Shopee Tidak Memberikan Solusi Atas Pesanan COD yang Ditolak Pembeli

Saya sebagai penjual di Shopee sangat kecewa dengan pihak Shopee. Pesanan saya ada 2 yang dengan metode pembayaran COD (cash on delivery) dan sudah saya kirim keduanya pada tanggal 27 Januari 2023
Pesanan pertama dan kedua, nomor resi: JP8898874233 dan JP3956088587, sudah diantar oleh kurir pada tanggal 29 Januari 2023, tapi ditolak oleh pembeli.

Lalu tanggal 30 Januari 2023 diantar lagi, kemudian ditolak lagi. Ketiga kali diantar, pembeli tidak dapat dihubungi lagi sehingga paket dikirimkan kembali ke saya sebagai penjual.

Yang lebih parahnya lagi, dikembalikan sampai ke saya pada tanggal 4 Februari 2023, isinya makanan yaitu pie susu yang gampang berjamur. Bayangkan dari tanggal 27 sampai tanggal 4 sudah berapa hari baru sampai ke saya lagi? Pie susunya pun sudah berjamur, tidak bisa dijual lagi dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Saya sudah keluar modal dan saya rugi begitu saja, hanya karena pembeli gak mau terima dan bayar pesanan tersebut. Saya kecewa sama Shopee, kenapa bisa loloskan pengguna COD yang seperti itu? Terus saya tanya ini Shopee gimana kebijakannya? Dengan enaknya Shopee bilang gak bisa ganti rugi dan gak memberikan solusi apa pun. Benar-benar parah banget.

Ngambil biaya admin tinggi banget (hampir 10% setiap pesanan saya dipotong biaya admin), tapi pelayanannya buruk sekali! Zonk banget! Minta bantu klaim ke J&T pun mereka gak bisa. Pihak Shopee gak bisa memberikan ganti rugi maupun solusi.

Eva
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Shopee Tidak Memberikan Solusi Atas Pesanan COD yang Ditolak Pembeli

        • 9 Februari 2023 - (17:19 WIB)
          Permalink

          Barusan saya jg dapet nih return cod di shopee juga .. biasa cod gagal kirim kalo chat diawal ga Ada respond 100‰ gagal sis. Jd yg cod cod di chat dulu dijawab ga. Kalo ga mending batalin suruh adminnya Tanpa kena pinalti bilangin.

          Coba aja test yg cod cod gt dgn Kita chat / wa di awal . Respond ga

      • 9 Februari 2023 - (18:58 WIB)
        Permalink

        setiap orang bisa membuat akun dan bisa order bebas… seleksi marketplace ya itu jika 2 kali menolak cod akan dibanned akunnya.

        • 9 Februari 2023 - (21:13 WIB)
          Permalink

          Bisa order ngasal kirim ke alamat antah-barantah, karena belum ada pembayaran, easy come easy go… Akun di-banned, bikin lagi akun baru.. 🙂
          memberi ruang gerak buat orang2 jahil/jahat yang pengen ngacak2 bisnis online.. 🙁

      • 12 Februari 2023 - (07:46 WIB)
        Permalink

        Di shopee sudah ada, jika pembeli menolak paket COD sebanyak 2 X maka akan di blacklist dari metode pembayaran COD untuk pembelian selanjutnya

    • 12 Februari 2023 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Ini ts penjual baru kayaknya, di shopee sudah ada sistem nya, kalau jual produk resiko ngapain mengaktifkan COD, harusnya menyalahkan pembeli yg main main order COD, bukan market place, penyedia layanan, MIKIR !!!

    • 9 Februari 2023 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Kan Shopee ..?
      Bukannya tdk memberi semangat tapi nda akan menang. Sayang waktu dan energie untuk mencari penbenaran apalagi ganti rugi dari shopee.
      COD baiknya matikan mas. Banyak masalah juga kurir dapat imbasnya. Apalagi untuk makanan yg Bisa rusak krn terlalu lama dijalan. Ceraiin Shopee kasih talak 10 langsung.

      3
      1
    • 11 Februari 2023 - (13:01 WIB)
      Permalink

      Masyarakat perdesaan jarang yang punya nomor rekening bank, sekalipun punya ga ada saldonya ?
      di lazada 90 % seller pakai COD ,dan resiko gagal kirim 5 %

  • 8 Februari 2023 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Sopicod sebenarnya utk menjangkau pembeli yg bayar langsung, extra income utk sopi. Tapi dlm kenyataan implementasi nya di lapangan buruk bagi ke hidupan para kurir (antar & nagih ) blm lagi di tanya2 masalah barang jd buang2waktu kurir saja. Kasihan. Sdh bayak kasus kekerasan thdp kurir di media.

    Tdk menguntungkan kurir juga krn per paket kurir hanya dapat rp 2 rb itu pun kalau pembeli bayar.

    22
  • 8 Februari 2023 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Kalo ga pake cod sepi,pake cod ambyar..serba salah emang..pesanan gw sehari cuma 15 pesanan,hampir semua cod ,yg di tolak buyer bisa separo nya..hadeuhh..biaya admin nya VOC banget..gila 10%..jual 80.000 dapet bersih 71.000..mana untung nya coba?? Hadeuhh..

    13
    1
    • 9 Februari 2023 - (16:31 WIB)
      Permalink

      Ya serba salah emang seller. Kembalikan jualan sistem Facebook aja lah yuk ?. Marketplace Makin ke sini Makin ke Sana soalnya ..

  • 8 Februari 2023 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Mending nonaktifkan fitur cod, apalagi jualan makanan, saya juga dlu pernah jualan ikan cupang lewat shopee, fitur cod masih aktif banyak yg order tp bnyak yg tidak dibayar juga, rugi packing rugi waktu, kasihan ikannya juga bolak balik di plastik hmpir seminggu, semenjak itu saya nonaktifkan fitur cod

    10
    3
        • 9 Februari 2023 - (13:37 WIB)
          Permalink

          Tentu. Tapi yg jual ikan jg sdh tahu dari awal pengiriman ikan (makluk hidup) akan lama, 2-3hari & sdh tahu resiko nya & dia tetap ambil resiko itu. Knp kurir lagi yg di salahkan?

        • 9 Februari 2023 - (17:15 WIB)
          Permalink

          Ini saya juga sis baru aja dapet gagal kirim cod, dari awal agak aneh Kita chat ga dijawab. Kunci nya gt sis. Yg cod di chat dulu di awal jika ga di respond respond artinya COD 100% pasti gagal punya …

    • 9 Februari 2023 - (12:00 WIB)
      Permalink

      Untuk lebih amannya jangan aktifkan metode pembayaran COD untuk makanan, kalau selain makanan gak papa buat menarik pembeli… Dulu saya mengaktifkan pembayaran COD sekarang sudah saya nonaktifkan khawatir pembelinya gak ada di rumah, selain itu kasihan kurirnya harus mengantar barang dan harus menerima pembayaran, seandainya tidak COD kurir bisa menitipkan barang paketan ke tetangga sebelah,,,
      Saya juga sering membayar paketan dari tetangga sebelah gara² order pembayaran COD, tapi saya gak langsung bayar, saya hubungi tetangga saya dulu,khawatir ada orang iseng membeli barang dengan pembayaran COD di alamatkan ke tempat saya.

  • 8 Februari 2023 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Ya salah di ente, iya 100% salah di ente.
    Sudah tau makanan yang ada kadaluarsa, masih pake sistem COD
    Udah tau resiko COD yaitu barang banyak ditolak pembeli, masih pakai COD
    Udah tau kalo barang balik ke pembeli itu lama, ane juga dagang, bahkan ane pernah sampai 2 minggu barang dagangan ane balik, gara-gara pembeli tolak ketika barang nyampai.

    Ibaratnya gini, lu ke nikahan teman lu, pakai motor/mobil lewat jalanan berbatu, beduri dan berlubang jelek lah pokoknya, lu paksa tu jalan, eh tau2 ditengah jalan ban lu bocor. Terus lu nyalahin temanlu yang nikah. Padahal temanlu gak tau apa-apa.
    Disini peran lu sebagai pengendara, jalan rusak sebagai pembeli, dan shopee sebagai teman lu yg nikah.

    19
    4
    • 8 Februari 2023 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Memangnya saya tau dia bakal tolak pesanan saya? Pesanan saya cod selama ini tdk pernah ada masalah, hanya 2 ini..
      Nikahan temen itu beda kasusnya pak .. ini jualan bukan nikahan…
      Ya kalao ke nikahan temen itu kan wajib pergi, soal kalao jalanan rusak trus tetiba ban bocor ya itu kan kita kaga tau dijalan bagaimana ?
      Kalao kita pergi trus sampe dengan aman ya bagus..
      Kan gitu?
      Trus kalo cod selama ini ga masalah, dtg 2 pembeli ini yg bermasalah, trus makanan balik dgn tidak layak, kita yg salah? Logika pak
      Mgkn kamu jualan barang jadi tidak mslh kalo cod ditolak ..

      5
      7
      • 8 Februari 2023 - (16:32 WIB)
        Permalink

        Klo baru 2 kali ya sudah gak apa apa anggap aja sedekah kita udah ribuan paket balik / ditolak konsumen

        Mau bilang apa alagi memang sistemnya demikian

      • 8 Februari 2023 - (17:18 WIB)
        Permalink

        saat lancar alhamdullah, saat bermasalah baru lah ketahuan jeleknya sistem cod.. masih untung barang bisa kembali ke penjual, kadang ada yg hilang tanpa kembali… jadi buat yang masih belum mengetahui negatif nya cod ya begitu, kapan saja bisa ditolak pembeli dan kadang paket retur lama sekal atau bahkan tidak balik sama seskali

    • 8 Februari 2023 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Lagian juga itu ditolak dengan sengaja lo, bukan dengan tidak sengaja .. mikir2
      Moga cod ente nda ada yg ditolak lagi ya…

      • 8 Februari 2023 - (13:38 WIB)
        Permalink

        @evaparvi. Pembeli ada yg niat cod, ada jg yg hanya mempermainkan cod. Yg terakhir ini yg bikin rusak. Terakhir saya antar paket ke gerai jnt langsung di tanya sama petugas mau cod ya Pak? Sopi bukan? Pdhl saya mau retur toped

  • 8 Februari 2023 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Sangat tidak bijak menjual makanan yg bisa cepat basi dengan COD

    Tidak akan diganti karena itu adalah “resiko”
    Jadiin pelajaran ja mbak, matiin pembayarn COD nya
    Kalo rezeki engga kemana

    12
  • 8 Februari 2023 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Kata nya org indo berbudi luhur , tp knyataan bnyk yg breng***. ..bnyk kjadian yg membuat saudara nya tersakiti contoh paket gak diterima klu gk niat beli gak usah di order, sy pernah salah pencet tp paket ttp sy terima…sejujurnya koruptor org 2 brengs** bnyk di kalangan bawah

  • 8 Februari 2023 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Jika tidak mau ambil resiko matikan saja sistem COD. Masalahnya barang kembali tp nilai barang bisa jatuh apalagi makanan seperti anda. Sebenarnya marketplace bs memperketat aturan COD tp pd ga mau karena takut kehilangan pengguna sepertinya. Masa cuman dibanned 2-3bulan kan mereka ga tiap bulan juga belanja. Ga masalah sebenarnya jika ditolak tp harus dengan alasan jelas dan bukan karena hal sepele. Hp dimainkan anak,kepencet, duit kepake. Alasan klise banget.

  • 8 Februari 2023 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga seller Shopee.. Ada 6 transaksi COD saya tidak kirim barang.. Indikasi penipuan karena nama akun ga jelas. Sebelum kirim kita konfirmasi ga dibales. Akhirnya kena pinalty.mungkin seller lain biasa kirim barang berupa permen, dll. Dari pada kena pinalty.. Pernah kirim COD tidak mau bayar meskipun dianter kurir sampai 3x..anehnya barang diretur penjual sedang saya blm menerima barangnya transaksinya sudah diselesaikan oleh sistem. Saya cari di jnt saya kirim blm ketemu juga… Betapa saya terkejut buanyak barang returan Shopee cod di konter jnt… Kasian kurirnya.. Akhirnya saya non aktifkan layanan COD meski jadi sepi.but that is my best choice.. Banyak saingan penjual nakal yg iseng beli COD ke kita..

  • 8 Februari 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    COD, Kombinasi sistem jadul dan sistem milenial..
    Transaksi online idealnya buat user yang memang sudah siap untuk transkasi online…
    Marketplace (MP) maunya sikat aja… yang penting total transaksi tinggi, orang2 yang hilir-mudik dalam pasarnya rame…. meriah…. 🙂
    Mau orang yang milenial, mau yang jadul… pokoknya semua orang bisa beli lewat MP nya…
    yah, jadinya gitulah…
    Begitu ada pembeli yang coba2 atau pura2 doang… MP nya bingung juga ngatasinnya 🙁
    Sistem yang terlalu dipaksakan… banyak bikin susah pihak lain.
    Boykot aja sistem COD ini, Seller2 jangan aktifkan..
    Lambat laun, masyarakat yang memang minat beli online akan mempersiapkan akun bank untuk pembayaran.
    Yang masih pengen pembayaran gaya jadul, biarin tetap beli di warung/toko deket rumahnya…
    🙂 🙂

    • 8 Februari 2023 - (23:00 WIB)
      Permalink

      ….. Begitu terjadi masalah dalam transaksi, diselesaikan melalui fasilitas offline…
      Diselesaikan antara pembeli dengan kurir dengan cara adu mulut (paling tidak), bahkan ada yang adu fisik… bener2 cara offline…. berhadap-hadapan.. 🙂
      Kurir bolak-balik bawa barang.. tu barang sampe pegel dibawa-bawa sana sini…
      Barang sampe di penjual… udah bonyok… hihii…
      Itulah sistem yang aneh…. Transaksi secara online, penyelesaian secara offline…
      Sistem On(line)-Off(line)… Hidup-mati… MP tetap hidup, penjual dan kurir kebagian mati (off)… hihihi… 🙂 🙂

      • 9 Februari 2023 - (03:22 WIB)
        Permalink

        Kamu coba menyalahkan fitur cod tapi yang kamu tulis dan jelasin adalah hal lumrah yang sehari hari kurir jalani, transaksi tunai maupun non tunai sama saja penangananya.
        Emang apes aja kalo ketemu buyer norak mau itu cod atau non cod sama sama bermasalah.

        • 9 Februari 2023 - (06:53 WIB)
          Permalink

          Menurut saya fitur COD memang salah, saya tidak setuju ada fitur ini.
          Seharusnya tidak ada COD dalam transaksi online.

          Fitur ini menempatkan seller dalam posisi yang lemah, karena transaksi sudah terjadi tapi pembeli tidak memberikan jaminan berupa pembayaran di awal transaksi.

          Fitur ini membuat kurir berfungsi sebagai “penagih” juga.
          Saya tidak tahu, apakah pihak MP memberi intensif tambahan atas fungsi ini.
          Kalau ada, apakah intensifnya layak sehingga kurir bisa berfungsi dengan baik sebagai penagih.

          Kalau kebetulan buyer-nya tidak norak, oke2 aja sih…
          Tapi…. kalau norak??
          Bisa diduga ending-nya… seperti yang sudah banyak kasus diberitakan di media (termasuk seperti kasus TS ini).

          Penyelesaian masalah terjadi di lapangan. Pembeli norak ini tidak akan masuk ke fitur Komplain di MP.
          Karena tidak ada “faktor pemaksa” untuk itu (toh belum bayar apa2…. begitu anggapan si Norak).

          Kalau cashless, Pembeli “terpaksa” masuk ke fitur komplain. Kedua belah pihak bisa mengajukan argumen dengan dimediasi oleh pihak MP. Argumen Pembeli norak akan mudah dipatahkan oleh seller (kalau kasusnya memang karena “kenorakan” si pembeli).

          Perlu diingat, dalam transaksi online, kekhawatiran ada di dua pihak.
          Pembeli takut beli barang di toko penipu, penjual juga takut dapet pembeli penipu.
          Untuk itulah muncul bisnis perusahaan Marketplace sebagai penjamin dana pembeli dan juga penjamin barang milik penjual.

          Dengan adanya fitur COD, sistem transaksi online seperti sistem yang “banci”… cari barang melalui online, tapi bayar belakangan saat barang diterima. Membuat peluang untuk orang2 berperilaku norak.

          • 9 Februari 2023 - (07:23 WIB)
            Permalink

            Kalo kurir nagih duit sudah lama ada, makanya aku bilang sudah biasa, bahkan sebelum marak toko online meskipun yang dibayar cuma ongkirnya aja.

            Sebenernya kalo belanjanya emang di ecommerce pasti aman entah itu cod maupun non cod. Tapi kalo belanjanya di sosmed itu yang bahaya dan kasus kasus penipuan lalu terjadi hal hal yg tidak diinginkan itupun kebanyakan belanja di sosmed bukan ecommerce.

            Dan di kasus ts inipun meskipun paket ditolak tapi tetap kembali ya meskipun jadi expired tapi itu kan emang resiko jualan makanan. Meskipun nantinya pembeli belinya cash non cod pasti akan tetap ditolak karena emang watak pembelinya aja yg norak.. Pembeli pasti akan melakukan segala cara untuk minta refund dana, yakin aku!

            Ini masih untung ya cod jadi paket dianter ke penerima langsung dan begitu ditolak paket dibawa kurir lagi. Coba kalo paketnya non cod, paket ditaruh teras lalu ditinggal terus pembeli play victim barang ilang atau rusak terus minta refund.. Rugi 2x sellernya.

            Sekali lagi mau cod ataupun non cod kalo pembelinya norak ya tetep bermasalah.
            Yang perlu diedukasi pembeli karena sistem cod sudah matang.

          • 11 Februari 2023 - (23:14 WIB)
            Permalink

            @yubi. Insentif kali bukan intensif wkwkw

          • 12 Februari 2023 - (01:04 WIB)
            Permalink

            @Henryh, betul sekali, maksudnya Insentif. Thanks 🙂

          • 13 Februari 2023 - (08:26 WIB)
            Permalink

            sistem cod ini ada sudah disetujui oleh antara marketplace dan perusahaan kurir. dan ada biaya tambahan untuk sistem COD , yang dishare antara marketplace dan perusahaan kurirnya. apakah ada komisi tambahan diberikan ke kurirnya saya kurang tau…

  • 9 Februari 2023 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Yang harus dibenahi lebih ke kualitas jasa pengiriman nya sih kalo menurut saya pribadi. Bukan cara bayar offline atau online nya.

    • 9 Februari 2023 - (08:35 WIB)
      Permalink

      Lah kalau pembelinya ngotot tidak mau terima barang, masa pihak ekspedisi harus mengeluarkan pisau ancaman?

  • 9 Februari 2023 - (02:59 WIB)
    Permalink

    Point utama bukan pada sistem cod nya tapi memang buyernya aja belengsek.
    Gw aja sekarang tiap belanja pakai cod soalnya aman, barang langsung ke tangan langsung.
    Terakhir kali cashless beli hape sengaja sama seler ditulis hape jadul biar kagak kecurian eh pas sampai rumah ternyata paketnya diumpetin disamping tembok untungnya kagak hujan dan gak ada tukang rosok saat itu, kurir cuma wa terus kabur wanjaiii

  • 9 Februari 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    COD cuma buat orang NORAK.. jgn terlalu berharap pada buyer yang masih pake sistem beginian, dijamin kecewa..salahnya marketplace.. buyer malah di push buat pake COD dgn ngasih gratisan ongkir, padahal yang rugi seller yang babak belur kurir..

    1
    1
  • 9 Februari 2023 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Nonaktifkan aja bro. Dah dr merchant mending fitur COD diganti apa kek yang lebih bermanfaat buat seller dan kurir.

  • 9 Februari 2023 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Baru ya jualan online?
    Udah tau jualan makanan yg cepat expired, harusnya itu pake kurir instant atau sameday.
    Aneh…

  • 9 Februari 2023 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Halooo selama ini saya kirim ga pernah ada masalah karna emng kurirnya cepet nyampe , ini karna dibalikin ke saya dan nyampenya lama jadi rusak… kalo balik ke saya nya cepat dan masih bagus bisa dijual lagi, akankah saya mencuap2 di media konsumen? Mikir….

    • 13 Februari 2023 - (08:30 WIB)
      Permalink

      jika selama ini lancar dan baru kali ini ada masalah artinya indeks COD masih terbilang menguntungkan. misal dalam 100 order hanya bemasalah 1 order itu sudah luar biasa. tidak bisa 100% lancar semua… jadi pilihan seller mau melanjutkan atau menonaktifkan COD dengan menghitung ratio tersebut

  • 9 Februari 2023 - (23:22 WIB)
    Permalink

    Padahal biaya layanan kalo beli cod di shopee tuh gila. Penjual jg dipotong biaya admin hampir 10 % ditotal

  • 13 Februari 2023 - (02:13 WIB)
    Permalink

    Ane aja jualan Masi ngeri kalau chat ke pemebeli awal aja rame pas udah sampai barang diya gak bales komen lagi, udah bilang kasih nilai dan konfirmasi diem aja Ampe 2 hari, gak di gubris sama sekali diem terus merasa was was aja.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem COD Shopee?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Shopee Tidak Memberikan Solusi Atas Pesanan COD yang Ditolak Pembeli

oleh evaparvi dibaca dalam: 1 menit
59