BRI Ceria Sudah Lunas dan Tidak Dipakai, SLIK OJK (IDEB) Kualitas 2, Kenapa?

Hallo BRI Ceria,

Saya Caesar Asari, Selaku Pengguna/Nasabah BRI Ceria (ID Ceria: 1895121000016200), melalui Surat Pembaca di Media Konsumen ini saya komplain dan mengutarakan kekecewaan atas perilaku yang dilakukan BRI Ceria.

Tagihan saya sudah Lunas 6 bulan yang lalu, dan sejak itu sudah tidak terpakai lagi bahkan sempat hapus aplikasinya.

Berikut saya tampilkan foto sebagai bukti-buktinya:

Tapi pada bulan Januari 2023 saya mendapatkan SLIK OJK Idebku Kualitas 2 (dalam perhatian khusus) dari BRI Ceria? Sedangkan saya cek di aplikasi BRI Ceria sudah tidak ada cicilan/tagihan, Limit yang diberikan pun penuh tidak kurang.

Slik OJK (IDEBku) untuk BRI Ceria Kualitas 2 (dalam perhatian khusus)
Slik OJK (IDEBku) untuk BRI Ceria Kualitas 2 (dalam perhatian khusus)

Saya sangat berharap BRI Ceria bertanggung jawab atas tindakannya tersebut, mengingat SLIK OJK (IDEB) adalah reputasi kita di mata perbankan. Terima kasih.

Caesar Sudibyo
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Caesar

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “BRI Ceria Sudah Lunas dan Tidak Dipakai, SLIK OJK (IDEB) Kualitas 2, Kenapa?

    • 16 Februari 2023 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Tlong bri ceria klo update data orng yg benar…termasuk sy pribadi di rugikan oleh pihak bri ceria

    • 16 Februari 2023 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Sangat banyak lho korban salah pelaporan BRI ceria. Khususnya bulan Desember 2022. Saya termasuk yang jadi korban. Namun sampai saat ini tidak ada solusi atas pencemaran nama baik yang dilakukan pihak BRI.
      Akibatnya pengajuan kredit saya yang lain jadinya ditolak karena pihak lembaga keuangan mengatakan bahwa kualitas kredit saya buruk.

  • 15 Februari 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    emang udah bikin laporan ke bank nya kak untuk konfirmasi? setau aku kalo di apps pun udah lancar artinya bank sudah lapor ke ojk sesuai dong dngan apps nya, saranku buat laporan dlu untuk memastikan Kredibilitas payment lancar, tenang bank pasti solutif lah kan ada bukti kalo emng bayar lancar, salam sehat

    1
    2
    • 15 Februari 2023 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Sudah lapor via WA, bukan permintaan maaf malah disuruh bikin surat pernyataan. Normalnya antara Aplikasi dengan laporan di slik OJK sinkron, tapi ini tidak, sesuai yang saya tulis dikronologi.
      Yang saya kecewa, Asal kasih Kredibilitas 2. Di riwayat kredibilitas terburuk apa bisa langsung balik ke col-1 lagi begitu diupdate lancar?

      • 16 Februari 2023 - (07:49 WIB)
        Permalink

        Sama lwat wa cs akulaku malah diancam dibuat kol 3 padahal gak pernah telat ,krn sya mempertanyakan knapa bisa kol 2

      • 3 Maret 2023 - (11:06 WIB)
        Permalink

        Nah sama,saya juga termasuk kol 2 di bln desember.Sudah buat pelaporan lalu di minta surat pernyataan lancar.Aneh memang ni BRI CERIA.

    • 16 Februari 2023 - (06:46 WIB)
      Permalink

      Kasusnya sama seperti saya dan waktunya jg sama di bulan desember 2022, waktu saya mau mengajukan pinjaman ke suatu platform saya diinfokan bahwa saya masih memiliki tunggakan di BRI padahal saya tidak pernah telat membayar bahkan selalu bayar sebelum jatuh tempo dan mereka meminta bukti bahwa pembayaran itu memang sudah tersebut, tapi waktu saya cek riwayat tagihan untuk periode desember-januari di aplikasi ceria tidak bisa dibuka dan dengan keterangan gangguan sistem saja dan saya tidak pernah menerima billing tagihan melalui email setiap bulannya. Akhirnya, saya hubungi BRI dan meminta untuk dikirimkan billing tagihan untuk periode itu dan minta diterbitkan surat kolektibilitas lancar dari BRI. Akhirnya setelah menunggu kurang lebih 3 – 5 hari kerja saya mendapatkan billing tagihan dan surat kolektibilitas lancar yg dikirim melalui email. Dan akhirnya, saya bisa mengajukan pinjaman lg dan pencairan berhasil.

    • 16 Februari 2023 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Iya kasus sama, kyaknya emang banyak korbannya. Untuk saya pengguna credit lain ini cukup menggangu col-2.

  • 16 Februari 2023 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Kalau bisa nasabah jangan di persulitt ah, setelah mereka lunas segera di hapus di apdate terus jangan di diamkan,yang seperti ini sk salah kaprah sudah lunas di bikin berhutang

    • 16 Februari 2023 - (07:24 WIB)
      Permalink

      Anehnya Baru kejadian mulai Desember 2022-Januari 2023. Bulan sebelum Desember malah Col-1 Lancar. Padahal dari Juni 2022 sudah tidak terpakai limitnya,. Entah kesalahan system/bug atau human error input data, pihak Ceria harus klarifikasi menjelaskan.

  • 16 Februari 2023 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Btul mas sma yg sy alami jg begtu di bri ceria…sy selalu bayar tepat waktu bahkan sblm jtuh tempo sy sdh bayar tetapi di IDEB sy kol 2…kapok sy menggunakn bri ceria bikin nama baik orng jelek.

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Ceria?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

BRI Ceria Sudah Lunas dan Tidak Dipakai, SLIK OJK (IDEB) Kualitas 2, K…

oleh Caesar Sudibyo dibaca dalam: 1 menit
17