada tanggal 30 Desember 2022, saya coba menghubungi Pusat Bantuan live chat via aplikasi Telkomsel untuk Tanya Progres laporan. Lalu di chat tersebut saya diminta bukti berupa capture bahwa tombol “Berhenti Berlangganan” tidak berfungsi. Setelah saya tanya kapan komplain saya bisa diselesaikan, saya cuma diminta menunggu karena masih dalam proses cek oleh tim terkait.

Pada tanggal 31 Desember 2022, saya kembali lagi menghubungi Telkomsel 188, lagi-lagi saya mendapatkan jawaban yang sama, yaitu masih dikoordinasikan.

Saya juga sudah coba untuk melakukan pemberhentian melalui aplikasi Prime Video. Namun di aplikasi hanya ada notifikasi bahwa mengenai perubahan membership hanya dapat dilakukan melalui Telkomsel.

Hari ini, per 2 Januari 2023, saya sudah mendapatkan SMS maupun notifikasi bahwa add on Amazon Prime Regular 7 Days akan berakhir pada 02/01/2023 pukul 23:59 WIB, dan berdasarkan histori yang sudah terjadi sebanyak 2x, add on ini otomatis diperpanjang tanpa konfirmasi & persetujuan saya.

Jadi sampai kapan saya harus menunggu untuk mendapatkan solusinya? Hal ini jelas sangat merugikan saya sebagai konsumen karena sudah 2x pulsa saya terpotong tanpa persetujuan saya. Paket add on yang saya beli pun “sekali beli”, bukan “berlangganan”.

Memang nominalnya kecil ya, tapi sudah berulang kali pulsa saya terpotong dan entah sampai kapan akan terus terpotong, karena tidak mendapatkan solusi yang pasti dari pihak Telkomsel maupun Amazon Prime. Pada saat menghubungi customer service, saya juga sudah menawarkan diri untuk mendatangi Grapari sehingga add on ini dapat segera deaktivasi, tapi tawaran solusi tsb tidak dapat dijawab oleh pihak CS Telkomsel.

Sampai dengan tulisan ini saya submit ke Media Konsumen, tidak ada tanggapan dari pihak Telkomsel maupun Amazon Prime. Saya tunggu responsnya dan solusinya.

Terima kasih, Media Konsumen.

Quitasha Agatha Manangka
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:18    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan Telkomsel atas Surat Ibu Quitasha Manangka

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 5 Januari 2023 oleh Ibu Agatha Manangka Quitasha mengenai eror pada sistem...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Eror pada Sistem Telkomsel dan Amazon Prime Merugikan Pelanggan

  • 5 Januari 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Sudah dicoba ketuk tulisan “berhenti berlangganan” sebagaimana tertera di tangkapan layar pertama? Disitu juga ada menu kolom “Terjadwal”, mungkin bisa dinonaktifkan dari situ.

    Memang seringkali menimbulkan kerancuan antara keterangan paket “sekali beli” dengan fitur perpanjangan otomatis di aplikasi. Entah ini disengaja atau kesalahan sistem, pihak Telkomsel lebih paham dan seharusnya memberikan klarifikasi. Jika tidak diaplikasikan secara tepat bisa menimbulkan kerugian konsumen dan dugaan pemaksaan terselubung jika otomatis aktif setiap konsumen membeli paket. Seharusnya sistem dirancang saat konsumen membeli paket (apapun deskripsinya) maka otomatis berlangganan harus OFF secara default.

    Memang paket durasi seminggu senilai 16 ribu nominalnya kecil (subyektif, berdasarkan pernyataan TS). Tapi tetap setara paket seharga 64 ribu per bulan, 768 ribu per tahun.

      • 6 Januari 2023 - (16:52 WIB)
        Permalink

        saya malah aktivasi paket combo sakti mbak, prime videonya malah saya instal bolak balik 3 kali, tampilannya bilang bisa nonton dengan 7 hari free trial kemudian suruh masukin kartu kredit, lah saya enggak punya kartu kredit terus bigimana hahaha, akhirnya ya uninstal, gak nonton prime video gak masalah, nonton bajakan di internet saja solusinya….entahlah telkomsel ini jadi ambigu gini…

  • 5 Januari 2023 - (17:10 WIB)
    Permalink

    sy pernah mengalami hal serupa, tp kali ni perpanjangan paket data.
    lapor cs percuma. akhirnya sy inisiatif utk mengosongkan pulsa / mengupayakan pulsa dibawah paket berlangganan supaya proses perpanjangan gagal. cara ini terbukti berhasil. tp jgn buru2 isi pulsa lg, usahakan 1 minggu kemudian baru isi pulsa utk memastikan proses berlangganan otomatis benar2 terputus

  • 5 Januari 2023 - (17:34 WIB)
    Permalink

    semoga gak ada netizen yg komen penulis gagal paham dan miskomunikasi dgn penjelasan cs telkomsel. wkwkwkw

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Eror pada Sistem Telkomsel dan Amazon Prime Merugikan Pelanggan

oleh Quitasha dibaca dalam: 2 menit
9