Barang Jualan di Shopee Dikomplain, Retur Produk Belum Diterima tapi Uang Sudah Dikembalikan ke Pembeli

Tanggal 10 Januari 2023 saya mendapatkan pesanan dengan no.2301100UPRS9A5. Setelah produk diterima pembeli mengajukan pengembalian dana karena produk yang diterima tidak sesuai. Saya minta pengembalian produk (karena produk yang saya kirimkan nominalnya lebih besar dan jumlahnya banyak dari yang pembeli pesan karena tertukar resi).

Tapi di sini alamat saya pengembalian produk tidak keluar otomatis diisi manualpun tidak bisa. Akhirnya saya chat Shopee dan jawabannya disuruh terima pengajuan dulu agar resi otomatis pengembalian produk keluar.

Setelah saya turuti bukannya resi otomatis yang keluar atau alamat saya pengembalian produk yang keluar, tapi malah pencairan pengembalian dana ke pembeli.

Saya minta kepada Shopee agar bijak dalam mengambil keputusan sehingga tidak merugikan kedua belah pihak antara pembeli dan penjual. Memang hak pembeli mengajukan pengembalian dana/ uangnya kembali jika produk yang diterima tidak sesuai ekspektasi, tapi jangan lupa penjual pun mempunyai hak produknya kembali jika tidak memperoleh dana uang dari hasil penjualan.

Wiwik Ida Ambarwati
Lowokwaru, Malang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:17    Rata-Rata: 2.9/5]

12 komentar untuk “Barang Jualan di Shopee Dikomplain, Retur Produk Belum Diterima tapi Uang Sudah Dikembalikan ke Pembeli

  • 14 Januari 2023 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Haduh, kamu salah opsi itu. Cs-nya juga sesat.
    Di gambar pertama pembeli mengusulkan pengembalian “DANA” saja. Kalau mau sekalian retur harusnya yang muncul pengembalian “BARANG DAN DANA”.
    Disitu seharusnya kamu klik diskusi, nanti ada opsi ubah solusi, pilih yang pengembalian BARANG DAN DANA supaya solusinya berubah.
    Pembeli acc solusi tersebut, baru muncul alamat retur ke toko kamu.
    Kalau kamu klik terima pengajuan ya otomatis DANA balik ke pembeli karena disitu dia cuma minta duitnya balik tanpa mau kembalikan barangnya. Lain kali jangan percaya gitu aja sama cs Shopee, karena mereka lebih banyak gak pahamnya, mending gabung ke grup komunitas seller, tanya ke sesama seller lebih baik daripada ke cs.

    11
    • 14 Januari 2023 - (03:49 WIB)
      Permalink

      Tadinya saya tekan kolom diskusi terus kakak,tapi gak bisa bisa,lalu saya chat CS.shopee 1.kenapa kolom diskusi tidak bisa di tekan
      2.kenapa alamat pengembalian produk tidak keluar
      Ongkir juga kita yang tanggung

      • 15 Januari 2023 - (18:44 WIB)
        Permalink

        Ongkir ditanggung shopee harusnya kalo barang retur sesuai dgn yg disarankan shopee yg Masuk dalam kategori referensian shopee.. pembeli nya pasti milih jasa kirim diluar shopee tuh.dan pembeli mestinya pilih kembalikan barang Dan Dana baru barang dikembalikan juga. Coba Tanya dulu pembelinya.

  • 14 Januari 2023 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Sayangnya disini, pihak TS tidak menampilkan SS Fitur chat dengan pihak CS secara utuh. Mengamati jawaban akhir dari CS Shope, bahwasanya CS menyarankan ” terima pengajuan dahulu, nanti resi pengembalian akan muncul di pembeli ” Saya berpendapat, itu menandakan bahwa CS Shopee konteksnya disini, memberikan solusi untuk ” Pengembalian Barang dan Dana ” anda yang bermasalah karena Alamat pengembaliannya nggak muncul. Padahal masalah yang anda hadapi adalah “Pengembalian Dana”. Jadi menurut saya disini terjadi miskomunikasi, dan CS Shopee tidak bisa disalahkan.

    Ikhlaskan, dan jadikan pelajaran saja, supaya lebih matang kedepannya. Jangan Panik menghadapi pengajuan pengembalian barang, bangun narasi permasalahan yang jelas dulu jika mau bertanya ke pihak CS shoppe supaya tidak terjadi miskomunikasi.

  • 14 Januari 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Hadeeh, Maaf nih, ini sellernya keliru, pembelinya keliru dan CS yang jelasin juga agak kurang literasi. kalo dari tangkepan layar harusnya seller udah bener nanya ke CS kenapa gak ada pengembalian barang (barang yang dikirim mungkin salah). Pembelinya bngung mau milih alesan apa (harusnya barang salah) bener sih produk gak lengkap/kosong (klo kosong apanya yg dikembaliin sistem ngebacanya gitu). CS nya kurang literasi, seharusnya bisa lebih detail dan teliti menjawab (seller kan udah nanyain kenapa ga ada pilihannya?).. semoga masalanya cepet kelar gan. semangat

  • 14 Januari 2023 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Bantu jawab ya kak di sini pembelinya memang agak nakal dengan mengusulkan pengembalian dana saja tanpa pengembalian barang, seharusnya adalah pengembalian barang dan dana sehingga jelas ketika kakak Terima pengajuan otomatis akan keluar no resi jnt untuk pengembalian barang. jujur ini admin Shopee nya juga entah kenapa mengusulkan untuk menerima pengajuan ya jelas akan selesai komplainnya dan dana diteruskan ke pembeli. Seharusnya penjual mengajukan banding ke Shopee untuk mengubah opsi penyelesaian menjadi pengembalian barang dan dana.

    • 15 Januari 2023 - (00:15 WIB)
      Permalink

      Saya sudah minta tolong sama drop point’shopee disini untuk menghubungi buyernya,minta produk di kirimkan masalah ongkir seller yang tanggung,tapi alasannya masih di luar kota,suruh ambil sendiri

  • 15 Januari 2023 - (10:38 WIB)
    Permalink

    saya beli jam dinding di shopee,dan jamnya rusak tidak mau nyala,saya chat penjualnya malah suruh pake batre ALKALIN, penjualan banyak alasan trus saya chat diskusi dan tidak ada tanggapan dari si penjualnya dari pihak shopee juga ribet tidak ada solusi,mau di balikin ga ada waktu karena kerja akhir nya saya blokir tokonya,buat para penjual kalo ingin usahanya maju ya harus jujur dan tanggung jawab biar berkah,cek dulu barang yg mau di kirim apa benar dan tidak ada kerusakan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Barang Jualan di Shopee Dikomplain, Retur Produk Belum Diterima tapi U…

oleh Tampan dibaca dalam: 1 menit
12