Transaksi QRIS yang Pending, Tiba-tiba Selesai Tanpa Kejelasan

Sebelumnya saya mohon maaf karena harus menulis surat ini, dikarenakan pihak terkait susah dihubungi. Sekali terhubung, selalu disuruh menunggu 3×24 jam sampai 7×24 jam. Sedangkan pelanggan saya transaksi sejak tanggal 1 Februari 20234, melalui pembayaran Scan QR, tapi statusnya “Pending” sampai hari ini,.

Setiap chat selalu antre, tapi gak pernah ada CS yang membalas. Menelepon CS cuma dikasih nomor tiket tanpa ada penyelesaian, pasti jawabannya “Akan kami proses ke pihak terkait dikarenakan transaksi masih dalam pengecekan”. Selalu itu saja jawabannya. Saya lampirkan bukti transaksi tanggal 1 yang statusnya “Dalam Proses”.

Namun tiba-tiba saja ada histori pada tanggal 2 dengan nominal yang sama, tapi saya tidak melakukannya dan gak mengerti ini transaksi apa.

Tolong agar pihak DANA segera follow up ke pihak LinkAja agar dijelaskan bahwa transaksi ini dananya belum diterima. Tolong untuk pihak LinkAja jangan mempersulit pelanggan, karena uang segini tuh berharga untuk kami.

Ria Fitrianis
Kab. Lebak, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Atas Keluhan Transaksi QRIS yang Pending, Tiba-tiba Selesai Tanpa Kejelasan

Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Sehubungan dengan surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Ibu Ria Fitrianis pada 10...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Transaksi QRIS yang Pending, Tiba-tiba Selesai Tanpa Kejelasan

  • 11 Februari 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Pada tgl 11-1-2023 jam 19.44 saya mengisi saldo e-money sebesar 100.000 melalui saldo linkaja dan sudah update balance,tetapi saldo belum juga bertambah di e-money sampai sekarang, sedangkan diriwayat sukses tetapi saldo juga belum masuk di e-money.saya udah hubungi cs tetap aja tidak ada penyelesaian sampai saat ini.

    • 11 Februari 2023 - (09:53 WIB)
      Permalink

      aneh nya pas chat Live gak pernah terhubung cs, callcenter juga cuma diem aja pas kasih keluhan, jawabannya sama aja, masih dalam pengecekan, padahal udah jelas2 di merchatn belum masuk dananya, di akun linkaja juga belum ada itikad buat refund, malah tiba2 ada transaksi artajasa_qr status sukses t
      yg saya gak paham itu apa karna tdk melakukannya. ngapaik bikin iklan itu pihak Linkaja, kalo pelayanan aja masih kurang banyak, harusnya tingkatkan dulu pelayanannta biar banyak yg pake

      • 11 Juni 2023 - (21:37 WIB)
        Permalink

        Jadi gmna kak ? Saldo nya balik atau tidak ? Soal nya saya mengalami hal yg sama seperti kakak, sttus pending , tiba2 ada transaksi sukses dri artajasa_qr dengan nominal yg sama . Saya telp call center gdk respon , sblm nya sudah bisa terhubung , tetapi tiba2 jdi sibuk nomor call center nya , di email juga tetap sama , gdk jawaban

    • 11 Februari 2023 - (21:44 WIB)
      Permalink

      Masih saja menggunakan link aja yang sering bermasalah cs juga percuma ga bisa menyelesaikan permasalahan

  • 12 Februari 2023 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Ini mbak Ria Fitrianis bertindak sebagai merchant DANA atau pengguna Linkaja yg membayar?

    Kalau sebagai merchant maka laporkan ke DANA bahwa status di aplikasi linkaja pelanggan anda sudah terbayar tp trx blm masuk ke merchant app DANA anda.

    Kalau sebagai pengguna Linkaja yg melakukan pembayaran, silahkan infokan merchant bahwa trx sebesar 600rb anda sudah berhasil di sisi Linkaja. Jika anda sblmnya melakukan pembayaran yg sama dengan metode lain atau cash, berarti pembayaran anda dobel, bisa minta refund kepada merchant secara langsung (lebih simpel) atau melalui linkaja (prosesnya lebih panjang).

    • 12 Februari 2023 - (13:48 WIB)
      Permalink

      saya sbg merchant udah kasih laporan ke Dana, namun pihak dana meminta pelanggan saya utk lapor ke Linkaja, pdhl sudah saya jelaskan bahwa pihak Linkaja susah d hubungi, sekalinya terhubung slalu aja status laporannya masih dalam pengecekan. saya minta pihak Dana agar follow up ke Linkaja bahwa saldo belum terkirim ke Dana dan agar pihak Linkaja segera merefund Saldo tersebut, krn pihak Linkaja susah d hubungi.
      nah utk trx tgl 1 masih Pending, sdgkn tgl 2 pelanggan saya mengeluh tiba2 ada trx Sukses dgn nominal sama namun keterangan Artajasa_qr pdhl status trx tgk 1 masih pending. dan saya sbg merchant belum menerima saldo tersebut.

  • 12 Februari 2023 - (17:08 WIB)
    Permalink

    DANA memang tidak bisa meminta Linkaja sebagai pengirim dana untuk refund ke penggunanya, harus dari penggunanya yg mengadukan dulu ke Linkaja. Karena normalnya merchant tidak memberikan barang dan jasa kecuali sudah ada notifikasi transaksi masuk di akun merchantnya. Saya ga bisa berkomentar mengenai layanan Linkaja yang sulit dihubungi.

    Tapi kalau lihat ada transaksi dengan nominal yang sama di hari berikutnya, mudah2an ga lama lagi akan masuk ke akun DANA Ibu. Seandainya blm juga, silahkan infokan ke DANA detil transaksi di tgl 2 yang memotong saldo linkaja pelanggan Ibu, tanyakan apakah transaksi tersebut sudah diterima di sistem DANA.

 Apa Komentar Anda mengenai LinkAja?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Transaksi QRIS yang Pending, Tiba-tiba Selesai Tanpa Kejelasan

oleh Ria Fitrianis dibaca dalam: 1 menit
9