Blibli Salah Proses Laporan Customer, Seller Wallet Saya Ter-suspend

Berawal pada pukul 9 pagi tanggal 01 Maret 2023, saya lagi proses orderan-orderan yang masuk di toko saya di Blibli (kode toko LOE-70049), tiba-tiba seller wallet saya ter-suspend. Saya langsung tanyakan kepada pihak Seller Care Blibli, alasannya apa sehingga seller wallet saya ter-suspend? Karena tidak ada orderan yang statusnya dilaporkan oleh customer.

Diinfokan bahwa ada laporan dari customer mengenai orderan yang disanggah, dengan nomor order 12125430768 (tanggal 01 Maret 2023). Dengan alasan email customer tidak aktif (lagi proses penggantian email customer), sehingga wallet saya di-suspend. Merasa tidak masuk akal, saya tanyakan ke customer, karena untuk orderan tersebut sudah saya kirim dan diterima dengan baik oleh beliau.

Ternyata oh ternyata, yang customer laporkan adalah orderan di seller lain, dengan nomor order yang dia laporkan adalah: 12125430495 (tanggal 28 Februari 2023). Kemudian saya konfirmasi ke seller care Blibli, bahwa mereka sudah salah proses laporan customer. Mereka mengakuinya, dan menyatakan toko saya terbukti tidak salah, sehingga wallet saya akan diproses unsuspend dengan estimasi waktu 5-10 hari kerja, bahkan bisa sampai 17 hari kerja.

Yang sangat saya sayangkan, kejadian ini terjadi karena kesalahan ada di tim Blibli. Wallet saya di-suspend kurang dari 30 menit dari laporan customer, sedangkan untuk proses unsuspend membutuhkan waktu 5-17 hari kerja. Sebegitu hebatnya sistem mereka dalam menahan duit seller.

Memang ini belum melewati estimasi yang diinfokan oleh pihak seller care. Namun dengan kasus kesalahan ada di mereka, sudah semestinya mereka melakukan proses unsuspend secepat mungkin (di bawah 30 menit juga, sama dengan waktu yang mereka butuhkan untuk suspend seller wallet saya).

Untuk diketahui, uang hasil penjualan tidak langsung cair ke seller wallet. Ada tenggang waktu 1 hari kerja semenjak customer mengeklik pesanan diterima. Orderan customer tanggal 1 Maret 2023, wallet saya di-suspend juga di hari yang sama. Jadi, tujuan dari mereka suspend seller wallet saya itu apa? Toh uang hasil orderan tersebut belum cair ke seller wallet saya di hari itu. Kenapa mereka tidak mengkonfirmasi terlebih dulu kepada saya? Malah langsung melakukan tindakan gegabahnya yang sangat merugikan saya.

Orderan 12125430768 senilai Rp105.500 (belum dipotong fee untuk Blibli, atau bersihnya yang saya terima Rp102.335), hingga saya mengetik tulisan ini (3 Maret 2023). Sana jualan saya yang ditahan oleh Blibli adalah sebesar Rp38.380.778, belum termasuk dana penjualan yang selesai di tanggal 3 Maret 2023 yang akan cair tanggal 6 Maret 2023 (orderan dari tanggal 1 Maret 2023 yang selesai otomatis 2 Hari Kalender jika customer tidak mengeklik pesanan diterima).

Melalui tulisan di Media Konsumen ini, semoga pihak Blibli bisa baca, membuka suspend seller wallet saya, dan memperbaiki sistem mereka yang sangat merugikan seller. Demikian disampaikan terima kasih.

Santi
Kota Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Blibli Salah Proses Laporan Customer, Seller Wallet Saya Ter-suspend

Menanggapi surat keluhan seller Blibli yang dikirimkan Ibu Santi, yang diunggah di halaman Media Konsumen pada 6 Maret 2023 dengan...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Blibli Salah Proses Laporan Customer, Seller Wallet Saya Ter-suspend

    • 2 November 2023 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Balikin woyyyy uang2 seller yg kalian suspend itu bukan hak kalian , banyak bgt alesan ini itu tanpa ada bukti

  • 6 Maret 2023 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Wah gak bers ini seller blibli,, ternyata banyak banget pengaduan seller di suspend dan dana mash pada nyangkut.

    2
    1
  • 6 Maret 2023 - (21:18 WIB)
    Permalink

    Parah banget cs blibli. Mungkin cd nya kerja sambil ngantuk-ngantuk kali ya. Kerja yang teliti lah, Jika ada laporan buyer kroscek benar-benar. Jangan main langsung suspend seller, eh ngga taunya malah salah seller. Malu ngga sih??? Kerja ngga benar malah merugikan orang lain. Kalo ngga bisa Kerja lebih teliti, lebih baik resign aja/pepatah cs seperti itu biar hal yang sama tidak terulang kembali.

    1
    1
  • 6 Maret 2023 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Hati hati jualan di market place ini, kadang akun kita di saspend tanpa alasan Dan Dana tidak bisa di cairkan

  • 7 Maret 2023 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Lebih dana langsung cairkan saja. Jgn biarin di saldo terlalu banyak. Jika terjadi hal yg tak terduga repot jadiny ketika butuh.

  • 7 Maret 2023 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Kak, apa sudah minta bantuan ke PIC? Pengalaman sy selama ini, ada masalah apapun lbh cepat lewat PIC dan pasti dibantu, kalau seller care kadang terbatas kemampuan dan wewenangnya. Seperti waktu sy minta balik ke sistem droship dari pickup, menurut seller care itu tidak mungkin, tp begitu sy minta tolong ke PIC, hari itu jg langsung disetujui. Kakak cek di store info, disana ada nama, email dan no HP PIC Blibli yg pegang toko kita. Semoga masalahnya cepat selesai ya kak.

  • 8 Maret 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Masalah sudah diselesaikan. Tidak sampai 2 jam dari tulisan saya diposting di media konsumen, pihak Blibli melakukan unsuspend seller wallet saya.

    • 8 Maret 2023 - (17:12 WIB)
      Permalink

      Hebat nya itu dia media konsumen.
      Media konsumen adalah CS multi marketplace ?. Ketua dari semua marketplace. Jamin cepat ,?

      Kacau blibli. Untung bli bli saya ga gt rame. Biasa biasa aja ?. Kalo besar report jg deh Kalo kena ketahan

        • 8 Maret 2023 - (17:28 WIB)
          Permalink

          @serabutstore wkwkwk para fans gue pada hadir disini ?.

          Staytune my fans di laporan laporan saya, berikut nya.. ??

          • 8 Maret 2023 - (17:29 WIB)
            Permalink

            coba di share dimana yg besar, jgn omdo lah lo

      • 2 November 2023 - (13:49 WIB)
        Permalink

        Hati2 ka .. Aku kena denda aja dr 128 trx bukan trx yg hari aja .. Tp ken di transaksi2 sbelum nya .. Trx hari ini cmn 1 pdahal tp mereka berdalih 128 trx ,, berarti mereka mantau trx kita sbelum2 nya lalu denda nya di akumulasi di keseluruhan trx , kuta sbg seller kecolongan dong

  • 2 November 2023 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Saya pun kena .. Dan tidak d kembalikan sudh 2 bulan dengan alasan tidak jelas .. Hati berjualan disini bisa2 dana seller raibbbbbbbbbbbbbbbbb

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Blibli Salah Proses Laporan Customer, Seller Wallet Saya Ter-suspend

oleh Santi dibaca dalam: 2 menit
21