Pelayanan Customer Service Shopee Sangat Mengecewakan: Dana Penjual Tidak Diterima Sesuai Estimasi dan Barang Tidak Jelas Keberadaannya

Saya adalah salah satu penjual di marketplace Shopee dengan nama toko ekanilam26. Artikel ini saya tulis karena sudah mengalami hal ini secara berulang. Hal ini sangat merugikan karena sebagai seller saya harus komplain secara berulang baik ke Shopee maupun jasa kirim yang bekerja sama dengan Shopee. Pembeli di toko saya juga merasa dikecewakan karena barang tak juga kunjung diterima.

Permasalahan yang saya alami adalah pengiriman barang dari Semarang ke Padang di tanggal 6 Februari 2023 dengan estimasi penerimaan barang di tanggal 12 Februari 2023. Namun rute yang dilewati paket tersebut adalah Semarang-Banda Aceh-Lhokseumawe-Medan-Jakarta yang sangat tidak mungkin untuk rute pengiriman.

Saya membuat pengaduan pertama pada tanggal 14 Februari 2023 10:55 AM melalui panggilan telepon, saya menginformasikan jika barang yang saya kirim tak kunjung diterima oleh pembeli saya dan saya info sudah komplain ke ekspedisi JNT namun tidak ada progress. Diinfokan akan dibantu FU ke jasa kirim, namun saat itu telepon dimatikan secara sepihak oleh Shopee.

Saya membuat pengaduan kedua pada tanggal 15 Februari 2023 dengan durasi panggilan 9 menit menginformasikan kembali kendala yang saya alami dan ternyata perlu dibantu FU lagi. telepon dimatikan secara sepihak kembali oleh Shopee.

Saya kembali membuat pengaduan pada tanggal tersebut jam 02:19 pm dengan durasi 32 menit dengan menginformasikan agar dibantu dan diprioritaskan, saya harus mengulang komplain yang sudah saya sampaikan. Saat itu saya meminta berbicara dengan direct superior customer servicenya namun diinformasikan saat itu tidak ada yang avail karena sebagian WFH dan yang WFO hanya beberapa. Customer service mematikan panggilan saya secara sepihak dengan melakukan closing tanpa persetujuan saya dan mematikan telepon.

Pada tanggal 15 Feb 2023 di jam 01:57 PM tim Shopee menghubungi saya dan menginformasikan update dari laporan saya belum ada progress. Saya meminta bantuan untuk menanyakan kenapa telepon saya terputus saat menghubungi Shopee dan meminta untuk diupdate di jam 05:00 PM.

Pada jam 05:00 PM tanggal 15 Feb 2023 tim Shopee kembali menghubungi saya dan meminta maaf karena pemutusan telepon secara sepihak dikarenakan kendala network yang dialami di internal Shopee dan menawarkan voucher sebesar 50rb. Namun dari pihak Shopee belum melakukan pengecekan untuk customer service yang melakukan closing secara sepihak. Saya meminta untuk dihubungi kembali untuk detail interaksi tersebut.

Pada tanggal 16 Februari jam 05:44 pm, 07:18 pm, 07:20 pm, 07:27 pm, 07:30 pm, 07:34 pm dari pihak Shopee yang menginformasikan akan menindak secara internal customer service yang melakukan closing secara sepihak dan kembali menawarkan voucher. Namun karena tak kunjung ada kejelasan di mana barang yang saya kirim untuk buyer panggilan saya closed.

Sampai surat ini saya tulis tanggal 17 Feb 2023 pukul 01:34 PM masih belum ada tindak lanjut lagi dari Shopee. Saya ingin buyer saya segera menerima barang yang saya kirim.

Eka Nilam
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:12    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Pelayanan Customer Service Shopee Sangat Mengecewakan: Dana Penjual Tidak Diterima Sesuai Estimasi dan Barang Tidak Jelas Keberadaannya

  • 17 Februari 2023 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Bisanya kalau kasus seperti ini pembeli mengajukan klaim pengembalian dana, setelah itu shopee menghubungi pihak pengiriman apakah barang dinyatakan hilang. Kalau dinyatakan hilang akan diganti max 10x ongkos kirim atau seharga barang jika pakai asuransi.
    Apakah pihak pembeli sudah mengklaim permintaan pengembalian dana?

    Note: Tadi sempat bingung kok telponnya subuh jam 2, ternyata ada keterangan PM, kalau pembaca orang indonesia kurang terbiasa pakai AM/PM ^_^

  • 18 Februari 2023 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Biasalah MP sampah, udah terlalu banyak komplain untk MP ini di media konsumen mungkin sdh saatnya anda memikirkan untk beralih ke MP lain.

  • 18 Februari 2023 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Saya jadi bertanya-tanya, 6 bulan terakhir ini komplain marketplace di Media Konsumen dominan berkaitan dengan Sopi. Bisa maklum kalau CS-nya ngebug minus tata krama karena kinerja perusahaan berimbas ke kinerja karyawan. Ketika seseorang jadi pecundang dan kambing hitam keluarga, tinggal soal waktu akan ada yang di racun sianida.

    • 18 Februari 2023 - (17:59 WIB)
      Permalink

      Lagi dan lagi selalu si Oren..CS nya gak ada yg bener. šŸ‘ŽšŸ‘ŽšŸ‘ŽšŸ‘ŽšŸ‘Ž

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Customer Service Shopee Sangat Mengecewakan: Dana Penjual Tiā€¦

oleh Eka dibaca dalam: 2 menit
6