Paket 2 Kardus Besar Berisi Barang Pribadi seberat 23Kg Dinyatakan Hilang di Pengiriman JNE

Salam,
Saya mengirimkan paket melalui Ekspedisi JNE dengan layanan JTR cukup besar berupa 2 buah kardus besar dengan berat total 23kg pada tanggal 3 Januari 2023 dengan nomor resi 013870000910523. Pengiriman melalui kantor JNE Tanjung Duren Jakarta Barat ke Genteng Banyuwangi (Jawa timur)

Isi paket berupa barang pribadi beraneka ragam meliputi banyak baju kaos dan kemeja, celana jeans maupun training, kompor portable, pemanas air, selimut tebal 2, sprei 2, boneka Winnie The Poo, beberapa sarung, sepatu fantofel, buku berisi materi belajar Bahasa Jepang dari kursus, sketchbook Lyra A3, sketcbook Kiky a4, penghapus mekanik, set pensil utk melukis, lukisan pribadi, dengan total nilai materiil kurang lebih 3 juta (sebenarnya tidak ternilai karena ada lukisan pribadi).

Kronologi:

Saya datang ke kantor JNE tanjung Duren dengan membawa 2 kardus paket pada tanggal 3 Januari 2023. Petugas hanya bertanya tentang data, kontak, dan alamat saja serta menanyakan isi paket. Karena terlalu beraneka ragam. Oleh petugas hanya diberi keterangan “Baju dan buku”.

Petugas juga tidak bertanya perihal asuransi. Saya awam tidak mengerti tentang itu, karena baru pertama kali. Andai ditanyai pasti saya akan memilih menambah biaya untuk asuransi karena berharganya barang di dalamnya. Jadi saya tidak tahu paket saya diasuransikan atau tidak oleh petugas.

Saya selalu cek resi secara berkala untuk melacak paket. Dan paket berhenti update setelah sampai di Surabaya. Tanggal 8 Januari 2023.

Tanggal 11 Januari 2023 saya memutuskan menelepon CS JNE di 021- 29278888 mengenai kejelasan paket. Dan dimintai data untuk input ulang dan disuruh untuk menunggu

Tanggal 13 Januari 2023 Saya mendatangi kantor JNE Cabang Genteng – Banyuwangi untuk menanyakan kejelasan paket dan mendapat jawaban bahwa Ekspedisi JTR sedang sangat padat jadi paket sedang menunggu antrian di Surabaya untuk dikirim, paket mengalami keterlambatan karena keterbatasan kendaraan truk pengiriman.

Tanggal 16 Januari saya menerima WA dari salah satu CS JNE bahwa paket saya dinyatakan hilang. Dan pihak JNE akan mencoba menghubungi pihak pengirim untuk konfirmasi terkait klaim ganti Rugi. Padahal saya sendirilah pengirimnya.

Saya balas untuk langsung konfirmasi dengan saya, karena saya adalah pengirim sekaligus penerima. Tetapi tidak dibalas. Saya kembali telepon CS JNE di 021-29278888 dan dikatakan akan dikirim berkas untuk klaim melalui email tetapi tidak menerima email apapun.

Saya berharap JNE mau bertanggung jawab atas kelalaiannya. Terkait asuransi juga bukan salah saya karena saya tidak mengerti dan petugas tidak bertanya terkait itu. Jika saya tahu sudah pasti saya asuransikan karena isinya barang yang berharga secara pribadi. Jika hanya diganti 10x harga ongkir (sekitar 160 ribux10) tentu sangat merugikan bagi saya.

Terima kasih.

Moh Nur Cahyo
Banyuwangi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:41    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Paket 2 Kardus Besar Berisi Barang Pribadi seberat 23Kg Dinyatakan Hilang di Pengiriman JNE

  • 17 Januari 2023 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Dulu aturan asuransi harus dipaking kayu tak bisa pakai kardus dan diperiksa isinya sampai difoto juga isi paket tsb oleh JNE, mungkin karena pakai kardus tak ditawari untuk asuransi

    Mungkin sekarang beda atau masih tetap sama aturannya

    • 18 Januari 2023 - (08:25 WIB)
      Permalink

      Selain berikan solusi pergantian, harus wajib perbaiki sistem nya juga, tegas dan berani berikan sanksi kepada petugas yang lalai atau membuat kesalahan. Demi nama baik JNE dan menjaga kepercayaan Costumer.

  • 17 Januari 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Update : Tadi siang Indosat sedang gangguan di daerah saya dan Pihak Jne mengatakan menghubungi saya tetapi nomor dialihkan.
    Saya sudah menerima WA utk mengirim Foto identitas dan Invoice harga barang yg ada didalam paket. Tetapi karena itu barang2 pribadi yang sangat beraneka ragam. Tentu tidak ada invoicenya.

    Sore saya kembali menelepon CS untuk bertanya perihal tersebut dan diarahkan untuk membuat surat pernyataan diatas materai pengganti invoice berisi list dan perkiraan nilai barang yang ada di paket dan sedang proses dibuat.

    • 19 Januari 2023 - (16:10 WIB)
      Permalink

      Saya juga baru kemarin sempat kehilangan barang juga via jne dari jkt. Walau akhirnya ketemu juga. Kata CS nya barangnya keikut oleh ekspedisi lainnya. Kacau jg nih. Ga mau lagi pke jne.

  • 17 Januari 2023 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Seperti saya dulu,,mengirim surat berharga(gk prlu sya sebutin) dari surabaya ke malang,,dan trnyata ilang gk ada kejelasan,, sehari dua hari bolak-balik ke kantor pusat jne didekat psr maling(lupa tempatnya),sby,,,dan hmpir sminggu gk ada kejelasan,,dan kta petugasnya dsuruh nunggu beberapa hri lagi dan akan diganti 10x ongkos kirim?? wtf itu surat brharga bro,,ngurusnya aja nguras wktu bnget dan sangat rumit dan surat itupun juga ditunggu sama sodara sya yg dimalang krn ada kprluan penting,,akhirnya saya relain surat itu & ganti rugi yg gk seberapa tsb,,meski hrs diomelin sama kluarga krn surat itu ilang

    • 17 Januari 2023 - (23:53 WIB)
      Permalink

      Surat berharga itu apa? Setahu sy di jne selalu di tny isi paket, nilai harga dll

      Mw asu + pk dll

      Klo gk yah pernyataan SP

      3
      6
    • 18 Januari 2023 - (00:12 WIB)
      Permalink

      Klo surat berharga ya di asuransikan. Kecuali anda cm ngomong dokumen biasa, petugas jg ga akan menanyakan perihal asuransi

  • 18 Januari 2023 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Sedikit saran, semisal mau kirim dokumen pribadi atau barang2 yg sifatnya pribadi dri person to person bukan olshop. Mending jgn pakai jasa ekspedisi yg mainstream atau jasa ekspedisi yg menerima olshop karna pasti paketnya akan dianak tirikan. Meskipun dokumen atau barang itu dipilihkan status prioritas atau enggak, paket itu akan dianggap sama oleh ekspedisi. Karna sekarang kebanyakan ekspedisi udh memampatkan jobdesk dri kurir itu sendiri. Dulu kurir dokumen, kurir paket olshop, kurir paket pribadi, itu beda2 org. Sekarang dipadatkan jdi tugas satu org. Dgn selancar atau cari dibrowser pasti udh banyak pilihan ekspedisi yg khusus menyediakan jasa pengiriman dokumen atau barang pribadi yg terjamin, meskipun dgn harga yg sedikit berbeda dgn ekspedisi yg mainstream.

  • 18 Januari 2023 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Baru kejadian kemarin sore , pengiriman pakai Jtr dan paket saya terima dalam keadaan sudah disobek oleh kurir , untung dia ga ambil brg nya , mungkin karna produknya kurang menarik jd cuma penasaran dlihat isinya 😂

    • 18 Januari 2023 - (15:02 WIB)
      Permalink

      IMO, pengiriman barang di gudang pasti masuk rekaman cctv, kalau barang sebesar dan seberat itu hilang, hampir bisa dipastikan itu ada yg maling/rusak.

      Minta aja rekaman cctvnya, saya pernah jualan online dengan ekspedisi JNT, tiap paket hilang/salah sortir mas kurir bagian office selalu kasih tahu hasil investigasi rekaman.

  • 18 Januari 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Minta investigasi ulang saja, agar status “HILANG” dibatalkan. Yg mengubah status paket dari on proses menjadi Loss adalah JNE Pusat. Mereka biasanya tak mau pusing, jika paket ditanyain terus oleh customer dan pihak JNE penerima terakhir tak sanggup memberi jawaban, maka paket langsung dinyatakan Hilang dan JNE penerima terakhir yg ketiban sial, potong gaji untuk bayar ganti rugi ke customer.

    Kalau paket ternyata Tidak Hilang, melainkan tertumpuk di gudang dan baru hari ini ter-scan, maka JNE akan melanjutkan proses pengiriman apabila status paket di system komputer tertulis “ON PROSES”; dan sebaliknya, JNE tidak akan meneruskan pengiriman apabila status paket di system komputer adalah ” LOSS”.

    Paket yg statusnya Loss biasanya akan diambil/dimanfaatkan sendiri/dijual untuk mengganti kerugian yg harus mereka tanggung akibat ketiban sial. Mereka untung kalo nilai barangnya lebih tinggi daripada gaji yg dipotong oleh JNE untuk dibayarkan ke customer.

  • 18 Januari 2023 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Pnh ngirim barang g sampai ke alamat penerima malah ke org lain. Padahal itu pngirim dari kantor militer gt lah ya.2mggu stlhnya kita complain trnyta paketnya diterima oleh entah siapa org nya tetangga kita. Tapi akhirnya mmg balik sih paketnya ke kita. Cuma bikin ilfell bgt pke jne lg

  • 19 Januari 2023 - (06:44 WIB)
    Permalink

    Saya setiap pengiriman paket di jne. Saya foto barang beserta orang yg memproses paket saya. Dan tanya brp lama pengiriman. Kalo info nya 3 hari. 3 hari ato 4 hari kemudian saya dtg cari orang tsb.

    Untuk JNE. Seleksi pekerja ambil dr mana.
    A. RUTAN B. RSJ
    C. HUTAN D. Semua BENAR

  • 19 Januari 2023 - (07:21 WIB)
    Permalink

    Barang seberat itu hilang kok bisa ya, hancur lebur apa gimana itu paket

  • 19 Januari 2023 - (07:58 WIB)
    Permalink

    Saran dikit,
    kalau paketnya besar + berat apalagi pribadi mending pake 2 resi. Tidak apa sedikit mahal dari pada paket hilang dalam perjalanan

  • 20 Januari 2023 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Seharusnya asuransi itu dibatasi seperti kerusakan makanya wajib paling kayu. Kalaupun ada kehilangan yg dimaksud adalah karena faktor external seperti kecelakaan, bencana alam misal gudang kebanjiran paketnya hanyut. Kalau kehilangan karena kelalaian internal harusnya sepenuhnya tanggung jawab expedisi. Sepertinya akhir2 ini makin sering kasus kehilangan terus dikait2kan dengan asuransi. Jangan2 lagi ada gerakan terselebung untuk nge up asuransi.

  • 20 Januari 2023 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Dr dulu w ragu juga kirim2 paket lewat2 sprt itu.alhamdulillah ada travel yg sdh kenal selalu sampai

  • 27 Januari 2023 - (07:16 WIB)
    Permalink

    UPDATE. : Sampai saat ini Proses belum selesai juga tidak ada kejelasan dari JNE mau diganti atau diinvestigasi..

    Ada satu nomor WA JNE PM saya ada 1 Kardus paketnya ketemu dan akan diinvestigasi lagi satunya.

    Sedangkan CS mengatakan pada tanggal 20 dan 20 Januari telah di Acc ganti rugi dan akan mulai masuk antrian untuk transfer paling lambat 5 hari, dan setelah saya telfon lagi tanggal 25 katanya paling lambat tanggal 27..

    Tolong lah beri kejelasan mau diganti atau mau di investigasi.. sudah mau sebulan dan tidak jelas..

  • 27 Januari 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Update 27 Januari 2022

    Setelah proses yang panjang akhirnya Pihak JNE sudah bertanggung jawab dengan mengganti sesuai Nilai Perkiraan Barang yang saya Hitung (Estimasi)

    Terima kasih atas tanggung jawabnya. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.. Baik Costumer maupun Pengiriman..

 Apa Komentar Anda?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Paket 2 Kardus Besar Berisi Barang Pribadi seberat 23Kg Dinyatakan Hil…

oleh nur cahyo dibaca dalam: 2 menit
22