HP Hilang, Akun Kredivo Disalahgunakan

Izinkan saya menyampaikan kejadian yang saya alami terkait kehilangan HP dan penyalahgunaan akun Kredivo saya. Mohon maaf, karena saya baru menemukan akun ini untuk bisa menyampaikan keluhan yang saya alami dengan pihak Kredivo.

Pada tanggal 05 Februari 2023 sekitar pukul 16.30-17.00 WIB, saya kehilangan HP di pintu keluar/masuk halte Gajah Mada, Gambir, Jakarta Pusat. Saat itu saya baru turun dari busway dan melewati JPU penyeberangan menuju Mal Gajah Mada. Namun beberapa langkah setelah turun dari tangga pintu keluar/masuk JPU, earphone bluetooth yang terkoneksi dan menempel di telinga saya tiba-tiba terputus (kebetulan saat itu saya menggunakan earphone bluetooth, dengan kondisi terkoneksi dengan HP, tapi tidak ada musik). Lalu spontan saya cek HP saya, ternyata sudah tidak ada di dalam tas. Kejadiannya sangat cepat, hanya beberapa langkah setelah turun dari tangga. Di tempat kejadian memang banyak orang lalu lalang, pedagang maupun ojol yang parkir.

Beberapa kali saya coba hubungi melalui selular teman saya, tapi orang tersebut mengabaikan panggilan saya. Sekitar pukul 19.30 pada hari yang sama, saya mengurus nomor HP saya ke Grapari cabang Central Park. Akhirnya saya kembali mengaktifkan nomor saya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada hari yang sama, sekitar pada pukul 23.30 WIB, saya mendapatkan pesan pemberitahuan lewat SMS, yang isinya adalah tagihan Kredivo. Isi pesan tersebut mengatakan bahwa adanya transaksi pembelian pulsa sebanyak 3x melalui akun MyTelkomsel, dengan total Rp913.560. Saya kaget dengan adanya tagihan tersebut, dikarenakan saya tidak pernah menggunakan akun tersebut untuk bertransaksi. Bahkan aplikasi Kredivo juga tidak saya download di perangkat HP saya yang hilang.

Yang membuat saya heran, info pemberitahuan baru masuk pada pukul 23.30, sementara nomor saya sudah saya blokir sejak saat HP hilang dan urus kembali. Saat itu saya langsung hubungi call center Telkomsel dan menceritakan kejadian yang saya alami pada sore harinya. Namun saya tetap diminta mengkonfirmasi ke pihak Kredivo. Saya cari info, ternyata Kredivo tidak melayani 24 jam, saya berinisiatif untuk menghubungi keesokan harinya.

Pada hari Senin, 6 Februari 2023, saya hubungi pihak call center Kredivo dan menceritakan kejadian yang saya alami. Pihak Kredivo meminta waktu untuk segera memproses laporan saya. Pada hari Selasa, 7 Februari 2023 saya mendapat balasan dari hasil laporan pada hari Senin, dengan nomor laporan: #KRED-357661. Pihak Kredivo mengatakan bahwa  adanya pemberian data-data pribadi kepada pihak lain, seperti PIN dan Pertanyaan Keamanan, sehingga keseluruhan transaksi yang disanggah tetap harus dibayarkan.

Bagaimana saya memberikan data sementara HP saya beserta nomornya diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Akhirnya saya mengurus surat kehilangan ke Polsek Gambir, dan kembali mengirimkan email memberikan laporan dan lampiran surat kehilangan dari kepolisian dengan nomor laporan: KRED-358513.

Namun laporan sanggahan transaksi saya ditolak dengan alasan saya memberikan data pribadi ke pihak lain. Saya sudah jelaskan bahwa saya sudah melaporkan ke pihak Telkomsel dan pihak Kredivo, tetapi mereka tetap menuduh saya memberikan data pribadi. Beberapa kali saya email dan jelaskan kejadian yang sebenarnya, tetap saja tidak ada respons yang baik dan menganggap saya telah memberikan informasi ke pelaku tersebut.

Saya lelah menghadapi sikap arogan dari pihak Kredivo. Mereka meyakinkan saya, bahwa mereka memberi perlindungan konsumen, tetapi dalam hal ini saya benar-benar tidak mendapat perlindungan. Untuk masalah ini saya ingin melanjutkan ke pihak berwajib, hanya saja saya terkendala dengan nomor IMEI HP saya sudah tidak ada. Kotak pembelian maupun setruk pembelian HP sudah tidak ada, sehingga tidak bisa memproses lebih lanjut.

Saya sangat kecewa dengan pihak Kredivo. Mereka benar-benar tidak mempertimbangkan masalah yang saya alami. Dalam surat ini saya melampirkan surat keterangan kepolisian, karena memang saya adalah korban dari pencuri yang memakai data pribadi saya tanpa ijin. Bagaimana saya harus membayar, jika memang bukan saya yang melakukan semua transaksi ini semua transaksi jelas saya tolak?

Saya berharap pihak Kredivo bisa bersikap bijaksana, teliti dalam membaca, tidak bersikap arogan dalam penyelesaian masalah ini.

Terima kasih saya sampaikan kepada pihak Media Konsumen yang telah memberikan ruang untuk saya bercerita dan berbagi. Semoga pengalaman pahit saya ini bisa menjadi pelajaran yang berharga untuk saya. Terima kasih.

Salam.

Sally M.S.
Jakarta Pusat


Catatan redaksi (diperbarui 17/3/2023): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

https://mediakonsumen.com/2023/03/17/tanggapan/tanggapan-kredivo-atas-surat-ibu-sally-m-simbolon-2

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Sally M. Simbolon

Terima kasih atas informasi yang Ibu Sally M. Simbolon sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 9 Maret 2023 pada kolom...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “HP Hilang, Akun Kredivo Disalahgunakan

  • 9 Maret 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    mungkin hape ga dikunci sehingga pencuri dapat akses ke marketplace dan masukan pembayaran kredivo anda yang terhubung?

  • 9 Maret 2023 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Kalo dugaan saya sih
    Ni orang hp nya gak di kunci terus sebelumnya pernah install kredivo lalu di hapus lagi,,yg mana ketika login kembali tidak perlu verifikasi wajah jadi cuma otp aja

    • 12 Maret 2023 - (15:39 WIB)
      Permalink

      Terima kasih ats tanggapannya..
      Sudah saya jelaskan di kolom komentar d bawah ya pak.

  • 9 Maret 2023 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Hati hati bawa HP ditempat ramai apalagi di stasion gambir emang tempat jambret dan maling banyak berkeliaran. Termasuk jg dikawasan kota tua. Tolong infokan dimana aja stasion2 yg rawan jambret dan copet.
    Gara-gara asyik banget nikmati lagu sampai gak sadar maling copet HP. Beli pulsa lagi dobel untungnya. Km dobel ruginya.

    • 10 Maret 2023 - (23:16 WIB)
      Permalink

      iya pak, tp saat itu saya tidak memainkan musik hanya saja earphone bluetooth terkoneksi ke hp saya. justru dgn adanya earphone dan tiba2 terputus saya baru menyadari kalau hp saya sdh tdk ada.

  • 9 Maret 2023 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Gak masuk akal sih, masa hp ilang lari ke kredivo, apa hp gak di ada kuncinya, TRX di kredivo pun harus nya pakai pin

    10
    • 10 Maret 2023 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Buat berita nya pun juga janggal, coba cek bagian akhir paragraf ke 4, dia bilang gak download kredivo di HP yg hilang, logikanya ya kalo gak download gak mungkin bisa di pake sih

    • 12 Maret 2023 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Terima kasih ats tanggapannya.
      Sudah saya jelaskan d kolom komentar bawah ya.

    • 12 Maret 2023 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Terima kasih
      Kronologinya sudah saya jelaskan di kolom komentar bawah ya pak.

  • 9 Maret 2023 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Kalaupun hape tidak dikunci, transaksi di kredivo itu selain otp juga pake pin dan kok bisa pin diketahui orang lain?

      • 31 Agustus 2023 - (13:36 WIB)
        Permalink

        Kasus anda skrg yang saya alami tapi saya di shoppe, ceritanya hp saya saya servis ke temen padahal sudah pakai kata sandi tapi masih bisa di bobol, semua aplikasi sudah saya bekukan tapi giliran di shoppe susah bener banyak menunggu nya saya gk bisa login, sayan masuk lewat hp dan gmail saya di bajak oleh pelaku, tetep saya lapor ke cs shoppe dari tanggal 20 Agustus sampai skrg blom ada jawaban buat ganti gmail dan yg di sesesali shoppe ini bikin lama menunggu dan ribet x, padahal bukti bukti sudah saya kasih kan semua sampai skrg masih menunggu

    • 10 Maret 2023 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Aku jg mengalami ky TS, hp ilang diambil supir gocar krna ketinggalam di gocar.. terus dipake buat belanja cicilam di tokped sama tau2 ada tagihan via telpon dr kredivo atas pembelian paket data. Pdhl di hp gk ada apl kredivo dan udh bertahun2 gak dipake.. untung nya tagihan nya gk cuma 100 rb an jd pas aku bilang gk ada beli paket data krna hp nya ilang, gk ditagih lg sama mereka.. tp yg terus nagih dr gopaylater tokped krna nominal nya hampir 3 juta ?

    • 12 Maret 2023 - (15:41 WIB)
      Permalink

      Terima kasih
      Kronologinya sudah saya jelaskan di kolom komentar bawah ya pak.

  • 9 Maret 2023 - (18:01 WIB)
    Permalink

    dari kasus sejenis yg sudah sudah gak ada 1 pun yg percaya postingan sejenis ini, pembaca aja gak percaya apalagi pihak kredivo 🙂

    ya karena cuma modus gak mau bayar tagihan, play victim.. otorisari kredivo ada proses berjenjang termasuk pin, dll.

    5
    3
    • 9 Maret 2023 - (18:51 WIB)
      Permalink

      dikira enak apa daftar langsung bisa buat ngutang?, daftar harus verifikasi macem2,ktp,verifikasi wajah,otp dll.

      • 12 Maret 2023 - (15:44 WIB)
        Permalink

        Terima kasih
        Kronologinya sudah saya jelaskan di kolom komentar bawah ya pak.

    • 9 Maret 2023 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Makanye baca ampe abis, udh ditulis ama TS, klo “Sim Cardnye diurus lagi”,. Jd kartunye masih pake nomor yg sama.. ngarti ora son??.. ?

  • 9 Maret 2023 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Buat smart people who uses smartphone.. setau ane hp skrg uda bs lock apps pke sidik jari atau wajah. Jadi disarankan utk aplks PERBANKAN sbaiknya di lock. Hp di lock dl biar ga bs masuk utk buka2. Klopun dia berhasil masuk ke hp kita saat dia buka2 apps smua akan diminta verifikasi sidik jari lg. Ane bukan 2 langkah lg. Tapi 3 langkah utk stiap apps yg bersifat krusial. Termasuk marketplace dan e-wallet apalg perbankan sudah pasti ane lock hehe smoga bermanfaat buat yg lain2… oya. Aplikasi utk topup2 pulsa misal myxl, mytelkomsel, myIM3 atau bima+ atau MyAxis jg di lock ya krna mreka bs aj melakukan hal2 lain di aplks itu jg…

    3
    2
  • 9 Maret 2023 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Dugaan paling masuk akal sih itu hape sudah dibobol sebelum TS lapor penggantian kartu. Pakai teknik dumping lewat OTG atau PC, mirip seperti skimming pada kartu ATM.

  • 9 Maret 2023 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Masih tidak percaya, karena transaksi di Kredivo itu memerlukan PIN Kredivo dan SMS. Jika SMS sih masuk akal karena kartu sim card masih di hp-nya. Jika PIN kayaknya enggak deh, gak bakal ada orang tau. Susah nebak pin sampai kiamat, pakai brute force juga gak bakalan bisa.

    3
    1
  • 10 Maret 2023 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Gk masuk akal bisa kredivo terbobol. Padahal itu udh harus bobol bbrpa security. Apalagi user sptnya udh melek teknologi dgn pakai tws apa iya hp gk terkunci? Kemudian kredivo kan ada kunci pin utk verifikasi transaksi?

  • 10 Maret 2023 - (06:04 WIB)
    Permalink

    Aneh yah, gimana si pencuri bisa tahu pin dan pertanyaan keamanan Kredivo yg punya HP?…

    oklah misalkan HP gk kunci,
    sipencuri buka Kredivo sblm no di Cetak Ulang.
    trus si pencuri gunkan opsi lupa PIN, dan pilihan OTP utk log in, yang jadi masalah gimana caranya si pencuri bisa tahu jawaban pertanyaan ke Amanan dr akun Kredivi pemilik HP?

  • 10 Maret 2023 - (06:17 WIB)
    Permalink

    “Bahkan aplikasi Kredivo juga tidak saya download di perangkat HP saya yang hilang.”
    Tidak download aplikasi tapi bisa transaksi? Kalau toh copet itu yang download aplikasi kredivo, bagaimana ceritanya tagihan bisa ke TS?

    Saran saja, login juga akun google di perangkat lain. Saat hp hilang, hp bisa di format dari perangkat lain, misalnya dari hp lain atau laptop.

    • 12 Maret 2023 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Terima kasih
      Kronologinya sudah saya jelaskan di kolom komentar bawah ya pak.

  • 10 Maret 2023 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Heran, penjahat di negeri ini dari kalangan bawah sampe kalangan atas. Hape ilang malah disalah gunain lah, di bobol lah, di curi digital money-nya, dll dll.

    Maling adalah budaya Negeri

  • 10 Maret 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya pengalaman yang sama, tp dengan berbeda fintech, indo**** hp saya hilang, sim card lgsg blokir dan wipe data google,ganti password email dll, hp secure dengan semua security, tp pelaku bs dengan mudah clone hp dengan isi nya ke hp lain, lalu di hack dr situ, yg lemah adalah apps fintech yg baru2 dan tidak secure, mereka bs bypass otp dgn cara sendiri, lalu no hp terdaftar bs di ganti ke no baru, hasil nya pelaku gasak semua limit yg ada dan fintect gak mau mengakui ada kelemahan sistem, parah nya lagi ketika terdeteksi 1 transaksi terjadi saya telp ke call center tp shock dengan jawaban cs, akun tidak bs di blockir krn ada pemakaian, bbrp kali telp tp jawaban sama, alhasil pasrah dan saya msh terbelit hutang yg tidak pernah saya lakukan, untung banking di hp aman tidak kena hack
    Pesan buat yg lain, jgn aktifkan fintect apapun, cicilan dll, krna cybercrime makin canggih, dan perusahaan itu fokus jualan bukan pentingin security buat pelanggan, fintect jg gak punya budget buat kejadian fraud, mau nga mau konsumen jd korban dan harus tetap dipaksa membayar tagihan2 yg muncul

  • 10 Maret 2023 - (23:59 WIB)
    Permalink

    Bapak Ibu yang terkasih, mohon maaf sebelumnya mungkin isi dari berita yang saya up di atas ada kekurangan sehingga menimbulkan argumen2 yang lain.

    Kondisi HP saya saat itu keadaan terkunci dan tersambung dengan earphone/tws (tidak ada music), dan hanya bs diakses melalui sidik jari atau kode pin.
    Jam 19.30 saya sudah ke graphari Central Park untuk menonaktifkan nomor saya dari HP yang sudah dambil pelaku dan segera saya urus dan aktifkan kembali dengan nomor yang sama. Setelah dapat nomor yang sudah saya urus, no tersebut saya titipkan di simcard hp adk saya, tujuannya utk mengembalikan akun2 gmail, wa, dll karena saya pikir perlu konfirm kode otp melalui no saya dan juga agar menghindari hal2 yang tidak diinginkan.

    Jadi penyalahgunaan akun Kredivo yang saya maksud bahwa pelaku menyalahgunakan akun kredivo saya melalui apps My Telkomsel dengan pembelian pulsa sebanyak 3x dengan pembayaran menggunakan Paylatter. Bukan melalui aplikasi KREDIVO nya langsung.
    Awalnya saya kaget kenapa ada tagihan Kredivo sementara aplikasinya tidak di download di hp saya yg hilang, ternyata pembayaran Paylatter dari My Telkomsel adalah Kredivo punya. Saya baru tau saat itu.
    Kesalahan saya mungkin dulu pernah membuat akun kredivo dan saya tidak pernah sama sekali gunakan tersebut buat belanja dll. bahkan saya lupa kalau saya punya akun di kredivo.

    Dan setelah saya konfirmasi melalui call center kredivo ternyata pembelian pulsa dilakukan sekitar pukul 18.00 sebelum saya blokir no ke graphari. namun sms tagihan yang masuk ke no saya baru ada di pukul 23.30, mungkin pesan delay atau bagaimana saya juga kurang paham.

    Semoga pihak Kredivo ada pertimbangan dan kebijaksanaan dengan masalah yang saya hadapi.

  • 11 Maret 2023 - (00:15 WIB)
    Permalink

    Dugaan sementara pasti penulis pernah daftar kredivo dan ketika mendaftar tidak sengaja mengeklik simpan sandi otomatis di akun google
    Sehingga ketika hp hilang dia bisa tau sandi lewat pengaturan sandi tersimpan di akun google yang terkait

  • 11 Maret 2023 - (11:41 WIB)
    Permalink

    HP terkunci termasuk dengan biometric sekalipun bisa mudah dibuka kok, banyak caranya termasuk di youtube dan forum2 komunitas lokal maupun luar. Abang2 kang service hampir smuanya bisa.

    Mengenai Kredivo atau dikatakan Credit Online, sebenarnya bisa diakses jika ybs sudah menguasai 2 point yaitu Email dan Telp. Pin yg ada bisa mudah diretrieve dengan forget pin, dan ini dilakukan cepat. Atau pin tersebut disimpan di hp dalam bentuk remembered password atau lainnya.

    Kalau membaca kasus ini, apalagi proses dilakukan sebelum nomor diblokir, maka menurut saya semua transaksi akan dinyatakan sah karena memenuhi kaidah kaidah tertentu sesuai persyaratan.

    Yang disayangkan, kenapa perlu waktu lama dari sejak tau kehilangan hingga dilaporkannya ke grapari sementara maling sekarang jauh lebih canggih dan gercep.

    Kembali ke case kredivo atau cicilan online, ini kembali ke masalah kemanusiaan. Bisa berharap dana dikembalikan, tapi dikabulkannya kecil kecuali internal mereka ada pertimbangan2 sendiri.

    Buat pemegang hp, khususnya Android, segera lakukan setelah tau bahwa ada kehilangan, sebaiknya pergunakan fitur Find My Device / Android Device Manager yg bisa diakses dari hp lain (pinjem) atau laptop. Fungsinya mmencari tau lokasi hp berada (jika masi aktif), membunyikan bell kencang, dan terakhir erase all data. Fitur terakhir ini berfungsi untuk melakukan format data di android sampai ludes seakan jadi hp kosongan lagi. Meskipun hpnya dimatikan, begitu sekalinya aktif dan konek ke Internet, langsung auto erase sampai kosong.

    Semoga saja bisa sesuai harapan.

  • 12 Maret 2023 - (01:21 WIB)
    Permalink

    Iya betul Kredivo emang skrang terhubung dengan Mytelkomsel paylater nya telkomsel,, verifikasi hanya cuma dengan kode OTP untuk pemberian pulsa , walaupun akun belum status Premium tapi khsusus pengguna Mytelkomsel bisa digunakan untuk paylater pemebelian pulsa ,, dan verifikasi hanya dengan OTP ,, saya pun pakai paylater telkomsel walaupun belum premium akun saya ,, tapi batasan pembelian pulsa hanya dibatasi limit 1 jta Rupiah dan pemberian secara berulang dalam sehari tidak bisa dilakukan karena ada notif menghindari penyalahgunaan akun Transaksi pemberian /pencucian akun,

    Ini jelas kerentanan sistem verifikasi pihak Kredivo yg terhubung dengam paylater telkomsel ,, saya gak menyalahkan penulis tapi ini kanyataan ,,

    • 12 Maret 2023 - (15:49 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kak atas tanggapannya ?
      Saya jg baru tau saat itu kl paylatter my telkomsel kredivo punya dan sblmnya blm pernah melakukan transaksi dr my telkomsel menggunakan paylatter.
      Semoga ada kebijakan dr pihak Kredivo.

  • 12 Maret 2023 - (01:45 WIB)
    Permalink

    Udah galbay ajah klo ga mo bayar.paling resiko ga bs utang di bank.tinggal utang ke temen ajah

  • 12 Maret 2023 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Bahayanya Kredivo ya gitu. Bisa transaksi tanpa PIN ataupun OTP. Asalkan sudah terhubung ke perangkat tersebut. Makanya kalau kehilangan hape hal pertama yang harus dilakukan adalah blokir semua akun2 pinjol (kalau merasa pernah daftar) dan blokir nomor ponsel terhubung agar tidak bisa menerima OTP. Hal serupa pun berlaku untuk kartu kredit dan perbankan.

    • 12 Maret 2023 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kak tanggapannya.
      Iya betul sekali, karna baru ini jg kehilangan HP jd tdk kepikiran sampai ksana dgn penyalahgunaan akun seperti ini. Saat itu saya hanya fokus dgn pemblokiran rekening bank sya.

  • 27 Mei 2023 - (02:19 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum saya juga kehilangan ponsel 2023-05-24.mei kondisi kekunci walaupun sandi nya gampang 0000 di tanggal 26 saya cek pelaku menggunakan kreditvo saya 250 isi pulsa telkom sama pelaku berupaya pake tokped isi 1jt pulsa telkom juga cuman gagal yang berhasil cuman di kreditvo dan nomor pelaku juga bisa di cek dari bukti riwayat apakah bisa buat laporan? Terkait masalah ini karna kami pun bingung apa yang harus dilakukan karna kami orang awam kaga ngerti apa2 bila kalian punya solusi dan saran nya mohon bantuan🙏🙏 agar kami tau harus bagai mana

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem keamanan Kredivo?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

HP Hilang, Akun Kredivo Disalahgunakan

oleh Sally dibaca dalam: 3 menit
49