Susahnya Berhenti Berlangganan Telkom IndiHome

Saya adalah pelanggan IndiHome, dengan nomor pelanggan 142430206105. Pada tanggal 25 Januari 2023, saya mengajukan permohonan untuk berhenti berlangganan paket internet, dikarenakan saya mau pindah kontrakan, dan pengontrak yang baru tidak mau melanjutkan memakai IndiHome yang sudah saya pakai.

Saya memutuskan untuk menghubungi 147 untuk berhenti berlangganan. Seperti biasanya, saya diminta nomor langganan dan nomor KTP untuk verifikasi, sebagai syarat untuk berhenti berlangganan. Setelah ditanya mengenai alasan berhenti berlangganan, saya diminta menunggu telepon dari Telkom untuk proses pencabutan. Selain itu saya diberi penjelasan mengenai perhitungan tagihan terakhir saya, yang akan diproratakan sampai pada hari pencabutan.

Karena belum adanya informasi lanjutan dari Telkom, pada tanggal 29 Januari 2023 saya mencoba menghubungi lagi melalui layanan 147 lagi, untuk menanyakan kelanjutan permintaan saya. Pada saat itu saya diminta lagi nomor KTP untuk verifikasi lagi selain tentunya nomor pelanggan.

Sebenarnya saya bingung dan merasa janggal mengapa mereka meminta no KTP saya lagi, seolah-olah ini baru pertama pengajuan. Pada saat itu saya diberikan kepastian bahwa saya akan dibantu untuk mempercepat prosesnya dan seperti biasa memastikan bahwa saya akan dihubungi oleh pihak Telkom.

Sampai sekarang tanggal 30 Januari 2023, saya juga tidak mendapat telepon dan tidak mendapatkan informasi apa-apa dari pihak Telkom.ย Saya tidak tahu apakah ini salah satu strategi Telkom untuk mengulur-ngulur waktu supaya saya tetap harus membayar full satu bulan.

Saya juga sudah menghubungi layanan Telkom di FB dan WA, tapi ya saya tidak dapat jawaban, mereka cuma menyuruh menunggu telepon dari Telkom. Belakangan saya mengetahui ternyata antar platform layanan itu jalan sendiri-sendiri dan tidak terintegrasi. Sehingga apabila Anda pembaca ingin mendaftar, upgrade, atau berhenti berlangganan sebaiknya Anda “stick” ke salah satu layanan dan tidak berpindah-pindah antar platform, karena akan menghabiskan waktu Anda. Saya tidak tahu saya harus bagaimana lagi. Sebagai konsumen, saya benar-benar merasa dirugikan dalam hal waktu, pikiran dan finansial, karena harus beberapa kali melakukan panggilan telepon ke 147.

Kepada pihak Telkom, tolong masalah saya ini diselesaikan. Kalau kinerja Anda seperti ini saya yakin banyak pelanggan yang akan meninggalkan Anda. Sebagai BUMN dan menguasai pasar paling banyak di sektor komunikasi dan jaringan yang banyak, seharusnya Anda lebih professional dalam pekerjaan dan menangani pelanggan.

Kepada Media Konsumen, terima kasih atas dimuatnya surat pembaca saya.

Semarang,30 Januari 2023

Salam,

Nesra Aziah
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:221    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Susahnya Berhenti Berlangganan Telkom IndiHome

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Nesra Aziah pada tanggal...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Susahnya Berhenti Berlangganan Telkom IndiHome

  • 2 Februari 2023 - (18:12 WIB)
    Permalink

    lebih baik datang langsung ke plaza telkom terdekat. Langsung beres kok saat itu juga.

    29
    1
    • 2 Februari 2023 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Ya seharusnya begitu, tp biasanya banyak alasan, entah tdk ada waktu, kuno kl harus ke kantor, dll ๐Ÿ˜€

      9
      4
      • 3 Februari 2023 - (06:18 WIB)
        Permalink

        Nomor yang anda hubungi dan wa itu di FB itu pusat, jadi butuh waktu untuk informasi sampai ke daerah anda. Mending langsung ke Plasa Telkom bawa alat2nya,KTP dan materai 10rb beres go nyampe setengah jam

      • 3 Februari 2023 - (07:45 WIB)
        Permalink

        Minta berhenti mah gampang, tinggal ke plaza telkom doank, ikuti semua sop nya, yg rumit itu pindah instalsasi walopun dtempat yg baru masih ada slot tapi bagian pemindahan telkom ga mau ngerjain, saya sdh ngalamin 2mgg blm dkerjain padahal sdh ke plazanya dan lapor ke indihome dan sudah djadwal tapi sama petugas lapangannya dcuekin……akhirnya malah minta putus, 1 hari kelarrrr๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ dasar plat merah…..

        11
      • 3 Februari 2023 - (11:35 WIB)
        Permalink

        Komisaris nya anak band, mana tau dia tentang pelayanan. Klo buat lagu boleh lah… Ya beginilah kondisi jika suatu urusan di percayakan kpd yg bukan ahli nya. Yg penting balas Budi dulu, soal rakyat mah masa bodo…

        8
        4
    • 4 Februari 2023 - (07:07 WIB)
      Permalink

      Terkait masalah susuahnya berhenti berlangganan indihome…saya pernah mengalaminya dulu tetapi untuk berhenti berlangganan saya langsung datang ke telkom terdekat tempat saya tinggal di cianjur.memang langsung bisa berhenti berlangganan tetapu eh tetapi pembayaran penutupan berlangganannya di luar nalar…aneh saya jadi kapok berurusan dengan telkom…

      • 4 Februari 2023 - (23:37 WIB)
        Permalink

        Lha emangnya kalau di cuekin aja gak usah di bayar tagihannya gitu gimana…, serius tanya

  • 2 Februari 2023 - (20:32 WIB)
    Permalink

    pengalaman saya putus sama ini merk, ke kantornya bawa peralatan semua. terus bayar tagihan tersisa.
    setelah putus rasanya lega, saya bisa pindah kelain hati yang lebih bagus.

    12
    1
  • 2 Februari 2023 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Langsung datang ke Plasa Telkom terdekat. Bawa serta seluruh peralatan Indihome (router, STB, dsb) beserta remotenya. Siapkan dokumen pribadi dan FC-nya. Jika dulu pernah deposit, siapkan nota pembayaran deposit untuk bukti klaim di Plasa Telkom. Jika deposit tidak di refund di tempat, tahan dulu peralatan Indihome sebagai jaminan.

    Yang terakhir dan paling penting, minta dibuatkan surat pernyataan berhenti berlangganan lengkap dengan kop dan stempel Telkom. Untuk jaga-jaga, anda bisa buat surat pernyataan berhenti berlangganan sendiri yang di print (bukan FC) dan dibubuhi materai, yang nantinya ditandatangani minimal supervisor atau manajer on duty.

    • 3 Februari 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      dulu pas perangkat sudah dipasang saya disuruh bayar 500rb kak,bulan kedua baru bayar tagihan normal,itu yg 500rb buat apa ya kak?

  • 3 Februari 2023 - (05:29 WIB)
    Permalink

    Iya dateng langsung ke plaza telkom. Tpi blm tentu itu di anggap berhenti berlangganan. Sewaktu waktu kita pasti di hub lg pihak Telkom. Di kata blm kembalikan perangkat IndiHome. Bisa satu sampe empat kali kita di hub IndiHome dlm satu bln. Karna sy ngerasain susah ny dan berbelit belit berhenti Langganan IndiHome. Yh penting kita simpen bukti kalo sdh berhenti Langganan IndiHome.

    • 3 Februari 2023 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Terima kasih untuk semua saranya,tapi alhamdulillah ini udah kelar kok,saya udah ke plasa telkom nya kak

  • 3 Februari 2023 - (05:38 WIB)
    Permalink

    Klo dlu saya pasang di bantu sama salesnya, tiap ada kendala misal kabel di gigit tikus, modem mati dll langsung kedia, ada rencana jg sih berhenti berlangganan, kyknya mau mnta bantuan sales itu lagi, ,
    Tapi kalo memang dipersulit sih, yaudah tinggalkan saja hehehe

    2
    2
  • 3 Februari 2023 - (06:29 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya berhenti langganan, langsung datang kekantor nya saja, karena memang syarat berhenti langganan harus menunjukkan KTP serta mengembalikan router atau pun STB, di tambah alasan berhenti langganan

    • 4 Februari 2023 - (14:55 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf semua nya,masalah ini gak usah dibahas lagi,dikarenakan masalah sudah selesai,maaf juga untuk telkom indihome,mungkin kemaren saya lagi bingung aja,dan mau pindah juga jadi pusing gak bisa mikir,sekali lagi mohon maaf ๐Ÿ™๐Ÿ™

  • 3 Februari 2023 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Ts ini lucu sekali.katanya bingung hrs bagaimana lagi.sedang dia blm pernah ke plasa telkom.hedeh….

    • 3 Februari 2023 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Terima kasih untuk semua saranya,tapi alhamdulillah ini udah kelar kok,saya udah ke plasa telkom nya kak๐Ÿ™‚

    • 3 Februari 2023 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Terima kasih untuk semua saranya,tapi alhamdulillah ini udah kelar kok,saya udah ke plasa telkom nya kak

  • 3 Februari 2023 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Baru aja nutup indihome via online cepet aja kok dan udah beres, tapi mungkin karena di lokasi rumah yang baru sudah terpasang indihome juga jadi prosesnya cepet ya

  • 3 Februari 2023 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Saya baru berhenti berlangganan indihome dan beralih ke layanan intenet lain tetapi masih dari bumn, pengajuan saya melalui Instagram indihomecare admin cukup cepat dan aktif merespon walaupun di luar jam kerja tapi proses pemutusan membutuhkan waktu lebih dari satu hari karena perlu verifikasi dll kemudian juga CS menawarkan beberapa solusi dengan tujuan agar membatalkan proses pengajuan berhenti berlangganan, namun jika kita sudah pasti aka berhenti tawarannya bisa di tolak dan akan di bantu proses pemutusan berlangganannya, memang proses agak lama tapi buat saya yang malas meluangkan waktu ke plaza cukup membantu

  • 3 Februari 2023 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Indihome mah dah kek lintah darat, mentang” jangkauan luas, tarif & kualitas layanan seenaknya. Pas mau masang di manis”in, pas udah dipasang cuek bebek, dan skrg pun udah sebulan akun ku di blokir dari aplikasi entah kenapa, gak bisa bikin laporan, nanya ke wa dan sosmed gada tindak lanjut sama sekali, nelpon 147 buang” pulsa, sebaiknya kalau gada niat masang indihome lagi biarkan saja tagihannya ga usah dibayarkan.

    • 4 Februari 2023 - (21:26 WIB)
      Permalink

      Pindah ke iconnect PLN saja lebih bagus jaringannya juga kenceng, jauh dari pada indihomo ini, kalo bisa di gugat perdata, udah saya gugat ini..

  • 4 Februari 2023 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Intinya indihome ini sampah sih, perjanjian sepihak, kesian yg ingin berhenti berlangganan susah banget ini indihome, Shame on you indihome

  • 5 Februari 2023 - (00:42 WIB)
    Permalink

    maaf kak,Alhamdulillah masalah ini udah selesai dengan baik kok kak,mungkin kemaren saya aja yg gak sabar an,soalnya mau pindah juga kak,maaf bukan maksud menjelekan indihome

  • 6 Februari 2023 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Saya pakai selama pakai dlu putusnya gampang tuh. Ga sampe 2 hari beres via email. Nnti dikasih form sm mereka. Trus lunasin sisa tagihan auto putus.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Susahnya Berhenti Berlangganan Telkom IndiHome

oleh Nesra Aziah dibaca dalam: 1 menit
27